26

Re: Juling Pada Bayi

Hai hai! Baru liat thread ini lagi.Mau laporan aja..Rinjani (4m25d) matanya udah ga juling lagi.Bola mata yg kiri udah ga lari2.Arah pandangannya pun udah sama .Sekarang makin cantik, mana makin bulet gitu matanya! Kalo ngeliat sesuatu kaya yg 'curious'. Hehehehe.Thanks ya,mamas papa.
Rizkaramses - gmn gmn? Share dong tentang eye patchnya smile

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

27

Re: Juling Pada Bayi

nyanya pas banget elo laporan gini, pertanyaan lo tidak mata tidak simetris juga dijawab oleh resident expert di artikel hari ini smile

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

28

Re: Juling Pada Bayi

nyanya ternyata Ayres alhamdulillah gppa..persis kyk yg dibilang ama resident expert (baru gue baca juga)..batang hidungnya aga besar jd terlihat juling padahal ga..
jadi gue yg dimarahin gara2 ngasih eye patch..hahaha (kan saran dsa nya padahal..huhu)...

thx for the expert advice juga yah slesta...

..parenthood is a never ending learning journey..

29

Re: Juling Pada Bayi

halo semua, baru gabung ni, jadi lega setelah baca-baca, kebetulan Hayya (2,5 bulan) juga suka mainan mata gitu, apalagi kalo lagi mainan sendiri, ga diajak ngobrol bundanya, mulai deh main kero-keroan, bikin panik, mudah-mudahan gapapa yaa.. wink

30

Re: Juling Pada Bayi

saya baru perhatikan belakangan ini ternyata kenzie (5,5mos) punya dua kelopak yg berbeda bentu dan besarnya...

ini tdk terlalu kentara:
http://www.flickr.com/photos/istien28/5208218557/

foto ini jelas sekali kalau kelopaknya berbeda:
http://www.flickr.com/photos/istien28/5208812738/

dsa nya bilang gak ada gangguan apa2, dan Alhamdulillah saya perhatikan sepertinya kenzie gak ada masalah, tapi saya mau bawa ke dokter mata seperti saran mamas di al sbelumnya..

31

Re: Juling Pada Bayi

Hi all, salam kenal ya.. newbie nih tongue
mo ikut sharing...baby josh (5m 8d) juga sampai sekarang masih suka juling meskipun uda ga separah dulu. Kata DSAnya sih gpp krn baby koordinasi organ2nya masih blm sempurna, termasuk juga mata. Katanya sih observasi aja, harusnya makin lama makin membaik & di usia 1 tahun harusnya uda bener2 normal.
Kalau DSA yg satu lg (nyoba ke dokter lain krn pas uda umur 4 bln lbh koliknya masih blm benar2 hilang) bilangnya 6 bulan biasanya matanya uda normal. Plus disuruh ngelatih otot2 matanya spy koordinasinya bgs dgn menggerakkan benda didepannya ke kiri & ke kanan spy matanya mengikuti arah gerakan tsb.

32

Re: Juling Pada Bayi

halo semua.. Ikutan sharing ya? Anakku yang pertama waktu lahir memang sudah kelihatan julingnya.  Tapi di tunggu sampai 8 bulan, tetap saja juling. Kalau mata kanan melihat ke arah kiri, maka bagian mata hitamnya ikut masuk sebagian. begitu juga sebaliknya.

Waktu itu masih tinggal di Bandung. Sudah di bawa ke dokter mata, dan di katakan strabismus ( juling), bawaan dari lahir. Tak ada pilihan, harus di operasi untuk mengkoreksi kedua matanya. mencari opsi lain, kami sampai ke jakarta dan yogya juga. Tetap saja harus operasi. karena saat itu masih bayi, kami menunggu ia agak lebih besar lagi untuk siap menjalani operasi.

Akhirnya, kami kembali ke dokter yang pertama ( Bandung ). mental, financial dll di persiapkan untuk operasi tersebut.

Menanti jadwal masuk operasi ( saat itu usianya 4 th ) , kami mendapati musibah Aceh terkena tsunami. Banyak keluarga dari pihakku dan suami ikut jadi korban. Karena ketiadaan informasi keluarga yang terkena tsunami, kami minta pending dulu operasi mata, dan pulang ke Aceh.

Ternyata kepulangan kami ke Aceh, ada hikmahnya juga. Dari berbagai informasi, keluarga di aceh menyarankan kami untuk operasi ke Penang . berangkatlah kami kesana, dan ternyata di Penang, anak kami tidak memerlukan operasi, hanya perlu memakai kaca mata therapy saja.

Kurang puas dengan pendapat dokter Penang, ( kita mikir, masak sih mata bisa di koreksi cuma pakai kacamata saja, ) kami cari second opinion di rumah sakit lain ( masih di Penang juga. ) Pendapat dokter kedua juga sama, pakai cermin mata saja, istilahnya. Dan kami pun mencoba.

Ternyata, Alhamdulillah, mata anak kami langsung terlihat ada perubahan. kedua matanya perlahan lahan seperti " di tarik " ke tengah. Setiap melihat ka arah kiri atau kanan, maka bola mata hitam tidak lagi masuk ke arah dalam.

Tapi berhubung masih tahap pertumbuhan, maka di sarankan setiap 6 bulan sekali kontrol ke Penang. Makin ke sininya kontrol makin di perjarang. Sekarang setiap 1.5 tahun sekali kami bawa untuk kontrol dan ganti ukuran kacamata tersebut. Dan di harapkan kunjungan berikutnya bisa 3 tahun sekali dst, tergantung dari hasil pemeriksaan terakhir.

Dan yang lebih menggembirakan, biaya berobat lebih kurang 2 jt saja (setiap kontrol ke Penang). Itu sudah dengan biaya dokter, dan kacamata. Dan setiap kunjungan hanya 4 hari saja di Penang.

Anak kami ( sekarang 9 th ), akan terus memakai kaca mata sampai usia pertumbuhannya berhenti. setelah itu baru akan di lihat, apakah cukup dengan memakai kacamata saja, atau baru di operasi. Karena dokter di Penang berpendapat, sangat beresiko jika syaraf mata anak yang masih dalam tahap pertumbuhan harus di operasi.

Sekarang, setiap orang yang melihat anak kami, pasti akan berkomentar sama, " baru tahu ternyata juling bisa di sembuhkan ya?".

Ibu adalah madrasah bagi anak-anaknya

33

Re: Juling Pada Bayi

Dear moms,
Mohon info rekomendasi dokter mata yg bagus buat baby dong..
Terimakasih momz..

34

Re: Juling Pada Bayi

Dear mom putti.... Emang kenapa mata babynya mom?
Setau gw klo mata yg perlu penanganan khusus kayanya ada bagian/ specialistnya tergantung kasusnya

35

Re: Juling Pada Bayi

Momy-rain,
Baby ku Kynan (39day) matanya belekan udh sebulan.. Tadinya beleknya parah bgt. Hijau, Sampe penuh di matanya dan ga bs melek. Trus dikasih salep mata sm dsa. Yg kanan udh sembuh, tp yg kiri msh terus keluar belek. Udh dilakukan pemijitan di hidung (sebagaimana saran dsa), tetep keluar.. sad

36

Re: Juling Pada Bayi

Hi momies..

Khansa juga matanya suka juling- juling, tapi klo matanya lagi juling suka aku tutup matanya sebentar trus buka lagi, pas buka mata dia pasti pandangannya normal, soalnya keponakanku dulu juga gitu, sekarang khansa masih umur sebulan kurang 3 hari, kita optimis aja, anak kita pasti normal (^^,)

37

Re: Juling Pada Bayi

Mom dibawa ke JEC (jakarta eye centre) di jl. Cik Ditiro, Menteng.
Pake dokter Gusti (khusus dokter mata buat bayi dan anak2).
Ato pas di pendaftaran tanya2 dulu sama petugasnya untuk dokter bayi dengan kasusnya baby kynan

38

Re: Juling Pada Bayi

Momy rina.... Klo begitu Aja kayanya gpp, normal koq. Dulu rain juga gitu malah suka melot sampe bola matanya mau keluar, kadang bola matanya ngumpul di sudut idung atau bola mata kanan ditengah tp bola mata kirinya agak kesamping. Tp skr 6m2w udh ga begitu lagi

39

Re: Juling Pada Bayi

hi moms, tanya dong...
kalo kirana (3m) sering ngelirik yg rada ekstrim, dan nengoknya juga ekstrim, jadi suka takut matanya atau lehernya lelah, itu masalah gak sih? matanya sih kayak curious gitu, orang2 yg liat pada suka.akunya yg suka gak tega. apalagi kalo dia nengoknya ke atas (posisi berbaring), lehernya udah kayak bikin sudut 90derajat aja...
moms yg lain ada yg punya pengalaman sama ga? TIA mamas...

Clodi Lokal,Herbal Bugar Selama PUASA,Pakaian Anak Muslim, KONOKA-Happy Kids Bag  @PipiBayiShop mama's mall.

40

Re: Juling Pada Bayi

lega deh, ternyata besar sebelah kelopak itu bisa dikata normal, soalnya baby shane (almost 2M) kelopak matanya kanan lebih besar dari kiri, gak significant sih, tapi kalo 'juling' sih gak..
nanti deh sekalian cek mata (lupa umur 3 apa 6 M ya, musti liat control cardnya) mau tanya juga

41

Re: Juling Pada Bayi

winnyummukirana anak saya juga gitu. gapapa kok, tapi coba stimulasi dan kurangi kesempatan sampai dia harus sampe mendongak untuk melihat.  di umur2 segitu emang lagi mulai alert, jadi dia mulai terlihat pengen tauuu aja, jadi liat sana sini.  kalo misalnya seneng ngedongak gitu kepalanya, di panggil ato stimulasi dengan mainan supaya dia melihat ke bawah, etc. 

pada dasarnya emang bayi itu belom sempurna pas lahir, masih ada adjustments dan pertumbuhan lain.  jadi kalo terlihat juling di awal2 gitu, itu masih normal, selama nanti berubah, jadi lebih di observasi aja.  kalo emang kuatir, bawa ke dokter.  so, glad to know that your baby is okay papanyashane

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

42

Re: Juling Pada Bayi

mom sLesta oh begitu..oke, makasih ya. iya dialihkan perhatiannya supaya gak terus mendongak. gendongnya juga gendong berdiri sekarang, kalo gendong berbaring dia pasti mendongak untuk lihat pemandangan di balik tangan ibunya. bosen kali ya liat langit terus ^^

Clodi Lokal,Herbal Bugar Selama PUASA,Pakaian Anak Muslim, KONOKA-Happy Kids Bag  @PipiBayiShop mama's mall.

43

Re: Juling Pada Bayi

Mom winy.... Anakku juga begitu dari bayi sampe skr 6m2w masih suka banget kayang.... Kalo tidur juga kepalanya sampe dongaakk banget keatas, padahal aku coba niru Gaya dia, tidur baru sebentar aja Udh pegel tapi dia kayanya nyaman banget... Tapi sering juga Kalo dia sudah lelap kepalanya aku tarik ke bawah pelan2

44

Re: Juling Pada Bayi

momy-rain begitukah? sampai 6m masih ya...iya kayang gitu..kirana kalo tidur juga suka gitu. kan dia pakai bantal peyang, jadi kayak mau mengeluarkan kepalanya dari ceruk bantalnya itu. semoga anak kita sehat2 ya...^^

Clodi Lokal,Herbal Bugar Selama PUASA,Pakaian Anak Muslim, KONOKA-Happy Kids Bag  @PipiBayiShop mama's mall.