1

Topic: Travelling With 2 Kids or More

Hi moms semuanya sy lg bingung almost desperate...sy rencana mudik naik pesawat ...insyaallah kedua anak sy sy bawa...si kaka 2 tahun dan adiknya 1 tahun ...nah masalahnya abinya anak anak ga bisa mengantar kami...gimana yah bisa ga seorang membawa 2 anak ? Ada yg punya pengalaman serupa ? Atau ada yg pernah melihat keadaan seperti itu ...pls info

2

Topic: Travelling With 2 Kids or More

hai bint
thread serupa belum ketemu nih. judul threadnya aku edit sedikit ya.. nanti kalo ketemu thread serupa bisa kita merge.
Aku pernah punya pengalaman mudik hanya bersama si kembar, tapi naik kereta. Perjalanan kurang lebih sekitar 2 jam'an. Diantar si ayah ke stasiun keberangkatan, dan dijemput adik di stasiun kedatangan. Selama perjalanan saya hanya bertiga bersama kira & Kara. Di perjalanan biasanya saya sibukkan mereka dengan cerita tentang apa saja yang mereka lihat dari jendela. Membaca buku, cemilan, apapun yang membuat mereka sibuk. Agar memudahkan perjalanan, saya tidak membawa banyak barang. Hanya 1 koper atau 1 backpack. Bila waktu mudik pendek, saya memilih backpack untuk memudahkan 2 tangan saya bebas menggandeng kira & kara.
Awal mudik bertiga bersama kira & kara sempat nervous juga sih. Akhirnya lama-lama terbiasa. Hingga sekarang saya terbiasa mudik bertiga bersama kira & kara, untuk kemudian ayahnya menyusul lain hari kalau sudah dapat cuti.
Tipsnya sih, utamakan keselamatan dan kenyamanan anak. Semoga mudiknya lancar ya mama :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

3

Topic: Travelling With 2 Kids or More

Halo bint,belum lama ini gue mudik berempat aja bareng 3 anak gue (4y10m, 3y4m dan 1y3m),ngga jauh sih cuma jogja-jakarta dan naik pesawat juga.

Setuju sama Kira Kara kalau bawa anak,usahakan jangan bawa banyak tas,karena pasti kita bakal repot sama anak. Jadi kemarin itu 2 anak gue minta bawa tas dan keperluan mereka sendiri,tentu ga penuh2 biar ga berat.
Trus gue hanya pake tas LC yang merangkap diaper bag :p isinya ya baju cadangan gue dan anak2 plus dokumen2 yang dibutuhkan. Ini bisa bawa sedikit karna memang gue sudah kapok bawa baju banyak dan ga kepake,hihi.. tapi 2 hari berikutnya si ayah nyusul dan bawa 2 set baju buat anak2,buat jaga2 katanya.

Pas perjalanan kebandara sih diajak cerita2 nanti bakal ngapain aja dibandara,dan dipesawat seperti apa,trus pas dipesawat mamanya dicuekin aja dong sama 2 anak tadi,jadi mamanya fokus kasih asi ke adeknya aja :p

Jujur awalnya rada mikir bisa atau ngga ya nanti,tapi ternyata kalau kita enjoy,anak2 pasti juga hepi kok.

pasang foto ga papa ya..
http://i1293.photobucket.com/albums/b588/ndiievania/four_zps76b0a0f4.jpg?t=1398361446


Ditunggu ceritanya ya bint ;)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

4

Topic: Travelling With 2 Kids or More

treadnya menarik nih.
saya juga berencana mudik tahun ini bawa 2 anak, 2y4m dan 8m. galaunya soalny pengasuh anak ga diajak krn kendala dg ID. jd cuma sama ayahnya aja. trus yg bikin saya galau lg anak-anak sering kali rewel maunya cuma sama saya. si mas kadang ga mau ikut ayah, padahal ayah ga gitu cekatan megang baby, jd takut anak-anak rewel. terakhir kali mudik naik kereta si adek sama sekali g terpegang dan selama perjalanan sama pengasuh, si masnya super rewel apalagi kalo dah capek diperjalanan. jd selama perjalanan waktu itu naik kereta, tiap kali si adek mau menyusu, si mas mesti diungsikan dulu sama ayahnya jauh-jauh biar g liat. gimana ya moms biar si mas ga rewel? rencana nanti mau naik pesawat aja biar lebih cepet.
moms yg punya pengalaman perjalanan dg anak yg suka rewel, please share ya.

5

Topic: Travelling With 2 Kids or More

@kira-kara : alhamdulillah yah sukses mudik bertiganya


@cindy: cindyyyyyyyyyyyyyyyyyy kerennya kamuuuuuuuu..kloo jadi nnt aq bagi d sini yah,,,masi galau nih eheheehe

@anita:ayooo mba cobainn insyaallah sukses ...jgn kalah sm kira kara n cindy ...komporrrimn hehehe


makasih ya all informasinya...btw bener ga sih ada tenaga pembantu untuk d atas pesawat ?jd kt cuma bayar duit lelahnya aja...da yg pernah denger ga ?se

6

Topic: Travelling With 2 Kids or More

bint gue udah beberapa kali sih travel naik pesawat dengan 2 anak, bahkan tiap hari kemana2 bawa 2 anak, naek mobil tapiii hehhe.. beda ya?

tapi mungkin kasusnya agak sedikit beda karena anak2 gue beda umurnya mayan gede sih. si kakak udah mayan mandiri, jadi kalo gue travel berdua gitu, dia udah bisa jadi asisten yang bantuin, walopun ya tetep aja suka mesti diperhatiin juga. tapi paling gak, udah ga perlu acara digendong, dan udah bisa disuruh2.

terakhir gue travel bertigaan aja itu pas yang kecil masih 18bln, dan kakaknya 5.5thn.

berikut inputs dari gue:
BAWA BARANG SEMINIMAL MUNGKIN DI SATU TAS GENDONG - less printilan as possible
karena si kecil juga udah makan segala, jadi gue ga perlu bawa makanan/cemilan. paling ya bawa yang gampang diambil dan di makan. bawa baju ganti juga cuma satu atasan, satu celana dan cardigan buat masing2. popok 2 biji dan tissue basah. jadi di tas cuma ada itu, dompet dan paspor. pokoknya bener2 simple dan ringan, karena ada kemungkinan si kecil tidur dan mesti di gendong. kalo anak2nya masih kecil semua, mungkin bawa stroller jadi penting banget ya, karena anak saya yang gede udah ga perlu stroller, jadi kadang saya justru malas bawa stroller. si kecil juga udah bisa jalan dan emang lebih prefer jalan sendiri. jadi mayan ngurangin bawaan juga. walopun bawa stroller ke pesawat itu ga susah sama sekali. yang penting bawa umbrella stroller.

karena anak2 saya memang sudah biasa naik pesawat, pas di udara mereka justru fine2 aja. main sendiri, sibuk ngeliatin majalah atau ya buku yang emang dibawa sendiri. buat si kakak, kadang akhirnya saya kasih nonton film di ifon (yang kadang adiknya ikutan) jadi dia bisa ada kegiatan selama di pesawat. kadang ya mereka pada tidur aja pas take off, apalagi kalo emang pas jam mereka tidur.

kasih waktu yang cukup untuk check in, imigrasi dan ke gate. mendingan datang way early trus nanti main2 aja di airport, daripada telat dan mesti lari2 ke gate.

kalau bisa di tempat tujuan sudah ada yang jemput, jadi ketika ambil barang, keluar dari imigrasi sudah ada yang bantuin ngurus barang, jadi mama bisa fokus ke anak2. jangan sampe meleng pandangan dari anak2.

kira2 itu aja sih dari gue. again, kembali lagi ke ibu dan anak2nya. ibunya mesti PD dan dibawa asik aja selama perjalanan, dan kalau anak2 emang tidak gampang rewel, mestinya ga masalah. kalo rewel, cari cara bagaimana me minimalisir itu, jadi perjalanan tetap menyenangkan untuk semua.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

7

Topic: Travelling With 2 Kids or More

makasih shintaa, lengkap banget tipsnya. gw sih belum pernah pergi jauh apalagi naek pesawat yang cuma sama anak2 aja, selalu sama suami atau minimal sama keluarga lain. next time kalo cuma sama anak2 aja gw bisa aplikasiin tips2 ini..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

8

Topic: Travelling With 2 Kids or More

siiip...thank u shin infonya...padat dan jelas ...wish me luck

9

Topic: Travelling With 2 Kids or More

Hi all sy mau tanya lg nih ..insyaallah ini kan pertama kali nya si kaka duduk d kursi sendiri biasanya kan d pangku...sy khawatir si kaka histeris atau takut...ada g yg anaknya takut ? Trus gmn tips2 nya mendinginkan suasananya yah..thank bangeet

10

Topic: Travelling With 2 Kids or More

bint gue sih seminggu sebelom pergi udah bilangin ke anak2 kalau nanti dipesawat bakal duduk sendiri dan wajib pake safety belt kayak dimobil.
Untuk hiburan di dalam pesawat bisa disediain alat2 tulis/menggambar,buku cerita,mungkin nonton video dan bisa juga sambil diajak cerita sama mamanya.

Intinya dikasih pengertian aja sebelum bepergian :)
Jangan lupa sedia cemilan juga

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

11

Topic: Travelling With 2 Kids or More

bint boost confidence-nya juga dengan bilang, kan sekarang udah jadi anak gede, jadi duduknya sendiri. kalo udah gede udah hebat, gak takut, pinter.. bla bla bla.. biasanya justru pas disuruh duduk sendiri malah happy karena ngerasa udah jadi anak gede loh.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: Travelling With 2 Kids or More

Wah, thread yg berguna nih.
Insya Allah sy juga mau bawa 2 anak, Adham(5y) dan Sarah(2y) naik pesawat bertiga aja. Terus sy sendiri lg hamil besar.
Agak cemas juga, mudah-mudahan Sarah mau duduk sendiri, gak minta dipangku..