1

Topic: TTC Journey

subforum yang ini agak sepi ya :) suka ada yg posting sekali-dua terus nggak lanjut lagi. jadinya TUM nggak banyak deh obrolan tentang TTC ini ...

jadi bikin thread buat ngobrol2 disini aja, monggo klo ada yg mau sharing perjalanannya, udah nyoba apa aja dan hasilnya gimana. kalau nanti ada tema/metode yang ternyata dibahas seru di thread ini, kita pisahkan ke thread baru aja ya biar lebih mendalam ...

silakan ya ... (sambil berdoa semoga rame)

less ego, more heart

2

Topic: TTC Journey

Coba duluan share bole ya, mom sidta. Karena ini judulnya journey boleh rada diary dikitttt gaa..hehehehe ;)

Setelah nikah Juni 2010, gw dan suami sempat mikir pingin nunda punya baby sampai 6 bulan biar puas berduaannya. Tapi belum sampai 4 bulan udah ketar ketir juga, ditanya2 semua org (khususnya mertua ya..hihi), terutama setelah bokap nyokap dapet cucu pertama dari kakak..jadi pengen deh punya baby sendiri :) Ternyata supaya hamdun itu ngga semudah bayangan eyke semula yaa.. hehe.. Jadilah gw dan suami mulai berupaya meski masih minim (santaayy belum setaun soalnya). Akhirnya tepat setelah tahun baru 2011 gw sadar gw telat dan begitu testpack, eh..positif kayaknya. Jejingkrakaaannn dong baru pertama kali ngeliat langsung bangunin suami pagi2 buta. Aku hamiiillll. Ke dsog pun dicek dalam *tanpa usg* kata dokter benar hamil. Ga pake basa basi kita berdua bilang ke semua orang dengan berbunga-bunga.

Sayangnya memasuki check up pertama sebulan kemudian, dsog gw menyatakan perkembangan janinnya tidak sesuai umur. Di usia kehamilan yang semestinya 6 minggu blm ada tanda2 detak jantung bayi. Gw cek lagi minggu depannya, masih belum ada heartbeat. Dsog gw memutuskan bahwa janin tidak berkembang dan harus dikeluarkan (blighted ovum). Nyokap minta waktu 2 minggu untuk memutuskan, siapa tau dlm 2 minggu itu ada perkembangan. Hasilnya nihil, janinku dinyatakan gugur di dalam kandungan dan harus segera dikuret di usia kehamilan 11 minggu.

Depresi? Pastinya. Tapi gw dan suami langsung ancang2 utk cepet pulih dan mulai usaha hamil lagi secepatnya. Langsung deh rajin baca2 kolom TTC di babymed dan babycenter.com. Gw sempet coba fertility calendar di babymed untuk menentukan masa subur, beli ovutest, tiap hari minum susu Pr***gen esensis, berhenti ngopi2 dan ngurangin teh, dsb sampe akhirnya memutuskan resign kerja dan pindah ke luar jkt demi "healthier environment". Fokus gw tiap hari kyknya bener2 buat TTC.. Dan tiap bulan gagal maning..gagal maniiing.. gw sampe suka sedih kalo suami nelp dari kantor pas hari H mens cuma buat ngecek gw "dapet" apa ngga. Sempet ke klinik fertilitas untuk konsul, tapi dokternya tenang2 aja karena gw masih di bawah 30thn dan ga ada masalah di organ reproduksi. Mens teratur, makan sehat, gw dan suami ga pernah rokok, alkohol juga ngga, udah ngga ngantor alias mestinya gw bebas cape/ stress, tapi kokkk ngga berhasil2...sementara satu persatu temen mulai hamil dan eyk mulai menggendut secara perlahan tapi pasti..sedeppp deh rasanya. Setelah selama 8 bulan kosong lahir batin dan setelah lebaran malah nangis karena desperado (sempat perdarahan dan infeksi vagina sehabis minum antibiotik buat gigi yang bikin gw ga bisa TTC), akhirnya gw memutuskan untuk lepas beban aja. Kebetulan ada rencana trip ke Bali brg keluarga. Kesempatan lah buat honeymoon kedua. Itung2 suasana baru. Suami udah ga seantusias kemarin2, tapi gw coba cerewetin dia untuk rajin minum vit c dan susu. Gw download aplikasi what to expect yang TTC buat mantau masa subur. Kali ini juga niat beli 5 test pack sekaligus supaya afdol, dan gw tetep rajin minum susu. Di Bali, sempet hampir stress karena ketinggalan pesawat plus kehilangan seisi dompet beserta iphone dan hp, lengkap deh manyunnya.. suami jg rada manyun2 tapi untung masih mau diajak baby making. Gw bertekad banget bahwa at least liburan yang hampir kacau ini mesti ada "hasilnya". Kebetulan memang pas masa ovulasi menurut testpack maupun calendar, jadilah tiap hari kita 'hajar' di Bali.

Nah, tekad dan do'a ternyata alhamdulillah menjadi kenyataan. Bulan depannya gw telat lagi, meski sempet ga yakin krn ada flek. Seminggu kemudian gw test, hasilnya positif meski samar. Gw blm bilang ke suami karena takut salah lagi (trauma). Gw ke dsog seminggu kemudian, dinyatakan positif dan sudah ada kantung rahimnya. Tapi trauma bikin gw balik lagi ke dsog lain minggu depannya. Begitu mendengar detak jantung
bayi di usia 6 minggu, baru deh hati ini berbunga-bunga lagiii.. dan alhamdulillah sekarang usia kehamilan sudah mencapai 29 minggu, sudah jauuuuh lebih tenang dan nggak lagi trauma atas kehamilan pertama. Gw dan keluarga sekarang sdg menikmati persiapan acara nujuhbulanan kita yang pertama :) Semoga lancarr hingga nanti..amiin.

I'd like to see every side of a story because I care :)

twitter: @kartikafirdaus - fb: http://facebook.com/kimionline

3

Topic: TTC Journey

wah good one sidta.. seruu topiknya, mudah2an rame.

pinkishta waaahh perjalanan yang panjang, alhamdulillah sekarang sudah hamil. lucu banget baca yang bagian di "hajar" tiap hari di bali.. hihi.. determined sekali! dijaga ya kehamilannya, semoga lancar sampai lahiran. btw, dirimu di jakarta gak? kalo iya, yuk ikutan acara ttg breastfeeding tgl 2 juni besok, sekalian untuk persiapan memberikan asi untuk si kecil nanti. seru loohhh!!

dari gue sendiri pengen share, tapi gak ada yang bisa di share. karena dua2nya, belom sempet mikirin mau TTC, baru mikirin udah siap deh hamil, eh bulan depannya beneran hamil! alhamdulillah karena gak lama nunggunya dan sudah dikarunia dua anak cewe yang cantik2 hehe.. pabrik sudah ditutup, jadi ga bakal ada TTC journey deh! :P

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: TTC Journey

Thank u, mama sLesTa :) Benerr, your little girls are pretty yaaah hihi. Iyaa been quite a journey ya walopun aku baru 2 taunan. Kebayang sabarnya moms and dads yang bertahun2 usaha.. ada tuh mantan bosku yang udah 40 years old, udah bolak balik coba segala cara, sampai akhirnya berhenti kerja di puncak karir, decided to give her life a second chance..ehhh kemarin akhirnya berhasil dapet twins! :D Coba dia share ya pasti seru bangettt.

Aku udah liatt annoucement ttg breastfeeding fair yg 2 juni, yess insyaallah masih di JKT dan berniat hadiir kalo ga ada halangan. Jika diperlukan mari kita geret suami..hihihi..:D

I'd like to see every side of a story because I care :)

twitter: @kartikafirdaus - fb: http://facebook.com/kimionline

5

Topic: TTC Journey

Pinkishta, yang kehamilan pertama mirippp banget sama ceritanya Asa tuh. Asa 7 atau 8 minggu kantungnya masih kosong walaupun dilihat pakai transvaginal. waktu itu rasanya sedih & cemass banget, tiap malam nangis.
tapi alhamdulillah sekarang anaknya udah mau 3 tahun ...

perjalanannya seruu .. dan bener lho TTC Journey akhirnya suka ada fase dimana pasangan jadi merubah pola hidup yang lebih baik.
sekarang lagi menyiapkan kelahiran ya ... bener banget tuh yg disarankan SlesTa, ikutan aja deh semua-mua yang bisa bantu mempersiapkan dengan lebih baik, apalagi breastfeeding.

seneng lho jadi mama ...

less ego, more heart

6

Topic: TTC Journey

Betuul banget mom Sidta, pola hidup sehat itu super penting ya dan as much as I didn't believe it at first (karena dulu mikirnya yang namanya hamdun itu asal senggol bunting :D) ternyata memang sangat diperlukan untuk menyiapkan kehamilan.

Mau cerita..Habis dikuret di kehamilan pertama, kebetulan dokterku menganalisa si janin ke lab (penasaran soalnya). Ternyata, telurku yang dibuahi sperma itu mekanisme nutupnya tidak sempurna, sehingga sperma2 lain datang bertubi2, menyebabkan chromosome abnormality ke janinnya. Yg normalnya kromosom manusia itu hanya sepasang, ini sampai 4x lipatnya. Istilahnya tetraploid. Hal ini mungkin karena sel telur yang dihasilkan pada awalnya memang tidak terlalu sehat.

Nah dari situ, aku bener2 berusaha jaga pola makan dan hidup. Yang tadinya malas sarapan jd rajin. Banyak asupan protein dan ngurangin junkfood, kafein/minuman soda, menjauhi asap rokok, banyak istirahat (dulu kalo kerja bisa sampe pagi), olahraga, minum susu. Hasilnya kerasa kok, haidku jadi teratur banget. Sehingga jauh lebih mudah menentukan masa subur. Kita cewek suka lupa ya bahwa hormonal problems itu juga disebabkan lifestyle yang kurang sehat. Padahal hormon adalah pengatur hidup wanita sampai akhir hayatnya...wakwakwaak..:D

I'd like to see every side of a story because I care :)

twitter: @kartikafirdaus - fb: http://facebook.com/kimionline

7

Topic: TTC Journey

pinkishta hayuukk dong kalo gitu buruan daftar! :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

8

Topic: TTC Journey

Sudaaahh daftar, mom sLesTa :D Rencana kalo ga ajak suami, ajak nyokap nih..

I'd like to see every side of a story because I care :)

twitter: @kartikafirdaus - fb: http://facebook.com/kimionline

9

Topic: TTC Journey

ravena galih selamat ya atas kehamilannya! berarti udah lulus dari subforum TTC, silakan gabung di subforum pregnancy :)

ini judulnya aku ganti dikit yaa.. maksudnya biar yang lain yang lagi TTC bisa share juga disini. dan ada beberapa info aku edit juga, karena info pribadi (spt bb pin) dan agak sedikit terdengar jadi promosi.

mudah2an kehamilannya lancar & sehat sampai lahiran ya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

10

Topic: TTC Journey

hai ravena, selamat yaaa... smg kehamilan nya lancar sehat sampai melahirkan nanti
waaah seneng deh ada yg berhasil hamil stlh minum pai fung wan.. aku juga baru coba minum, 1 siklus pas lg subur kmrn, smg langsung berhasil, aamiiin

11

Topic: TTC Journey

Mau coba sharing ttc journey kami.. Maaf kalo terkesan sombong, tp smoga bermanfaat bg yg membutuhkan.

Kamu menikah sdh 3 th, byk cara dilakukan, terakhir sih inseminasi. Lalu berencana utk bayi tabung. Sambil nabung, saya ke sinshe yg di kota. Tp ga berhasil jg.. Tapi slama ke sinshe, ada perubahan yg baik dlm tubuhku. Yg biasanya sel telur ada kurleb belasan(aku pcos), terakhir yg kuingat 18 buah di kiri dan 22 di kanan.. Pengobatan sinshelumayan bagus sih, sel telurku berkurang bertahap alias normal.

Setelah sinshe, saya minum asam folat sehari satu dan vitex (bs dibeli di toko2 obat online) atau Hub saya, krn saya msh ada sisa. Lalu saya ingat dulu dokter dario turk yg di medistra bilang kalo mau hamil minum profertil/femara atau sejenisnya tp minum ya sehari 1x2 bukan 2x1.

Setelah obat2an itu kuminum, puji Tuhan aku hamil. Tp diluar kekuatan manusia, ada kekuatan yg lebih besar lg yaitu Tuhan YME. Jd jgn lupa berdoa ya...

12

Topic: TTC Journey

ravena galih


say ,.. ada kontak sis ihu, boleh bagi donk

13

Topic: TTC Journey

inanguli


say bagi donk alamat shinse yang di jogja

14

Topic: TTC Journey

Jadi pengen ikutan sharing juga nih, gw baru berhasil hamidun setelah 1,4 taun merit. Karena pas merit gw masih nyelsein semester terakhir s2, jadi gw&suami nunda punya baby selama 6bulan, secara masih pisah juga di luar kota. Tapi gw akhirnya nyesel kenapa nunda, soalnya abis itu gw pindah tinggal bareng suami, eh ga segampang di film ternyata geradak geruduk langsung tekdung, hehe. Sementara itu orang2 terutama keluarga dan tetangga juga turut "meramaikan", kayanya gatel aja pengen nanya "udah isi belon?". Gw juga jadinya rada sedih dan jealous kalo liat postingan temen2 seangkatan, isinya foto2 baby semua di socmed. Mulailah gw browsing2 cara cepet hamil, dari mulai jus trio diva, hypnofertility (dan seringnya berakhir dengan gw sukses ketiduran), setelah setaun gw beraniin diri konsul ke obgyn. Alhamdulillah setelah usg transvaginal, hasilnya rahim bersih dan hasil papsmear juga bagus. Tokso dan rubella juga negatif, tes hormon juga nggak ada masalah. Tapi nggak secepet itu juga abis tes2 yang mihil itu, akhirnya gw pasrah aja deh tapi masih kepikiran juga buat HCG, cuman masih maju mundur, soalnya denger2 bakal mules. Pada suatu malam gw berdoa, gw jujur kalo takut HCG, tapi gw ikhlas kalo misalnya demi bisa hamidun gw harus hcg juga. Eh bulan depannya, Alhamdulillah positif :D

Setelah gw pikir2, kayanya dulu gw sempet lama jadinya karena pengaruh stress juga. Setelah gw merit, bokap gw yg kena kanker makin parah dan drop, dan akhirnya berpulang. Jadi emang penting banget untuk nggak stress. Dan seinget gw, dulu gw positif setelah liburan sama suami. Hypnofertility juga bantu banget biar gw bisa self-afirmation.

Buat calon mamas, keep trying ya and take it easy;)

15

Topic: TTC Journey

Pengen share jg nih,, aq dlu abis nikah lsg tekdung,, trs periksa bulan ke2 ternyata si jabang bayi udh meninggal di dlm. akhirnya kuret dah,,. trs abis kuret selang 3 bulan lsg isi lg.
nah setelah anak ku lahir,, aq lsg pake pil KB dgn alasan pgn ngatur jarak kehamilan. aq pake KB kira2 4 thn an lah. Walhasil,, smpe skrg anakku udh umur 10 thn blm jg ada adeknya. Smpe stress usaha sana sini,, coba ini itu tp blm berhasil jg. aq jg udh HCG dan hasilnya baik2 aja semuanya. Mohon doa dan saran nya ya mams,,,

16

Topic: TTC Journey

ikutan nimbrung juga yaa...baru jalan 5 bulan nikah tapi emang dari awal pengen punya baby cepet secara pacaran ud lama bener 9th..sempet happy bulan ke-1 pernikahan sempet kok ngerasa tanda2 hamil kaya nyium bau wangi kok eneg dll tapi ternyata mgkn cuma perubahan hormon aja..masih santai dan ga kepikiran..

di bulan ke-2 kita coba tes TORCH krn aku dan suami punya pets di rumah (anjing dan kucing) jadi ortu dan mertua udh ribut suru tes ini..dan ternyata hasilnya bagus negatif semua..

aku dan suami ga kepikiran krn di bulan ke-4 kita ud plan mau honeymoon 2 minggu..abis pulang honeymoon langsung deh itu yg namanya pertanyaan-pertanyaan usil bertubi-tubi dateng..ada aja tiap hari nanya..yg heran kok suami gak ada yg pernah usilin nanya..huhuhu jadi akhirnya skr kepikiran juga..ternyata suami pun diem2 juga mikirin hal ini..sama sedihnya ketika period dateng lagi..

trs nyoba metode kalender masa subur, bbt, minum suplemen,vitamin dkk..yg ada kita jadi kaya formalitas cm siap tempur pas masa subur gara2 pgn cepet hamil..jd pada stres akhirnya malah ga enjoy..skr udh mulai berpasrah aja dan tetep berusaha yg terbaik buat aku dan suami..selagi masih belom isi malah planning mau liburan lagi aja..hehehe

smangat buat mamas yg lagi ttc juga seperti aku :):)

17

Topic: TTC Journey

kabochacake, hampir sama nih faktor stressnya kamu dan aku waktu TTC. entah tuhan kasih berkah yang indah setelah ayahku berpulang karena sakit, setelah menikah memang kondisi kesehatan ayahku makin memburuk yang secara ga sadar menyebabkan stress. Namanya juga anak ya, walaupun ga serumah tapi kepikiran terus kalo orang tua sakit. Padahal selama TTC kita mencoba rileks dengan banyak liburan honeymoon singkat. Jadi setelah make sure kalo suami istri sehat, tinggal manajemen stress aja bisa ke hypnotheraphy juga :)