1

Topic: Vaginismus

Dear Mods, ijin buka thread ini ya.. krn sepertinya blum nemu pembahasan ttg vaginismus. Kalau sudah ada, sila dipindahkan atau ditutup.

Moms sekalian, pengen share dan nanya.. apakah ada yang menderita/pernah mengalami vaginismus? Mari kita berbagi pengalaman dan info di sini..
Buat yang bingung ttg vaginismus:
Vaginismus is vaginal tightness causing discomfort, burning, pain, penetration problems, or complete inability to have intercourse (vaginismusdotcom)

Kalau pengalamanku..
Rasanya vagina sangat mustahil untuk dimasuki benda apapun.. Sakit, nyeri, dan perihnya hebat banget, bahkan sampai nangis dan teriak sekenceng apapun tetep aja sakit. Waktu itu (maaf), saat mencoba intercourse, sungguh, rasanya vagina seperti robek atau tersayat, padahal foreplay dan kondisi vagina sudah terlubrikasi dengan baik. Meskipun otak dan hati sudah siap untuk berhubungan (tidak ada rasa takut, bahkan sudah ikhlas), sepertinya si vagina punya keinginan sendiri. Stress banget, kenapa otak dan badan nggak mau kerja sama.
Yang paling berat, ini sangat berpengaruh ke hubunganku dengan suami yang saat itu masih pengantin baru.
Saat browsing, aku baru tahu kalau kondisiku dinamakan vaginismus, yang bahkan banyak terjadi pada wanita, cuma ada yang sadar ada yang tidak.
Menurut website referensi tsb (lupa sumbernya) hubungan seks seharusnya bisa dinikmati oleh kedua belah pihak. Bahwa ML dan malam pertama (hilangnya keperawanan) pasti terasa sakit buat wanita adalah salah besar.
Aku kaget.. selama ini kok nggak pernah ada yang cerita/ share tentang ini.. seolah olah sakit saat malam pertama dianggap wajar, padahal wanita juga berhak dipuaskan.
Untungnya ada step by step untuk self healing, dengan teknik dillating..
Aku mencoba mengikuti cara itu.. ternyata emang ada perkembangannya.. Berangsur angsur vaginaku mulai mau menerima "benda" lain ..
Dalam proses ini sebenernya kalau belum siap. kita tidak boleh melakukan ML, apalagi kalau "size" nya masih jauh dari tahap terakhir dillating.., tapi suamiku mengajak untuk mencoba (baca: minta jatah) siapa tahu kalau makin sering dipake, semakin biasa..
Yahhh.. akhirnya dicoba deh.. Alamakk.. sakitttt banget.. dan untuk menahan sakit itu, aku mengernyitkan alis sampai2 alisku ikutan sakit (cenut2 gitu).. Air mata dah ga kehitung berapa ember terbuang...
En baru beberapa kali mencoba itu ternyata.... malah membuat aku HAMIL! haduh Serasa hancurlah duniaku... (Iniilah awal penyebab stressku selama kehamilan yang aku share di thread Jobless on Pregnancy..)
Perlahan tapi pasti, aku beberapa kali tetep "latihan" sama suami, meskipun hati, badan, dan harapanku remuk redam selama kehamilan..
Sekarang dah hampir memasuki 7 bulan kandunganku.. Alhamdulilah sih, sekarang sudah berkurang jauh sakitnya.. meskipun pada posisi tertentu, masih meringis2 menahan sakit... Moga2 habis lahiran bisa lebih baik lagi deh "latihannya" hehe... :)

Mother of Universe

2

Topic: Vaginismus

koeliz..bahasan yg menarik...tapi gw lebih tertarik dg teknik dillating. seperti apa itu bu?

3

Topic: Vaginismus

muttimitha
Teknik dillating itu ibaratnya kaya melatih kemampuan & kemauan vagina (sampai saat ini masih percaya kalo vagina punya keinginan sendiri) untuk menerima benda asing. Sebenernya ada dillator set yang dirancang untuk penyembuhannya (mirip kaya dildo tapi sizenya bervariasi, dari yg kecil kaya cotton bud, ampe gede menyerupai ukuran penis rata-rata).

http://www.vaginismus-awareness-network.org/soulsourceset.jpg

Tapi berhubung males beli, dan ada alternatif lain.. maka saya menggunakan jari2 aja (beneran, dibolehin kok!). Dimulai dari jari yang paling kecil ampe yang paling gede tentunya.
Latihan dillating mirip kaya yoga, perlu ketenangan, sendiri, rileks, dan konsentrasi. Kalau vagina sudah licin, atau bisa dibantu dgn lubrikan, mulai latihan "memasukkan" dillator/jari ke vagina dan membiarkannya di situ sekitar 5-10 menitan supaya otot vagina mulai terbiasa.
Latihan berikutnya (nggak harus tiap hari, lebih baik mengikuti mood, tanpa paksaan), bisa dengan size yg sama sampai tidak terasa sakit samasekali (mulai nyaman) lalu pindah ke size berikutnya.. Yah harapannya sih, lama-lama vagina kita bisa siap untuk menerima penis beneran. Begitu kira-kira..
*Kendala kalo dillating pake jari: gap antara ukuran jari terbesar (jempol) ku dengan ukuran penis beneran kayaknya masih agak jauh.. Si penulis website sih bilang katanya bisa pake sayuran macam wortel atau timun, asal jangan pisang.. kenapa? rawan "patah" di dalam hehehe
http://www.vaginismus-awareness-network.org/zucchinidilator.jpg
(Aku sih ga melakukan ini ..geli aja bayanginnya hiiiy)

Mother of Universe

4

Topic: Vaginismus

Aaah baru ketemu websitenya setelah gugling sana sini..
Vaginismus awareness network
Dari web ini mulai paham tentang vagina, vaginismus, dillating, panduan buat suami/pasangan, dll..

Duh, gara2 kejadian ini saya jadi sangat mendukung adanya sex education untuk para remaja, terutama yang wanita.. (Coba saya tahu ini dari dulu hehehe..)

Mother of Universe

5

Topic: Vaginismus

koeliz - wah interesting... kasian banget kamu & suami, hu hu hu... nanti kalo pas melahirkan, gimana dong? orang2 yang kena vaginismus ini susah ga kalo mo vaginal delivery?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

6

Topic: Vaginismus

thalia
thx 4 d sympathy thal.. Kalo melahirkan.. wah ga tau deh... yang penting yakin aja deh.. Anehnya, justru karena udah biasa "sakit" sepertinya pain tolerance ku jadi lebih tinggi deh... Moga2 dengan prenatal pilates, power walking, berenang, dan berdoa, persalinan bisa lancar (sejauh ini masih berharap bisa normal, n dokter juga dukung)
Btw mengutip dari website vaginismuss awareness network ttg vaginismus & pregnancy/ giving birth
"Vaginismus is about muscles contracting not to let something in, but when a baby is inside you and needs to come out, it’s a totally different matter and your body will follow the flow and your vagina will dilate as much as it has to!"

Semoga semua lancar.... amiinnn.....

Mother of Universe

7

Topic: Vaginismus

koeliz...very interesting....
Untuk yg lagi hamil kayak kamu, apakah bisa lahir normal. Setahuku dalam proses melahirkan ada cek dalam buat lihat bukaan sudah berapa, tapi kalo kondisi begini bukannya tampah asoy tuh kontraksi ditambah rasa sakit akibat benda asing ?

BTW, tfs, nambah pengetahuanku banget nih...

My World is My Family

8

Topic: Vaginismus

koeliz
duh bacanya jd bikin ngilu2 sdiri :/ kynya emang better theraphy dillating dg jari kali ya. kebayang aja sayur/buah itu kan ga steril.
amiiin, mudah2an dg segala cara yg udah dilakukan bs berhasil lahiran normal ya. tp apapun cara melahirkan, mau normal/caesar yg paling penting kan ibu n baby sehat.
btw nanti kl mau lahiran jangankan cek bukaan dlm, bagian "itu" digunting dokter jg udh ga berasa apa2 dikalahkan rasa mules n kontraksi itu :)

bab ? atha ? kae ? nda

9

Topic: Vaginismus

Aduh koeliz...hugs :(

Sabar ya dan sering2 latihan dlm keadaan rileks, semoga bisa cepet teratasi masalahnya.

10

Topic: Vaginismus

Koeliz,
Menarik nih bahasannya, gw jg baru tau pas baca ini.
Huhuhu..kasian *peluk* yg sabar ya, dan santai gitu, jangan tegang.

gw juga dulu sblm nikah sempet takut berhubungan,krn org2 bilang malem pertama itu sakit,jd mindset gw ya ikutan 'pasti sakit'. Tapi setelah ngelewatin malam pertama, jd nagih ke malam2 berikutnya.. (dan hamil lalu hamil berikutnya) hihihi.. *malu*

Lalu takut melahirkan, sama itupun krn org2 bilang melahirkan itu sakit. Tapi ternyata, gw melahirkan 2 kali, normal delivery dan berencana hamil lagi *lho*

Lalu takut pasang IUD, nah ini gw berani pasang IUD setelah melahirkan anak ke-2.

Kalo gw justru miss V menolak kalo dimasukin benda2 selain Mr.P suami..
pake jari2 sendiripun gw ngeri ngebayanginnya krn takut sakit kalo ada kuku2 yg kena/ngegores ke dinding rahim. Apalagi pake alat2 itu yaa..jadi ngilu sampe ke ubun2..

jadi, kl menurut gw sih,
Kalo lo udah biasa latihan pake alat2 itu harusnya sama suami bisa lebih menikmati dong yaa..
Kan kalo sakit tinggal bilang ato teriak ato ngobrol gitu biar bisa nikmatin.. Hehe..

Goodluck ya, koeliz..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

11

Topic: Vaginismus

izoel
Karena ini kehamilan pertama, aku belum bisa memastikan seperti apa efeknya.. tapi menurut website referensiku (lihat jawabanku buat thalia) sih bisa-bisa aja... Oya, buat persiapan, aku juga mau mulai latihan hypnobirthing. Semoga bisa melahirkan tanpa rasa sakit :) Meskipun sakit, toh pain tolerance ku udah cukup tinggi hihihi... :)
Btw cek bukaan dalam emang pake apa sih? ditusuk2 pake alat gitu kah? kok kayaknya kalo dah kontraksi ga bakal ngerasain yg lain deh, hehe..

ndatha
Lihat gambarnya lagi deh.. btw itu gambar zucchini, and penjelasannya gini:
"Pick your fruit, shape as you like, and use condom on it" Sepertinya lumayan steril, cuma aku aja yg ga mau..soalnya tiap liat sayur n buah pasti pengen aku makan .. nah kalo udah bekas buat "itu" takutnya ga mau makan lagi hehehe...

peach margarita
Thx mom... ini juga masih sering 'latihan" sama suami saat hamil kok hehehe.. Alhamdulilah so far so good... tinggal persiapan buat lahiran.. mo rutin belajar hypnobirthing (baru beli bukunya tadi pagi :D )

eka
thx mom.. ini juga dah mulai santai kok.. (untungnya jobless, jd bisa rileksasi seharian hahaha..) Sejauh ini baru mengurangi rasa sakit aja kesuksesannya, tapi yakin, gak lama lagi bakalan bisa menikmati tahap intercourse juga (Amiin..) . Untungnya suami support bgt n dia juga happy banget ngelihat progress ku yang semakin membaik..

Eh, kok blum ada temen sesama penyandang vaginismus ya? (kalo gini berasa ngasih kuliah ke ibu2 yg lain.. hehehe..) I'm not an expert loh mom.. Cuma sekedar share (dan banyakan curhat :p ) Siapa tau ini bisa bermanfaat buat moms yang lain..
FYI, penyandang vaginismus mengalami kesakitan gak cuma fisik loh mom.. Memang sih, sakit di vagina is a "big hit", tapi sakit secara batin karena timbul berbagai macam konflik dalam waktu yang hampir bersamaan lah yang terasa sangat sakit dan bertahan lama..

Kalau aku sendiri, konflik batinnya ada berbagai lapisan (maap kalo terkesan jadi curhat).
-Konflik dgn diri sendiri: stress krn tubuh, pikiran, n hati ga mau selaras. Semakin keras berusaha malah semakin "sakit". Merasa "gagal" sebagai wanita, nggak bakal bisa menikmati IC sama suami, ga bs jadi ibu kandung, dll.
-Konflik dgn pasangan: Se"nrimo" & Se"pengertian" apapun, suami pasti punya ekspektasi. Saat ekspektasi & kenyataan ga sejalan, apapun bisa jadi masalah. Perlu kesabaran ekstra untuk kembali bs berkomunikasi dgn baik.
-Konflik dgn Tuhan: Protes & Marah pada Tuhan aku lewati berbulan bulan, dengan pertanyaan "Why Me?" "Why Now?" Bahkan saat tahu hamil, kemarahanku makin meningkat. Saat ini aku masih dalam proses pemulihan juga.. Lebih hati-hati saat mengucapkan doa, bahkan lebih sering aku tidak meminta apa-apa (takut kecewa lagi).. hanya bilang "Tuhan, berilah apapun yang menurutmu terbaik untukku"
-Konflik dengan orang lain. Inipun secara internal & eksternal. Karena sejak awal nikah planning kami adalah, menunda punya anak 1 tahun krn mau fokus di karir, finansial, & travelling.. maka aku tdk pernah mengamini doa2 sodara & teman yg mendoakan semoga kami cepat punya momongan.. just saying thank you.. Dan saat vaginismus & kehamilan melandaku.. (ceileee.. bahasanya..).. Aku jadi marah dan menutup diri dari orang2 itu..Lalu menyalahkan mereka (Ini gara2 doa kalian niih!!).. heduh.. parah ya Mom..
-Konflik dgn orang serumah: Berhub aku masih jobless, terpaksa tinggal di rumah mertua indah.. dan pada masa2 kekecewaan ini memang sulit sekali beradaptasi.. yang ujung2nya aku jadi nggak terlalu peduli.. Ini juga merembet ke konflik dengan pasangan, tapi untungnya sekarang sudah mulai membaik..

Segitu dulu deh.. (maap curhat nya lama) Mods, maapkeun...

Mother of Universe

12

Topic: Vaginismus

Koeliz... I feel it.. gw dulu jg sama, bener2 bingung dengan orang2 yg bilang kalo ML tuh nikmat.. buat gw dulu menyiksa.. nangis, teriak2 (sampe ngilangin moodnya misua..kasian misua gw dulu) tapi anehnya gw hamil (even gw gak orgasm), trus slama hamil termasuk jarangg banged ngelakuinnya, tapi bedanya gw ga lakuin teknik dilating itu.
Nah gitu anak pertama gw lahir (proses lahirannya lama, normal (induksi) tp 36 jam), gw masih juga merasakan sakit walow ga sedahsyat pas belum lahiran, sakitnya cuma pas pipis ktika selesei berhubungan. Nah setelah anak kedua gw lahir (lebih lama lagi, Induksi juga 60 jam), baru deh.. Baru bener2 ngeh kalo orgasm itu gimana.
Semoga loe sabar melewati semuanya yaa Koeliz

13

Topic: Vaginismus

hi koeliz..sebenarnya yg mengalami teman se-kostku waktu di jakarta dulu. Sayang skrg sudah lost contact, jd ga bisa banyak tanya2 lagi ke dia.

Jadi menurut temanku itu, sehabis dia menikah, memang selalu mengalami kesakitan yang sangat ketika berhubungan dengan suaminya. Dia cerita, saking takutnya suaminya ngajak (dan dia kan nggak mungkin ya terus2an nolak ya), tiap hari mulai menjelang malam dia tuh yang sudah deg-degan dan keringat dingin gitu, bingung cari cara dan mencari alasan agar ga usah berhubungan dl. Suaminya walaupun mencoba mengerti juga sekali-kali protes jugalah. Tapi ga lama kemudian dia juga malah hamil kok (kurleb 3 bln kemudian stlh menikah), dan setelah melahirkan malah segala sesuatunya malah membaik, kan kalau melahirkan normal biasanya miss V-nya juga melar ya, walupun sama pak dokter sudah dijahit lg bekas robek2nya :). Mudah2an dirimu juga begitu ya.

14

Topic: Vaginismus

koeliz, cek bukaan itu tangan dokter/susternya masuk ke V.. bukan jari aja sih.. tapi setangan2 nya semua sampe jari mereka nyentuh ke bibir rahim

ibu yuna * mbok e yuna * mamak Q

15

Topic: Vaginismus

Bunizza
Aciikkk.. Toss dulu dong.. akhirnya punya temen senasib sependeritaan hehehe... Soal orgasm ("O") aku sebenernya ga ada masalah.. toh "O" bisa didapat meski tanpa IC.. Makanya ini yg dulu sempet bikin stress bgt, kalo curhat ke temen/dokter selalu dibilangnya aku belum siap lah, vagina kering, dll... heu heu heu.. blum pada ngeh sama si Vag ini kali yah..
Btw kenapa tiap lahiran pake induksi mom? Lama pulaa... denger2 pake induksi kan suakit bgt yah..? Emg pas hamil ga rajin ikut senam/olahraga? Atau masih ada rasa takut waktu mau melahirkan?

indriani budi utami
Iya, kasihan ya mom.. kalau istri n suami sama2 ga tau apa yang harus dilakukan.. Alhamdulilah Tuhan ngasih ujian buatku dan ternyata aku sanggup melewatinya...Kalau boleh mengambil hikmah.. ujian ini juga jadi tanda bahwa aku ga salah pilih suami (senang dan bersyukur banget ama suamiku ini.. uuuh.. makin cinta deeeh)...
Semoga setelah lahiran juga semakin membaik ah, kaya temenmu itu.. hehehe...

yunitaariani
Setangan2nya? wuih.. dahsyat juga ya.. (entah kenapa tiba2 keingetan salah satu adegan p*rn film.. hihihihi...) Harus siap2 mental dari sekarang dan menanamkan afirmasi positif kayanya hehehe...
Saya yakin saya bisa melahirkan secara normal!! Semangattt!!!

Mother of Universe

16

Topic: Vaginismus

koeliz smangat ya mom!!! dirimu pasti bisa kok :)

ibu yuna * mbok e yuna * mamak Q

17

Topic: Vaginismus

Bakalan sedikit OOT kl jawabnya disini..dikit aja gpp ya mom mods..mungkin krn si vaginismus ini sperti yg loe bilang jg, level pain tolerancenya dah tinggi kalii.. gw pernah cerita jg di thread yg lain..disaat udah bukaan 1 aja gw sempet ikutan family gathering kantor plus acara outbondnya, dah jalan tiap pagi bahkat stengah jogging, tp teteup aja induksi lg induksi lg. stelah gw baca sih kebanyakan yg proses lahirannya induksi, akan berulang di kelahiran berikutnya. gw sih disaranin c-sect, cuma pas diliat di CTG detak jantung bayi msh normal yah dicoba normal delivery aja.. padahall sakittt bgt.. emang ada sih anjuran utk sering "kumpul suami" yg ga gw ikutin.. krn alasan sakit itu tadi...tapih sekaranggg.. no problemo, no sakitto, yes nikmatto..hihi. gutlak Koeliz

18

Topic: Vaginismus

koeliz--serius,gw baru tau klo ada yg namanya vaginismus..very2 nice info! coz wkt pertama2 nikah dulu gwjg ngalamin yg namanya sakiitt bgt pas berhubungan...kan wejangan2 dari para tetua sebelum nikah tuh kita hrs ikhlas layanin suami lahir bathin n so-on n so-on...tp pas prakteknya sih...ampuunn deh.Awalnya gw pikir kayanya ada yg salah deh,coz kok berasa sakit bgt ya...jujur aja,sampe udah selesai lahiran anak 1 (emg baru punya anak 1 hehe..)sakitnya udah mulai berkurang n lama kelamaan dah gak sakit lagi...hhhmmhh....oya wkt lahiran terpaksa kudu sesar euy,coz bukaannya gak mau maju2 alias mandek di bukaan 5 aja...huuuff.padahal dah bekel teknik hypno2an,dah rajin senam hamil&jalan..selama hamil jg gw bisa dibilang paling ogah diajak berhubungan..gatau knp bawaannya males n sakiiittt (untungnya suami ngertiin),gw akalin dgn pura2 muntah lah..pura2 gerah n pura2 ngantuuukk..
pas lahiran gw di idnuksi ampe abis 2 labu&gak ada kemajuan..sampe akhirnya diputusin buat di sesar..halah..rugi 2x,dah di infuksi ujung2nya di sesar pulak..eh tapi induksi menurut aku kok sakitnya gitu2 aja,kaya perut kita dibuat tegang n mules tiba2..tp so far gw bisa handle,ampe si nurse nya bilang.."wah ibu ini kuat n sabar bgt,biasanya org di induksi tereak2..tp ibu cuman ngeringis n kadang2 masi bisa ngobrol" wakakakakak...mungkin ini hasil "latihan"menahan sakit pas berhubungan...gatau jg ya..
oya yg bikin gw sebel klo si dokter atau si nurse dateng n bilang,ok bu..kita PD dulu ya (*Pemeriksaan Dalam) lgsg deh otomatis gw ngomel dalem hati tentunya: huuuu...colok lagi..colok lagi,emg nya gak sakit apa .. :(
dan akhirnya..lahirlah my babyboy dgn berat 4,4kg...ya iyalah..pantesan kudu di sesar...hehehehe....

MamaSmurfyangselalurianggembira ^_^Y IG : @nika.susanti

19

Topic: Vaginismus

wah baru buka thread ini soalnya dari kemaren cuma sempet "ngintip2" bentar buat moderating forum. jadi ga bisa buka semua thread.

bahasan yang menarik sekali dan bener2 nambah pengetahuan. tapi tentunya sympathy banget untuk koeliz. mudah2an apa yang dibilang kalo when the baby comes out itu gak terlalu bikin sakit emang beneran ya. good luck sampe delivery dan kalo emang bakal lahiran normal, gak terlalu sakit (ya namanya lahiran pasti sakit sih, tapi mudah2an gak bakal extreme & masih tolerable).

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

20

Topic: Vaginismus

yunitaariani
Thx ya mom atas dukungannya

Bunizza
Gak OOT bgt sih, kan kasusnya masih Vag juga ;)
Btw anjuran untuk "kumpul" sama suami mungkin maksudnya buat latihan ya? Sekarang lagi rajin2nya nih hehehe.. G tau deh, mendekati trimester 3 kok malah Back on Fire lagi.. Lagian makin hari aku makin PD ama kemampuan Miss V ku nih.. Bahkan malah exciting menanti datangnga kelahiran .. You GO girl! hehe

Nicka
Oww.. dirimu dulu sempat kena Vag juga yah? Tentu pengalaman yang tidak mengenakkan ya Mom.. Eh sampe maen kucing2an sama suami segala? kocak bener....
Dulu aku juga pake alesan macem2 ga mau ML ama suami krn sakit itu.. Meskipun udah latihan teknik dillating tapi kan prosesnya lama.. dia juga ga sabar sepertinya..
Akhirnya, aku memutuskan untuk menghadapi saja kenyataan ini. Let the pain come through me.. Dan aku selalu bilang ama suami kalo hal ini bikin aku sakit, menderita.. Mungkin kalau aku ke therapist atau beli proper dillator set, atau tahu tentang hal ini sebelumnya, aku ga bakal merasakan sakit seperti itu.. Tapi kupikir, buat apa menyesali masa lalu?
Dengan fokus ke masa sekarang & ikhlas melewati penderitaan itu, ternyata miss V, tubuh, pikiran, & hati bisa mulai sinkron..
Turut sedih tentang cerita lahiranmu mom, tapi untungnya baby & ibu selamat n sehat2 yah... N Congratz, krn sekarang Miss V nya dah ga sakit lagi .. (Big Achievement kaan, buat kita2 sesama Vag hehe :) )

sLesTa
Thx juga mom.. mohon dukungan doanya yah... biar persalinan lancar, mom & baby sehat, sukses IMD, & bisa rooming en (halah request doanya panjang beneeer..)

Mother of Universe

21

Topic: Vaginismus

Hi...aku juga menderita Primary Vaginismus...jadi cukup parah banget...udah 10 tahun married...tapi belum berhasil dilakukan intercourse...ibaratnya seperti menabrak dinding....sampe aku pernah berpikir...jangan-jangan aku vaginaku buntu atau apalah....
udah banyak cara yang kita tempuh...:
1. Mulai datangin orang pintar, karena kuatir ada yang sirik...(he..he...kuno banget yach);
2. Ke Dokter Kandungan...untuk memastikan kondisi organ kewanitaan itu normal banget...(tahu nggak...untuk pemeriksaan ini..sampe dibius segala lho..saking sulitnya);
3. Ke Dokter Psikiater juga konsultasi ke Psikologi
4. Hypnoterapi juga pernah aku lakukan
5. Untuk teknik dilatasi...sampe aku bela-belain beli alat buat latihan tapi selalu gagal juga aku masukkin ke vagina....
Padahal aku dah pingin banget pengen dapet momongan...mana usiaku ama suami makin tua aja....Untung aku dianugrahi suami yang mw mengerti keadaanku...
Tahu gak ???? tiap kali ada sesuatu yang nyentuh vaginaku....Aku bisa SANGAT TEGANG banget....keringat dingin sekujur tubuh....Kedua Kaki dan Pahaku Kaku banget, gak bisa di buka sama sekali padahal...seluruh tubuhku sampe lemes karena saking takutnya....Duh, kapan ya vaginismusku ini dapat sembuh....????

22

Topic: Vaginismus

Zefiryna

*peluk* I feel you... Sabar banget kamu n suami sampe 10 tahun gitu yaah....
Sama banget rasa tegang & kakunya di paha, karena dah kebayang rasa sakitnya duluan...
Berhubung udah banyak banget terapi yang dilakukan.. kalau boleh usul ya nih mom, minta tolong suami untuk "dipuaskan" tapi tanpa intercourse.. tujuannya untuk mengembalikan rasa rileks dan menambah kepercayaan si vagina, kalau sebenernya gpp kalau disentuh/didekati.. Mungkin ga sekaligus langsung berhasil.. makin lama moga2 makin terbiasa ya mom..
Oya, apa udah coba baca2 di vaginismus awareness network mom (ada link nya di postinganku sebelumnya, di atas)..
Semoga segera membaik ya mom...

Mother of Universe

23

Topic: Vaginismus

hai,,,
koeliz - aq juga penderita vaginismus, dah 2 tahun nikah,,awal nikah parah bngt kyk yg di alami mbak Zefiryna kalo pas hubungan sekujur tubuh keringat dingin&dtmbah kpl pening. tp skrng udh agk enggak meski kalo hubungan ttp meringis2 and smpk nangis2..pengen dech latihan dillating soalnya aq dah pengen bngt hamil. gmn ya wanita yg kena vag bs cepet hamil??

24

Topic: Vaginismus

dindin
Halo.. wah postingan pertama langsung ke thread ini.. welcome to TUM ya mom.. Kalo soal hamil & vaginismus, aku coba ambilkan tulisan dari sini ya

IMO vaginismus sebenernya lebih ke permasalahan/kelainan otot vagina yang lumayan mengganggu pada hubungan suami istri. Syukur kalau sudah bisa aktif hubungan suami istrinya (soal meringis2nya sama kok :p ) Tapi kalau masalah kehamilan, itu lebih luas pembahasannya dan bisa dibaca di forum tentang trying to conceive (TTC) karena lebih ke tingkat kesuburan suami & istrinya..

Beberapa waktu lalu sempet ada expert explain juga soal TTC, bisa dilihat di sini

Kalau pengalamanku sendiri sih, meskipun kehamilan sangat tidak direncanakan, tapi sempet olahraga rutin, makan makanan sehat, hmm.. itu aja sih..

Semoga membantu ya mom..

Mother of Universe

25

Topic: Vaginismus

Hi koeliz..

ak jg sama kasusnya.. pas married, baru ngerasain kok intercourse sakitnya bisa nyiksa bgt kaya neraka.. itu mulut vagina *sorry* kaga mau 'membuka diri'.. meskipun husband uda berusaha 'masuk' tetep aja kerasa kaya mentok di beton..
kita ampe ulang lagi foreplay n coba pake lubricant, tetep aja hasilnya zero..

after 2 months married (honeymoon without make love :( ), kita coba konsultasi ama dokter kandungan.

dokter pertama ngasi resep gel lidocain n obat apa gitu, buat ngilangin rasa sakit n tegang.. pas kita nyoba, bisa sih masuk tp cuma setngah jalan.. itupun kondisi ak uda berdarah2 n setngah fly krn efek obat.. pas di flashback gini kok ngerasa miris banget *meringis*

ak n husband sama2 down, n hubungan kt sempet dingin bbrp saat..

trus k dokter kedua, after nasihat panjang lebar, n diterangin gmana caranya masukin mr.p yg baik n benar k vagina (sumpah, baru tau klo masuknya mr.p aja ada caranya..) akhirnya kt bisa jg dng susah payah fully intercourse.. duh darahnya buanyaak banget ampe ngeri, n sakitnya minta ampun.. tp itu pertama kalinya berhasil masuk!!! happy ga ketulungan..

ampe skrg kita pun kalau ML ga bs sering2, soalnya vagina masi sakit kalau dimasukin.. jadi husband hrs pelaaan bgt, kecepatan 1 cm/menit.. hehehehe :)

syukurlah after 4 months married, ak hamil.. hehehe.. moga2 abis lahiran nanti lebih lancar intercoursenya.. :D

semoga sharing nya membantu yah mom..