1

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

Moms, saya baru dapat kabar anak karyawan saya +- 1 tahun meninggal karena rotavirus.

Jadi saya mencoba browsing virus rotavirus dan saya membaca bahwa penanganan bagi anak yang tidak sempat mendapatkan vaksin rotavirus mungkin bisa diberikan bakteri baik / lactobacillus untuk mencegah terjadinya
diare.

Di sini saya mau share + mungkin ada Ibu2 yang juga punya pengalaman memberikan bakteri baik / lactobacillus kepada anak2nya.

Waktu Stallion berumur seminggu, saya bawa ke DSA untuk kontrol + mendapatkan vaksin BCG, namun krn badannya kuning, DSA hanya memberikan obat untuk menurunkan kadar bilirubin + bakteri baik / lactobacillus, merknya Interlac (drops).

Sesudah Interlac habis, saya tidak menerukannya, karena saya belum mengerti betul tentang bakteri baik tersebut.
Sampai ketika Stallion berumur 9 bulan dan terkena malaria, yang berdampak pada diare, DSA di Manokwari memberikan bakteri baik juga tapi namanya Liprolac (bubuk), sayangnya Stallion tidak mau minum Liprolac tersebut, dan akhirnya dehidrasi dan diopname.
Setelah kejadian tersebut, saya mulai mengingat Interlac yang dulu pernah dikonsumsi Stallion.

Jadi sejak saat itu sampai sekarang saya selalu memberikan bakteri baik / lactobacillus berupa drops merk Interlac kepada Stallion. 1 hari 5 tetes dan saya campurkan ke susunya.

Yang saya amati, Interlac ini harus disimpan di suhu dingin, jadi saya selalu menyimpan di kulkas. Yang saya tidak tau, apakah boleh dicampurkan di susu hangat atau tidak.

Saya kira pemberian bakteri baik / lactobacillus ini penting bagi anak2 kita, sama halnya seperti orang dewasa minum Yakult / yoghurt.

Stallion's mommy

2

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

piouslady,
saya jadi ingat ketika merawat ki-ka selama masa pemulihan karena premature. Sepulang dari rumah sakit, dokter membekali beberapa jenis vitamin yang harus dikonsumsi ki-ka hingga usianya 1 tahun. Salah satunya adalah Lacto-B. Lacto-B juga berisi bakteri baik yang membantu pencernaan dalam proses penyerapan makanan. Karena ki-ka terlahir prematur dengan organ pencernaan yang belum sempurna, sehingga tubuhnya belum mampu menghasilkan bakteri baik di pencernaan. Ternyata Lacto-B ini sangat bermanfaat hingga sekarang. Baik ketika Ki-Ka susah BAB maupun ketika diare, selalu konsumsinya Lacto-B ini. Jadi tidak perlu obat yang macam-macam.
Karena Lacto-B ini berisi bakteri baik, sehingga hanya untuk sekali konsumsi dan diminum maksimal 1-2 jam setelah dibuka. Karena bentuknya bubuk, bisa diminum bersama susu atau teh dan tidak merubah rasa. Karena isinya berupa bakteri baik, sehingga tidak membebani kerja ginjal seperti obat-obatan.
Jadi yup.. saya setuju... Bakteri baik ini bermanfaat sekali. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

3

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

Daffa juga pernah dikasih Interlac.. Waktu umur 2 bulan dia pernah tiba2 kyk yang ngeden2 tp ga bisa pup.. Sampe kyk yg kejang, kasian liatnya :( Akhirnya aku bawa ke IGD, DSA nya bilang dia kolik.. Dikompres anget perut dan punggungnya selama di IGD.. Nangis2 terus krn sakit kali yaa perutnya, sampe tinggi juga suhu badannya 38.4 :( Abis dikompres anget udah agak mendingan, trus pas mau pulang dikasih 5 tetes Interlac.. Malemnya langsung pup dan ceria lagi.. Tp aku ga dapet anjuran dr DSA nya buat diminum rutin, jadi sampe sekarang cuma disimpen di kulkas aja buat jaga2.. So far pencernaan Daffa baik2 aja sih, vaksin Rotavirus juga udah lengkap.. Msh perlu gak ya buat diminumin Interlac lagi?

Yuti Kinasih
a happy wife of @supersupta and proud mommy of Daffa

Twitter : @pyuth / IG : @yutikinasih

4

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

pyuth kalau saya mikirnya interlac itu kayak yakult, yg mana sebaiknya diminum tiap hari, jadi saya kasi deh tiap hari 5 tetes, Stallion ya ga pernah sembelit sih selama ini, malah pupnya sehari bisa 2-3x, pas travelling kmrn aja 1x sehari.
Plus saya mikirnya perlindungan pencernaannya krn ngga bisa saya awasi setiap saat brg apa aja yg masuk mulutnya.

Stallion's mommy

5

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

Ki-Ka
Oh,, Lacto-B bisa u/kalo pas susah pup ya?? kirain hny u/pas diare aja.. Karna kalo mandaila diare, dsa nya pasti ngeresepin Lacto-B,, jd gw kira hny bisa dgunakan pas diare aja :D
TFS yaaa ;)

My Kiddos are my heart n soul.. they'll always be my babies, even when they grow old.. Mommy love u Manda n iLa ;)

6

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

MommyManda,
yup betul... Lacto-B bisa juga untuk saat susah BAB. Bakteri baik ini intinya sih membantu kerja pencernaan, termasuk ketika susah BAB :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

7

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

baru tau jg kalo Lacto-B bisa buat susah BAB,kirain cm buat diare aja.. pas bgt, pas anak nya lg susah BAB nemu trit ini.. thx Kira Kara

8

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

Moms, Oghi ketinggalan vaksi rotavirus ni gara-gara DSA nya yang pertama kemarin ga bilang kalo bulan depan ada jadwal vaksin rota dan emaknya ini dapet jadwalnya masih yang 2010..hiks hiks hiks..maafkan mamah ya nak..

baru ketahuan bulan kemarin pas imunisasi HiB ke 2..dan kata bu dokternya kalo udah kelewat ya ga bisa masuk langsung ke yang ke 2..jadi deg-deg an nih sama diare ini, kira2 perlu kasih lacto-b ga ya moms??pas nanya dsa nya katanya gapapa dikasih bila perlu, tapi kog hati ini ragu-ragu yaa..

mohon pencerahannya moms..terimakasih

love my both sa3a1 <3

9

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

Pengalaman waktu bidan mau kasih vaksin buat diare malah kutolak.Masih belum paham banget sih moms. Kasihan banget terlalu banyak suntik ini itu.Malah kupikir jika baby diare tinggal kasih lacto-b beres. Selama gejala awal terdekteksi sedini mungkin mungkin gpp kali ya moms?
Amit-amit selama ini belum pernah kena diare,jangan sampai lah. Antara penting tidaknya vaksin dirasa yah memang kok penting semua ya?tapi saya selalu selektif sih tidak sembarang kasih anak vaksin berlebihan.Contoh vaksin Campak,waktu mau vaksin malah ditanya apakah punya riwayat alergi telur?Jika iya,maka tidak perlu vaksin campak.Daripada di suntik terjadi reaksi alergi?ternyata saya tanya dokter lebih lanjut memang vaksin campak mengandung protein tinggi.
Beralih ke bakteri baik, yang pasti sejenis lacto-b untuk baby bagus.Pulang dr RS awal lahiran,dikasih lacto b hasilnya pup baby bagus.

10

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

betajoseph ragu mau kasi lacto-b maksudnya? menurutku kok gpp yah dan aman banget, spt kita org dewasa juga disarankan minum yakult / yoghurt tiap hari. tapi krn kita org dewasa daya tahan tubuhnya sudah bagus jadi ke skip ya gpp. Tapi kalau bayi kan rentan banget kena virus, jadi yg ga sempet dpt vaksin rotavirus ya jaga2 aja kasi Lacto-B, atau konsul lagi aja sama DSAnya.

Stallion's mommy

11

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

Dosis pemberiannya gimana? Apa dikemasannya ada atau harus tanya dulu ke DSA nya?

siawcu Kalo vaksin rotavirus ditetes, ga disuntik. Kemarin Danish sempet dpt rota ke-1 tapi ga diterusin karena setelah divaksin malah ga mau nyusu sama skali *maaf OOT

12

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

dhita_ayu kalo interlac kan tetes, dosisnya max 5 tetes per hari, kalo model bubuk kayak liprolac dsb itu per sachet kayaknya.

Stallion's mommy

13

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

Moms, Stallion 2 hari lalu mencret2, jadi kmrn saya bawa ke dsa, dan saya ada menyampaikan kalo Stallion tiap hari saya kasih lacto b. Tapi katanya malah jangan tiap hari, apalagi kalo susunya sdh ada kandungan probiotik ... Alhasil saya browsing2 lagi soal lacto b ini. Dan ada yg menyampaikan kalau kelebihan juga tidak baik. Saya cek susu Anmum Essential tdk ada kandungan probiotik sepertinya. Skrg jadi bingung deh, diteruskan atau tidak interlac nya.

Stallion's mommy

14

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

Ikutan nimbrung ah,
Wktu umur 4bulan firza pernah sembelit yg super bgt *emak lebay* ga pake nangis kejer krn emaknya menyemangati *bnr2 ky org lahiran* n dksh microlax br brhasil, jd microlax jd andalan trs deh
Berkat bc2 di forum ini jd tau ttg lacto-B, alhmdllah seminggu sekali atw kalo ada tanda2 mau sembelit maupun mau mencri br ak kasih lacto-B, lgsg beres donk..
Skrg sllu sedia lacto-B dan microlax juga buat jaga2 ^-^
Thanks TUM's mamas, jd tw byk berkat kalian *kiss..kiss*

"The moment a child is born, the mother is also born. She never existed before. The woman existed, but the mother, never. A mother is something absolutely new.”

15

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

Kalo baby 9m+ dikasih yogurt atau snack yang ada yogurt nya kayak happy yogis gitu, kira2 sama aja gak ya?

piouslady
Okay noted, baiknya jangan tiap hari juga ya? Mungkin karena pencernaan kita basically udah ada bakteri baik sendiri kali ya? Atau biar gak jadi "kebal"? Hehe gak ngerti, mungkin kalo ada yang lebih paham bantu share yaa :)

Yuti Kinasih
a happy wife of @supersupta and proud mommy of Daffa

Twitter : @pyuth / IG : @yutikinasih

16

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

makasih mama sharing-annya

17

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

HI MOms..

ikutan sharring, baru2 ini baby diare..dokternya g kasih obat..cuma di suruh minum air tahin sama V-lacto (mirip sama L-Bio/Lacto-B)hanya jumlah bakterinya lebih banyak.. dan ampuh ternyata.. ini utk yang diarenya sehari 304x ya mom..dosisnya under 1 thun itu 2-3x @1/2 sachet..di campur sama zinc (1-2x) sehari...

kl utk susah pup/ jarang pup, hanya v-lacto saja g pakai zinc, kt si dsa.. bole 1/2 bungkus lebih 2x sehari...

semoga berguna yaa..

18

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

Halo semua..
Aku jg mo sharing tentang lactobacillus ini. Anakku yg pertama zaidan, pernah bbrp kali poopnya kurang bagus. Aku ke DSA konsulen gastro selalu diresepin lactoB.
Klo anakku yg kedua, zafran, pernah beberapa hari gak poop. Diresepin interlac. Tp gk ngaruh, ttp aja ankku blom BAB. Aku dpt info klo anak asix emang suka gak BAB bbrp hari. Jadi aku diemin aja alhamdulillah BAB dengan sendirinya.
Aku juga pernah ke DSA lain. Just info penggunaan interlac itu max 21 hari. Jadi klo dipakai terus2an sepertinya kurang baik. CMIIW ya mom.

19

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

moms, ikut share yaaaa ^^

penggunaan bakteri baik ini memang udah dikenal dikalangan dsa.

Saya sendiri menggunakan Lacto B, tiap kali Mike pupnya terlalu cair. Nah, baru-baru ini saya menggunakan Hexbio (kebetulan produksi kantor saya jadi sebelum launch saya bisa dpt sample).

Si Hexbio ini ga jauh beda sama Lacto B, V-Lacto atau Interlac. Isinya sama2 strain Lactobacillus dan temen-temennya.

Dan ya, saya cuma pakai kalau pup nya Mike bermasalah. Nggak terus menerus saya pake. Kalo pup nya MIke rada cair, saya kasih si hexbio itu, 1 sachet aja sehari, dan besoknya pup nya dah normal kembali. Abis itu saya stop.
Waktu masih pake Lacto B juga sama. biasa maximal penggunaan saya sampai 3 hari aja, sampe pup nya Mike dah normal lagi seperti biasa.
Menurut konsultan yang saya temui waktu itu, bakteri baik ini aman digunakan bahkan sejak neonatus. Saya juga ditunjukkan penelitian2nya. Makanya saya pun mengandalkan bakteri baik ini kalo pencernaan Mike bermasalah.
Penggunaannya biasanya saya campur dalam susunya Mike. Dan sejauh ini Mike nggak pernah protes, jadi saya anggap memang nggak merubah rasa susu.

20

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

Arkan pernah diresepin interlac sama dr attila waktu aku sempet konsumsi antibiotik (entah gejala tipes atau campak atau apalah ngga ngerti, ganti dokter ganti diagnosa). Pupnya tadi nya cair jadi bagus lagi alhamdulillah. Emg ngga langsung sih. BAru pas 2-3 hari bagusnya. KAta dr attila emg interlac buat yg ibunya konsumsi antibiotik.

Masalah rota, emg baiknya vaksin dari awal sih. Krn sekalipun kena diare ngga akan separah kalo ngga vaksin.

21

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

baru tahu kalau interlac untuk ibu yang konsumsi antibiotik. Alhamdulillah ya BABnya normal lagi.

Hari ini Kira BABnya agak lembek deh. Sepertinya karena kecapekan, 3 hari selama lebaran di geber staminanya, karena banyak tamu dan banyak kerabat yang datang bergantian. Anaknya happy karena sepupu-sepupunya datang dan maen sama-sama. Setelah mulai bisa istirahat, baru deh kerasa. Semalam badannya panas, skrg sudah normal tapi BABnya jadi agak lembek. Kalau belum normal lagi, mungkin juga mau dibelikan LACTO-B. Semoga segera normal.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

22

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

Moms,
mau tanya soal LactoB ini...
minggu kemaren anak ku dapet LactoB ini karena diare, pup sampe 6x dan berair. Waktu itu yang ke dsa suami karena aku masih kerja di luar kota. Si lactoB ini diresepin untuk diminum sambil dicampur ke makanan, tapi anaknya jadi ga doyan makan setelah dicampur. Aku baca di kemasannya, lactoB ini bisa langsung diminum. Kalau langsung diminum, dicampur air gitu saja ya? Berhubung aku ga sempet ngrasain, si lactoB ini enak ga sih?Menurut kemasannya sih enak ya...
Terus, karena sudah habis nih.. boleh ga ya dilanjutin dan beli sendiri di apotek?

TIA

23

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

aprilianti Lacto B bisa diminum dengan dicampur air putih, rasanya manis jadi kemungkinan besar semua anak suka.

Kalau sudah habis namun masih diare sebaiknya konsul ke dokter anak ya.

Lactobacillus hanya dikonsumsi sebagai pertolongan pertama, kalau sakit tak kunjung sembuh harus ke dokter!

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

24

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

iya nih baru tau lacto B bisa buat susah BAB, padahal punya persediaan Lacto B dirumah tapi pas babyku susah BAB malah dikasih dulcolax bayi, kayaknya lebih aman Lacto B ya?

25

Topic: Bakteri Baik / Lactobacillus

gytha kalau bayi susah BAB, bisa dicoba pijat ILU.

Caranya: mulai membuat huruf I di bawah diagframa kiri bayi sampai perut bawah kiri 8x

Kemudian huruf L terbalik dari bawah diagframa kanan bayi menuju bawah diagframa kiri lanjut ke perut bawah kiri 8x

Terakhir huruf U terbalik juga mulai dari perut bawah kanan bayi melewati bawah diagframa kanan - diagframa kiri sampai ke bawah perut kiri bayi.

Semoga membantu ya dan debay gak sembelit lagi :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com