1

Topic: Ingredient substitution

Halo..

Gue sering bingung kalo masak pake resep dari luar negeri, susah carinya di jakarta. Misalnya, graham crackers, buttermilk, dan thickened cream. Waktu browsing substitutenya, resepnya pake bahan yang ga ada di Indo juga. Pernah nyobain gantingraham crackers pake biskuit regal. Beda sih kayanya. Ada yang pernah coba yang lain?

learning is a never ending process
@rhisuka

2

Topic: Ingredient substitution

Hi rhisuka,

Kalau graham crackers memang susah cari substitusi-nya. Kami di Australia pun sulit mencari penggantinya, biasanya pakai biskuit digestives yang seperti ini atau pakai biskuit apa saja yg bentuknya kotak kalau memang butuh bentuknya dan bukan teksturnya.

Buttermilk bisa bikin sendiri - modalnya adalah susu full cream dan lemon juice atau cuka. Selengkapnya bisa lihat disini. Saya biasanya pakai lemon juice.

Thickened cream bisa bikin sendiri juga dengan modal susu full cream dan mentega untuk bikin krim. Selanjutnya tambahkan tepung supaya krim lebih mengental. Jadi deh thickened cream! Selengkapnya bisa lihat disini.

Saya suka bikin sendiri kedua item di atas soalnya saya paling males stock berbagai produk susu segar yg notabene cepet kadaluarsa. Jadi yg selalu ada di lemari es ya susu full cream dan mentega serta lemon (karena setiap pagi minum air lemon).

Semoga bermanfaat :)

"Life isn't about waiting for the storm to pass; it's about learning to dance in the rain"