1

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

Mamas, kapan waktu yang tepat untuk membekali anak dengan telepon seluler ?

entah thread ini udah belum ya ? Klo udah ada, di remove aja :D

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

2

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

Honey Josep,
serba-serbi tentang hp pernah dibahas di sini , di sini dan di sini.

berhubung diskusi di atas lebih fokus ke bayi, mama dan games, maka thread ini gw buka dulu aja :)

anak2 gw belum perlu hp, masih umur 2.5thn soalnya :p
hp dipake untuk lucu2an aja maen game :)

sedangkan ponakan gw paling gede kelas 2 SD, dan belum perlu hp juga.
tapi beberapa temennya di sekolah pada bawa hp, jadi ponakan gw itu jadi kepengen punya hp.
selama ini kakak gw yg ber-hp2-an sama bu gurunya untuk nanya2, jadi anaknya belum dibeliin hp deh.
mungkin nanti, pas anaknya rada gedean, kalo udah pergi2 sendiri ke sekolah, tempat les, dsb baru perlu hp untuk komunikasi. kalo sekarang apa2 masih dianter-jemput sama mamanya.

hehe..gak membantu ya?
oke deh ibu2 yang lain, ditunggu sharingnya :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

imo saat ini kan hp udah jd kebutuhan ya..ade ipar gue kelas 3SD udah punya hp..itupun minta nya dari kelas 1 dan baru dibeliin sekarang..
kayanya kalo anaknya emang tiap hari antar jemput sekolah..gpp punya hp asal yg paling murah aja..yang penting bisa telp atau sms..krn kadang butuh juga kalo utk masalah jemput2an..
tapi kalo anaknya kebiasaan pake angkutan umum..ehhmm gue sih pikir2 kasi anak hp..karena itu bisa jadi mancing orang utk berbuat jahat..apalagi yang hpnya mahal :(
kadang gue juga takjub ya duh anak jaman sekarang ngerengeknya minta bb..sepupu2 gue yang masih SD smua udah ber bb ria aja gitu.. *elus dada*
moga2 anak gue ga minta hp dari tk deh nanti :P

~Aysha's mom~

4

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

honey josep menurut gue sih, gak perlu sampe si anak kuliah! hahah.. tapi ini pikiran jaman dulu ya. kayaknya makin kesini kita makin liat betapa pentingnya HP sebagai alat komunikasi. apalagi kalo ortunya kerja. anak gue yang 2.5thn aja udah demen banget maen iphone, tapi ya itu untuk game, bukan untuk sebagai alat komunikasi.

jadi sebenernya balik lagi ke masing2. selama dikasih HP itu sebagai kebutuhan untuk berkomunikasi dgn ortu nya ya gpp. tapi kalo untuk gaya2an, big NO NO!! nah karena alesan ini lah gue ngerasa anak SD itu masih belom perlu HP. even SMP kayaknya masih belom HP, kalo anak udah SMA sih udah rada wajar.

tapiii kalo situasinya menuntut itu ya bisa dipertimbangkan. contohnya kayak mama yositako yang single parent dengan 2 anak SD di singapore. anak2nya kalo weekdays hanya ditungguin oleh maid dan pulang pergi sekolah naik public bus. kadang mereka ada ekskul, dll. nah mereka sepertinya dikasih HP ama yosi which is understandable yaa.. karena mereka emang melakukan apa2 sendiri.

beda kalo di jakarta yang pastinya ada supir & nanny. jadi kalo mau tau gimana kabar anaknya ya mendingan telpon supirnya atau nanny-nya. rightfully anak SD pun seharusnya jangan dilepas jalan2 di mall sendirian. although on special occassions, kalo mereka janjian jalan ama temen2nya dan rada terpisah sama ortunya di mall yang sama, boleh dipinjemin HP, tapi only for those special occassions.

ini take gue sekarang.. ga tau deh ntar gimana kalo naia udah gedean. hihi..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

Honey Josep menurutku tergantung dari kebutuhan deh. Kalo emang ada mba atau supir untuk anter jemput anak sekolah atau les, menurutku sih masih belum perlu yah. Kita bisa telpon mbak atau supir untuk memantau kegiatan anak kita.

Kecuali kalau anaknya udah cukup besar (ngga kepikir juga sih batesan umurnya :p) dan udah mandiri untuk melakukan semuanya sendiri, emang butuh HP untuk anak. Tapi imo seperti mama2 yg lain juga, ngga usah dikasih HP yg mahal2. Yang penting basic needs dari punya HP bisa terpenuhi, bisa buat tlp dan sms.

Ara (6thn) sekitar beberapa bulan yg lalu pernah minta dibeliin HP, karena dia lagi sukaaa bgt sms mama n papnya (baru bisa soalnya). Kebetulan, aku baru aja ganti hp, jadi HP bekasku aku kasih ke dia n beli nomor prepaid dan pulsanya cuman aku isi 10,000, dan ngga boleh bawa ke sekolah. Ternyata ngga sampe sebulan dia udah bosen loh. Aku kasih tau, kalo lagi kepengen bgt sms pinjem hp eyang atau tantenya aja. Kalo mau telpon, pake aja telpon rumah.
Kebetulan ada supir buat antar jemput ara ke sekolah dan tempat les (kadang ditemenin sama mamaku). Jadi aku tinggal telpon mama atau pak supir buat memantau kegiatan hariannya Ara.
Jadi sampe sekarang aku belum kasih HP lagi buat Ara, dan kayaknya akan berlangsung sampe lulus SD heheh.

Mommy of Khiara, Faza n Farah
@mamaarza

6

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

Mamas, adikku (sekarang kelas 6 SD) dari kelas 4 SD udah punya HP. Awalnya karena liat orang rumah pada punya HP, dia jadi kepengen. Apalagi liat temen2nya yang pada punya HP. Mintaaa melulu. Akhirnya dikasih juga HP lungsuran ibuku.Hehee..
Tapi itu juga ga diapa2in, ga pernah dibawa ke sekolah (dilarang keras sama ortu), pulsanya juga malah lebih sering dipakai sama kakak2 dan orangtuanya :p.
Segi positifnya c, karena adikku itu anak paling kecil yang bedanya jauh banget sama kakak2nya dan orangtuaku jarang di rumah, (dirumah gak ada supir, adanya cuma bibi), jadi mau kontrol adikku gampang, nelpon ke sesama provider kan lebih murah :D :D :D
Disamping itu, adikku juga jadi lebih pinter sama gadget2.. Orangtuaku kalau hapenya kenapa2 bisa nanya ke dia. hehe..

Sekarang adikku kelas 6, merengek-rengek minta BB. Akhirnya salah satu kakaknya ngelungsurin BB lamanya.
*sigh* ini sih yang bikin nyesel, banyak juga temen2nya yang pakai BB. Jadi itu BB nempelllll melulu di tangan adikku, mostly chatting.
Mau berangkat sekolah megangnya BB (jadi hampir kesiangan melulu).
Sampai sekarang c orangtuaku tetap ngelarang membawa HP ke sekolah, untungnya pihak sekolah juga melarang murid2nya membawa HP.
Nah, kalau udah masuk jam tidur, BB nya adikku langsung disimpan ibuku, biar ga radiasi juga kalau pas dia tidur.

Anak kecil punya HP ada segi positif dan negatifnya juga c..
Yang penting diawasi aja penggunannya, biar ga terlalu addict sampai mengganggu waktu belajar dan aktifitas geraknya.

7

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

honey josep ,
klo nanya kapan tepatnya ngasih hp ke anak, bisa jadi kembali ke kebijaksanaan masing2 ortu ya.
tapi setuju banget sama Slesta, buatku klo masih SD sih big big NO ngijinin anak bawa hp ke sekolah. Jujur aja aku masih heran kog sekolah2 yg masih SD itu ada yg ngijinin ya murid2nya bawa hp ? :(

anakku yg sulung skr klas 4 SD, alhamdulillah emang peraturan di skolahnya tdk boleh bawa hp, cuma dia sih punya hp lungsuran dari ayahnya, paling dipake sms2an ama sepupu2nya or telp ke ayah bundanya klo pas ada perlu. Di luar itu sepertinya dia jg ga maniak maen hp. Dan hp ini biasanya dia bawa klo pas les aja krn perlu komunikasi dengan aku pas jemputnya nanti (yg nganterin mbaknya).

btw, kadang heran (plus miris) sekarang liat anak2 even SD saja sudah pake hp yg canggih2, bahkan blackberry-an. beberapa kali ketemu anak sodara yg sudah SMP/SMA kog rasa2nya tangan tidak pernah berhenti dari menari2 di atas hp :(
beberapa kali ikutan seminar parenting ibu Elly Risman, dijabarkan bagaimana efek beusarrrr (negatif) dari pemakaian hp oleh anak2/remaja yg tidak bertanggung jawab.

so far sih klo anak udah SMP/SMA, dan bisa bertanggung jawab seharusnya hp bisa menjadi sarana komunikasi yg benar, dan rasanya jaman skr ga mungkin jg membatasi anak2 kita dgn perkembangan teknologi yg berjalan sangat cepat kan ya ? tugas kitalah yang bisa memilah2 bagaimana suatu teknologi itu bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

btw, agak oot nih, aku dan suami sama2 kerja di operator selullar (yg berbeda), sama2 pake BB krn tuntutan pekerjaan, rasa2nya liat hp sudah eneg banget hehehe, apalagi klo ada telp malam2, it means ada problem (jaringan) yg perlu kami follow up :(

mudah2an berguna ya sharingnya :)

bunda shafa-hafiz-reefa

8

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

honey josep even buat gue.. anak SMA aja belom pantes pake BB loh. heheh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

9

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

@Eka: anakku baru umur 3 tahun , masih aman dalam arti kata kalau di rumah memang saya gak pernah keluarin hp dari tas kerja jadinya Darren gak terlalu addicted sama hp.

@Mia: setuju, takut mancing orang jahat. Sepupuu suami yg umurnya udah 16 tahun aja baru- baru ini kehilangan hp karena di bohongin sama anak sebayanya

@Amalia : iya nih, sekolah mesti melarang penggunaan hp terutama buat anak tingkat SD


@Slesta & Lilik: BB buat anak sekolahan emang kelewatan sih. Saya juga gak setuju ;)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

10

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

honey josep, slesta, lilik kadang pembicaraan antara orangtua di sekolah juga perlu lho..

Adikku itu kecil-kecil udah minta dibeliin BB, pembelaannya adalah "temen aku kq boleh punya BB, kenapa aku enggak?" *Dohhh, tepok jidat.*

Nah, kalau udah begini, sewaktu ada pertemuan orantua murid juga ngebahas masalah gadget/HP sama orangtua yang lain. Jadi bisa kompakan deh ga beliin HP anak
atau kalau udah terlanjur dibeliin, kompakan atur waktu anak dengan HP nya bia ga terlalu addict :)

11

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

amaliaputri iya bener banget! mesti ngajak orang tua untuk satu page ama kita ya. dan sebenernya sih dari pihak sekolah juga mesti jadi penengah. misalnya jam sekolah ga boleh ada HP gitu. tapi tetep aneh, kok ada siihhh yang ngasih anaknya masih SD telpon seluler? masih lebih ga ngerti lagi dikasih BB?

tapi ya sebenernya balik ke orang tua masing2. anak pasti pengen karena meniru. meniru temen2nya, atau meniru orang tuanya. makanya kita2 pun sebagai orangtua juga mesti membatasi diri untuk gak ngeluarin telpon disaat spending quality time sama anak. susah emang, tapi mesti dicoba deh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

kalo ini tentang keponakanku yang baru kelas tiga SD. dia pake hape cdma fle*i. setiap hari dibawa kesekolah. gak tau juga sih peraturan disekolahnya boleh bawa hp ato nggak. mamanya kerja, dia anak satu2nya. kalo pergi pulang sekolah dan les pake supir. ceritanya dikasih hape buat memudahkan mamanya untuk tanya kabar atau tanya lagi dimana. tapiii,yah namanya juga masih anak2 ya.belum bertanggung jawab sama barang pribadinya. hapenya sering ilang. dia suka naro hape sembarangan. pernah tuh hp ilang ada kali sekitar dua bulan. ternyata, nyelip di selipan jok kursi mobil temannya. jadi ceritanya waktu itu dia pernah pulang ikut mobil temannya.trus lupa lah dia..pernah lagi nyelip di tas renang.nyarinya sampai berhari2. udah gitu kalo baterenya low batt, dia males banget nge charge nya. yang ada kalo ditelpon mama papanya,gak aktif mulu.

mungkin waktu yang tepat buat anak dikasih hp ya,kalo memang dia sudah bisa bertanggungjawab atas barang2nya :)

ibu adalah sekolah pertama bagi anak- anaknya

13

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

Setuju sama Amalia, mesti diomongin ke sekolah kalo suatu saat nanti menghadapi kejadian kayak gitu.
@Aindah : jadi sama aja gak ada fungsinya ya kalau hp-nya gak aktif melulu :(

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

14

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

Hi mama Honey Josep, kalo ponakan gue dikasih HP ama kakak gue tuh mulai SD kelas 6, sebenenrnya minta udah dari kelas 4SD tapi baru dikasi kelas 6 krn emang dilihat udah dirasa perlu, mulai padet les tambahan dan ekskul ini itu, itupun model hp yg standard aja, dengan alasan kalo ilang ga terlalu menyesal (knock on the wood 3times) :p
Dan setuju ama Lilik, kembali ke ortu masing2.. apa udah jadi kebutuhan apa cuma emang iseng pengen punya buat nge-game ajah. :)

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

15

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

Kalo adekku sih (sekarang kelas 4 SD) udah mulai bawa hp semenjak kelas 1 SD.. Alasannya gara-gara jam pulang sekolah yang kadang-kadang gak menentu.
Dia pernah minta dibeliin hp baru karena ngliat temen2nya hpnya bagus2 semua (gilaaaa, ngliat hp anak SD jd mupeng sendiri, ampe ada yg bawa PSP segala, ckckckck) tapi baru dibolehin ganti hp kalo udah SMP, hihi..
Dan ternyata adekku gak malu juga pake hp jadul.. Cuek sih anaknya.. Buat dia hp gak penting, lebih penting maen komputer (cuma boleh maen kalo sabtu minggu)

OOT dikit, kurikulum anak SD sekarang gila2an ya... Pengen ngajuin protes deh. Beda banget lah ama kurikulum SD di Amrik

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

16

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

aQeeLa - Hhihihi iya yah hp anak sekolah jaman skr beda tipis ama yang udah kerja. btw ponakan gue yang smp juga udah mulai pgn pake hp yg lg happening, ampe akhirnya waktu ada acara nginep disekolah dan hilaaangg!!! Naaa dari situ deh dia kapok dan back to model hp yg standard...
soal kurikulum, setuju banget masa belajar susunan kepemerintahan kls 4 SD.. susunan dari rt-rw-camat-bupati-gubernur dst dst dst.. emang udah ngerti / 'ngeh' apa? itu baru dari satu mata pelajaran. *maap OOT mama Mods* *lari keliling komplek* :p

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

17

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

gue juga suka pengeeen deh bawain alyssa (kelas 1 sd) hp.. supaya gue bisa telp dia kapan aja. tapi terus suami nanya, "kamu yakin mau al pegang telpon? ntar malah dia yang telponin kita terus..."
bhuahaha bener juga, si neng tuh kan kalau udah niat gosip gak bisa berenti..
lagian, kalau dipikir, si neng sekolah bareng neneknya (neneknya guru tk sekolah sebelahan).. pulang pergi sama neneknya.. semua sodara deket.. kantor papanya deket.. dan kita tinggal di kampung gitu jadi semua pada kenal gitu, kalau ada "apa2", insya allah banyak yang nolong dan kabar pasti cepet sampai.. so sampe sekarang neng al belon punya HP..

gue mo share dikit nih soal HP.
jadi adek sepupu gue, waku itu SMP, udah punya HP. Tapi gak boleh dibawa ke sekolah (kebijakan sekolah), so HP ditinggal di rumah.. Eh.. tau2 ada isyu tsunami, sekolah dibubarin, dan ortu langsung jemput.. tapi adek sepupu udah pulang sendiri.. jadi semua panik, cari-carian.. bingung doang.. kesian deh..

18

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

@siska & Aqeela : iya, anak yg sekolah, kitanya yg deg- degan bisa ngikutin apa gak, bisa lulus apa gak ... *curcol*

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

19

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

Ponakanku punya hape sejak kelas 2 SD. Level pertama hape CDMA, dan seringa males ngecharge baterei. Yg paling gede punya hp GSM kelas 6, adeknya kelas 5, nah yg paling kecil merengek minta hp (kelas3) dan maksa beli pake duit dia sendiri yg didapet pas lebaran.
Skrg ponakan paling gede kelas 2 SMP dan so far ga tlalu ketagihan dan keranjingan ma HP. Temen2ny di skul jg pada pake BB dan iphone.

amalia putri
Emang adiknya dikasih BB plus internet servicenya?

20

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

Oh ya, ketinggalan. Mungkin untuk membatasi pemakaian, batasi juga jatah pulsanya. Kayak aku dan adek2ku dulu. Klo ga ada pulsa, hp jd rongsokan aja dulu hehe...

21

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

slesta,
bener juga yah.. kalau anak melihat orang-orang di sekitarnya sticky sama handphone, dia juga bakal penasaran dan ikut2an..
Semoga diriku nantinya bisa membatasi diri. Amiiin :)

emakcorby,
Adikku pakai yang paket chatting sama fb aja sih. Sebulan dijatah pulsanya, kalau kurang ya dia sisihkan dari uang jajannya sendiri. Untung anaknya mau dan rajin menabung. Hihii
Pernah hampir dua bulan dia gak pakai BB karena trackball-nya rusak. Disamping harga reparasi trackball-nya yang mahal, orangtuaku juga senang ngeliat dia 'bebas' sementara dari BB.
Akhirnya adikku nabung sendiri buat benerin *antara gak tega tapi pengennya mendidik sedikit*

22

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

Anak saya sejauh ini belum punya hp sendiri, krn baru 4 tahun juga sih. Dan mungkiiinn akan di kasih hp ketika dia SD kali yah. Tapi itupun yang biasa aja. Untuk telp/sms aja. Bukan smartphone. Tapi masih belum tau juga sih. Bisa jadi lebih lama lagi karena rencananya kan antar jemput anak dan kegiatan anak saya yang handle, jadi ya sejauh masih bersama saya, anak belum perlu hp. :)

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

23

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

abang Kenan udah kelas 5 sekarang dan sudah sejak setahun yang lalu minta punya hp sendiri, BB tepatnya (saat BB utk android blm ada), tapi masih belum gw kasih karena banyak pertimbangan, apalagi sekolahnya juga sebenarnya belum membolehkan anak mebawa hp sebelum mereka kelas 6..

Mungkin tahun ini, saat dia naik kelas 6, seperti yg udah gw janjiin juga, gw akan kasih dia smartphone, tapi yg jelas gw akan sangat protektif dan sering ngecek hp dia untuk menghindari hal2 yang tidak diinginkan..

mungkin ada para mama yang punya tips buat anak2 yang sudah pegang hp?

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

24

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

mungkin perlu HP saat dia ditinggal sendirian ya ma, kalo anakku sekarang masih ditemanin sus kemana2 jadi.. ya kasih ke susnya aja.. hehehe tapi selama ini sih mrk sdh punya sendiri, jadi paling aku telp susnya aja..

25

Topic: Telepon Seluler untuk Si Kecil?

mamaowlie, iya kalo masih ditemenin sus or mbaknya emang gak perlu sih.

Btw, Ken udah kls 6 dan dia minta hape android yg sesuai dng keinginan dia tapi gak sesuai sama budget gw, alhasil dia nambahin sendiri pake uang tabungannya :)

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/