1

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

Banyak dari teman kami mengeluh soal jam tidur anak mereka, terutama 3 s/d 6 bulan pertama. Bagi para mom and dads yang bekerja, pasti amat sangat menyita waktu tidur, apalagi jika weekdays dan besok pagi ngantor.

Alhamdulillah saya dan istri hampir tidak pernah mengalami masalah tersebut. Yang kami lakukan adalah melakukan jam malam pada para bayi kami sejak hari pertama mereka lahir.

Sejak mereka lahir, kami meminta kepada suster agar anak kami dibawa masuk ke kamar di malam hari untuk tidur bersama. Tepat jam 8 malam, kami matikan lampu kamar sembari anak menyusui. Lampu baru menyala lagi jam 4-5 pagi saat subuh. Hal ini terus kami praktekkan hingga dirumah. Tiap malam lampu kamar kami mati jam 8 malam.

It works!! Kami praktekkan pada kedua anak kami dan terus bisa. Arkan dan Vira tiap malam tidur jam 8an dan bangun jam 5 pagi hingga kini.

Vira, anak kami yang pertama hanya sedikit minum ASI dan lebih berat pada susu formula, setiap malam sebelum tidur kami berikan minum susu sekitar 90ml (0-3 bln), 120ml (3-6 bln), 160ml (6-9 bln), 180ml(9-12bln) dan 210ml (1 tahun keatas) setiap akan tidur, dan dia tidak akan bangun mintas susu di malam hari.

Arkan, anak kedua kami yang 100% ASI eksklusif harus tidur disamping ibunya di tempat tidur bersama. Semalaman tidak akan bangun asal ibunya dalam posisi siap netek. Tanpa bangun Arkan akan mencari puting dan netek sendiri hingga kini ia berumur 1 tahun lebih.

Well this is our experiment, mungkin ada teman yang mempunyai pengalaman sama atau berbeda mungkin bisa cerita juga. Hope it helps.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

2

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

chan, thread-nya gue pindahin ke Baby Forum dari General Parenting Forum, ya... kayaknya lebih cocok.

biar ga OOT, gue share dikit deh pengalaman gue: kebetulaaaan banget, aina dari lahir jam tidurnya ga kebalik. dari jam 7pm-6:30am, dia tepar, cuma bangun buat nyusu (4-5 kali dibawah sebulan, 2-3 kali dibawah 3 bulan, dan 1-2 kali dibawah 6 bulan). pas nyusunya juga bobo lagi.

mungkin teori chandra betul, dan kebetulan rutin kita juga begitu: jam 7 malem, lampu diatas (kamar2) dimatiin, cuma pake lampu kecil biar ga kesandung kalo jalan. begitu matahari terbit -- disini sekitar jam 6:30 pagi -- aina otomatis bangun, trus minta nyusu.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

3

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

Oh ya, hampir lupa. Karena pada lahir bayi gak tau pagi-siang-malam, sewaktu itu juga disarankan oleh dokter laktasi kami untuk menjadwal proses menyusui sejak awal. Sewaktu anak ingin minum ASI sebanyak-banyaknya, pindahkan ke sebelum jam tidur atau sesudah bangun. Kita gak pernah sampai mempraktekkan ini sih, tapi siapa tau it works on you.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

4

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

yak, gue pun pengalamannya sama kayak chandra & thalia. naia gak pernah kebalik jam tidurnya. cuma sejak dia udah di atas 1 tahun, tidurnya jadi agak maleman aja. biasanya jam 9an. alesannya? karena biar masih bisa maen & ketemu papanya yang pulang nya biasanya jam 8 ke atas.

sekarang, naia masih bangun sekali kalo malem, minta nenen doang (masih asi) trus bobok lagi. dia baru bener2 bangun kalo papanya udah selse mandi ato baru mau mandi untuk ngantor. entah kenapa.. padahal kalo bangun subuh gitu dia tetep aja tepar. tapi begitu papanya mandi (skitar jam 7an), naia bangun deh. dan biasanya langsung diajak keluar, minum susu, maen.. minta poop/pipis, trus sarapan dan mandi. ato abis poop/pipis, mandi dulu baru sarapan.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

ikutan juga :)
Langit sejak lahir juga alhamdulillah ga pernah kebalik jam tidurnya. makanya gw ga pernah ngalamin namanya begadang semalaman. tapi ya gitu, Langit ga pernah judulnya tidur sebelum jam 9 kecuali kalo dia ngantuk banget dan seharian ga tidur siang.
alhasil langit selalu bangun siang, jam 6an bangun tapi untuk tidur lagi. baru jam 8-9an dia bener2 bangun tidur.
kalo masih bayi (sebelum 12 bulan) biasanya malam suka kebangun. awalnya 2-3 kali, terus berkurang jadi 2 kali, terus berkurang 1 kali. sampai akhirnya skarang ga kebangun samsek sampai jam 6an itu.
pernah sih sekali dia bangun jam 4 subuh dan ga mau tidur lagi, akhirnya kuserahkan pada suamiku untuk mengajaknya main :)
pernah juga coba trik bangunin dia pagi2 supaya malamnya tidur lebih cepat, ga berhasil :(
sampe skarang langit kalo tidur paling cepet jam 10 malam..
malah kadang sampe jam 12 malam masih on :)
sempet tanya sama dokter anak, apa ada yang salah dst gitu deh, tapi menurut beliau, ada hubungannya dengan genetis alias dari ibu bapaknya. nah kebtulan, gw dan suami adalah org2 dengan jam tidur sedikit dan tahan ngantuk. jadi, yaaa...pasrah deh :)
oiya, cerita dikit juga. pernah suatu kali langit tidur jam 8 malam. kirain bablas sampe besok pagi, tetep deh jam 10 bangun, cerah ceria lagi dan jam 12 baru tidur..
hehehe...

6

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

nenglita wrote:
sempet tanya sama dokter anak, apa ada yang salah dst gitu deh, tapi menurut beliau, ada hubungannya dengan genetis alias dari ibu bapaknya. nah kebtulan, gw dan suami adalah org2 dengan jam tidur sedikit dan tahan ngantuk. jadi, yaaa...pasrah deh :)


wah, bisa gitu ya? salut banget buat nenglita... kalo gue sih pasti langsung moody kalo kurang tidur.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

7

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

Thalia, ga ngerti jg ya apa bener genetis yang begituan *blom sempet gugling sampe detik ini* gw dan suami jarang bgt bs dpt tidur 8 jam, ga tau kenapa.. tp kalo ada waktu bs tidur lama, nah bs smp 12 jam deh :D

8

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

Wah Vanya kebalikannya Langit... dia tidurnya amat sangat cepat dari bayi biasanya jam 6 or 7 dah ngantuk kalo sekarang jam 7 or 8 dah teler apalagi kalo ngga tidur siang jam 6 sore dah ngantuk n tidur sampai pagi...makanya kalo kita ada acara malam (kawinan/acara kel) Vanya pasti kita kasih tidur siang lebih lama supaya bisa bertahan ampe jam 9 or 10(kalo beruntung)

kalo ternyata kata dokter itu ada hubungannya dgn faktor genetis bener banget... mama n daddynya juga kalo tidur lebih cepat lebih senang hahaha.... walaupun kadang begadang kalo ada kerjaan... ;)

mamanya vanya merangkap baby assistant di nenen baby shop

9

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

Alhamdulillah jibril 13bln dr lahir jg ga kbalik jam tidurnya,mungkin karena sebelum tidur jg qta matiin lampunya ,skrg tidur mlm antara jam 8-9,nungguan ortunya blk kerja dlu,kecuali klo qta agak telat blk,sma mbaknya suka ditidurin dluan palagi klo siangnya tidur cuma sebentar,& klo udh tidur mlm,ga kebangun sampe pagi jam 5.30-an.cuma karena aktif banget jibril sekarang klo tidur siang justru cuma sebentar,biasanya bisa 1jam-an skrg paling 30-45mntan.

A Mother Always Bring Extra Love...

10

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

Alhamdulillah Nara juga ga termasuk bayi yang ngajak begadang. Kalo dirunut2, mungkin karena dari dalem perut gue usaha menerapkan hypnoparenting ya? Percaya ga percaya sih kalo ini... Jadi biasanya sekitar jam 8 malem, gue ngomong ke perut "ayo nak tidur ya, sekarang udah malem. besok kita main lagi, sekarang istirahat dulu". Besok paginya biasanya gue bangunin "sekarang udah pagi sayang, ayo bangun... temenin bunda". Efeknya, begitu lahir Nara bangun cuma kalo mo nyusu aja. Well, pernah sih dia kebangun kalo tiba2 gue ganggu posisi tidurnya (digantiin diaper tengah malem misalnya), dan akhirnya dia ngajak maen jam 2 pagi. Biasanya sih gue tinggal tidur lagi hahaha... Dan setelah menyerah karena dicuekin, Nara cuma minta minum trus tidur deh.

Sekarang ini Nara rutin tidur sekitar jam 8 malem, udah usaha berbagai cara untuk ngegeser jam tidurnya tetep ga berhasil (maksudnya supaya bisa main agak lama gitu abis ngantor).

BTW pernah liat acara di tv, emang jam tidur ini genetis deh. Waktu itu ada ayah n anak yang selalu tidur cepet (sekitar jam 7 ato 8 malem) n bangun jam 3 pagi. Jadi si ayah punya semacam kelainan di DNAnya, yang diturunin ke anak cewenya. Walhasil mereka selalu susah kalo ada acara malem, n biasanya acara keluarga mereka dibuat di siang/sore hari (si ibu n anak cowonya ga punya kelainan ini). Jadinya ayah n anak itu suka belanja pagi2 buta di supermarket, dengan alasan ga antri :D

yang selalu kangen sama si pipi gembil

11

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

Somebody please help me then....

Aira...our belove daughter...hobinya adalah....ngajak ronda...aaaggghhhh....sejak usia 3 bulan entah kenapa tidurnya kebalik...sampe sekarang dia udah hampir 10 bulan...sgala metode dah kita coba...dan...gagal...lampu redup? dia takut gelap so yg ada begitu lampu diredupin dia malah melek segede2nya dengan tampang panik, badan dikakuin, dan megang tangan kita kuenceng bgt...ajak main pas siang?kalo dia emang lagi maunya tidur yg ada malah ngamuk....susuin agak banyak pas jam2 tidur? yang ada kalo udah kenyang ya gk diabisin dan malah disembur2...jadi mainan...dan malah bikin dia lebih ceriaaaa...cuekin? hasilnya adalah nyolek2 gue n hubby yang udah mo pingsan krn ngantuk sambil teriak2 "eehhhh, eehhhh"...terus ngglundung2 sambil mepet2in badannya ke punggung kita...tambah dicuekin? = tantrum....rekor tidurnya dia adalah jam 5 pagi aja....sebenernya Aira bukan tipe anak gampang rewel...so ngajak main dia sebenrnya fun....cuma kalo ngajak mainnya jam 10 mlm - 3 pagi....trust me it's not fun anymore ..apa ini karena gue n hubby aja yg kurang jadi raja tega untuk nerapin jam tidur ato ada kaitannya dengan prematuritasnya?? ato apa ya? even dia tidurnya dikit pas siang pun...sering kali tetep begadang...ada yg senasib ma diriku gk yaaaa?? please share....

Mbk Thalia...kalo ini lebih cocok masuk ke pemhasan ttg baby prematur...monggo dpindah aja...

tengkyuuuu!

coffee is one of my best friend...

12

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

otty gue rasa itu bener deh, kebiasaan tidur itu emang faktor genetis. kalo salah satu dari orang tuanya suka begadang, gue rasa si anak juga bakal begitu. like it or not.

mommyaira haduuhh gak kebayang yaa, ngajak maen sampe jam 5 pagi gitu. capek juga.. mana kita kan mesti produktif justru siang2 yaa.. trus kapan emak bapaknya tidur dong? huhuu... terus terang gue gak bisa ngasih ide apa2. karena naia tuh alhamdulillah tidurnya teratur banget. dari bayi udah begitu.

duluu sebelom di sapih gue takuuut banget kalo naia jadi susah tidur karena kan biasanya dia hanya tidur kalo udah nenen. taunya malah makin gampang! kalo emang jamnya tidur, walopun lagi ketawa2.. lama2 dia diem, bengong trus tidur deh. kadang less than 5 minutes juga udah tepar sendiri. nah ini kayaknya faktor genetis dari bapaknya. kena bantal dikit, langsung tidur! hahaha.. dari gue, nurunin tidur ayamnya yang suka kebangun2 gitu. untung semakin gede udah ga separah waktu kecil yang ga bisa denger suara sama sekali... ngakalinnya, biasain dia tidur di tempat rame (kayak mall gitu) .. sukses sih! dia bisa tuh lagi acara rame gitu, pas jam tidur.. ya tidur aja! heheh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

13

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

mommyaira
waaa sampe jam 3 pagi?pusing pasti ya...gw dulu pas nara 2 bulan jam tidurnya sih masih berantakan. Jam 12 aja masih melek. Tapi gw abis itu biasain aga sedikit "paksa" tidur dari jam 8. Pokoknya jam 8 masuk kamarmm lampu gw redupin (gw biasa pake lampu kecil jadi ga matisamsek), trus ga gw ajak main...kalo perlu gw bikin kenyang, atau gendong terus sampe dia tertidur ..lama2. ya lama2 mundur deh tuh jam tidurnya. Dan lebih mudah bobonya. Alhamdulillah pas gw uda mulai kerja tidurnya uda lebih manusiawi dan bangunnya pun paling untuk mimi aja.

Sekarang sih gw ga gtu maksa dia harus tidur jam 8 soalnya gw pulang kantor suka telat...tapi kadang dia sendiri yang malah uda ngantug duluan huhuhuh T_T

14

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

Banyak yg bilang "mamanya waktu hamil suka susah tidur kali???" nope! pas hamil gue justru gampang tepar...jam 8 ato 9 udah nguantuuuukkk...

Kadang2 aja Aira tidurnya bener....berapa hari normal...dan berminggu2 begadang...nah, pas dia tidurnya normal inilah baru tidurku n hubby bisa normal juga...dan itu kita manfaatin bgt buat istirahat...kalo kumat lagi...terpaksa kita gantian njagainnya...soale kalo emang lagi gk mo tidur..diapain aja ya gk mo tidur...digendong mpe pegel juga gk ngaruh, yg ada malah rewel wong dia sebenernya bukan minta digendong...tp main...

You may laugh guys...gue sampe pernah mikir jgn2 anak gue indigo krn salah satu ciri2 anak indigo adalah mereka susyaahhh tidur...dan masih lost krn gue gk tau cara ngeliat ke-indigo-an seseorang...apalagi bayi...

Cuma bisa berharap kalo suatu hari pola tidurnya bakalan normal... :(

Kalo ada yg bisa kasih pencerahan...diriku berharap sekali lhooo

coffee is one of my best friend...

15

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

sLesTa wrote:
otty gue rasa itu bener deh, kebiasaan tidur itu emang faktor genetis. kalo salah satu dari orang tuanya suka begadang, gue rasa si anak juga bakal begitu. like it or not.


yup gw rasa itu bener deh soalnya gw terbiasa bangun jam 5 pagi teng,, n sekarang Ghiffari jg selalu bangun jam segitu, Kalo soal tidur malam hmm.. sama jg kaya gw,, gw paling ga biasa tidur siang dari kecil karena kalo siang tidur malemnya pasti begadang n sekarang ghiffari gitu kalo siang ga pernah tidur lama tapi dari jam 8 malem bablas sampe jam 5 pagi.. bangun sekali jam 1 atau 2 (sama persis sama gw jg) n biasanya minta nenen ganti baju n popok terus tidur lagi,, awalnya gw pikir perasaan aja tapi gw jg dapet kebiasaan ini dari bokap gw dulu :D

mommyaira hmmm kebayang capeknya dirimu ya say.
Kalo pas siang siang diajak jalan jalan n capek ngaruh ga hehe?
Soalnya gw dulu suka agak kejam jadi siang gw ajakin maen ke rumah sodara n kemana mana,, tidurnya jd cm sebentar2 jadi pas malem capek udah deh ga ngajakin maen,,

16

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

liactk pernah gitu juga sist....kadang works kadang gk...seringan nggaknya hehehe....hmmm mungkin nanti layak dicoba lagi dengan lebih konsisten! hehehe...tengkyuuuuu!!!!

coffee is one of my best friend...

17

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

liactk, bukannya kalau tidur karena kecapean malah nanti bisa tantrum (bangun dan nangis gak jelas) dan ngigau?

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

18

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

mommyaira - pengen tau aja nih, kalo aira lagi ngajak begadang, besoknya dia bobo seharian ga? apa tetep normal aja jadwalnya?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

19

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

urban papa untuk anakku ga loh. Waktu pulang kampung kemarin, anakku biasanya tidur 2x nap kalo siang. Ini karena kita naik mobil ke tempat wisata, tidur siangnya jadi kurang...nah malemnya cepet bangetttt gtu tidur trus ga bangun2 malahan..tsk...

berlaku juga pas ga kemana2 tapi banyak main di siang hari dan tidur sebentar, biasanya malemnya tidur lebih cepat...

20

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

Urban Papa - gue juga kayaknya sama ama NisaNara deh. kalo capenya fisik atau kurang tidur siang, ga jadi mimpi dan rewel. yang ada jadi bobo lebih cepet...

tapi kalo capeknya mental -- kayak misalnya banyak tamu dateng, trus aina stress karena takut banyak orang -- nah, itu jatuhnya ke mimpi.

jadi, kalo gue sih, bisa ngatur tidurnya aina dari porsi afternoon nap-nya aja.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

21

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

Urban Papa yup sama kaya NisaNara n Thalia kalo Ghiffari langsung sukses tidurrr (include me) ,,,,,,, sampe pagi n karena udah seger kali yaa tetep jam 5 ngoceh heboh hehe,,

mommyaira yaa ga tiap hari jg si ntar yang ada emaknya capek apalagi airanya hehe,, cm kalo beberapa hari sekali siapa tau dy jadi terbiasa,,
Hope it works ya bu,, soalnya gw ngerti gmn capenya nemenin maen sampe jam 5 pagi :(

22

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

Wah beda-beda ya. Mungkin memang ada hubungan dengan keturunan?

Kalau anak-anakku kalau mainnya over seperti ketawa atau jerit-jerit misalnya bercanda sama sepupunya terus kelitk-kelitikan, wah malamnya suka bangun. Yang gede sih kalo bangun malam sekarang kalem, paling nyamperin papahnya trus bilang:
"Pah, Vira gak bisa tidur, temenin...", sambil ngebukain mata bapaknya (membangunkan tanpa basa-basi).

Kalo yang kecil paling kalau over gak bangun, tapi tidur sambil nangis (tearless). Jadi sebisa mungkin kalau gue menghindarin terlalu capek. Tapi kalau capek habis jalan di mall atau apa itu sih beda.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

23

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

sama banget nih dengan urban papa, Lana akhir2 ini suka banget ngigau, semaleman bisa nangis, jerit-jerit sampe 3kali. Oh iya jadwal tidurnya Lana, kalo malem biasanya tidur jam 7 atau jam8 malem (sebelumnya minum susu) dan pasti bangun jam setengah Lima subuh. Sepanjang malem itu gak pernah nyenyak tidurnya, yah kadang nangis jejeritan, ngigau, bahkan pernah ngelindur tiba2 bangun nunjuk-nunjuk padahal matanya masih merem. Kalo udah gini, biasanya aku tepok-tepok atau sambil disusuin biar tidur lagi.

Kalo siang tidurnya cuman sekali biasanya jam 10-12siang, nah setelah itu, hobi teriak-teriak, jejeritan dengan suara soprannya, lari-larian, pokoknya te puguh gitu deh. Karena kebiasaannya jejeritan kalo siang ini kali ya makanya kalo malem suka nangis jejeritan juga. Kadang aku mikir (bukan mengeluh ya), kapan ya diriku bisa tidur nyenyak :)

24

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

mommyaira huiks..duh dirimu dirumah atau kerja say?kalo kerja, waaah gue yakin lo mengalami hari2 berat di kantor. idem sama Thalia, jadi penasaran, si Aira kalo siang tidurnya berapa jam tuh?

Bundanyalana
ngigau ya, sama kayak Rara..tapi rara ngigaunya lebih yang ke sesenggukan gitu..kalo pas 3-5 bulan gitu sering banget tiba2 nangis tapi masih merem (gue berasumsi dia ngimpi buruk trus jadinya nangis beneran).
temenku ada yang gitu juga bun, dalam seminggu, anaknya suka tiba2 kebangun jam2 jam 3, trus jerit2 (maknya takut banget, soalnya dia pikir anaknya mungkin kesurupan atau apa). tapi sekarang sih udah normal kembali..

25

Topic: [SP] Jam Tidur Bayi

thalia, sukie dulu pas awal2 iya...malem bangun siang tidur...tp sekarang paling dia bangun lebih siang dan abis itu tidurnya juga tidur2 ayam gitu...15 menit bangun...paling lama sejam...udah...dan malemnya begadang again....

nih baru kejadian lagi...hubby semalem pulang dari bandung jam 1/2 11 mlm...tp subuh tadi harus berangkat lagi ke bali...tadinya aira udah tidur jam 9 mlm....kupikir amanlaaahhh krn aku tanya mamaku dia tidur siangnya juga sebentar...30 menit menjelang papannya pulang dia bangun dengan cerianya...terus gelisah...dan ternyata hubby pulang...tambah cerialah dia...tp hubby masih harus ambil tiket, jadi pergi lagi lah dia....all of the sudden...Aira gelisah lagi....ngeliatin pintu aja...ngarep papanya pulang...begitu pulang ceria lagi...langsung minta gendong...n gk mau tidur...even gantian gendong sama aku pun dia kayanya gk mau...maunya sama papanya, papanya ke kamar mandi aja langsung gelisah...pintu kamar diliatin aja sampe dia liat bener papanya balik ke kamar, aku juga gak bisa tidur karena selama dia bangun...dia malah ketawa ngakak2 kenceng bgt sama papanya...hasilnya ...begitu hubby berangkat j 5 pagi tadi...baru dia tidur...aku? baru berhasil bangun jam 1/2 7 aja...n ke kantor ngebut pake ojek....aagghhhh....

Nah, repotnya adalah aku kan kerja...so di kantor senjataku cuma kopi....sama kaya bundanyalana, kadang mikir...kapan aku bisa bobo manis???

coffee is one of my best friend...