1

Topic: Momtrepeneur ngumpul yuk..

Saya ibu muda 26 tahun, lagi ber-ide untuk buka usaha, Saya sempet baca di Femina Wanita Wirausaha tentang ibu Wieke Anggraini pemilik Tahu Petis Yudhistira. http://wanitawirausaha.femina.co.id/WebForm/contentDetail.aspx?MC=003&SMC=005&AR=2

Semangat untuk berwirausahapun semakin membara, Saya pun coba untuk cari-cari apa aja sih yang bisa jadi sumber modal usaha, Saya udah ngumpulin beberapa sih, kaya:
1. Pinjaman pribadi di Bank
2. Kerja sama bareng teman
3. Tabungan sendiri

Mau tukar pikiran dengan UrbanMama lainnya mengenai sumber modal… dan Saya akan senang sekali untuk dengar cerita sukses UrbanMama lainnya..

2

Topic: Momtrepeneur ngumpul yuk..

alexajulio, seru juga idenya..

kalau di sini, karena di bagian financial matters lebih baik ngomongin sumber dana-nya mungkin ya, kalau mau sharing soal ide usaha, sepertinya lebih tepat di thread ini: http://theurbanmama.com/forum/topic573-penghasilan-tambahan-bagi-stay-at-home-moms.html

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

3

Topic: Momtrepeneur ngumpul yuk..

Halo alexajulio
Mau ikut share ah. Kebetulan aku sudah ada usaha yg masuk tahun ke 7 skrg.
Dulu,modal usaha awal dr dana sendiri. Bikin business plan, tetapkan modal usaha mau berapa, reserve uangnya. Jangan sampe kecampur2 sama keuangan sehari2.
Belajar dari finplan yg bersliweran di dunia maya, layer wirausaha itu uda ada di layer pendapatan pasif. Jadi harus make sure dulu keuangan kita sehari2 uda beres,,,baru berpikir utk wirausaha sebagai sarana investasi kita, cmiiw.
Trus kalo aku pribadi sbg newbie, opsi pinjaman ke bank agak2 ngeri sih. Prefer optimalkan aja modal yg kita punya dulu, kalo usahanya berkembang lan bisa diputer lg uang hasil usahanya.
Atau cari partner bisnis juga ide yg bagus tuh, asal kontrak kerjasama diatur dg jelas dalam payung hukum. Supaya kalo ada apa2 ga merusak hubungan pertemanan (biasanya kerjasama kan enak klo sama yg uda kenal, either teman/sodara)
Sekian dulu sharingnya,,,,

4

Topic: Momtrepeneur ngumpul yuk..

zataligouw
Terima Kasih koreksinya, iya mungkin di sini lebih ke sumber dana sebagai modal usahanya yang diomongin, thank you untuk share dan koreksinya.

5

Topic: Momtrepeneur ngumpul yuk..

mbaknyonyik
Hi mama, wah terima kasih banyak ya atas sharingnya yang sangat bermanfaat. Saya juga udah baca beberapa referensi dari momtrepeneur lainnya, kira-kira gimana untuk dapat menjalankan bisnis berbarengan dengan tetap menjadi ibu rumah tangga yang baik, untuk sumber dana, tentunya juga banyak pilihan pinjaman modal usaha ya Zaman sekarang, cuma masih bingung aja, makasih banyak ya ma untuk infonya dan sharingnya, salam sukses selalu ya :)

6

Topic: Momtrepeneur ngumpul yuk..

Ikutan share juga ya..
Pasca resign kemarin, kita juga lagi merintis usaha. Dananya kita ambil dari modal patungan. Jadi kita cari partner. Kebetulan ada teman yang bisa diajakin buat partneran dan asyik, jadi kita patungan modal. Modalnya pun bukan modal yang besar karena kita sama-sama lagi dalam posisi dana cekak :D Jadi kita merintis dari kecil dan untuk tujuan jangka panjang. Keuntungan yang didapat pun juga belum terlalu terasa. Tapi kita berkomitmen, dan semua cash flow tercatat dalam pembukuan. Dan kita juga punya pembagian tugas yang sudah disepakati sesuai keahlian kita masing-masing. Semoga bisa terus berkembang :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

7

Topic: Momtrepeneur ngumpul yuk..

Iya nih jadi mau ikutan share juga deh, hehehe..

beberapa waktu lalu, Saya cuti melahirkan anak pertama, seperti biasa 3 bulan cutinya. Selama 3 Bulan itu juga saya yang tadinya terbiasa sibuk, tertiba tidak terlalu sibuk dan lagi seneng2nya ngurusin anak dan rumah saja di rumah. Setelah cuti saya habis, saya masuk sekitar 1 bulanan, setelah itu saya memutuskan untuk resign.

Selama 3 bulan itu pula saya berpikir untuk tetap bisa bersama si anak pertama saya itu, tapi tetap menghasilkan uang. Lalu, saya coba untuk membuat beberapa kerajinan tangan saya membuat aksesoris perempuan, mulai dari bandana, gelang, kalung, dan lain-lain.

Tapi ada kendala dikala itu, ya kendala modal juga tentunya. Saya mau bisnis saya menjadi lebih besar lagi, lalu, bertemulah saya dengan seorang teman yang juga seorang momtrepeneur. Dia memberi tahu tentang pinjaman cepat cair di sebuah Multifinance untuk mendapatkan modal.

Lalu saya diskusikan dengan suami Saya untuk meminta izin dan pinjam BPKB suami Saya sebagai jaminannya, toh mobil juga masih bisa saya pakai untuk beli bahan2 bisnis.

Finally, saya dapat uang dengan sangat cepat cuma 2 hari, dan saya sisihkan tiap bulan laba yang saya dapat untuk menabung dan membayar cicilannya. Semoga saja share pengalaman ini dapat berguna dan sedikit bermanfaat ya smile