1

Topic: Menyusui Bayi Kembar

Hi, setelah jd silent reader akhirnya join jg..moms share donk adakah yg punya pengalaman merawat bayi kembar, terutama soal menyusuinya. Saya punya baby kembar dg berat lahir 2.3 kg an. Nah waktu awal2 menyusu mrk blm pinter n kebetulan 1 pd aku inverted nipple, akhirnya aku pompa asi nya, kasi ke mrk. Awal2 kasi pake cup feeder tp susah dan tumpah2, asi nya jg blm cukup untuk berdua jadi sayanv akhirnya beralih ke dot medela c*lm* yg ktnya mekanisme nya mirip menghisap pd. Sampe skrg ms pompa dan kasi pake dot, ditambah 1-2 kali sufor krn ms kurang asi nya. Pengennya sih ntar bs bf langsung, tp skrg2 kalau dilatih nyusu lgs suka ga bertahan lama, akhirnya nangis2 dan kembali terpaksa aku kasi asip lg.. ada yg punya pengalaman yg mirip kah? Sebaiknya gmn ya, apa memang lbh baik fokus e-ping atau tetep paksa twins belajar nyusu lgs berdua ya? Tp asi aku jg ms blm berlimpah, klo pompa bisa 30-45 mnt skali pompa (cukup lama pdhl dan pake yg double pumping)

Blessed mommy...

2

Topic: Menyusui Bayi Kembar

elions - titlenya aku ganti jadi "Menyusui Bayi Kembar" ya, biar ga rancu ama thread "Mengasuh Si Kembar".

berhubung aku ga punya bayi kembar, jadi ga bisa ngasih masukan ke sini. tunggu member lain ya punya bayi kembar yaaa!

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

3

Topic: Menyusui Bayi Kembar

Oke thalia, thk u... baru tau ada thread mengasuh si kembar, soalnya baru buka2 yg baby... iya menunggu sharing dari yg sdh punya anak kembar duluan... :)

Blessed mommy...

4

Topic: Menyusui Bayi Kembar

hai elions,
senengnya punya bayi kembar.. berkah yang luar biasa yaa..
sedikit berbagi tentang menyusui bayi kembar ya..
Untuk inverted nipple threadnya bisa dibaca disini. dari thread itu sebagian besar bisa disimpulkan kalau inverted nipple bisa menyusui langsung kok. Seperti apa treatment dan latihannya, silahkan dibaca langsung yaa..
Untuk menyusui si kembar, karena saya tidak punya pengalaman inverted nipple, jadi bagi saya lebih efektif dengan tandem nursing. Posisi tandem nursing untuk infant yang nyaman ya posisi "pegang bola"
kurang lebih posisinya seperti ini
http://www.twinparenthood.com/wordpress/wp-content/uploads/2010/06/Ez-2-Nurse_pillow_twins-300x296.jpg
Kalau sudah makin besar, makin flexible. Posisi bisa sesuai dengan kenyamanan mereka.
Kenapa tandem nursing? Karena lebih efektif di waktu. Saya mengalami masa dimana saya belum bisa tandem nursing, repot dan capeknya luarrr biasa. 1 Hari maximal saya hanya tidur 2 jam.
Mungkin untuk yang inverted nipple, perjuangan lebih banyak lagi kali yaa.. kalau Pede 1 blum bisa dibuat menyusu, sementara 1 disusuin langsung, 1 bisa pakai alat bantu menyusui yang lain.
Saat menyusu bersamaan juga efektif pada proses pencernaannya. Hampir bisa dipastikan bila yang 1 pipis, tak lama 1 nya juga akan ikut pipis. Saat bayi 1 poo maka tak lama 1 juga ikut poo. Selesai menyusu mereka akan terlelap, si ibu bisa ikut istirahat :D
untuk tips dan menyusui si kembar juga ada di artikel: menyusui si kembar sampai 2 tahun
semoga artikel itu bisa memotivasi yaa..
awal pumping sedikit? wajar kok.. saya awal pumping malah cuma dapat 10ml. Sesuai kebutuhan bayi kaan.. jadi tidak perlu berkecil hati. Silahkan berkunjung ke thread exclusively pumping untuk konsultasi dan memacu motivasi.
untuk catch up berat badan bayi mungil bisa dilihat di thread BBLR

Tidak semua ibu dianugerahi bayi kembar. Ketika Tuhan mempercayakan anugerah yang luar biasa itu ke mama, Tuhan tahu kalau mama memang "Special".
Jadi, yuk semangat memberikan yang terbaik untuk si kembar... :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

5

Topic: Menyusui Bayi Kembar

Kira kara, iya memang saya baca2 paling efektif tandem nursing, cm ya itu dr awal mereka blm bisa berdua, satu2 jg antri dah nangis2, akhirnya wkt itu diputusin sementara pompa dan pake dot. skrn sebetulnya yg inverted nipple udah mancung krn sering dipomoa, tp kok si twins masi susah ya, suka lepas trs nangis2, n kadang malah ga mau samsek, hiks... padahal dah dicoba nyusu pas dlm kondisi ga terlalu laper..
Kalau dulu kira kara pas kepalanya blm kuat, tandem nursingnya dipegangin kepalanya ya mom? Kalau yg satu lepas, satu lg keganggu ga pas mom ngepasin lagi puting ke mulut baby yg lepas? Saya suka gitu, satu lepas, saya pas in lg, yg satu mungkin keganggu krn gerak2 n akhirnya nangis jg dan selesai sudah proses tandem nursinghya krn pd nangis2 :(

Blessed mommy...

6

Topic: Menyusui Bayi Kembar

elions,
ketika belum terbiasa, memang saya pegangin. Tapi kok lama-lama capek juga yaa.. tapi akhirnya saya ganjel pake bantal kecil-kecil, bisa kok dilepas tangannya. Coba deh cari posisi pewe. Waktu awal mau nyusuin, minta bantuan buat ngepasin posisinya. Kalau sendiri, bayi yang lain bisa terganggu memang. Kalau memang terpaksa harus sendiri, mama musti tenang, sambil cerita-cerita atau bilang apa yang mau mama lakukan ke bayi-bayinya.
misal: "tunggu ya nak, mama mau bantu si A untuk ikut mimik susu juga.. sabar yaa.. nanti kalo sudah pas, kita bisa sama-sama nyaman kok."

Butuh ketegaran ekstra memang. Dan saya juga pernah berada di posisi amat sangat panik, dimana gak ada yang bantuin buat tandem nursing, sementara 2 anak sudah nangis kejer minta minum, dan saya gak bisa apa2 selain ikutan nangis. Been there before. Tapi selama terus berusaha untuk tenang maka one day kita bisa mencapai yang terbaik dan posisi pewe kok :)

Oh iya, tantangannya lagi, ketika sudah nyaman, mereka nyusu dengan kenyang dan terlelap.. Nah saat itu juga musti ada yang bantuin mindahin si kembar dari pangkuan ke tempat tidur, tanpa terbangun. Itu juga tantangan lagi kalau tidak ada yang bantuin. Dan saya juga pernah berada diposisi itu :D hehe.. Tapi bisa kok. Sampai saking gemesnya, saya foto si kembar nyenyak tertidur dipangkuan saya pasca tandem nursing. Karena saya tahu, suatu hari saya pasti merindukan masa-masa itu.. :)
intinya, memang mamanya musti tenang dulu. Hold your head. Karena kalo tenang, ngadepin 2 bayi nangis atau nantinya 2 balita tantrums juga bisa terarah.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

7

Topic: Menyusui Bayi Kembar

Mom kira kara
Mau dong di pm beli bantal menyusui yg kayak diatas dimana.thx b4

8

Topic: Menyusui Bayi Kembar

miss_lia ,
aduh maap sekali, saya lupa belinya dimana. sudah hampir 3 tahun yang lalu, dan HP saya sudah berkali2 kena error, jadi entah sudah berapa kali daftar kontak telp saya hilang. Yang jelas di online shop. Karena saya pake bantal menyusui yang bentuk donat itu. Bisa di searching di google deh, banyak kok online shop yang menjual bantal menyusui. Kalo kepalanya kurang tinggi, bisa diganjel pake bantal kecil.
Maap yaa kalo kurang membantu.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

9

Topic: Menyusui Bayi Kembar

Kira kara
Ohh pake bantal donat itu jg bisa yah...ntar dicobain deh. Thx

10

Topic: Menyusui Bayi Kembar

Salam kenal mamas. Sy jg sedang menyusui bayi kembar. (3 month). Memang bener tandem nursing bagi sy lbh efektif,bs istirahat juga. Dulu awal2 sblm ketemu posisi yg nyaman bg sy menyusui iru kegt yg melelahkan,alhamdulillah skrg mulai menikmati.

Btw,tyt sy ga sendiri ya. Sama kyk yg mam ka-ki kalo mau nyusuin tandem itu sangat2 perlu bantuan orla tmasuk stelah nyusuinnya. Dn sy jg pernah berada diposisi gaada yg bantuin.sedaaaap rasanya :D .. Alhamdulillah skarang udah bs sendiri.

Asi sy jg ga melimpah banjir,jg ga rembes. Tp pede dan yakin aja cukup krn tanda asi cukup alhamdulillah dipenuhi kamal-kamil. Namun konsekuensinya kerjaan sy ya nyusuin aja, makanya perlu posisi dan tempat yg nyaman. Sy menyusui didepan tipi sambil nonton, dan nyender..kadang sambil ngemil juga :D

Oya buat mams yg mau link bantal menyusui, sy ada. Bs pm(bukan dagangan sy lho ya)

Trus satu lg pengen nanya, mamas disini pernah dbhas ttg stroller untuk sikembar ga? Sy boleh tlg dilink kan? Soalnya baru jg disini.ketemu sih thread stroller tp bAnyak amat dan ga tau mana yg untuk kembar., sebelumnya makasiih ya mamas ;)

11

Topic: Menyusui Bayi Kembar

bunda lathif

Aku kirim PM yaaaa minta link bantal menyusui, plus mau share info ttg stroller kembar hasil browsing (walau akhirnya gak jadi beli sendri krn Alhamdulillah ada yg ngasih kado :D)

Afrakids - Kaos Anak Muslim - Info/order/reseller: PIN BB 528a362e; WA/SMS 08122377195 - https://www.facebook.com/AfrakidsBajuKaosAnakMuslim

12

Topic: Menyusui Bayi Kembar

bunda lathif
*toss* dunk kita. Solusi paling tepat untuk busui bayi kembar memang tandem nursing. Dan iya, saya sama seperti bunda lathif, ASI saya juga tidak melimpah, tidak rembes, namun selalu cukup untuk si kembar.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

13

Topic: Menyusui Bayi Kembar

senangnya ketemu thread ini.. mudah2an byk lagi mamas yg mau sharing menyusui twin. aku jg udah mulai2 persiapan maksimal spy bisa ngasih si twin asi, dulu waktu si kakak masih lancar2 aja, Alhamdulillah bisa asix dan nyusu sampe 2th, semoga adik2nya jg bisa.
@kira kara: kira kara dulu dpt asix mom? nyusu sampai usia brp?

14

Topic: Menyusui Bayi Kembar

yuri37,
too bad, saya gak berhasil ASIX, hanya sampai 5 bulan. Setelah itu dicampur dengan sufor. Tapi nih ada mama TUM yang hebat menyusi kembarnya. baca artikel menyusi si kembar sampai 2 tahun. Semoga bisa jadi inspirasi.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

15

Topic: Menyusui Bayi Kembar

bantal menyusui kembar benar2 benda pamungkas buat ngasih asi ke si kembar, pake posisi football. kalo nyusuin satu2 subhanallah capeknya. kalau malam di selang seling sama asip pake botol, Alhamdulillah kembar sy saffa dan janna ga bingung puting

16

Topic: Menyusui Bayi Kembar

*toss*
iyaaa... setujuuu... untuk menyusui bayi kembar, bantal menyusui termasuk "must have item" bener deeh.. Karena bantal ini membantu ibu menyusui bersamaan.
Aku juga suka posisi football. Posisi paling Pewe buat newborn kembar. Semoga sukses ASIX ya yuri37 buat saffa dan janna...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

17

Topic: Menyusui Bayi Kembar

bantal donat ud siap berkat testimoni, mom semua .. hihihi.

mbak @yuri37, pakai botol apa yang bikin ga bingput? kayaknya aku berniat pakai botol aja utk ASIP di kala malam. Supaya salah satu ganti2an bisa disusuin ayahnya :) Selain utk bonding sama ayahnya, jg membantu ibunya, hihihi. Dan biar ada momen sendiri2 jg nenennya sm orang tua.

18

Topic: Menyusui Bayi Kembar

alahmdulillah tama dan satya perkembangannya baik, skrg lg seneng diajak ngobrol. kalo lg pengen ngobrol trus ga di tanggapin malah nangis jadinya. Sebenarnya mau sharing tentang asix buat sikembar. karena asiku ga banyak jadinya sikembar diberikan tamabahan sufor saat bru berumur 5 hari, hiks :'( , itu karena setelah lahiran dan keluar dari RS 2 hari kemudian masuk lagi karena kuning dan kondisi saat itu asi aku belum banyak sedangkan mereka butuh banyak minum saat di inkubator, terpaksa aku relakan dikasih sufor walaupun asi tetap aku pompa berapapun hasilnya (rata2 cuma dapat 20ml setiap kali pompa), 2 hari di inkubator keluar dari RS aku tetap tdk bisa ngasih ASIX karena masih belum banyak asinya, tambah lagi tidak ada dukungan dari keluarga untuk ngasi ASIX, selalu dibilang "kalau kamu maksa kasi asi yang cuma dikit entar mereka kena kuning lg krn kekurangan cairan" kelihatan juga sikembar ga merasa kenyang karena tiap habis disusuin tidurnya ga lama 5-15 mnt bangun lagi trus nangis. akhirnya dengan terpaksa sufornya dilanjutin lagi, setelah itu baru mereka tidurnya nyenyak. semua itu berlangsung sampai skrg (3m 20d). Produksi asi akupun tetap tidak dapat memenuhi kebutuhan mereka walaupun semua teori mengenai memperbanyak asi sdh aku lakukan tetap saja asi aku tidak cukup untuk mereka, tiap kali dipompa (saat aku dikantor adalah waktu untuk mompa, jam 11 dan jam 4 sore) hasilnya 50-80ml. sedangkan mereka sekali minum bisa 90-110 ml. tapi aku tetap usahakan untuk mompa seberapun hasil asi yang aku dapat.saat aku berangkat kantor mereka aku susuin, jam istirahat aku plg utk susin dan ngasih asip untuk sore nanti asip yg sore aku pompa untuk diberikan besok siang saat aku dikantor. saat aku dikantor mereka diberikan sufor bila asipnya habis jd sebisa mungkin saat aku di rumah mereka menyusu lgsg ke aku, walhasil saat malam kurang sekali tidurnya kerena mereka ga ngerasa kenyang saat disusuin. sedih jadinya ga bisa buat mereka tidur nyenyak dengan asi dari aku :( . gimana ya solusinya biar asi aku cukup untuk mereka? padahal aku sangat ingin memeberi mereka asix, apalagi mereka lahir dengan berat badan yang kurang ( tama 1,8 kg, satya 2.2 kg)

19

Topic: Menyusui Bayi Kembar

hai mamatamasatya
*dadah-dadah* Kita ketemu disini.

Sebenarnya saya pun juga gagal ASIX ke kira dan kara karena persiapan yang sangat minim. Sama seperti mamatamasatya, sebisa mungkin juga saya kasih ASI semaksimal mungkin. Saya pun juga rajin mengkonsumsi makanan yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI, seperti daun katuk, jinten hitam, kacang mede, dll. Dikantor saya selalu menyempatkan untuk memerah ASI berapapun hasilnya. Dan sampai rumah saya susui sendiri. ASIP yang gak cukup ketika dikantor dicampur dengan sufor. Katanya produksi ASI itu based on demand. Semakin sering disusukan, semakin meningkat produksinya. Dari situ konsumsi ASI vs Sufornya, saya usahakan selalu lebih banyak konsumsi ASInya. Hasilnya dalam sebulan membeli sufor untuk Kira dan Kara tidak lebih dari 2 kaleng. Setiap melakukan jadwal kontrol sebisa mungkin saya sempatkan untuk mampir ke klinik laktasi, entah sekedar bercerita, bertanya, atau meminta support semangat saja. Prinsip saya lakukan yang terbaik, semaksimal mungkin, sejauh batas kemampuan kita. Insyaallah Anak-anak pun akan merasakan hasil dari perjuangan kita.

Ini ada artikel tentang menyusui si kember dari Expert TUM mungkin bisa membantu:
Menyusui Twins/Triplets (1) dan menyusui twins/triplets (2).

Mungkin buat orang lain stempel kita gagal ASIX, tapi buat keluarga saya, saya berhasil melakukan yang terbaik. Alhamdulillah Kira dan Kara pun tumbuh sehat.
Semoga mamatamasatya juga terus semangat dalam melakukan yang terbaik yaaa.. Dan Tama-Satya bisa terus tumbuh sehat :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

20

Topic: Menyusui Bayi Kembar

kira kara
makasih utk info artikelnya beberapa tips yg blm dicoba akan aku coba.
wah kira kara ga lebih dri 2 kaleng y sufornya, itu yg sekalengnya brp gr? kalo tama satya bisa 3 dos @700gr tiap bulan, apa karena cowok emang lebih banyak minum y?
aku sebisa mungkin saat dirumah mereka nyusus langsung tp kadang terpaksa diberikan sufor karna asinya udah kosong, suka sedih saat nyusuin tru mereka malah nangis karna udh ga ada isinya :(
o ia mau nanya admin facebook twinindonesia kenapa lama ya nerima aku jadi anggotanya? pengen cepet2 sharing dengan buda bayi kembar lainnya.
aku jga maunya mereka konsumsi a

21

Topic: Menyusui Bayi Kembar

Bunda2 saya termasuk new member di tum sekaligus masih silent rider. Saat ini saya sedang hamil anak kembar dgn usia kehamilan 29 week. Kadang saya ada perasaan was2 kalau asi saya takut gak cukup buat my twins tapi saya tetap berjuang ngasi eksklusif buat my twins. Kalaupun sampai gak cukup kira2 merek sufor apa ya yang baik dan cocok untuk baby twins maklum ini kehamilan pertama saya setelah 7 thn penantian

22

Topic: Menyusui Bayi Kembar

hai dinakartika
Selamat atas kehamilannya yaa.. akhirnya penantian selama 7 tahun berbonus kembar yaa?!
Expert the urban mama, Mbak Monik sudah pernah membahas tentang menyusui bayi kembar. Disini artikelnya:
Menyusui bayi kembar (1)
Menyusui bayi kembar (2)

Biar makin semangat ini ada testimoni dari ibu bayi kembar yang sukses memberikan ASI untuk kembarnya hingga 2 tahun: Menyusui si Kembar Sampai 2 Tahun

Semoga artikelnya bisa menjadi bekal untuk menyusui. Kalau untuk susu formula, mungkin bisa didiskusikan dengan dokter anaknya nanti. Jadi bisa dipertimbangkan juga dengan kondisi medis si bayi.

Yang penting sekarang, belajar, banyak membaca, konsultasi dengan konselor laktasi, persiapan fisik dan mental. Dan terus semangat dan optimis ya mama...

Semoga si kembar sehat terus dan lahir dengan selamat semua :) *hug*

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

23

Topic: Menyusui Bayi Kembar

Terimaksih atas infonya bunda kira kara, saya sdh baca artikelnya dan sangat membantu sekali

24

Topic: Menyusui Bayi Kembar

Wow...salut sekali dgn moms d sini yg bertekad untuk menyusui bayi kembarnya :)
Meskipun saya tak punya bayi kembar tp seperti terbayangkan rasanya. Apa yg saya alami 6 bln lalu untuk ASIX dipangkatkan dua, atau mungkin pangkat 3.