1

Topic: Kista

Sebelumnya maaf ya mods, tadi cari2 sepertinya belum nemu thread ini, tapi kalau ternyata sudah ada, tolong diarahkan ya :D:

TUMers ada yang punya pengalaman dengan kista di ovarium ga ya? ada cara buat bisa nyembuhin secara total supaya ndak ada lagi setelah diangkat? Trus juga, kalo operasi mengangkat kista di Ind kisaran harganya berapa ya? Makasih sblumnya....:)

2

Topic: Kista

hai2,,aku pernah loh d vonis gitu,,tapi ak second opinion kesana kmari,,dan ternyata ada bbrapa yg bilang kalo ga perlu diangkat,karena kistanya itu muncul kalo kita mau menstruasi aja,,kalo biayanya sih tergantung mau oprasi laparoskopi atau oprasi yg kya d csar gitu si,,

3

Topic: Kista

makasih sharingnya ya shafinanti, btw, dokter saya dulu memang pernah infokan bahwa ada jenis kista yang akan hilang saat menstruasi. tapi sayangnya, kista saya dulu bukan yang jenis tsb krn tetap ada pun setelah menstruasi. kemarin2 saya selalu pakai laparoskopi, krnnya ingin up date banget dengan biaya laparoskopi di Indonesia. terimakasih sebelumnya ya :)

4

Topic: Kista

inayanti perlu tidaknya kista dioperasi memang tergantung jenis dan ukuran nya. Kebetulan kista gue di indung telur, udah setaon sejak divonis dokter harus operasi baru gue decide operasi sama Dr Ivan Sini di Bunda International Clinic november taon kmrn. Ambil kelas perdana abis 30-an juta. Saran gue, kalo mau operasi, make sure cari dokter yang ahli karena kalo dokternya gak ati2 bisa keangkat jaringan2 lain yang masih sehat. Good luck yach

5

Topic: Kista

moms, ukuran brp cm kista perlu dioperasi ? kemaren niatnya mo papsmear pas d usg ada kistanya dah 4,5cm,,perkiraan dokter kista coklat,,coz kata dokter jenis kistanya apa, g bisa d tebak lewat usg,, ketahuan jenisnya apa pas operasi..

6

Topic: Kista

aufa setau saya kista diatas 5cm yg lebih baik dioperasi..soalnya dikuatirkan semakin membesar dan pecah (duh..nauzubillah ya..)

oiya..mau sharing pengalaman dengan masalah kista ini..tahun 2007 saya di diagnosa kista di ovarium kiri dan kanan ukuran udah 7 ato 8 cm an, gejalanya pas haid hari pertama n kedua sakitnyaa minta ampun, sampe seharian ga bisa ngapa2in, pernah muntah jg saking sakitnya (hiks klo inget sedih bgt rasanya :( )

saya udah ke tiga dokter, dan disarankan untuk operasi secepatnya, karena udah besar banget dan ditakutkan kistanya ganas. akhirnya saya cari2 info dokter yg paling bagus di sby (waktu itu saya kuliah di sby). dapet lah dokter pudjo di rs husada utama. langsung minggu depannya saya dijadwal operasi laparatomi (ga bisa laparoskopi karena udah terlalu gede kistanya). setelah operasi alhamdulillah diketahui klo kistanya kista cokelat (endometriosis) dan jinak..waktu tau rasanya legaa bangeet.. waktu itu tahun 2007 operasi + dirawat 1 minggu setelahnya di kelas VIP abis 30jt (thank god ada asuransi).

setelah operasi saya diharuskan suntik tapros 6 bulan (efek samping ga haid 6 bulan). trus kontrol tiap 6 bln sekali utk usg. setelah itu kontrol tiap 1thn sekali utk usg jg.

emang kemungkinan kista bisa muncul lagi selalu ada, jadi emang kita harus bener2 jaga pola hidup + pola makan ( say goodbye to mie instant n fast food :D)

7

Topic: Kista

yupifamily,,thanks infonya kumplit bgt, btw ketahuan kistanya lsg 7cm ? sy msh takut dgn operasi2an,he2 ,,apalagi walau udah dioperasi, kista bisa muncul lagi,,,tadinya kepikiran pengen coba pengobatan herbal. yupyfamily pernh coba pengobtn herbal ?
suntik tapros brp biayanya ? knp mesti di suntik itu ?

8

Topic: Kista

aufa sama2..senang bs membantu :) iyaa pas ketauan udah 7cm, ovarium kiri-kanan lagii..duhh serem jg ya klo diinget2..ketauannya udah telat karena dlu masih kuliah, umur jg msh muda ( ketauan deh skrg udah tua :D) jdny ignorant sm yg berhubungan dengan kesehatan reproduksi..

saya blm pernah nyobain herbal sih..soalnya dulu emang istilahnya udah gawat bener deh..semua dokter udah menyarankan operasi secepatnya :(

dulu suntik tapros, 1x suntik 1 buah obat ( ampul kli ya istilahnya) tuh 1jt an, jadi 6x suntik jd sekitar 6jt an diluar biaya dokter.. klo skrg kurang tau jg ya..mungkin bs lbh murah ato lebih mahal..

trus disuntik tapros itu klo ga salah gunanya utk mengontrol hormon estrogen (yg bikin haid), istilahnya dibikin manopouse sementara spy kistanya bener2 hilang (karena aku didiagnosa kista endometriosis/kita cokelat) CMIIW ya moms, siapa tau aku salah, soalnya udah lama jg dan dulu msh kecil (halah) jd ikut aja apa yg disuruh dokter+ortu..

oiya, mo share aja hasil browsing2 tentang kista selama ini.. ada yg pernah nulis di blog beberapa orang yg kena kista jg, dan berobat ke dr setyabudi di siloam tangerang dan berhasil ( yes, i'm blogwalking freak yg baca blog itu dr awal smpe akhir saking penasaran ttg kista :D) dikasih beberapa pantangan makanan untuk penderita kista :

- Santan, alpukat, kuning telur
- Seafood, udang, kepiting, cumi2, kerang
- Fastfood, kacang tanah
- Gorengan
- Susu sapi
- Susu kedelai, tahu, tempe
- Jeroan
- Makanan & minuman yang manis, termasuk buah2an yang manis, seperti: lengkeng, rambutan, mangga

ya ga ada salahny dicoba, siapa tau berhasil.. goodluck ya untuk kita semua semoga bs terbebas dr kista selamanya :)

9

Topic: Kista

yupifamily ,,infonya OK bgt ,,byk juga pantangannya ,,menu & cemilan dh hrs ganti,,,

10

Topic: Kista

yupifamily,,,susu sapi aku doyan bgt ganti pk apa dong, he2 ? tahu tempe juga doyan ,,kl buah2n yg doyan mangga (apa mangganya cari yg asem jgn yg manis ?

11

Topic: Kista

halo mommies..
mau nanya nih, ada kenalan yg terkena kista, dan kata dokter nya itu karna suami nya belum sunat, jd kotor gitu.. d kluarga kami mmg umumnya tidak melakukan sunat..

solusi dr dokter skrg sih makan obat dl, tpi dokter nya sangat menganjurkan si suami di sunat.

adakah mom yg pernah dgr klo suami blm sunat bs bikin si istri kena kista?


thanks mom

12

Topic: Kista

sugar wrote:

adakah mom yg pernah dgr klo suami blm sunat bs bikin si istri kena kista?


wah saya malah baru dengar yang seperti ini. ada yang bisa memberikan pencerahan? saya pikir selama ini kista urusannya dengan masalah hormonal?

13

Topic: Kista

sugar,
wah iyaa.. ya.. jadi penasaran nih..
kalo analisa awam, kista kan disebabkan karena adanya ketidak-seimbangan hormonal. Sementara faktor yang menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang kan banyak, termasuk salah satunya faktor kebersihan organ vital. Sementara khitan kan dipercaya berfungsi menghilangkan kotoran.. hehe.. begini nih kalo yang bukan expert mencoba beranalisa. maapkan analisa amburadul saya.
Semoga ada yang lebih expert bisa menjelaskan. Just CMIIW ya Mamas :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

14

Topic: Kista

Terima kasih mbak Inayati sudah membuka thread tentang Kista.. mau sharing pengalaman saja, kalau saya dulu pernah terkena miom (saudaranya kista yang sama2 karena faktor hormonal).
Sebenernya tanda2 miom ini sudah sejak remaja saya alami yaitu frekuensi haid yang sering, banyak dan lama (minimal 7-10hari), saya pikir hal itu wajar tapi ternyata itu adalah salah satu tanda adanya miom/kista. Bahkan sampai anemia: sering pusing, mata sampai berkunang2 dan hampir pingsan.

Saya sudah operasi miom 2x.
1. Tahun 2007. jenis miom Geburt dalam tahap yang sudah membahayakan. Karena stress menjelang pernikahan, haid saya hampir 3 bahkan 4 minggu lamanya dan diakhiri dengan bleeding cukup parah karena saluran mrs.V terbuka oleh miom ini. Operasi di RS Pertamina dengan Dr.Frizar Irmansyah (Obgyn), hanya memakan waktu 10 menit karena posisi miom sudah keluar dari mrs. V sehingga lebih mudah ditangani.

2. Tahun 2010 bersamaan dengan opr cesar, setelah bayi saya dilahirkan. Posisi miom ada diluar rahim sebelah kanan bawah. Awal hamil pas USG diameternya 4cm dan menjelang operasi membesar jadi 8cm. Untungnya gak sampai menghambat jalan lahir. Inget banget waktu di kamar operasi susternya bilang "wah, gede banget dok" *sigh :(. Biayanya sepaket dengan opr cesar, saat itu biaya persalinan di RSPI Rp.25 juta (untuk kamar VIP) jadi detail untuk opr pengangkatan miomnya sendiri saya kurang tau, mungkin dihitung bonus yaa sama Dr Azen Salim, hehehe..

Sebelumnya pernah coba pengoabatan alternatif menggunakan jamu dan diurut tapi kenyataannya gak berhasil sembuh.

Memang kita sebagai wanita rawan penyakit miom/kista ini. Karena sifatnya lebih hormonal, cara menghindarinya menjaga kesehatan terutama organ vital, menjaga pola makan dan menghindari makanan seperti info dari Yupifamily.

Sejak melahirkan saya belum cek ke dokter lagi, mudah2an gak tumbuh miom2 baru lagi deeeeh :( *maaf ya kalau ada istilah2 yang kurang berkenan dibaca*

Shinta [www.shintadaniel.wordpress.com]
- ordinary mom with ultraordinary love -

15

Topic: Kista

Inayati sesuai info dari teman yang sudah pernah laparoskopi kista ovarium, biayanya sekitar Rp. 30 jutaan. Semoga membantu.

Shinta [www.shintadaniel.wordpress.com]
- ordinary mom with ultraordinary love -

16

Topic: Kista

adek saya baru 4 hari ini di vonis Kista solid, besarnya kayak orang hamil 4 bulan. Sebelumnya waktu hamil pertama pas USG dikasih tau ada MIOM. Menurut dokternya MIOM bisa ikutan keluar bersamaan dengan persalinan Normal. Alhamdulillah persalinan normal tapi adek saya nggak ngecheck apakah MIOMnya udah ngga ada apa masih di rahim. Selang 17 bulan hamil lagi dan melahirkan normal. Sehabis melahirkan dipijat sama mbah2 pijat bayi (Biasanya 1 paket mijitin bayi dan ibu) , sama mbah-nya itu dikasih tau ada benjolan di perut, tapi adekku nggak teralu aware. Sekarang babyinya udah 9 bulan dan semingu lalu mengeluh mual, pusing, mata berkunang2, kalau nggendong babyinya perut sakit banget. Akhirnya periksa dan di USG ternyata ada Kistanya. Disarankan dokter harus segera di Operasi dan dikaish rujukan di RSPAD. Tapi karena adek saya masih takut operasi, milih untuk terapi herbal dulu.. kebetulan adek ipar pernah kena kista sampai ngga bisa jalan , dia minum mahkota dewa dan kefir colostrum bisa pecah dan keluar sendiri