1

Topic: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

thifa sekarang dah 3 tahun, Alhamdulillah dah mengenal huruf dan angka (inglish dan Indonesia) tapi kok berasa kurang ya.. pinginnya si thifa juga thifa mengenal huruf hijaiyah juga. Punya obsesi thifa setidaknya punya 3 bahasa yang dia fahami (Indonesia, Arab,Inglish)Ternya entah kenapa kok yang bahasa arab ni agak lebih sulit ya ditangkap ama thifa. Padahal dah coba memperkenalkan nya dengan sering tilawah dirumah, vcd edukasi perkenalan huruf hijaiyah, dan menjadwlkan setidaknya 5-10 menit belajar pake buku iqra' setiap habis magrib.. urban mama berbagi tips dunk,

* The Queen of the House *

2

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

waduh...hebat banget Thifa... dan hebat juga mamanya... telaten ngajarin 3 bahasa... tapi ini emang obsesi mamanya atau emang kepinginnya Thifa? hehe...

soalnya kalo obsesi mamanya, menurut pengalaman pribadi somehow memang jadi relatif lbh "lambat" perkembangannya... *sedikit menyesal* belum lagi kalo anaknya "mogok" belajar...

anyways, dibawa fun aja kali ya...dan bertahap... misalnya satu-dua huruf selama seminggu... dgn metode lbh variatif, misalnya bikin craft... huruf 'ya' digambar gede banget trus diwarnai, atau dijadiin kolase, atau dilukis dgn jari, atau dibentuk dari clay/playdough...
bisa juga lewat baking/cooking time bikin cookies berbentuk huruf arab...
alternatif lain dgn metode bermain... puzzle huruf hijaiyah dimasukin kantong trus main tebak2an... smile

selamat bermain!

*mulai nyiapin bahan ngajarin Kayra juga* wink

3

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

Waaaa.... Makasi banyak mama kayra, banyak banget ide-ide segarnya. Terkadang sering mati gaya mau buat apa lagi ^^ :*hëέ hëέ hëέ hëέ .  Ngaku si, ini obsesi bundanya, Tapi ndak ada target waktunya.. Belajarnya juga dibuat fun, Alhamdulillah thifa cepat nangkapnya. Tapi liat progres nya kok, yang ngajinya kok malah yang tertinggal... Btw, ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́º:*ºS̤̥̈̊ɑ̣̣̝̇̇♏ɑ̣̣̝̇̇-S̤̥̈̊ɑ̣̣̝̇̇♏ɑ̣̣̝̇̇º({})ºː̗̀☀̤̣̈̇  (˘^˘)ง  belajar yuuk kayra, tuk bekal dunia akhirat

* The Queen of the House *

4

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

Anak2 usia toddler emg ga bisa dipaksa.. Yg ada harus cr celah masukin pas dia lg bermain... Misal Athar (29 mos), lagi hobi main playdooh... Langsung aj diajak bikin huruf hijaiyah pakai playdooh... Ato pas main Thomas, pas kereta lewatin rambu2, lgs aja bilang... "waaah.. si thomas lewatin huruf alif ya Athar..". Dan lgs hapal deey.. tiap kali lewatin rambu2 lgs blg Thomas lewat huruf alif mama... Ato kl makanan jg bisa dibentuk2.. tinggal di kreasikan aja...

Working mom who wants to do it exclusively, especially for my 'Athar"
Tweet me on : @Anggie_mamAthar l My world on : http://maylav.blogspot.com/

5

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

hi moms, share kponakanku usia 3 thun dah lancar skr pake buku iqra 1 nya. dilatih sama mamanya (kakakku) dri 2 thun tpi smbil bermain pas anaknya lgi ga bete aja. eh skr dah kombinasi huruf2 hijayah gtu dia seneng bgt klo udah sesi iqra. seharinya slalu disempetin blg qta baca iqra yuuuuuk.. trus ntr djwab ayuuuuk smile hihi lucu bgt jdi ga sabar nunggu anakku gede n kenalin huruf2 hijayah tongue

Can't take my eyes of you... smile smile smile

6

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

Halluw, mau ikutan share di sini yaa...
Bhima (21mo) klo di rumah juga belajar huruf hijaiyah, pake alat bantu yang dari kayu gitu, Alhamdulillah sekarang udah mulai bisa nunjuk2 huruf yang dimaksud, penampakannya kayak di video ini alat bantunya, cukup terasa manfaatnya. Intinya sih ngajarinnya sambil main, dan ikutin mood anak ya, supaya prosesnya lebih fun smile

Last edited by daffiki (2012-07-31 17:54:43)

-a daughter, a sister, a friend, a wife...and now...i'm a mom of a supercute son...Alhamdulillah-

7

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

baru juga cari ide dan inspirasi buat belajar huruf arab. TFS Mamas... smile

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

8

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

Subhanallah bima dah pintar ya ngajinya. Makasi bunda bima atas sharing vidionya ^^. Thifa punya alat seperti adek bima punya, tapi lebih kecil. Mungkin karena huruf hijaiyah kecil-kecil jadi dia kurang semangat makenya. Boleh juga ni cari seperti yang punya bima.
    Alhamdulillah mulai ramadhan ini thifa mulai semangat lagi ngajinya. Pake buku iqra' 1. sekarang baru sampai huruf "ha". Kadang baru setengah halaman, thifanya dah bosen. dibiarin aja dulu, besok diulang lagi. Alhamdulillah dah mulai rutin lagi. Plus, dah mulai menghafal surah Al-Ikhlas dan Al-Fatiha..  Mungkin ini salah satu berkah ramadhan ya ^^

* The Queen of the House *

9

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

hai mom, mau ikutan share.

untuk huruf hijjaiyah dan belajar quran, syasya (3,5y) mulai sejak bayi sudah aq kasih board book huruf hijjaiyah, lalu usia 1y aku kasi liat video alif ba ta setiap hari, sehari 3x pagi, siang, sore.. (lama videonya sekitar 4menit.
nyanyian pun aku ganti dengan nyanyian alif ba ta spt yg di video.

mainan aku kasi flashcard hijjaiyah dan puzzle hijjaiyah, tapi bukan buat dia belajar. flash card hijjaiyah nya buat main apa aja (masak-masakan, dll) kadang cuek, kadang sambil dia tanya hurufnya.

pada usia 2y, alhamdulillah sudah hafal semua

nah setelah itu syasya dibelikan buku iqra, itu juga buat dia main aja. ga khusus diajarin. tau-tau dia udah bisa baca susunan 3huruf (belum dengan tanda baca, aku blm ajari syasya baca huruf latin maupun hijjaiyah). masuk usia 3th dia suka tanya, kenapa ada tanda diatas dan dibawah huruf, baru aku jelasin kalau itu tanda baca a-i-u dst. ga lama kemudian dia ikutan baca pakai tanda baca. tapi cuma fathah aja..hihihi..

kalau bahasa arab, dia sering ikutan mamaku belajar bahasa arab di pengajian ibu-ibu. disana sih dia cuma duduk aja, alhamdulillah sudah bisa menyebut beberapa benda dengan bahasa arab dan percakapan sapaan sehari-hari.

untuk hafalan quran, dari dlm kandungan sampai sekarang selalu dibiasakan mendengarkan murrotal al-quran. ga berenti-berenti, kalau radio lg off kadang ikutan aku atau mamaku kl sedang baca quran. malam sebelum tidur selalu kita bacakan surat-surat pendek, sedang main pun kita bacain aja surat-surat dr juz 'amma. surat apa aja. ketika syasya sudah bisa bicara langsung lancar jaya.

oiya, syasya juga ga aku kasih tontonan baik tv maupun dvd. bener2 no tontonan kecuali dvd alif ba ta.
hafalan suratnya alhamdulillah udah banyak bgt..

sekarang mulai boleh nonton tv, tapi tv nya khusus tv dakwah yg isinya bacaan quran n tausyiah aja. tapi dibatasin juga sehari max 1jam.

yg harus diingat semua harus dengan suasana yg menyenangkan dan rutin.. jangan dikhususkan waktu belajar.

targetku maunya usia 5th sudah hafal juz 30. hehe doakan ya mamas..

Last edited by Mommyummy (2012-08-04 08:57:08)

lovely mommy with 2 lovely kids

10

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

oiya mamas, kalau mau download flashcard hijjaiyah bisa disini juga disini

Last edited by Mommyummy (2012-08-04 08:30:44)

lovely mommy with 2 lovely kids

11

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

subhanallah. baca post mama2 di sini jadi reminder utk ngajarin Shafa. TFS mamas. *lgs donlot link dr mommyummy*

12

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

Alhamdulillah tersadar utk ngajarin huruf hijaiyah. Soalnya selama ini inisiatif saya baru ngajarin hilya al fatihah Dan 3 surat terakhir quran. Mesti ngejar supaya bisa baca, ga sekadar ngaji kuping. Saling mendoakan Dan mengingatkan ya, mamas smile

It does feel best to be just me! -the Lopshires-
-Mother of warriors-
Hilya -  Nena - Hilmi

13

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

Subhanalloh salut buat mama syasya, syasya pinter banget. Jadi teringat dengan imam syafi'i yang sudah hafal qur'an sejak umur 7 tahun. Makasi ya mama syasya share nya.. Tambah pinter dan soleh ya syasya *peluk-cium

* The Queen of the House *

14

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

ikut share ya mom.. smile
pengalaman qonita sekarang (4y) dulu waktu dia masih 2y, saya belikan tempelan huruf latin dan hijaiyyah saya tempel jejer di tembok kamarnya, ga saya ajarin apa2, sampai dia yg nanya sendiri.. ini apa.. itu apa.
Setelah itu berlanjut, kita sediakan video2 qori (sengaja kita pilih qori anak2 dengan bacaan yg bagus) dari situ dia mulai tertarik.
Baru deh tahap berikutnya saya beli buku "iqro qiroati" ambil waktu saat santai, diajarin dikit2 (porsi pelajarannya lihat usia anak juga), POINT PENTINGNYA kalau anak ga mau jangan dipaksa, dan berhenti sebelum dia bosan.
Belajar baca huruf juga bisa diselingi belajar hafalan2 ringan, bisa mulai dari ta'awudz, basmalah, surat2 pendek, kita baca, trus dia coba menghafal dari yg dia dengar, kalau anak belum mau ngikutin bacaan kita ga papa pokoknya jangan dipaksa.
Tapi yg penting juga, walaupun diajarkan dengan "santai" sebaiknya tetap diperhatikan cara si anak membaca, misal saat belajar baca bismillah.. kalau dia keliru baca bismillaHirrohmanirrohim dibaca bismillaNirrohmanniroohim... langsung dibetulkan, kalau ga langsung dibetulkan kadang kesalahan kecil membaca huruf bisa nempel terus bahkan saat anak sudah lancar membaca, bahkan menurut pengalaman saya saat ngajar hafalan anak2 dulu, penghafal2 qur'an yg masih anak2 ga jarang "kesleo" lidah di beberapa huruf, kesalahan yg kelihatan kecil tp sulit jg kalau dibenerin.
Memang butuh kesabaran ekstra, kadang sampai ada yg bilang ngajarin anak orang lain lbh gampang dari ngajarin anak sendiri, tapi insyaALLOH sekecil apapun kebaikan yg kita ajarkan ke anak kita akan menjadi catatan tersendiri disisiNya, semoga anak2 kita bisa menjadi anak2 yg sholeh dan sholehah... aamiiin. Pokoknya tetap semangat ya mom.. smile

15

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

Waktu ramadhan kmrn,di rcti ada tayangan hafidz indonesia. Krn liat itu,aq jd pingin spy Zhiezhie (3th 3bln) bs hapal surat2 pendek. Dl sih uda niat ngajarin,tp gak konsisten. Ngajarinnya ya cmn dibacain ajah surat pendeknya,terutama 3surat terakhir di Al Quran.
Dr sejak bayi,sblm tidur dan sblm makan selalu kuajak berdoa. Tnyt emg bener,sktr umur 2th kurang,tiba2 dia uda bs ngikutin doanya dan akhirnya bs berdoa sndr. Cuman ya itu aq-nya ga ngeh,ga dilanjutin dg doa maupun surat2 pendek yg lain. Jdnya cmn stop disitu ajah.
Skrg,uda mulai hafal surat Al Fatihah. Smbl bljr huruf hijaiyah di tabs. Cuman kalo belajar huruf,ya semaunya dia. Kalo emg pas mau belajar,dia belajar sndr.
Belum diikutkan TPA krn di lingk kompleksku,ga ada TPA,byk yg non muslim. Kecuali kalo di luar kompleks,ada mesjid dan (sepertinya) ada TPA jg.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

16

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

hm....

Ruby Si Kakak sekarang umurnya 3 tahun 10 Bulan sudah Iqra 2, dia sudah bisa baca huruf arab sambung dan lancar Alhamdulillah.
Awalnya hanya di ikutkan ngaji di lingkungan rumah bersama teman-teman.
Kalau saya lagi ngaji di rumah dengan al-quran, Ruby suka ikut-ikut tunjuk-tunjuk tapi kan dia blm  ngerti huruf arab sambung yang sulit panjang pendek jadinya ya cuma kaya orang nyanyi aja..., ngaji sambil nahan tawa.....

Kalau hapalan surat udah lumayan banyak dari hanya ikut-ikut temannya ngapalin gitu....kalau sama bundanya dia ogah....hahaha, jadi sengaja saya ikutkan ngaji biar dia ikutan.

Oh ya di rumah saya suka salawatin adiknya Razan 2,5mo, Ruby suka ikut-ikut dan alam-lama di hafal.

Intinya sich tidak perlu diajak, hanya dicontohkan dan dibiasakan menghafal surat pendek atau sholawat, insyallah dia ngikutin koq, walau cuex mimiknya....

Subhanallah

17

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

Mommies,, kalo gw ngenalin huruf hijaiyah ke Manda n iLa :

1.lagu n video anak muslim
lagu 'alif ba ta' dari umur mereka 8mos udh gw biasain denger.. gw donlot lagu n video nya terus gw masukin flashdisk jadi pas pergi2 dmobil gw puterin deh.. dan gw juga sering nyanyiin, jd mereka ngikutin.. skrg Alhamdulillah mereka udh pd tau..
2. Upin Ipin
Karna mereka suka nonton upi ipin via youtube jadi dg sendiri nya ngikutin deh ngucap salam, baca2 doa..
3. Guru Ngaji
nah sekarang si kakak udh 3,5yo dan kebetulan deket rmh gw ada guru ngaji yg bisa dpanggil ke rumah,, memang baru 1bln ini mulainya tapi Alhamdulillah manda udh hafal sm huruf hijaiyah kalo di tanya ngacak pun dy udh tau..
4. Anceman cara paling ampuh nih *dont try this mams*
Nah karna sekarang udh ngaji sm guru ngaji, gw ngancem MandaiLa kalo ga mau ngaji ntar ga dsayang sm Atok Ayah n Atok Mamanya (ortu gw/kakek neneknya).. mereka bdua takut bgt ga dsayang sm Atoknya.. kalo udh gt gw pura2 nelp bokap/nyokap gw terus gw pura2 blg kalo mandaila ga usah dsayang/dibeliin mainan soalnya ga mau ngaji/sekolah.. dan lgsg Ampuuuuuhhh bgt.. hahaha

Jadilah sekarang Alhamdulillah anak2 gw utk huruf hiajiyah nya udh pd hafal terutama si kakak,, kalo si adek cuma hafal lagu alif ba ta nya aja.. wink

My Kiddos are my heart n soul.. they'll always be my babies, even when they grow old.. Mommy love u Manda n iLa wink

18

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

wah baca sharing mom disini jadi tertarik mulai mempelajari huruf hijayah ke salwa,,
kalau pake evamat yang tulisan hijayah bisa juga y mom.... paling didengerin murattal tiap malem-katanya juga efektif utk bisa menghafal huruf hijayah-

◆◇Keep trying 2be a best mother◆◇ (^.^)

19

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

dulu Key senengnya nonton video nyanyi2 anak2.. baru nonton beberapa kali sering udah hapal lagu2nya, jadi sekarang aku mulai donlot2 video2 ngaji dan huruf hijaiyah.. ternyata itu lebih menarik perhatian drpada kalau aku ngajarin dia ngaji secara lisan. Dri 1 taun sebenarnya udah hafal Alfatikhah, tapi udah umur hampir 3 taun baru hafal beberapa surat saja, ternyata metode menajarku kurang menarik hihi

20

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

Topiknya bagus sekali smile Mendapat banyak inspirasi di sini. Mau segera mulai membiasakan si kecil juga utk mendengar dan melihat huruf2 Hijaiyah ah, biar bisa pintar seperti kakak2 semua di sini smile

21

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

sepertinya apapun metode yang dipilih (metode yang paling nyaman untuk mama & anak) yang penting telatenya ya. saya sedang berusaha mendisiplinkan diri nih buat rutin menanamkan doa sehar-hari & surat pendek ke Rayyaan, sambil mamanya terus belajar juga. kadang saya suka mikir mau pakai cara 'canggih' apa untuk menanamkan pendidikan apapun ke anak, tapi sepertinya yang penting tekunnya. dulu hi hi. dapat tips dari teman yang anaknya sudah pre-school, pas anaknya mau tidur, ortunya membacakan doa-doa sehari-hari, sepertinya untuk huruf hijaiyah juga surat pendek bisa diterapkan ya, yang penting rutin menanamkan benih-benih ilmu agamanya dulu.

22

Re: Belajar membaca Qur'an (huruf hijaiyah)

Waaaa...subhanalloh baca sharing mama-mama di sini takjub banget deh.

Arraf (3y7m) memang lebih hafal huruf hijaiyah dibanding huruf latin. Itu juga kebantu sama sekolah yang ada pengenalan ngajinya, jadi lebih cepet nerap.

Caraku selama ini cuma belajar lewat video huruf hijaiyah aja, trs pas iseng-iseng nulis di magnetic board, dia bisa nulis alif dan nun. Lumayan sih buat anak yang belum bisa baca tulis, hihi. Abis itu dia kebayang2 video itu, kalo ba titiknya satu di bawah, ta titiknya dua di atas, dll.

Nah, cuma kalo soal ngaji belum nih dikenalin Iqra. Padahal cita-cita pengen punya anak Hafidz, tapi kok yaa...emak-bapaknya aja jarang denger murrotal atau ngaji huhuhu *self toyor banget*.

Baca-baca di sini mencerahkan banget. Tfs ya mama. Keep sharing.

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com