1

Topic: Flash Cards

Hi funky parents,

Waktu melahirkan enzo dulu aku dapet kado 10 glenn doman flash cards dari temenku. katanya sih ini maenan buat melatih bayi biar fokus dan konsentrasi, biar cpt belajar.

Temenku itu punya 1 paket maenan serupa yg kalo ditotal harganya 30jutaan rupiah.
Dia jg rajin hadir di seminar2nya produk itu dan katanya banyak seleb yg beli produk itu untuk anak2nya. Paketnya itu selain flash cards, ada buku2, maenan boneka2 jari dan dvd jg.

Menurutku 30jt rupiah terlalu mahal, karena menstimulasi anak gak harus pake flash cards, banyak media lain yg bisa dipake. Kupikir, kalo gt caranya, orang miskin gak bisa pinter dong ya?
Tapi karena flash cards ini hadiah, jadi ya alhamdulillah aja kupake buat menstimulasi enzo & dante :-)

What do u think, parents?

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

2

Topic: Flash Cards

banyak pros dan cons-nya ya Eka soal metode ini. I don't use flash card, Einstein didn't use it either..
saya lebih suka ngajarin anak untuk mencintai buku, mencintai aktivitas membaca, daripada lebih cepat membaca dari anak lain.

Sayangnya, saya jarang nemu buku berbahasa indonesia untuk Pembaca Pemula (First Reader), yang kalimatnya pendek-pendek, yang ada rimanya, yang hurufnya besar. Kalau yang berbahasa Inggris sih banyak ya keluaran scholastic atau apa itu namanya..

And thelilsolder is back. Fire!

3

Topic: Flash Cards

dulu waktu aina umur 2 bulanan, pernah nyoba... tapi ga beli. biasa, bikin sendiri aja: dari karton putih, tulisannya item huruf kecil gede2. pelan2 kata2nya nambah... pertama2nya sih rajin selama sekitar 1-2 bulan. abis itu ibu bapaknya jadi males...

pas aina umur 9 bulan, karton2 flashcardnya malah dikunyah2 ama dia. yang tulisannya "susu" dan "aina" udah completely chewed up... so, that's the end of flashcards in our house...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

4

Topic: Flash Cards

hehehe.. *geli sendiri baca cerita aina* eh tapi flash card juga banyak yang murah kok dan bagus juga gambarnya.
ada juga flashcard 3 bahasa, jadi 1 gambar terus ada tulisan indonesia, inggris, mandarin.

And thelilsolder is back. Fire!

5

Topic: Flash Cards

eka,
ka kalo gue dulu sempet juga nge-flash card... maklum deh baru punya anak jadi rasanya semangat banget. tapi, ngga lama karena gue-nya males :) hehe... dan sama kayak inga sangat menikmati proses membaca buku bareng anaknya.

sekarang sekolah kayaknya tambah berat ya... kalo ga salah, di beberapa sekolah, anak dituntut udah bisa baca.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

6

Topic: Flash Cards

betul ibu-ibu...
sebenernya yg males nge-flash itu akuu.. hihihi.. :)
enzo udah 21 bulan tapi belum bisa baca...
dia baru bisa baca 'ENZO' doank..
sebenernya ngaruh gak yaa nge-flash itu..?

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

7

Topic: Flash Cards

eka wrote:

enzo udah 21 bulan tapi belum bisa baca...
dia baru bisa baca 'ENZO' doank..
sebenernya ngaruh gak yaa nge-flash itu..?


sebetulnya menurut para ahli (lupa baca di mana, kalo nemu aku post di sini ya), anak baru bisa diajarkan membaca dengan arti sesungguhnya pada usia 5-6 dengan alasan kematangan syarafnya.

biar gak OOT:

aku punya beberapa set flash card binatang for fun. gambarnya bagus-bagus, bentuknya kartu yang tebal jadi ngga gampang sobek. Tapi ngga ditargetkan untuk bisa baca sih.. santai aja. Sekarang anakku baru bisa baca namanya dan beberapa robot Transformers.

And thelilsolder is back. Fire!

8

Topic: Flash Cards

Aku dulu sempat tertarik dgn si flash card ini trus sempat dikasih gambaran secara detail dgn marketingnya...setelah aku pikir2 jadinya anak sebenernya diajar menghafal kata perkata bukan baca dlm arti sesungguhnya ya... (utk yg msh baby ya) dan juga harganya yg lumayan mahal ya...

Trus krn si Vanya juga udah mulai sekolah jadi aku coba ikutin aja perkembangan belajarnya di sekolah dari umur 2thn lbh anak2 sdh diajar utk menaruh sepatu/tas di tempat yg ada label namanya dr situ dia mulai hafal tulisan namanya sendiri, trus semakin lama dia juga hafal tulisan teman2nya... nah sekarang (3,5thn) dia sudah mulai bisa tulis namanya sendiri (awal2 suka kebolak balik peletakan huruf2nya) sekarang dia dah mulai bisa tulis beberapa kata dan kalau ketemu huruf dia suka nanya (misalnya "ma A for Apple ya?") lebih sering sih dia nanya nama teman2nya yg dia apal bgt....hehehe...

kadang aku pikir kesian juga ya anak2 sekarang mereka dituntut harus bisa baca karena banyak sekolah sd yg tes masuknya anak sdh hrs bisa baca ya... yah selama belajar sekarang masih bisa kita buat fun kayaknya mereka enjoy juga sih... ;)

mamanya vanya merangkap baby assistant di nenen baby shop

9

Topic: Flash Cards

Aku udah beli flash card dari sebelum punya anak. Malah udah baca buku mengajar bayi membaca sejak belum hamil. Tapi flash cardnya gak yang mahal, cukup beli di Gramed. Murah dan sama aja sih kayak yang mahal (aku pernah ikut presentasinya, tapi gak beli.)

Aku mulai ajarin Martyr waktu Martyr usia 2 bulan. Kecepetan yah. Tapi waktu itu aku masih cuti dan bingung mau ngisi waktu ngapain lagi buat Martyr. Dan, amazing waktu usia Martyr 6 bulan, Martyr udah bisa lho sedikit-sedikit membaca flash card-nya.

Sekarang Martyr udah 16 bulan, masih lanjut belajar flash card-nya. Tapi aku juga gak netapin target musti bisa dan tes Martyr secara berkala. Mengalir aja dan sambil isi waktu. Daripada Martyr muter-muterin rumah gak jelas yang bikin pusing.

10

Topic: Flash Cards

iya betul... mungkin nge-flash card buat fun aja ya. tiap orang tua pasti ingin melakukan yang baik untuk anaknya. baik dengan flash card atau pun tidak.

tapi suka kagum juga sama anak2 yang udah bisa baca :) wow...

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

11

Topic: Flash Cards

Ohya,
Martyr punya 2 jenis flash card.

Flash card yang cuma tulisan doang (spt metode Glenn Doman) dan flash card yang ada gambarnya.

Kalo flash card yang Glenn Doman aku pake bener-bener untuk belajar. Gak aku kasihin ke Martyr untuk dipegang-pegang. Jadi cuma dikeluarin untuk dibacain sekitar 1-2 menit, trus aku langsung masukin kelemari. Jadi flash card yang seri ini masih rapi dan bagus banget. Sengaja aku gak kasih karena menurut Glenn Doman, agar melatih otak kiri anak. Untuk jelasnya baca deh buku Glenn Doman, aku juga udah agak-agak lupa. hehehe.

Flash card yang ada gambarnya bole dimaenin sama Martyr. Sekarang udah pada keriting deh.

Ada juga dot card metode Glenn Doman. Perlakuannya sama dengan flash card yang pertama.

12

Topic: Flash Cards

hmmm aku gak pernah pake flash card tapi sejak umur dua setengah tahun Aqeela aku masukkin "Rapid Reader" semacam sekolah belajar membaca gitu digabung dengan bermain dengan metode phoenix lerning dan hasilnya memuaskan karena di TK A aqeela sudah lumayan lancar membaca .....

13

Topic: Flash Cards

hi..
ikutan ya..gw percaya bgt ama metode glenn doman ini, and gilanya gw beli lgs 3 paket, yg english, math, b indonesia...biasa pertama2 semangat bgt..tp scara gw ambil 3 paket itu keteteran juga ngeflash nya..soalnya kan ada caranya untuk ngulang perhari trs ganti kata per berapa hari atau mesti liat juga kalo anak udh bosen ama flash card yg sama mesti kita ganti juga..dulu jaman masih 8 bulanan rajiv msh diem2 aja liat gw ngeflash..udah lwt setaun pgn nyamber2 aja flashcard nya jd ga konsen haha...
hasilnya rajiv tetep blm bisa baca...cuma dia sangat sangat terstimulasi..gw ngerasa dia cepet sekali nangkep pembicaraan dan dulu kalo gw ngajarin apapun such as colors,benda etc apapun gw pk cr ng flash..dan dia cepet banget nangkepnya..secara dia baru setaun lebih waktu itu..jd walaupun bacanya ga berhasil..tapi metodenya berhasil..coba deh..dan ga nyesel beli mahal..soalnya skg anaknya minta lg diflash..pdhl udh 3,5 th..and i'll try to flash him again..there's never to late to learn isn't it? beside..i'm having my second now..so i'll try this method earlier to this baby..see if it's work out..moga2 ga males..haha..

14

Topic: Flash Cards

Dulu pernah ikut seminar smart parents yg dibawain oleh ibu Irene F. Mongkar dan salahsatu topiknya adalah mengajarkan bayi membaca dgn metode Glenn Doman. pulang seminar semangat beli buku Glenn Doman dan beli Flashcardnya di acara seminar itu. Tapi semangat ngeflashnya cuman 2 bulanan, setelah itu Bundanya bosan sendiri. Dan sekarang flashcardnya jadi bahan mainan Lana, diacak2 sendiri dan bahkan suka digigitin dan disobek :)

15

Topic: Flash Cards

wah aku jg tuh termasuk ortu yg bela2in beli flash card, tp cuma bertahan sebulan..skrg masih tersimpan dgn rapi n sempet mau dikasih ke sodara, tapi setelah dipikir, dipake lagi aja ah kartunya, buat latihan dia ngelancarin membaca...gak nyesel jg deh beli flash card Glenn Doman..:D

Dari Lingkungan Hidupnya...Anak-Anak Belajar... (Dorothy Low Nolte)

16

Topic: Flash Cards

Soal method nya si Glenn, dulu pernah dapet email tentang ini. Dan sempet nyoba bikin sendiri, sama kaya Thal pake karton dan tulisan huruf2 kecil gede2 tapi warna merah. Trus ya gitu doang deh, cuma beberapa bulan trus males. Dulu pas masih jadi ibu baru sih semangat gila ngajarinnya, apalagi lagi cuti kerja juga. Tapi sekarang hobi nya Ayla banyak banget, jadi bingung mau ngapain duluan dalam satu hari. Jadi most of the time sih kita baca buku aja. Terutama learn to read books karena dia lebih menikmati membaca buku dari pada membaca kata. Dia kan juga belajar baca di pre-school nya, jadi rada kasian kalo dirumah dicekokin beginian lagi sama emaknya. Menurut gue sih, reading is just one part of her brain development. Karena banyak anak2 pinter yang kadang orang tua nya lupa untuk memberikan mereka asupan kebugaran fisik dan emosional. Jadi gede2nya jadi nerdy yang ngga bisa olah raga atau bersosialisasi contohnya, kan kasian juga. Gue sebisa mungkin nyoba untuk ngebalance'in semua aspek2 kemampuan otaknya, mumpung masih fleksibel.

Rock 'n Roll Momma

17

Topic: Flash Cards

Hai semuanya,

Saya juga pengguna Glenn Doman's flash card, pertama kali nyoba waktu anak pertama (Keenan). Saya nyoba flash card waktu Keenan umur 1 thn, and I dilligently did it everyday. Termasuk sampai mengajarkan ke babysitternya kalau saya lagi nggak di rumah dan juga travelling membawa kartu2 besar itu kalau kami ke luar kota. Sesuai petunjuknya, saya juga nggak pernah ngetes dia bisa atau enggak. And then lo and behold, umur dua tahun tahu2 Keenan bisa baca. One day, he pointed a word and just read it out loud. Awalnya saya kira itu cuma kebetulan. His first word is Apple, dan dia baca dari laptop saya yang ada merknya Apple (jadi saya pikir itu gara2 dia lihat gambar, bukan baca tulisannya). Lalu saya iseng kasih dia tulisan lain, dan ternyata dia bisa membacanya. Pada hari yang sama, saya coba hampir lima puluh kata, dan dia baca semua dengan benar. I was so amazed, to be honest. I know there's a controversy somewhat surrounding Glenn Doman's method, but based on my own personal experience with Keenan, it did work. Dia baca lancar dari umur 2,5 tahun, bahkan kata2 yang dia baca selewat dari dalam mobil. So he didn't even have to concentrate to read.
Tapi untuk set yang Matematik, terus terang, saya agak keteteran ngasihnya. Soalnya kita dituntut untuk rajin bikin soal, dan ternyata saya tak cukup rajin :( So, the math stopped after 4 months or so. Katanya sih bisa diteruskan lagi, tapi saya belum sempat mencobanya.
But above all, I think the golden rule is to have fun with it. Just play along without too much of ambition. Karena bagi saya, itu adalah aktivitas bonding, ketimbang 'dia harus bisa baca!'. Dan setiap malam sampai sekarang Keenan akhirnya punya ritual membaca. So, that's my treasured memory of all his reading process :)

~ D ~

|momma of two cuties, lucky wife of a fine man, slave of her own thoughts|

18

Topic: Flash Cards

Beli flash card di gramed, gak niat siy sebenernya, harga 1 pack 20ribuan isi 25 kartu. Edisi nama2 buah (ada gambar buahnya, di baliknya ada nama buahnya dgn bhs indo, english dan mandarin) ada jg edisi hewan, sayuran... Pas Bumi umur 4bln hampir setiap hr aku kasih tunjuk, apalagi sejak dia 6bln (mpasi) sering aku tunjukin buah2 yg dia makan (pisang, alpukat, dll). Tp lama2 emaknya yg bosen, diulang2 terus, ujung2nya malah si bocah remes2 tuh kartu dan digigit2. (-_-")

~Life is good~

19

Topic: Flash Cards

Hmmm...baca pengalaman ibuk2 semua di atas...jadi bahanmasukan aku ni....baru niat mau beli flash card buat Haidar..hehehehe, secara umurnya sekarang dah 11 Bulan..telat ga siy ngenalin flashcard? Sebelumnya si aku dah punya beberapa buku kain or softbook tentang warna dan hewan-hewan. Dah mulai aku bacain sejak Haidar usia 4 bulan, ga rutin banget si bacainnya, abis maknya juga mood-moodan bacanya. Awalnya Haidar cuman selintas lewat aja dengerinnya, tp sepertinya Haidar nyimak dikit-dikit. Akhir-akhir ini Haidar sendiri malah yang suka minta belajar sama buku kainnya, dengan nunjuk-nunjuk minta kasih tau ini apa?
Alhamdulillah...misalnya aku kasih tau ini warna hitam,biru atau merah misalnya, selamg beberapa menit ketika aku tanya, Haidar bisa nunjuk dengan tepat warna-warna yang dimaksud, cuman memang untuk baca blm ya...Haidar cuman seneng nanya : "ini apa?", "apa?' gitu.... :p

SariFitri
Haidar Moms
Menjadi Ibu selalu hidup di dalam dua pilihan

20

Topic: Flash Cards

Hebat yang berhasil menggunakan flash cards dan metode Glenn Doman. Dari anak umur 10 bulan sudah mencoba melakukan metode tersebut, cuma selalu gak konsisten, karena bapak & ibunya kerja. Memang butuh komitmen besar untuk melakukan ini. Thumbs up for all the Mamas.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

21

Topic: Flash Cards

waa..ada Dee. salam kenal Mbak, kalo Keenan 2,5 tahun lancar baca selain karena metode Glen Doman, mungkin juga bawaan ibu nya yang cerdas ^^
-pst katanya gen cerdas dari ibu-

Kalo aku nggak pernah ngasih metode Glen Doman, nggak pernah tau kontroversi nya juga, yang jelas nggak telaten. Tapi kalo bacain buku setiap tidur sudah habit, allhamdulillah walau bisa bacanya nggak cepet, Annisa 6 tahun suka buku dan mulai baca buku yang agak tebal dan tanpa gambar.
Fadhil 3 tahun, wajib baca buku sebagai pengantar tidur.

Suka buku sudah cukup melegakan buat Bundanya, kalau Fadhil bisa cepet bacanya itu bonus..

22

Topic: Flash Cards

hmm btw, ada yg mau jual set flashcard Glenn Doman nya ngga? hehehe siapa tau ada :)

There are no seven wonders of the world in the eyes of a child. There are seven million. ~Walt Streightiff

23

Topic: Flash Cards

Gw ngga ngukutin trend di indonesia jadi ngga kenal sama pak Glen :-(
Seperti Shinod, gw dioleh2in flash card 3 bahasa nya gramedia yg gw pake untuk ngajarin vocab bahasa indo ke Celia.

@LizCherie

24

Topic: Flash Cards

Adhiati,
kalo ada waktu sih mendingan bikin sendiri, kalo beli yg 'betulan'harganya mahal..
tapi kalo niat nyari sih di toko buku banyak koq, apalagi sedang musim liburan gini, toko2 buku & publisher biasanya ngadain pameran/book expo, yg pastinya banyak diskonan gede2an pula :)
kalo gugel juga psti dapet, secara OS juga udah banyak banget yg jualan flash card. ato coba jalan2 ke mama's mall-nya urban mama..

Liz,
duuh.. Pak Glenn itu bukan orang Indonesia koq.. hihihi..
salah satu infonya bisa dibaca di sini

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

25

Topic: Flash Cards

Eka - lupa laporan.Udah liat foto di fb yg elo tag.Mau bikin jg ah itu flashcardnya,hehehe..ga sempet2 aja nih.Baru keingetan sekarang.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva