1

Topic: Sekolah Alam

ada yang anaknya sekolah di sini? atau merencanakan untuk sekolah di sini... pls cerita2 dong...
(dulu namanya sekolah alam ciganjur, sekarang udah jadi sekolah alam indonesia).
kemaren baca2 di twitter... gile yaaa ngantri banget yang mau masuk bahkan ortu2 sampe nginep.

website: http://sekolahalamindonesia.org/

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

2

Topic: Sekolah Alam

yang gue tau:
- kalau bawa bekal tidak boleh nyampah. artinya no susu kotak (harus dituang ke botol). no bungkus plastik (harus pake kotak makan).
- tiap minggu bawa sampah rumah tangga (gue ngga tau kriterianya basah/ kering), lalu diolah bersama.

asik kan konsepnya..

And thelilsolder is back. Fire!

3

Topic: Sekolah Alam

Dari sebelum hamil, ini salah satu sekolah yang gue lirik :) Di Surabaya ada namanya Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya (SAIMS), ga tau 1 grup ato ga ya? Udah pengen banget nyekolahin Nara di sini, suka sama konsepnya.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

4

Topic: Sekolah Alam

Mbak Nit, aku blm denger yg ini (btw, websitenya lemot n kurang profesional :-), kritik membangun nih)
Aku pernah baca di majalah perancis ttg sekolah green school di bali malah.
pengen pengen...... tapi pasti banyak uang kertas "green"nya. Sementara sekul kan gratis di sini he he he, mau masukin bilingual school aja jadi ragu2. Kalo temen2 ku di jkt banyaaaak banget yg nyekolahin anaknya ke bilingual (even trilingual) school. Tapi suami tea masih menjunjung sistem pendidikan nasional, ngga setuju sama sekul2 swasta. Huuuu :-)

@LizCherie

5

Topic: Sekolah Alam

Di bogor ada Sekolah Alam Bogor, sama gak ya yg dimaksud teh ninit? Pengennya ntar Lana sekolah disini pas SD, agak deket dr rumah :)

6

Topic: Sekolah Alam

Kalo ga salah inget, sekolah alam tuh konsepnya kan bukan kayak jaman gue sekolah dulu yang duduk diem di kelas n harus manut apa kata guru. Jadi misalnya nih, anak2 diajak ke kebun jagung (yang ada di halaman sekolah), trus nanti gurunya cerita macem2 tentang jagung: bisa digunakan buat apa aja, cara nanemnya gimana, dsb. Jadi dalam kunjungan ke kebun itu, anak2 bisa dapet ilmu macem2... Dari biologi sampe sejarah!

Oya, supaya anak bisa masuk ke sana, ortunya juga di"screening". Bukan masalah keuangan gitu ya (konon), tapi lebih semacam si ortu bakal ngasih kontribusi apa buat sekolah nanti (dalam bentuk kegiatan): apa dia mau jadi panitia acara sekolah, mau ikutan beberes sekolah ato ga, dsb. Gitu...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

7

Topic: Sekolah Alam

Sekolah alam Indonesia sih 'katanya' bagus, tp kemaren liat cara ndaftarnya aja udh pengin pingsan...
utk anak gw yg mau masuk ke KB-B aja, ndaftarnya total hmpr 10 juta(deuhhh...), akhirnya setelah tanya sana-tanya sini; ada lagi sekolah alam yg ternyata jaooohhh lbh murah, namanya Sekolah alam Al Jannah. Again gw sama Shanin ke sana mau ngeliat2 tp ternyata dr rumah gw di buncit, jaoooh nian. tp school fee nya lbh make sense, sm2 sekolah alam tp yg ini biayanya lebih ok lah utk kantong gw. BAgi yg didaerah cibubur dsk, kyknya ini deh yg ok nurut gw...

8

Topic: Sekolah Alam

Kalo Sekolah Alam yang di Surabaya kayaknya ga semahal itu deh, untuk uang pangkalnya sekitar 4jt (PG) n 6jt (TK). Per bulannya ga sampe 400rb. Kalo udah masuk dari PG, ntar lanjut ke TK tinggal bayar kekurangannya aja, n gitu terus sampe tingkat atasnya. Kalo yang ini masih masuk akal lah...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

9

Topic: Sekolah Alam

otty, Kalo sekolah alam bogor biaya PG nya lebih mahal dikit dibanding TK. PG sekitar rp6,3jt dan TK rp5,8jt dan perbulannya rp350rb (sama untuk TK & PG).

10

Topic: Sekolah Alam

bundanyalana Berarti yang di Jakarta itu paling mahal ya... Jadi penasaran, mereka 1 grup ato ga sih? Kok harganya beda2 gitu. Ato lokasi menentukan fee? :p

yang selalu kangen sama si pipi gembil

11

Topic: Sekolah Alam

sekolah alam indonesia (SAI) sama sekolah alam-sekolah alam lainnya nggak satu group. konsep aja yang sama, tapi nggak ada hubungan lebih dari itu. info dari temen yang ngajar disana, yang diseleksi memang orang tua. mau tahu kira2 konsepnya orang tua sama sekolah itu sejalan ato nggak. soalnya sekolah itu kan partner-nya orang tua dalam pendidikan. selain itu juga kontribusi ato keterlibatan orang tua dalam aktifitas sekolah. SAI ini katanya milik komunitas, bukan pribadi.

not yet wife & mom, trying to take advance start

12

Topic: Sekolah Alam

duh, ada sekolah alam kayak gini di singapur ga ya? tertarik banget nih, tapi jauh banget!

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

13

Topic: Sekolah Alam

thalia wrote:
duh, ada sekolah alam kayak gini di singapur ga ya? tertarik banget nih, tapi jauh banget!


aina bisa kok jadi siswa tamu, temenku anaknya jadi siswa tamu sebulan setiap pulang ke indonesia.

not yet wife & mom, trying to take advance start

14

Topic: Sekolah Alam

tiaaja,
wah menarik nih kalo bisa jadi siswa tamu. bisanya brp lama tia? kalo 2 minggu gitu bisa?

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

15

Topic: Sekolah Alam

tiaaja, oh gak satu group ya, pantes biayanya bisa beda gitu ya..

16

Topic: Sekolah Alam

ninit wrote:
tiaaja,
wah menarik nih kalo bisa jadi siswa tamu. bisanya brp lama tia? kalo 2 minggu gitu bisa?


bisa teh. hubungin langsung ke sekolahnya di +622178881659.

not yet wife & mom, trying to take advance start

17

Topic: Sekolah Alam

tiaaja,
thanks yaaa tia :).

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

18

Topic: Sekolah Alam

wah, siswa tamu! thanks banget infonya, tiaaja!

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

19

Topic: Sekolah Alam

hoiya,
Ponakanku jg skolah di sekolah alam di cibubur (lupa namanya)
tapi perasaan biayanya normal2 aja koq, gak mahal unreasonable gimanaa gitu..

aku jg pernah menghadiri pernikahan temenku yg diadain di sekolah alam di rancaekek (bandung corat-coret banget!) kebetulan temenku itu guru di situ..
Keren banget, ada rumah pohonnya, trus ada tempat tidur yg diiketin ke pohon2, ada rakit2 pake dayung, ada kolam ikan, ada kebun wortel, ada es kelapa muda.. Tapii..saltum! Pake high heels ngelewatin pematang sawah gituu.. Banyak sapi pula..
Tapi, anak2 pasti suka! Secara ponakanku (wkt itu blm nikah) gak mau pulang karena keenakan maen rakit.

Tapiii..banyak nyamuk kebun yg gede-gede itu..

Sama kayak suaminya Liz, suamiku juga pendukung sekolah konvensional. Alasannya mungkin skrg di indonesia sekolah2 swasta ini biayanya muahal banget!Jadi kayaknya enzo/dante jadi murid tamu aja deh sekali2 di sekolah alam :-)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

20

Topic: Sekolah Alam

Anakku yang pertama sekarang kelas 1 di Sekolah Alam Indonesia (SAI). Dulu namanya SA Ciganjur, sekarang SAI ada di Ciganjur (PG, TK, SD1-SD4) dan di Rawakopi (SD5-SD6 dan SL7-SL9).

Aku sih ngerasa sekolah ini pas banget. Pas dengan gaya aku dan suami, pas pula dengan anakku. Sekilas tentang pengalamanku selama setahun bergabung di komunitas ini.

Kenapa disebut Komunitas? Karena memang SAI ini tidak dimiliki oleh pemilik tunggal, tetapi dimiliki oleh semua ortu yang bergabung di SAI. Pengurus Yayasan pun dipilih oleh rapat para ortu dan guru.

Pendaftaran
Emang bener sih pendaftaran di SAI ini lumayan unik. Tahun lalu aku dan suami ngantri dari sebelum subuh lho. Daffa (masuk SD) dapat nomor antrian 14 dan Fawwaz (masuk TK) dapat nomor antrian 23.
Alhasil, cuma Daffa yang dapat formulir sedangkan Fawwaz cuma masuk waiting list.
Denger-denger di pendaftaran tahun ini udah ada yang ngantri dari jam 4 H-1. Wah, tahun depan musti ngantri dari jam berapa ya untuk daftarin Fawwaz?

Kenapa sih sampai ngantri begini? Katanya sih banyak banget ortu yang minat nyekolahin anaknya di sini, tapi kapasitas yang tersedia cuma sedikit berhubung SAI bertahan untuk tidak menambah bangunan di area SAI. Mungkin nantinya kalau udah ada lahan baru, jumlah kelas bisa ditambah. (Berharap.com)

Seleksi
Di SAI memang anak sama sekali tidak diseleksi, SAI menerima anak dalam kondisi apa pun. Justru para orang tualah yang diseleksi, apakah mereka cocok dengan metode pendidikan anak di SAI dan apakah mereka mau bekerja sama dengan SAI untukmendidik anak mereka.
Tahapan seleksinya ada seleksi tertulis dan wawancara. Yang mewawancara tuh guru dan orang tua yang udah duluan bergabung di SAI.

Nah kalau ortu sudah lulus seleksi, nantinya akan ada sitting in untuk para calon siswa. Tujuannya agar anak bisa merasakan suasana belajar di SAI di bawah pantauan psikolog. Nantinya anak akan memilih apakah mereka enjoy di SAI atau tidak.

Biaya Pendidikan
Sekarang ini biaya masuk SAI adalah 7,5juta. Selain itu ada biaya operasional sebesar 3juta/tahun dan Bea Guru (SPP) 520ribu.
FYI, biaya ini baru naik tahun lalu setelah bertahun-tahun nggak naik.

Kegiatan Pendidikan
Anak-anak belajar bisa di dalam maupun di luar kelas. Ruang kelas mereka tuh berupa saung-saung yang terbuat dari kayu.

Anak-anak diajari untuk mandiri dan belajar tidak hanya dari satu sumber. Kadang-kadang mereka belajar recycle dengan cara mendatangi lapak pemulung.

So far, anakku enjoy banget di sana. Daffa yang tadinya pemalu sekarang sudah berani untuk melakukan survey dengan mewawancarai guru, ortu, maupun siswa lain. Daffa juga nggak terbebani dengan berbagai macam PR maupun les-les.

O, ya tiap tahun anak-anak melakukan OTFA (Out Tracking For Adventure) yang jaraknya semakin jauh untuk kelas yang lebih besar. Dua minggu lalu anak kelas 1 menjalani pra OTFA di bumi perkemahan Ragunan.

Keponakanku yang di SD5 baru saja menyelesaikan OTFA selama 5 hari di Ujung Kulon. Mereka menyusuri pantai, melakukan baksos, snorkling ... Seru banget.

Nah keponakanku yang di SL8, bulan depan akan OTFA di Banjarmasin.

Tapi jangan mengira OTFA ini membebani ortu ... Justru dari awal tahun, anak-anak sendiri yang mencari dana untuk biaya OTFA ini. Ada yang menyebar proposal ke donatur, berjualan, sampai membuat pertunjukan di sekolah di mana penontonnya harus membayar tiket masuk.

21

Topic: Sekolah Alam

ikurniati,pengen banget nyekolahin Farah di SAI ini.tahun depan 2011 dia mo masuk SD.ada batasan umur gak,misalnya minimal berusia 6 or 7 tahun gitu untuk masuk sini? dari sekarang aku dah mulai cari2 sekolah dasar buat dia. dan SAI ini masuk list aku dan suami.tapiii, masuk akal gak ya,kami tinggal di jakarta utara sementara SAI ini kan di daerah ciganjur jaksel.walaupun mungkin nanti di bela2in aku antar dan jemput,ngebayangin aja anakku nanti tua di jalan.sampai saat ini, adakah siswa SAI yang tempat tinggalnya jauuh dari sekolah?buat bahan pertimbangan..

ibu adalah sekolah pertama bagi anak- anaknya

22

Topic: Sekolah Alam

ayutri batasan umur untuk masuk SD di SAI 6 tahun per Juni tahun pendaftaran.

Mengenai jarak .... ada sebuah tulisan menarik dari Anis Matta mengenai anak-anaknya yang bersekolah di SAI

Mereka benar-benar hidup. Mereka masih terus berbincang dan bersenda gurau dalam perjalanan pulang ke rumah. Sehari penuh di sekolah seakan tidak melelahkan mereka. Atau mungkin – tepatnya – lelah tidak menghilangkan gairah mereka. Itu pemandangan sehari-hari dari keempat anak-anak saya dan ketiga temannya yang sama-sama bersekolah di Sekolah Alam. Padahal, karena jarak rumah dan sekolah yang jauh -sekitar 40 km – mereka harus menghabiskan 10 sampai 12 jam setiap harinya untuk belajar dan perjalanan.


Sekolah telah menjadi pusat kehidupan mereka saat ini. Mereka benar-benar menikmati pusat kehidupan itu. Bahkan waktu-waktu mereka di rumah pun digunakan untuk membicarakan kehidupan mereka di sekolah. Sekolah bukan lagi beban. Sekolah adalah realitas kehidupan yang mereka jalani dengan penghayatan penuh. Sekolah adalah sumber kegembiraan. Bukan sumber stress yang biasanya membuat mereka kehilangan gairah.

23

Topic: Sekolah Alam

Ikurniati, wow ada reviewnya, keren. Useful indeed, thanks ya mom. Rencana besar masukin Lana ke sini tp yang di Bogor (Sekolah Alam Bogor). tfs ya mam

24

Topic: Sekolah Alam

ikurniati,oo anaknya pak Anis ada yang sekolah di SAI ya?duh, jadi makin semangat.o iya, waktu seleksi, ortunya ditanyain apa aja?

ibu adalah sekolah pertama bagi anak- anaknya

25

Topic: Sekolah Alam

www.school-of-universe.com mungkin bisa membantu mamas papas yg minat masukin anaknya di sekolah alam..setau aku udah banyak sekolah alam di indonesia.. : SA Bekasi, SA tangerang, SA padang dll..untuk school of universe sendiri lokasinya di Jl. Raya Parung 314 km.43 Parung - Bogor

mumunetta