1

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

W-nink wrote:
Moms, ada gak yang sekolahin anaknya di Jakarta montessori school?
Kalau ada bagi info dan review sekolah ini dong..maksudnya recomended gak? trus uang masuknya berapa? dll
thanx


Aku tau ! tapi anakku ga sekolah disana sih.. di jagakarsa kan? sekolahnya bagus banget,... guru guru nya juga well trained!

aku liat di website nya.. sekolahnya besar banget, rapih dan bagus ya..

Terus di Poppay Montessori juga kelihatannya menarik banget...

anakku masih 11 bulan, dan kayanya mereka ga ada baby class jadi harus nunggu sampe 1,5 tahun kayanya.

Follow me @queensounti

2

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

mamas.... maap ya, saya mama ndeso mo nanya,
bedanya sekolah montessori sama sekolah biasa apaan yak?? :D
untung ada forumnya, soalnya dari dulu penasaran, dan blum ada yang bisa menjelaskan :D
makasi mamas ;)

still learning....day by day....

3

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

MamaAlula wrote:
bedanya sekolah montessori sama sekolah biasa apaan yak? :D soalnya dari dulu penasaran dan blum ada yang bisa menjelaskan :D makasi mamas ;)


supaya lbh jelas, mungkin bisa googling montessori jg, klo dijelaskan dari awal mengenai maria montessori berikut teori development anak2 serta prinsip2 dan metode/approach pengajarannya di sini bisa panjang jg yah :)

pastinya sih sekolah yg memakai embel2 'montessori' di belakangnya gak berarti menerapkan full montessori teaching, dan gak berarti montessori method/teaching more superior than others, krn anak pd dasarnya berbeda. yg aku appreciate dari montessori adalah prinsip yg dianut bahwa anak pun (usia dini) sudah harus diberikan respect sebagaimana halnya kita orang dewasa memberi respect kpd orang dewasa lainnya atau kpd senior kita. salah satu beliefs dari montessori adalah anak punya natural instinct to survive and learn independently from his/her environment, dan tugas kita as adult adalah sbg provider & caretaker (menjaga/memastikan environment-nya safe dan memungkinkan anak utk melakukan eksplorasi dan belajar secara independen), observer (memperhatikan tanpa mendikte/menyuruh) dan lbh ke guidance/direct (mengarahkan/memperagakan) sesuatu bila perlu. usually montessori school punya apparatus/material khusus yg memang dibuat utk tujuan pengajaran tertentu. dan setiap anak dihargai punya kemampuan dan phase masing2, jd perkembangan individu jg di-appreciate. outcome dari montessori school sih spy anak menjadi lbh mandiri, lbh confident, lbh aktif, menghargai sesama.

so far baru 2 yg aku tau nih menerapkan full montessori, jakarta montessori dan bintang montessori, walaupun pd level kindy nanti seringkali mereka harus berikan extra teaching/activities spy lulusannya siap enroll ke elementary/primary yg non montessori or even conventional. sptnya msh ada bbrp lg sih yg jg full montessori. tapi ya lbh baik kita sbg parents jg paham ttg montessori, krn memang aku jg dulu klo nanya ke ibu2 nih kenapa pilih montessori school ya jawabannya lucu2. ada yg terus terang bilang krn deket rumah or krn byk yg bilang bagus tapi gak ngerti jg bagusnya apa, ada jg yg bilang krn anak2 montessori bebas mau belajar/main apa aja (padahal gak juga, krn directress tetap punya kurikulum dan target, bahkan satu anak harus mastering satu aktifitas terlebih dahulu sblm move on ke aktifitas berikut). justru mnrtku montessori lbh encourage anak2 spy appreciate order (ketertiban) dan self-discipline, jd bukan jg bebas tanpa arah. which is why gak semua anak jg sptnya cocok dgn montessori approach.

mnrtku it's best to do some reading on montessori dgn googling sih Mom, byk bgt kok resources-nya. aku merasa nyaman dgn montessori krn aku jg tipikalnya spt itu, aku lbh senang working independently (some would say not a team-work kind of person, tp mnrtku biar lbh jelas aja kerjaan gak tumpang tindih dan pasti responsibility jg jelas gak main lempar2an, ini klo diasosiasikan ke kehidupan kantor misalnya), also klo lg interested ke satu hal aku senang bgt dan aktif ngulik2 riset sana sini. tapi ada jg orang or anak yg tipikalnya pasif dan mesti dikasih arahan/suruhan terus menerus, mungkin gak cocok dgn montessori.

hope that helps ... definitely far from perfect description though :) masih belajar jg sih ...

thank heavens for lil' girls

4

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

adistybudiman, memang iya, aku tertarik mau masukin anakku ke montessori, coz biar dia bisa lebih mandiri, belajar menhargai dan kita menghagai keinginan anak kita. (BTW, montessori ngajarin anak kita assertive nggak yah?) dan bisa mengulak-ngulik sesuatu dengan dan karena keingintauannya sendiri.. dan so far, kemarin aku trial anakku di modern montessori international di menteng, dia happy banget n nggak mau pulang dari sekolah.

but what i worried about, rencanaku anakku cuma sampe tk aja, aku masukin di montessori. (maksudnya tknya nggak di di montessori, tapi ke sekolah alam.. nggak nahan sama biaya tknya).. kira2 bisa nggak yah. soalnya khan anak montessori biasa learning apa yang buat mereka tertarik, sedangkan sekolah alam, khan udah terstruktur dan anak2nya harus mengikuti arahan, bukan belajarnya keinginan sendiri, sebagaimana di montessori.. hmmm? (jadi bingung sendiri sayanya)

5

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

sekolah montessori tuh kebanyakan bahasa pengantarnya bahasa inggris ya? ada ngga sih sekolah dgn metode montessori yg pengantarnya mainly bhs indonesia?

6

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

Mamas, ada yg pernah cobain jakarta montessori/ jayakarta montessori / ceria montessori / MMI menteng ga ya? Appreciated bgt Kalau ada yg mau berbaik hati membagi review hehe... Atau kalau ada rekomendasi preschool berbasis montessori (100% montessori) daerah jakarta selatan atau pusat? Thanksss :-)

7

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

Anakaku sekolah di MMI menteng. Sofar aku sgt puas ya. Guru2nya sabar. Anakku termasuk yg slow to warm up. Tapi di situ dia betah. Sekolahnya juga100 persen montessori. Bukan montessori2an.

8

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

Wah asik ada topik tentang Montessori Preschool disini.. Aku sama suami memang tertarik pengen masukin Aghnan ke Montessori Preschool. Yang baru kita survei itu MMI Menteng sih karena kebetulan area nya masih masuk area Pusat. Dan so far lumayan dapat chemistry nya.
InsyaAllah sih Aghnan baru mau trial akhir Oktober. Semoga cocok..

Hi littlenonibatik,
Senang deh ada yg testimoni MMI Menteng. Aku dari kemaren cari-cari susah bener buat ketemu parent yang memang menyekolahkan anaknya di montessori. Anaknya sudah umur berapa? Progress nya gimana selama di MMI? TFS :)

9

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

Anakku umur 3 lebih, dia dari umur 22 bulan di situ. Aku lihat sih dari sisi kematangan emosinya ok ya. Kan anakku ini emang sulit beradaptasi dgn longkungan baru. Tapi dia sekarang sudah mau maju ke depan, dll. Aku juga suka dengan sistemnya ga pakai paksaan untuk anak belajar. Buktinya tanpa paksaan anakku juga bisa kok alfabet sudah mau hampir beres. Yang aku suka karena 3 year age froupnya itu, bikin anak yg kecil bisa nyontoh dari yg besar. Yang besar ngemong ke yang kecil. Kemarin diintip, anak2nya lagi tanpa disuruh bantu gurunya menyiapkan papan kalender, terus anak2nya duduk tenang melingkar nunggu dimulai cicle time. So sweet.
Oh ya, aku juga suka, karena walaupun bebas, suasana tetap terkendali. Aku selalu lihat anak2nya walaupun sibuk belajar sendiri2, tapi ga pernah ribut kebablasan. Itu kan yg sulit. Bebas tapi bertanggungjawab. Very recommended.

10

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

Hi moms, boleh ikutan yah...
Aku juga tertarik nih untuk masukin anakku ke sekolah berbasis Montessori.

Ada rekomendasi dan review untuk area Jakarta Barat? Soalnya so far ketemunya di seputaran Jakarta Pusat, Selatan.....

Oh iya, ada nggak ya sekolah Montessori yang bahasa pengantarnya Indonesia? Terus....rata2 sekolahan Montessori kok mahal2 banget yah... Hiks....

Thanks moms
*silangin jari berharap ada yang bisa ngasih info*

11

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

littlenonibatik oh wow.. senang banget denger ceritanya.. memang tujuannya pengen masukin Aghnan ke montessori juga karena sistem montesori itu mendidik anak untuk bebas tapi bertanggung jawab. :) Terus masalah bahasa gimana tuh, kan disana dia full English. Bicara bahasa nya bisa gak? Gimana caranya biar si kecil gak bingung bahasa nya?

mboke.era kalau di Jakarta Barat kurang tau sih ya. Cuman tau satu, Kidea, cuman itu juga kayanya gak full montessori setau aku. Iya emang montessori itu rata2 bahasa pengantarnya bahasa Inggris. Kalau ada yg Indonesia aku juga mau deh.

12

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

kalo di surabaya ada yang tahu nggak Mamas dimana yg pake montessori ini

God sent an Angel which is call Mother

13

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

malem semuanya..

mo nambahin soal montessori school. kebetulan anakku yg kecil, kiera, sekolah di montessori school di jagakarsa, nama sekolahnya bright school, websitenya http://brightschool.sch.id/the-programmes

kiera dari kinderplay waktu masuk (sekitar umur 2th), trus wkt umur 3th masuk kindergarten. kinderplay itu dari 1,5-3th, dan kindergantern dari 3-6th. emg betul sih, yg kecil jd bisa nyontoh yg gede, dan yang gede terdorong untuk bantu yg kecil.

dan terus terang kiera jauh lebih mandiri dibanding kakaknya yang dulu preschoolnya bukan full montessori, terutama di waktu makan. kiera selalu duduk manis makan sendiri, sementara kakaknya jalan2 ato minta disuapin. -_______-

sekolahnya juga enak, kelasnya gede, ada halamannya (halaman rumput ya, bukan cuma lapangan beton), guru & staffnya friendly, satu kelas ada 2-3 guru (1 lead teacher, 2 asisten). bahasanya aslinya full english, tp utk yg anaknya belom bisa english pake bilingual. trus di sekolah disediain sarapan & makan siang. jadi drop anak jam 8 pagi, mereka sarapan, jam 12 dijemput mereka dah makan siang *emak males*

gitu dulu deh ya penjelasannya, itu aja udah panjang lebarrrr.. hehehehe..
kalo mo nanya2 bisa PM ke aku, ato lgsg hubunging staffnya bright school..

hope it helps ya mommies.. ^_^

happy mommy of aksan & kiera ^_^

14

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

tanya dong tentang uang sekolah di mmi. anak keduaku rencananya mau preschool di situ biar deket dan gampang antar jemput.

And thelilsolder is back. Fire!

15

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

thelilsoldier
MMI ini resgistration fee 250rb.

Admission fee beda-beda sesuai umur:
-18 mos - 3 years itu 6 jt
-3 - 4 years itu 5 jt
-4 - 5 years itu 3.5 jt
-5 - 6 years itu 2.5 jt

Tuition fee nya itu kalau yang 3x / week itu 1.925 jt, yang 4x / week 2.4 jt dan kalau 5x / week itu 2.9 jt. Bisa dibayar per term dan annually. Dan biasanya lebih murah kalau bayar pertahun.

Tambahan lainnya ada uang buku 250rb / calendar year. Seragam 300rb (3 sets)

16

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

Moms, aku liat ada Pelita Montessori di tanjung duren, jak bar. Ada yg bisa bantu review?

Susahnya cari Montessori di seputaran jak bar. Lebih susah lg cari yg terjangkau sih. Wkwkwk

17

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

Moms, mau dunks info nya *kalau ada yg tahu* untuk daerah jakarta timur ada ga yg 100% full montessori. Tertarik sangat dg metode ini. TFS b4,

love U always my Callysta

18

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

Moms, akhirnya Aghnan sudah trial di MMI. Dan sayangnya anaknya kurang hepi ya disitu. Kalau menurut observasi aku dan suami, guru-gurunya yg berbekal ajaran montessori ternyata cukup clueless menghadapi anak macam Aghnan yang lagi seneng2nya eksplorasi. Aghnan malah lebih senang ikut kelasnya kakak2 yang 3-6 tahun pas trial, soalnya ada satu anak yang ramah banget sama dia di kelas itu.
Mungkin Aghnan masih terlalu muda ya buat dimasukin ke MMI. Jadi kayanya agenda masukin ke montessori di postpone dulu. Mungkin kalau dia udah 2 tahun baru di coba lagi.
Sekarang cari-cari lagi deh..

19

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

Ada yg udah dengar The Woodlands Montessori? Boleh donk diinfokan. Sepertinya masih related/franchise/same-management dgn Raindrops Montessori (or something like that). Tapi lebih tertarik dgn Primary-nya sih.

thank heavens for lil' girls

20

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

dadidedo wrote:
thelilsoldier
MMI ini resgistration fee 250rb.

Admission fee beda-beda sesuai umur:
-18 mos - 3 years itu 6 jt
-3 - 4 years itu 5 jt
-4 - 5 years itu 3.5 jt
-5 - 6 years itu 2.5 jt

Tuition fee nya itu kalau yang 3x / week itu 1.925 jt, yang 4x / week 2.4 jt dan kalau 5x / week itu 2.9 jt. Bisa dibayar per term dan annually. Dan biasanya lebih murah kalau bayar pertahun.

Tambahan lainnya ada uang buku 250rb / calendar year. Seragam 300rb (3 sets)



Dear Mba Dadidedo,

Saya pasif member nih..kebetulan lagi nyari2sekolah buat anak saya yang insya Allah Maret taun depan itu 2 tahun umurnya. Saya masi kurang faham tentang MMI ini mengingat pas saya buka MMI Homepage, kok ga kaya website sekolahan lainnya. Berapa jam ya tiap kedatangannya kalo di MMI? Kalo ga ngerepotin, saya juga mau dong diinfo nmr teleponnya..So far saya sudah survey ke Mentari Internationa School Lamandau sama Kinderfield Tebet dan masih akan terus mencari info lainnya. Thank you.

21

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

[deleted - no advertising]

Follow me @queensounti

22

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

Wahh lengkap nih info buat MMI menteng horeee.. Ada info mengenai jakarta atau jayakarta Montessori ga ya? Krn yg aku danger 2 sekolahan itu bener2 ngikutin full Montessori Dan terakreditasi.. Thx mamas

23

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

aksiera wrote:
malem semuanya..

mo nambahin soal montessori school. kebetulan anakku yg kecil, kiera, sekolah di montessori school di jagakarsa, nama sekolahnya bright school, websitenya http://brightschool.sch.id/the-programmes

kiera dari kinderplay waktu masuk (sekitar umur 2th), trus wkt umur 3th masuk kindergarten. kinderplay itu dari 1,5-3th, dan kindergantern dari 3-6th. emg betul sih, yg kecil jd bisa nyontoh yg gede, dan yang gede terdorong untuk bantu yg kecil.

dan terus terang kiera jauh lebih mandiri dibanding kakaknya yang dulu preschoolnya bukan full montessori, terutama di waktu makan. kiera selalu duduk manis makan sendiri, sementara kakaknya jalan2 ato minta disuapin. -_______-

sekolahnya juga enak, kelasnya gede, ada halamannya (halaman rumput ya, bukan cuma lapangan beton), guru & staffnya friendly, satu kelas ada 2-3 guru (1 lead teacher, 2 asisten). bahasanya aslinya full english, tp utk yg anaknya belom bisa english pake bilingual. trus di sekolah disediain sarapan & makan siang. jadi drop anak jam 8 pagi, mereka sarapan, jam 12 dijemput mereka dah makan siang *emak males*

gitu dulu deh ya penjelasannya, itu aja udah panjang lebarrrr.. hehehehe..
kalo mo nanya2 bisa PM ke aku, ato lgsg hubunging staffnya bright school..

hope it helps ya mommies.. ^_^



-----------------

hi mba, brightschool ini beda ya sama Jakarta Montessori yang di jagakarsa jg? Atau mereka adik kakak? trims :-)

happy go lucky me ^_^

24

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

bunda,,
lagi nyari-nyari referensi sekolah ni..
ada yang pernah denger sekolah Green Montessori ga..?
katanya dia montessori tapi pake Islamic value gitu..
ada yang tau ga ya..? info dong…
thx..

25

Topic: JAKARTA - Montessori Schools

Mau nambah aja, kalau di Jakarta Barat ada yang namanya Kinderworld Montesorri di Puri Indah. Kalo dari websitenya sih kelihatannya lumayan bagus. Anakku sih belum aku masukkan sekolah, rencananya tahun depan, setelah dia 3 tahun. Makanya juga lagi browing-browsing sekolah.