76

Re: Kejang Demam

imelda wrote:

Dan berarti pula supaya mempermudah, DSAnya jangan gonta ganti, krn di DSA yg samalah ada catatan riwayat sakit si anak yah jeng.

bener banget imelda, klo udah sreg sma DSAnya g perlu ganti-ganti. kaya' kamil kemarin hrs opname klo aku pikir mungkin krn DSA-nya ganti pas kebetulan DSA yg biasanya lagi cuti.. eh begitu balik ke DSA yang biasa, kamil ckp dikasih obat jalan udah enakan..

being a mother is wonderful..
http://anathakamil.wordpress.com

77

Re: Kejang Demam

Huaaaa..huaaa.. Merasa sangat beruntung nemu thread ini walaupun telat. Ikutan curhat yaa moms..

Jumat 29 Juni 2012 lalu, Asha my 5+m baby girl mengalami kejang demam. Kaget luar biasaaaa waktu tiba2 liat2 wajah Asha tiba2 memerah, matanya melotot, dan kata ayahnya tangannya bergetar dalam gendonganku. Ya Allah, pemandangan paling menakutkan seumur hidup bagi saya. *hikss..
Saat Asha kejang yg cuma 5 detikan itu, terasa lamaaa banget. Dan saya ga tau harus gimana. Saya cuma gendong Asha dan teriak2 panggil ibu. Setelah kejangnya berhenti, dia langsung tidur. Dan kami langsung ngebut ke RS. Di RS suhunya tetep 38,5 walau udah dikasi Dumin lewat pantat dan badannya diseka. Huhuhu.. Sediihh luar biasa. I was so drained,really.

Suhunya naik turun terus dari jumat malem sampe minggu. Ditambah ubun2 Asha menonjol. Googling2 dengan kata kunci demam naik turun dan ubun2 menonjol, jeeeng jeeeennggg yg keluar adalah meningitis, bla bla bla. Huaa.. Sedih luar biasa. Tapi saya yakin Asha cuma kejang demam biasa. Krn ga ada indikasi ke arah meningitis kecuali ubun2 menonjol itu. Ditengah kesedihan yg melanda, dokter menyarankan CT scan untuk meyakinkan diagnosa. Alhamdulillah ternyata nothing's wrong in her head. Fyuuhh.. But i feel so guilty membiarkan bayi sekecil itu di CT scan. Huhu..pdhl harusnya ga usah kann. I feel so terrible that we made that decission for Asha. Pdhl ternyata demamnya Asha itu krn dia kena DBD. Huhuhuhu..

Lalu iseng2 saya buka TUM dan ternyata ada thread tentang kejang demam ini. Saya sedikit lega karena merasa ada teman berbagi, bahkan beberapa kasus lebih "menyeramkan" drpd yg saya alami.
Skrg saya akan mengikuti saran mama semua disini untuk selalu siap bawa termometer, tempra/sanmol, dan stesolid kemanapun berada. Dan berdoa semoga cukup satu kali saja Asha mengalami kejang demam. Amiiiinnnn..

Asha Lavenda My Lavender Love

78

Re: Kejang Demam

Dan akhirnya saya khatam membaca thread ini... aga nyesel kenapa ga dibaca dari dulu dulu...karena naura baru aja kena kejang demam tanggal 21 agustus kemarin, ga lama sich kejangnya dan ga berulang selama 1x 24 jam. Tapi karena panik dan baru pertama kali kejang langsung ngacir ke RS terdekat.Walaupun sampe RS naura udah sadar penuh tapi saya masih panik dan iya iya aja pas jarum infus di pasang, di kasih antibiotik padahal hasil lab belum ada.Naura jg harus di opname selama 4hari, dengan alasan menyelesaikan antibiotik yang harus di suntikan? padahal anaknya udah gpp tuch, hasil lab nya leukositnya tinggi itu aja tanpa penjelasan lain dari dokternya.
Setuju banget sama mba imelda kalo udah sreg sama DSA ga usah ganti2, karena pas Naura kejang pas lagi mudik dan hanya ada 1 DSA yang ada,membuat saya ga punya pilihan lain dan dokternya benar2 ga kooperatif, ga bisa diajak konsultasi,saya tanya diagnosa anak saya kenapa dok? jawabannya cuma bilang kejang dan ga boleh terulang lagi tanpa memberikan penjelasan untuk pencegahan dan yang lainnya...
Thanks for sharing para mama..nambah lagi ilmu buat saya untuk merawat naura..*big hugs*

79

Re: Kejang Demam

Setahu saya Kejang demam terjadi 50% karena faktor keturunan, saya pas kecil kejang demam

kemarin si kembar saya salah satu kejang demam pas dihari Ulang tahun saya, hiks rasanya jantung mau copot melihat anak saya kejang, mata melihat atasm bibir sudah membiru, untung kejang sebentar saja, karena ibu saya sudah tahu harus diapakan, tapi saya tetap bawa ke UGD sempet ngamar 8 hari karena gak ketahuan kenapa panasnya dan udah batuk 5 bulan pas itu, sempet divonis punya kelainan darah segala, tp akirnya alhamdulillah tidak

Menurut saya kalo ortu punya kejang demam, sebaiknya sudah ikut pelatihan atau cari pengetahuan mengatasi kejang demam

karena saya merasa telat sekali belajar tentang kejang demam, dan saya menyesalinya. Sekarang saya tinggal menjaga anak saya tidak mengalami kejang susulan, karena kejang selanjutnya bisa lebih lama dan bahaya menurut beberapa info yang saya baca,

Amazing Twinos and baby Girl

80

Re: Kejang Demam

nule : duh pake acara ubun2 menonjol ya? Ngeri euy bacanya. Untung gak kenapa-kenapa ya

mbokne naure: ya Allah kasihannya Naura...diopname tanpa sebab yg jelas. Kita sbg ortu emang kudu banyak2 belajar ilmu kesehatan mbak, karena dokter pertama untuk anak kita ya siapa lagi kalau bukan kita/ortunya sendiri. Mudah2an antibiotik yg masuk ke Naura gak ada efek samping di kemudian hari ya smile

bundazamzelova : wah baru tau kalo faktor keturunan. Soalnya gw dan suami sama2 gak ada keturunan kejang dari kecil. Thx for the info ya, mba

Ibunya PUTRAMA ALUN TULODHO dan PUTRIKU LINTANG LELAKU.
Gemar musik rock namun tak pernah nonton konser live

81

Re: Kejang Demam

Baca topik ini bikin merinding...
Ngeri banget ya kalo anak kita tiba2 kejang demam. Jadi inget, dulu ponakanku pas umur 3 tahun jg pernah KD. Awalnya demam tinggi sampai diatas 39 dercel. Waktu itu sih gak ada treat khusus, karena anaknya masih aktif, masih naik sepeda roda tiga juga. Trus abis mainan dia minta tiduran, e gak lama kemudian dia KD. Panik dan takut banget. Langsung dibawa ke rumah sakit diiringi isak tangis kakak (mamanya), saya dan ibu saya. Setelah didiagnosis ternyata  kena ISPA.

Pelajaran yg mau aku share, kalo anak demam tinggi diatas 39 dercel cek kaki dan tangannya, kalo dingin banget harus waspada kemungkinan KD. Karena kata dokter KD bisa disebabkan karena perbedaan suhu yang signifikan pada bagian tubuh. Kompres pake air hangat, baik pada bagian tubuh yang demam tinggi maupun yang dingin banget.

82

Re: Kejang Demam

neni_arka : mungkin link ini bisa menambah pelajaran kita bersama (gw juga baru tau abis baca artikel ini kalo ada peran serta lepasnya muatan listrik yg mengakibatkan kejang demam)

http://www.blogdokter.net/2007/03/28/ke … -konvulsi/

Ibunya PUTRAMA ALUN TULODHO dan PUTRIKU LINTANG LELAKU.
Gemar musik rock namun tak pernah nonton konser live

83

Re: Kejang Demam

wah mom imelda, thanks banget linknya menarik

tapi bacanya jadi inget Zello pas kejang demam, rasanya nggak ilang2 bayangan kejadian itu dikepala saya. semoga gak terulang lagi. Amiinn

Amazing Twinos and baby Girl

84

Re: Kejang Demam

Ngeri mom baca threadnya, amit2 deh.... Kebetulan anakku 14 bln lg sering banget demam. Mau numbuh gigi demam, mau tambah pinter demam, mudah2an sih gak terjadi apa2. Panik deh klo anak dah mulai demam, bentar2 tes suhu badan. Oh iya mom mau tanya, kenapa sih klo anak yg pernah kejang jangan sampe kena kejang lagi? Efeknya apa?

85

Re: Kejang Demam

Faeyza Mae : ngeri kan mom kalo ngeliat anak kejang? 5 detik kejang bisa menjadi hal terlama dan menakutkan dalam hidup kita (sorry kalo agak lebay bahasanya, but that's the fact hehe). Ya makanya kalo bisa jangan kejang2 lagi. Ini ada kutipan dari sebuah blog mengenai kejang demam :

Kejang demam yang berlangsung singkat pada umumnya tidak berbahaya dan tidak menimbulkan gejala sisa. Tetapi pada kejang yang berlangsung lama (lebih dari 15 menit) biasanya disertai apneu, meningkatnya kebutuhan oksigen dan energi untuk kontraksi otot skelet yang akhirnya terjadi hipoksemia, hiperkapnia, asidosis laktat disebabkan oleh metabolisme anaerob, hipotensi disertai denyut jantung yang tidak teratur dan suhu tubuh makin meningkat karena aktifitas otot dan menyebabkan metabolisme otak meningkat. Hal ini akan menyebabkan kerusakan neuron otak selama berlangsungnya kejang lama.

Nah, pastinya gak mau kan anak kita kejang berulang? smile

Ibunya PUTRAMA ALUN TULODHO dan PUTRIKU LINTANG LELAKU.
Gemar musik rock namun tak pernah nonton konser live

86

Re: Kejang Demam

wah berguna sekali ikut forum ini, dari soal sekolah sampai kesehatan. Halo mamas, aku newbie disini, mau sharing juga, anakku kensi, laki2, tepat 2 thn bulan ini, udah pernah 2 kali kejang demam. yang pertama pas dia  1,2 thn yang kedua sekitar 2 bulan lalu. Pertama kali dia kejang demam, aduh, sampai lemes, gemeteran, apalagi kensi sudah kami tunggu kehadirannya setelah 7 thn pernikahan. Abahnya sampai teriak2. Untung ibu mertua sigap dan segera kami bawa ke rs haji. Setelah dirawat 3 hari, dokter cuma pesan kalau dia sudah panas harus cepat diberi obat penurun panas yang masuknya, maaf, lewat anus. Kami juga dibekali stesolit. Pas kejang demam yang ke 2kemarin, aku lebih tenang. Jadi stesolit pun bisa aku masukin sendiri dng bantuan si mbak di rumah. Pas periksa ke dokter, tidak ada hal2 yg perlu diperhatikan khusus, Tapi, dari penjelasn dokternya, aku jadi lebih tenang, krn menurut beliau, kejang demam ini bisa karena faktor turunan,soalnya setelah di cek ke ibu mertua, Abahnya Kensi, waktu balita sering kejang demam, akupun kata ibu juga pernah alami kejang demam. Jadi sekarang kalau bawa kensi jalan, obat penurun panas, stesolit dan thermometer selalu jadi bekel wajib.

87

Re: Kejang Demam

Sarah Amanda :mba mau ngingetin aja: obat stesolidnya jangan dipakai sebelum dia kejang ya. Kalo baru hanya panas tinggi dan rewel, bisa pake penurun panas (parasetamol atau ibuprofen, oral bukan via dubur), jangan stesolid ya. Stesolid hanya boleh dipake pas anak kejang, bukan sebelum kejang.
Maaf jika tidak berkenan smile

Ibunya PUTRAMA ALUN TULODHO dan PUTRIKU LINTANG LELAKU.
Gemar musik rock namun tak pernah nonton konser live

88

Re: Kejang Demam

imelda wrote:

Sarah Amanda :mba mau ngingetin aja: obat stesolidnya jangan dipakai sebelum dia kejang ya. Kalo baru hanya panas tinggi dan rewel, bisa pake penurun panas (parasetamol atau ibuprofen, oral bukan via dubur), jangan stesolid ya. Stesolid hanya boleh dipake pas anak kejang, bukan sebelum kejang.
Maaf jika tidak berkenan smile

akhirnya gabung juga ke thread ini.
bbrp hari lalu, anak keduaku (15 bulan) kena kejang demam juga, dan saat terjadinya adalah berapa menit ketika aku baru saja pergi. nyesek banget rasanya di dada. untung kejang demamnya masih kurang dari 5 menit dan orang2 di rumah sdh berpengalaman menangani anak yg kejang demam. hari itu adalah hari kedua dia demam. aku tega-tegain ninggalin dia sebentar karena sebelum pergi sempat kuukur demamnya belum mencapai 38 degC dan aku sdh menyiapkan obat penurun panasnya untuk diminumkan ke dia pada bibi di rumah sesaat setelah dia makan siang.

aku tebak penyebab kejang demamnya karena panas tubuhnya yg naik dg cepat.
setelah aku tahu dia baru saja kejang demam, lamgsung kubawa ke UGD rumah sakit tempat kami biasa berobat.

disana aku lalu dibekali stesolid sirup (via oral) dan stesolid yg dimasukkan via anus. kalau stesolid yg sirup, diminumkan 3x sehari ketika anak demam pada anak yg mempunyai riwayat kejang demam untuk mencegah terulangnya kejang demam. kalau stesolid yg via dubur mmg baru diberikan ketika anak sdg dan sudah kejang, demikian sih informasi yg kudapat dari dokter.

Last edited by indriani budi utami (2013-01-01 01:52:40)

89

Re: Kejang Demam

aku dulunya termasuk baby yang sering kejang demam. menurut orang tua ku kejang demam itu bisa terjadi karena faktor keturunan. dulunya yang pernah kejang demam itu papaku.

gara2 info itu sekarang kalau anak udah demam aku jadinya parno, takut anakku kejang demam. walaupun udah dibekali ilmu sama ortu dan mempersiapkan obat-obat2an di rumah, tetep aja was-was.

tapi setelah kuperhatikan terjadinya kejang demam itu tergantung daya tahan tubuh anaknya sendiri. anakku pernah demam sampai 41 derajat, tapi alhamdulillah tidak sampai kejang demam, sedangkan dulunya aku demam 39 derajat aja udah kejang demam..

90

Re: Kejang Demam

Hi mom salam kenal

rada tenang akhirnya nemu forum dengan masalah yang sama,
jumat 08 feb kemarin anak saya KD, seakan jantung saya mau copot dan tidak bisa bernapas, KD terjadi pas sedang di poliklinik nunggu DSA

dan selalu berharap KD tidak pernah berulang lagi smile
anak saya sekarang berumur 3thn 3bulan

91

Re: Kejang Demam

Huhu..group huggs buat para mommies disini *huuggss* semoga selalu tabah dn kuat merawat anak2 tercinta dn baby selalu diberi kesehatan. Amiinn.. sya mau share lg tentang Asha yg hampiirrr KD kedua kalinya. Wktu umur 1 tahun pas hari ulang tahunnya, Asha demam dr semalem tp demamnya msh dibawah 37,5. Krn semaleman jagain Asha, pagi2nya saya ketiduran sekitar 15menit. Pas cek suhunya tau2 udh 38,2. Cepet bgt dr dibawah 37,5 ke 38,2 dlm wktu 15 menitan. Mana lg sendirian di rumah, sya lgsg panik ambil tempra. Begitu saya minumin tempra, Ashanya lgsg muntah. Tambaaahh paniikk. Lgsg saya inget gendong metode kangguru buat nurunin suhu tubuh Asha. Baju Asha saya buka dan saya tempel ke dada saya sambil di gendong. Dlm gendongan saya, Asha nangis melulu. Tiba2 di sela2 tangisnya, ihiks, dia mulai mengejan. Mulutnya mulai terkatup, tangannya mengepal, matanya melotot. Walau hanya 2-3 detik, tp itu terulang sampe 2-3 kali. Saya ga tau itu udh termasuk KD atau blm. Habis itu Asha lgsg berhenti nangis dn diem dlm gendongan saya. Kaya yg kecapean. Ga lama saya bawa Asha ke UGD, dan Asha dikasi dumin suppo. Panasnya turun hari itu jg. Makanya saya selalu trauma tiap2 Asha anget badannya. Huhu..

Oya mommy imelda, klo saran DSA krn Asha ada riwayat KD, jd kalo demam disertain jg dgn stesolid syrup utk mencegah KD. Kalo yg stesolid suppo memang hanya diberikan bila sedang/setelah KD. Bener ga ya? Dan btw thx buat link nya. Sgt bermanfaat.

Asha Lavenda My Lavender Love

92

Re: Kejang Demam

Imelda mam, berdasarkan penelitian stesolid (diazepam) oral memang dianjurkan untuk profilaksis (pencegahan) KD pada anak yg demam dgn riwayat KD. Dan pada penelitian yg sama, pemberian paracetamol atau ibuprofen oral saja tidak memberikan efek pencegahan terjadinya kejang. Jadi memang harus pake stesolid oral untuk pencegahan kejang. CMIIW

93

Re: Kejang Demam

hi moms semua...seneng baca topic ini ada mamas yg senasib punya anak dg riwayat KD
Aisha anak pertama saya juga punya riwayat KD, yg pertama bulan April 2012 dan yg kedua Januari 2013 lalu
dan tiap kali inget kejadian kejangnya selalu bikin sedih n peluk2 dia, apalagi kalau demam sedikit aja udah deg deg an aja bawaannya...doa ga putus2 supaya ga kejang lagi
dari riwayat keluarga emang mama dan tanteku juga KD waktu kecil, tp justru krn itu membuat kemungkinan keturunan kami beresiko KD lebih besar, jd makin deg deg an deh
terakhir KD pas Januari 2013 kemaren Aisha udah kejang pas 38.3 suhunya.. jd tiap demam lebih dr 38C saya dan suami udah was was, apalagi kalau udah kompres n parasetamol ga nurunin demamnya
Nah, pas dr dokter anak sebelumnya kan Aisha memang dibekali dg stesolid oral utk mencegah kejangnya yg diminumin kl suhunya lebih dr 38 n ga turun2 (krn riwayat kejang sebeumnya yg udah kejang pd 38,3) dan stesolid rektal memang hanya diberikan kalau udah terjadi kejang
Krn kami pindah rumah trus DSA Aisha juga ganti (biar deket rumah) saat konsul periksa Aisha yg panas minggu kmrn kami jelain deh treatment demamnya Aisha spt itu supaya ga tjd KD lagi, DSA nya bilang "Stesolid itu untuk mengobati demam Bu bukan utk mencegah" trus sama dokternya dikasih deh obat demam yg puyer racikan versi dia....tapi eh tapi di puyernya berisi parasetamol dan diazepam! hahaha sama aja dooonggg....
hehehe ceritanya kepanjangan yaa...intinya IMO untuk anak2 dg riwayat KD kaya'nya memang perlu sedia obat panas (parasetamol/iburofen yg oral maupun rektal) juga stesolid oral utk mencegah demamnya dan stesolid rektal yg diberikan bila sudah terjadi demam yaa
KD ini memang traumatik banet buat orang tua, meski anaknya setelah KD ga terjadi apa2 tapi buat kita ortunya kalau kebayang2 kejadiannya ngeriiiiii bgt

94

Re: Kejang Demam

dear urban mamas papas, kemarin sore sepupuku umur 29 hari meninggal setelah dirawat dirumah sakit selama 6 hari. diagnosa terakhir dokter terkena meningitis. gejala awalnya demam lalu dibawa ke bidan dikasih obat dan tidak ada perubahan lalu dibawa ke rumah sakit. di rumah sakit berkali2 kejang, kata ortunya kejangnya hanya separoh badan aku tidak tahu pastinya, apa mungkin kejang bayi sebelum umur 1 bulan seperti itu.  sempat muntah darah, keluar darah dari telinga dan sebelum meninggal juga pipisnya ada darahnya. saya sampai sekarang masih penasaran sebenarnya sprti apa meningitis itu? sy post di thread ini krn gejala awalnya adalah kejang. share ya moms

Be Best for My Kid