1

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Kalo Baby Apple 16mos udah banyak kosa kata nya.. Mulai dari "ayah", "bunda", "mbaa(ARTku)", "nenek", "nen", "mau" bahkan baby apple pertama bisa bicara usia 4bulan.. Pertama kali baby apple bilang namanya sendiri : apple(epel) amazing banget dan kosa kata kedua sehabis bilang apple lalu bilang "buu".. Ntu waktu usia baby apple 4bulan. Normal ga ya moms? Memang dari newborn, baby apple sering banget diajak bicara sama aku. Aku nya juga lumayan ceriwis hihihi :)

Instagram:Kemalasary
Twitter :@perfectX2n

2

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Stallion sudah 19,5 bulan dan belum bisa ngomong nih ...
Tapi kalau kita ngomong apa dan suruh apa gitu, dia ngerti.
Lebih meniru gerakan daripada ngomong, spupu2nya bikin apa, dia niruin.

Ada lah kalanya kalo dia lagi mood, kita bilang Sa.. dia jawab TU ... trus kita lanjut Du.. dia jawab WA

Kalo dadah2 aja bilang daaah
Kalo kissbye bilang muah

panggil papa / mama ya bukan dalam artian sebenarnya, kalo lagi rewel2 aja baru ngoceh mama mama mama ...

Tadinya saya plan Stallion 2 tahun mau saya bawa ke Jawa untuk cek ke klinik Tumbang ... tapi diundur sampe akhir tahun nih ...

Untuk nonton tv sih sementara hanya pada saat jam makan pagi-siang-malam @ 1 jam ... sama kadang kalo susnya lagi repot apa, diputerin babytv supaya anteng ngga kemana2 ... Saya & suami sama2 kerja.

Kalo soal sosialisasi sih, skrg tiap hari ikut jemput kakak spupunya di TK, ya main2 di situ sekitar stengah jam, dan rencana juga 2 tahun mau saya cobain masuk playgroup karena menurut saya Stallion lebih mau niruin anak sebayanya dibanding orang dewasa.

Trus saya sudah coba bbrp kali sblm tidur, saya lihatin buku gambar2 sambil saja tunjukin ini ayam, ini anjing, ini kelinci ... dia ngga ngomong itu binatang apa sih, tapi begitu saya bilang TOS sama Kelinci, ya dia tos sama kelinci, padahal sebelah kelinci ada gambar kuda.

Kalo main iphone, saya cuman kasih main flashcard bahasa indo gitu, misal A ayam ... B bola ... yg pas N nanas sih dia ngikutin ... nanaaa gitu katanya ...

Kalau seperti itu, kira2 termasuk terlambat bicara ngga sih?
Saya kadang khawatir juga tapi kadang ya berusaha membesarkan hati, mungkin belum saatnya ...

Seharusnya saat nonton tv pas makan, susnya juga ngasi tau kok yg dilihat itu apa namanya ...

Stallion's mommy

3

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

KemalaSary kayaknya ngaruh deh mom, soalnya saya & suami juga sering banget ngobrol sama nay sejak hamil masih 2 bulan dan setelah lahir juga selalu aku ajak ngomong seakan-akan dia anak kecil yang udah ngerti omongan aku, tapi ya ngaruh sih ke Nay.
nah anak tetangga ada yang 2 tahun belum lancar ngomong, mamanya mengakui bahwa anaknya terlalu sering dibiarin nonton seharian, ga didampingi, jadi kurang interaksi walaupun sudah tau banyak kosa kata tapi ga ada temen ngobrol :(

4

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Moms ada yang punya pengalaman kayak saya nggak. Anak saya (17 bulan) sih sepertinya ga terlambat bicara, karena kosakatanya sudah cukup banyak. Tapi ini rada ngganjel aja, bukan masalah besar, cuma penasaran (hehe). Dari kosakata dia yang sudah cukup banyak itu, eh dia belum panggil mama atau bapak. Sama nannynya juga belum, atau oma opanya. Yang sudah dia panggil dengan gembira adalah temen dia, si Abi, anak tetangga. Kalau sudah di depan rumah Abi, dia teriak manggil-manggil. Tapi, ga pernah manggil mama. Pernah ngomong mamamama, tapi ga spesifik, kayak asal aja. Belakangan semacam ngomong ayah tapi sebenernya kami membahasakannya bapak.
Gimana ya stimulasinya supaya dia mau panggil mama. Kalau malam masih nenen sama saya, saya selalu bilang, nenen sama mama. Juga sering saya tunjuk dirinya "Ini KunKun," terus tunjuk diri saya "Ini mama," dan itu udah dari dia umur 9 bulan mungkin. Ga ada hasil sampai sekarang. Kalau saya masuk kamar mandi dia suka nangis dan nyariin, dan menggedor gedor pintu, tapi ga ada tuh panggil panggil, kayak dia panggil Abi. (Iri sama bayi tetangga hihi, menunduk).

5

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

slain stimulus dari orangtua, anak2 juga cepet bicara kalo ada temen sebaya yang udah bisa ngomong, ato kakak/abang yang umurnya ga beda jauh sama mereka... jadi istilahnya anak2 dpt "role model" ngomong itu kyk gimana siiih dari teman sebayanya

6

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

haloo mommies semua,

Saya tuh lg super parno banget sama anak saya 17 mo yg kayaknya telat bicara. jadi sebelumnya khn di Indo tinggal sama yangti, yangkung, om dan tantenya beserta ada mbak juga yang biasa bantu2 dan sering diminta ngejagain tp sekarang pindah ke UK karena suami sekolah. Dulu tuh pinter banget 9 bulan udah suka ngoceh2 terus imitate upin ipin ngomong (betul betul betul), bisa bilang bocah, pecah, puci puci (yangti sih maksudnya), mbah. sekarang sejak disini cuman bisa bilang minum minum kalo ngeliat gelas, botol atau pas kita lg minum, sama cici kalo saya suruh buat waktu sikat gigi selain itu sih ngoceh2 ga karuan aja. mau dibawa ke speech therapist tapi galau krn khn dia pake bhs inggris. terus kmrn sempet konsul sama guru playground buat nunggu sampe diatas 18 mo sambil dilatih terus. dia tuh susah mengerti perintah sederhana semenjak disini kayak saya tanya "sepatu mana?" "mobil mana?" malah natapin mata kita gitu kayak minta clue akhirnya setelah ditunjuk baru mau ngambil. padahal dulu kalo kita bilang pusing dia langsung nunjuk kepala, bye bye juga bisa. sekarang malah mengalami kemunduran sedih banget. ada kecurigaan juga gegara suntik mmr krn disni kayak wajib gitu. disini emang saya jd jauh lebih sibuk sih sama house errand spt masak, bersih, kadang2 juga nyuci makanya komunikasi dua arah ga sebanyak di Indo selain itu dia disni kayak kesepian gitu jd kalo saya masuk dapur atau ke kamar mandi suka rewel pokoknya harus ada orang di ruangan bareng dia. sama orang2 dan teman sebaya juga fine2 aja interaksi sosial ga ada yg janggal. dulu terbiasa jd pusat perhatian sih ya...

gmn ya ini? ada yg bisa menenangkan hatiku yg bimbang ini ntak?? krn internet tuh too much information, it kills. ada yg bilang kena pddnos, autis, apa-apa disorder lah... haduuuh.. suami malah ngelarang baca2 dulu sementara drpd berspekulasi dan stress. jd sekarang konsen ngajarin anak kata2 yg gampang sambil nunggu 18 mo...

7

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Soal yang lainnya saya kurang tahu. Ada kemungkinan culture shock mom, ini juga saya nebak nebak dari baca kronologi. Tapi saya mau bantu menenangkan soal MMR. Anak saya MMR dan baik baik saja. Sudah 2 bulan MMR. Saya memutuskan MMR juga setelah tanya kiri kanan dan sedikit cemas. Tapi teman teman saya yang anaknya tidak mengalami developmental delay dalam bidang manapun, ternyata memvaksin MMR anaknya. Selain itu, kan sudah dinyatakan penelitian yg menghubung-hubungkan antara MMR dan autisme itu tidak dilakukan secara benar.
Saya yakin banyak ibu ibu lain bisa bantu menenangkan juga, Mom.
Mom tinggal di mana? Biasanya, di negara yang umum banyak mahasiswa Indonesianya, ada persatuan pelajar, mungkin bisa tanya tanya, siapa tahu ada yg sedang S2 atau doktor di bidang anak.

8

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

@evimariani makasih ya infonya rada tenang nih. sekarang nih udah mulai ngerti beberapa perintah tp susah banget diajak nagapalin objek. kayak anggota tubuh dan hal2 yg biasa dia ake setiap hari sepatu, jaket, baju, pampers... tp kalo cuci tangan, mandi, cuci mulut, gosok gigi udah ngeh.... ttp mau diperiksain ah ntar pas 18 mo.

9

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

at_iska,
tenang bu.. anakku yg #2 juga bicaranya telat. sudah kubawa ke dsa, dirujuk ke tht, psikolog, sampe therapi, sampe aku yg dimarahin thera[isnya, katanya anak gapapa kok diterapi.
ternyata emg anaknya yg tipe pendiam. yak, ada kok anak yg pendiam, dan dia lebih advance motoriknya-halus+kasar_. pas sekarang 2,5 thn udah lumayan bisa komunikasi 2 arah, walo kt2nya belom banyak banget dan cm gue+kakaknya yg ngerti :)

dg pindah ke tempat baru, teman baru, suasana baru, dia mungkin "sedih" dan ekspresinya ya jadi pendiam. hope all is well, ya, dear..

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

10

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Hi moms..waah saya tmsk newbi disini..
Heheh..
Mhn sharingnya yaa..
Anak saya 5.6bln..
Dia udh bicara sih,ud bisa komunikasi 2arah juga.tp kl menurut saya dia beda ma yg seumuranya..kl ngomong kadang ada bahasa gak jelasnya..
Oh y,dia kl specch english cpt nangkepnya tp kl pke bahasa pst ngomongnyapletat pletot deh..
Thx before n after y mom..

11

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

-edited by mod-

12

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Aditya dari umur 5 bulan sudah ngoceh beberapa kosakata (mama,papa,dada,mam). Dari dalam kandungan sering q ajak ngobrol n q bacain cerita dongeng anak". Sekarang aditya 14m kosakata sudah macem",tapi buat komunikasi 2 arah kadang suka g jelas yang diomongkan,normal g ya mom?

13

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

dheeAs
Normal sekali. Anak dibawah 2 tahun masih belum sempurna dalam menyusun kalimat. Kalau sudah 2 tahun'an biasanya baru bisa menyusun kalimat sederhana seperti "Aku pengen maen"
Kalau 14 bulan sdh banyak kosakatanya itu sudah hebat lhoo.. :)

mommycz
waaahh... seru ya anaknya sudah bisa diajak komunikasi 2 arah. Memang anak-anak umur segitu masih punya banyak kosakata "bahasa planet". Sering mereka ngomong sesuatu dan kita gak tahu apa maksudnya. Lucu sih, tapi geli juga kalo mereka frustasi karena kita gak ngerti juga. hehehe.. Aku masih inget beberapa bahasa planetnya ki-ka salah satunya "ayam tiyu". Sampe skrg gak ngerti apa itu "ayam tiyu". Dan ketika anaknya udah lancar ngomong, kita tanya, anaknya udah lupa juga apa itu "ayam tiyu". Menjadi misteri yang tak terpecahkan sampai hari ini. hehehe...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

14

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

kalau dibandingkan dengan kk-nya sih anak ke-2 ini bicaranya masih ada cadel2 dan ga jelas di usia 2.5th ini. dulu kk-nya ga ada pake acara cadel... mungkin karena pengaruh dari anatomi lidahnya yg lebih pendek kali

waktu usia 1.5th sempet sih nanya ke dsa, ada kemungkinan bakalan cadel. tapi kita usahakan untuk ngomong selalu ga pake dicadel2in.. :D

15

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

kemampuan anak memang beda-beda
saudaraku (sekarang udah kuliah) umur 2,5 tahun belum bisa ngomong, setelah besar bisa ngomong malah punya prestasi disekolahnya...

keponakanku pinter ngomong dari 1 tahun dan 2 tahun udah jelas banget, sekarang kalau ngomong kaya pidato (saking lancar dan panjangnya), umur 5,8 tahun karena belum bisa baca jadi kalau baca buka sekarangnya dia, seakan kan bisa baca

nah anakku biasa aja, umur 3 tahun udah lancar blm terlalu jelas, baru mulai jelas di umur 5 tahun seiring dia bisa baca HP emaknya, koran dan tulisan di jalan

Nah yang kecil 19 bulan, awalnya kosakatanya udah banyak, tapi koq malah mundur umur 19 bulan, lebih suka membuat bahasa tubuh dari pada bahasa mulut

dari ke-2 anakku untuk panggil nama orang di rumah memang lebih lambat daripada kosakata lain...rata-rata seperti itu ya

16

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Dibawah umur 2 tahun, biasanya anak memang belum begitu pesat perkembangan linguistiknya. Jadi dari awal, ketika semua orang ribut kenapa anakku yang sudah 12 bulan belum "bawel" aku santai saja, kibas rambut aja. Hahaha...

Yang penting waktu itu anaknya sudah bikin berbagai suara (ma,pa,da,ta). Komunikasi masih bisa dibilang satu arah, karena setiap kita bilang sesuatu, anaknya kelihatan bingung saja atau cuek sama sekali. Tapi bukan berarti dia emotionless dan nggak responsif sama apa yang kita bilang. I believe he has his own timeline. Yang penting kita selalu usaha untuk menstimulasi perkembangan oral anak.

Sekarang Leon sudah 19m, dan sudah bisa ditanya dan mengerti "mau makan?" , "taruh disana", "ambil ini", "duduk ya", "tunggu", "ayo baca" dan beberapa kata sederhana lainnya. Dia juga sudah mulai mengekspresikan apa yang dia mau meskipun pengucapannya belum sempurna.

Cuma satu hal yang aku perhatikan, setiap dia pulang menginap dari rumah neneknya (biasanya 1-2 hari), selalu ada 2-3 kata baru yang dia pelajari. Padahal kalau dirumah nggak sepesat itu perkembangannya.
Dirumah aku tinggal bertiga saja; ayahnya, mamanya, dan Leon. Meskipun aku setiap hari ada waktu untuk main sama Leon, apparenty it is not enough. Maklum semua dirumah dikerjakan sendiri, belum lagi sambil ngurus taman, plus ngurus ols, plus di umur 12-18 bulan Leon lagi aktif-aktifnya (baca: semua diacak). Tapi kalau di rumah neneknya, semua bagi tugas. Jadi selalu ada orang yang bisa menemani dia main setiap saat. Alhasil, perkembangan linguistiknya juga jauh lebih baik.
Jadi ya itu tadi, meskipun kita udah ngerasa banyak kasih waktu untuk anak, untuk yang single fighter dirumah seperti aku, mungkin ada baiknya untuk sering-sering bawa anak bersosialisasi sama orang banyak (yang notabene udah pada bawel. Hahaha)

Happy Healthy Baby and Mommy

17

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Saya dapat masukan dari kepala taman kanak-kanak di Manokwari, katanya kalau sudah umur 2 tahun tapi belum bisa ngomong, lebih baik disekolahkan (kelompok bermain / playgroup).

Stallion's mommy

18

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

kaka
Duuh, i feel you.. :D semuanya. Anakku pun dulu 12bulan blm bawel hehe!
Skrg 23bulan ya ngobrol. Anakku cwe, dan sering ktemu nenek2 tante2nya. Jadilah dia kalo ngomong ya harus ada lawan bicara. Gabisa yg ngoceh sendiri. Kalo lg berdua di apartment suka minta perhatian ngobrol sambil main bareng T_T kerjaan rumah bs dipastikan suka tertunda2 hehehe!

Full time mother. Part time anything else ;D
IG: fitrahadyaksa

19

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

adyaksa
*toss* dunk kita sama-sama punya anak cewe yang "bawel". heuheu.. Lucky Me, mereka kembar, jadi ada lawan bicaranya. Tapi ya gitu deh, kalau sudah ngobrol berdua, yang lain dianggap iklan, selingan, jadi gak diperhatiin. sesama anak cewe, aku juga ngerasa perkembangan bicaranya pesat sekali.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

20

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

kira kara
Itu sih very lucky, mereka jd ngobrol berdua ahaha! Gpp sekali2 jadi selingan :p
Oiya anakku kalo lg 'bosen' ngobrol sm ibunya, minta video call-an sm adikku. Atau sm salah 1 temenku. Lumayan terbantu aku bs ngerjain sesuatu jadinya..

Full time mother. Part time anything else ;D
IG: fitrahadyaksa

21

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

perkembangan bicara emang bikin galau ya mams, anakku 15 bulan ngomongnya masih suka suka dy belum bisa diajak ngomong 2 arah tapi kosa kata udah lumayan banyak, dipanggil namanya pun belum nyaut.

mulai umur berapa anak uda ngerti diajak komunikasi 2 arah?

22

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Ponakanku dlu (tgl serumah) sblm 2 tahun ga bs ngomong jls n 1kata-jarang pula.. tp pas masuk 2 tahun,,wiizzzz,,,langsung ga brhnti ngomong kalimat jelas n teratur. Kosakata yg dlu hny ada di memoriny smua keluarr . Mgkin yg blum 2 thn ga ush khwatir mom, kosakata mom yg sllu dy dgr blum mmpu dy smpaikan,hingga waktu itu tiba qt pun dbuat kewalahan mnjwb n dgr ocehanny!

Deevahawk | triosagittarian

23

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Mau share dikit, Alhamdulillah, Mada (19 bulan) termasuk yang cepat sekali perkembangan bicaranya. Sekarang sudah bisa diajak komunikasi 2 arah, kosakata udah banyak banget, dan udah bisa nyanyi-nyanyi, udah hafal nama teman-teman satu daycare, nama sodara2, nama kereta di Thomas & Friends (ups)

Dari pengalaman, salah satu hal yg berkontribusi besar adalah dengan biasain baca buku, sambil nunjukin ini apa itu apa, walaupun dia belum ngerti dan belum bisa konsentrasi lama, nggak boleh menyerah. Dan karena kita menghabiskan cukup banyak waktu di jalan tiap harinya, aku suka tunjukin nama benda2 di jalan. Memang nggak instan, mobil saja dulu bilangnya "da" --> "abeng" --> "obin" (butuh waktu berbulan2).

Dan satu hal lagi yg menurut aku kontribusi besar dalam perkembangan bicaranya karena sehari-hari dia di daycare. Di mana tiap hari dia diajak ngobrol terus sm caregiver-nya, lihat kakak2 ngobrol, diajak ngobrol sama kakak2, nyanyi-nyanyi, dsb.

Home is wherever I am with my children (anonymous)

24

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Ajak ngobrolnya pake hi-pitch ga mom? Soalny dr yg sy baca suara hi-pitch lebih gampang d tangkap baby,,makasi saranny mom rifni,bs jd bekal bwt ankku 10mo

Deevahawk | triosagittarian

25

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

betul bangettt...
stimulasi yang sangat oke itu diantaranya read aloud. kita bacakan buku buat anak dengan suara, dan "lebay"lah dalam read aloud. gonta ganti suara dan ekspresif. jadi anak nyimaknya juga senang.

untuk balita... daya tahan konsentrasinya sesuai umur. 1 tahun, 1 menit.
2 tahun, 2 menit. dst... 5 tahun, 5 menit. yang ngefans sama pendongeng poetri suhendro pasti tau deh. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita