1

Topic: Hamil Kembar

amrinarosyada

Kalau dari namanya dan browsing sekilas, Clindamycin itu antibiotik ya? Mmmm agak bingung sih kenapa dirimu dikasih antibiotik, hihihihi. Gak ada keluhan apa-apa, kan ya? (please cmiiw... saya tidak pernah mengenyam pendidikan medis, jadi hanya tau berdasarkan baca sana-sini saja).

Tentang BBJ: sebenarnya BBJ kembar tidak perlu sama; yang penting 'aman' menurut standar janin kembar. Jadi lebih baik dicek saja dulu, apakah masih sesuai standar atau tidak. Yang perlu dijadikan bahan pertimbungan juga adalah berapa jumlah plasenta; apakah janin berbagi plasenta, atau punya plasenta sendiri-sendiri. Anak-anak saya (kembar dua) punya plasenta sendiri-sendiri. Di awal, BBJ mereka hanya beda sedikit; mendadak di 20 something weeks (24? 28? maap lupa :D) beda berat mereka jadi jauh. Kalau dicek ke standard BBJ janin kembar, yang satu kok pertumbuhannya jadi lambat. Sempet deg-degan sih. Apalagi karena DSOG yang melakukan USG mengatakan bahwa kalau di kehamilan singleton, kasus seperti ini biasanya disarankan untuk mengeluarkan bayi sesegera mungkin. Cuma di kasus hamil kembar, tentunya tidak bisa segampang itu. Kemudian, karena beda plasenta, secara teori penyebabnya bukan karena terjadi 'perebutan makanan' antara dua janin ini. Menurut DSOG, salah satu kemungkinan (tapi tidak ada yang bisa memastikan) adalah karena aliran/pembuluh darah di sekitar plasenta yang satu lebih baik daripada di sekitar plasenta yang lain. Satu-satunya cara yang bisa saya lakukan saat itu adalah dengan tetap menjaga supply makanan serta istirahat, dengan harapan makin banyak yang diserap oleh plasenta milik janin kecil.

HTH :)

Afrakids - Kaos Anak Muslim - Info/order/reseller: PIN BB 528a362e; WA/SMS 08122377195 - https://www.facebook.com/AfrakidsBajuKaosAnakMuslim

2

Topic: Hamil Kembar

saya lihat di link tadi, clindamycin emang sejenis antibiotik..untuk infeksi akibat bakteri..sepertinya untuk keputihan tadi..aman untuk ibu hamil
emang harus cerewet nanya2 ke dokternya..biar yakin konsumsi obatnya..

saya haminya diamnion monokorionik kata dokter (2 kantung 1 plasenta). karena 1 plasenta maka saya suka takut kalo debaynya nutrisinya ga terserap sama..tapi selama ini bbj keduanya ga beda jauh..dan masih normal jika saya bandingkan dengan bbj seharusnya pada usianya..
tp saya baru tahu juga ada standart bbj normal untuk kembar ya bunda..untuk uk 33w normalnya berapa??

btw..bunda,kembarnya lahir di uk berapa??beratnya berapa??

3

Topic: Hamil Kembar

amrinarosyada

Waktu hamil dulu, saya terutama memakai buku Dr. Barbara Luke (bisa di-browse, ya, termasuk https://www.drbarbaraluke.com/HowYourBabies3.aspx. Ada e-book-nya juga, dulu saya beli di Kobo. Tapi memang lebih asik punya buku aslinya hehehe *akhirnya dapet tapi bukan di Indonesia*). Sebenarnya saya salah pakai istilah sih; bukan standar BBJ ya. Karena angka-angka di tabel Dr. Luke ini hasil data statistik. Lumayan sih untuk jadi pegangan, walau data dia memang berdasarkan klinik dia di Amerika :) Yang lebih faham seharusnya DSOG yang memeriksa kehamilan kita. Seingat saya, DSOG saya dulu bilang bahwa insya Allah aman kalau bayi lahir minimal 2,5 kg; untuk bayi kembar dua, dikejar minimal 2 kg. Anak-anak saya jadinya hasil sectio 38w dengan BB 2,32kg dan 2,98kg.

HTH :)

Afrakids - Kaos Anak Muslim - Info/order/reseller: PIN BB 528a362e; WA/SMS 08122377195 - https://www.facebook.com/AfrakidsBajuKaosAnakMuslim

4

Topic: Hamil Kembar

Mau gabung juga ah. Sekalian tanya tanya. Aku sekarang sdg hamil kembar 28mg. Terakhir usg dokter blg bayi ku kena twin to twin syndrom. Soalnya satu bayi perkembangannya terhambat. Dgn usia kehamilan 28w baby 1 beratnya 1050gr. Tp yg satu lg baru 490gr. Skrg a dirujuk ke dr.nurwansyah di bwch. Mau tanya mom yg pernah ngalamin ttts gimana kt maintain biar baby donor beratnya bs naik. Setidaknya aman buat di lahirkan. Kl bedrest itu maksudnya full bedrest sampai sama sekali gak turun dr kasur or kt msh bs ambil makan sdr or ke kmr mandi sdr?

5

Topic: Hamil Kembar

hai emaknya adit,
welcome to the club. Saya selama hamil kembar tidak mengalami TTTS. Jadi mungkin tidak banyak membantu. Tetapi sependek pengetahuan saya, kasus TTTS adalah kasus yang serius karena bisa berdampak pada vanishing twin, atau kematian pada salah satu janin. Jadi sebaiknya konsultasikan secara serius dengan dokter yang lebih ahli. Jika tidak puas dengan 1 dokter, jangan pernah menyerah untuk mencari second opinion. Karena TTTS ini terjadi karena pembagian plasenta yang tidak merata, jadi bentuk terapinya seperti apa, saya sendiri belum banyak tahu. Semoga segera menemukan jawaban yang lebih memuaskan, dan si kembar dapat lahir dengan sehat dan selamat bersama mamanya yaaa :)
oh iya, jangan lupa share hasilnya disini yaaa.. jadi bermanfaat jika ada mama-mama lain yang membutuhkan...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

6

Topic: Hamil Kembar

emaknya adit

Saya juga tidak punya pengalaman tentang TTTS (walau salah satu janin saya juga sempat terhambat pertumbuhannya - silakan lihat postingan saya sebelumnya).

Hanya bisa share tentang bedrest: definisi bedrest memang bermacam-macam; kalau saya bandingkan konsep di Indonesia dengan di negara lain (terutama Amerika dan Eropa) lumayan jauh juga bedanya.
Berdasarkan pengalaman saya: harus cek ke dokternya. Di Indonesia, biasanya konsep bedrest itu benar-benar total diam di tempat tidur. Saya sempat harus bedrest berbulan-bulan saat hamil si kembar; dimulai dengan full bedrest sampai bedrest yang kalau ke dapur ambil makanan sih boleh. Tapi satu hal yang saya tidak bisa lakukan di tempat tidur: BAK dan BAB. Jadi walaupun saat full bedrest saya diminta untuk benar-benar stay di tempat tidur, untuk kegiatan yang dua itu saya tetap harus ke toilet. Deg-degan sih, tapi ya bagaimana lagi. Saya ambil faham bedrest kedokteran Barat saja yang tidak mengenal BAK dan BAB di tempat tidur walau sedang full bedrest.

Hope this helps; semoga lancar ya semuanya...

Afrakids - Kaos Anak Muslim - Info/order/reseller: PIN BB 528a362e; WA/SMS 08122377195 - https://www.facebook.com/AfrakidsBajuKaosAnakMuslim

7

Topic: Hamil Kembar

Waahh puji Tuhan bisa ketemu forum ini.. salam kenal ya moms, sy juga sedang hamil kembar dgn uk 26 minggu. Waktu uk 10 minggu dpt kabar bahagia ini kami agak shock :) terus mulai cari2 info tapi sepertinya di indo masih blm banyak yaa, dan br ketemu skrg. Berhubung ini kehamilan pertama jd excited dan deg2an, apalagi kemarin pas kontrol terakhir dsog nya bilang kl posisi plasenta di bawah, jd sebisa mungkin hrs mengurangi kegiatan yg menyebabkan kenaikan tekanan intraabdomen. Yg masih bikin penasaran, biasa di uk brp yaa kelihatan jumlah plasentanya? Krn dsog sy cm bilang KEMUNGKINAN satu, tp blm pasti juga. Cuma bs berdoa sampai HPL nanti aman tanpa TTTs. Kl ada yg punya info, ditunggu sharingnya ya moms ;)

8

Topic: Hamil Kembar

resskhaa

Selamat untuk kehamilan si kembar :) Waktu saya dulu, kelihatan jumlah plasenta saat detailed scan pertama (uk sekitar 24w). Memang sih terlihat/tidak terlihat itu tergantung banyak faktor, termasuk posisi janin saat di-scan dan keahlian sang dokter.

Sehat-sehat selalu ya...

Afrakids - Kaos Anak Muslim - Info/order/reseller: PIN BB 528a362e; WA/SMS 08122377195 - https://www.facebook.com/AfrakidsBajuKaosAnakMuslim

9

Topic: Hamil Kembar

Ijones

Oh gitu ya, thanks infonya.. coba nanti pas s konsul ke fetomaternal sy tanyakan deh, semoga bs lebih detail ya infonya :)

10

Topic: Hamil Kembar

Hello moms...trakhir update bulan mei nih hehhe... Thanks god bulan november lalu tepatnya tgl 18 nov 2014 sy sudah melahirkan twinnies bernama marissa dan marsya :) di RSIA harapan kita.

Namun sy mau menshare pengalaman yg sy alami tepatnya setelah melahirkan...

2 bulan yg lalu sy melahirkan putri kembar dgn caesar dlm keadaan preeklamsi (tekanan darah tinggi) di usia hamil 37 weeks. Seminggu setelah melahirkan sy merasakan sesak nafas yg cukup sakit di area dada, kaki bengkak sekali dan tensi darah sy tetap tinggi..sempat ke slh satu RS yg mendiagnosa sy hanya asam lambung meningkat, namun ternyata sesak nafas msh berlangsung terutama tiap mlm.
Akhirnya sy memutuskan utk berobat ke spesialis penyakit dalam, dokter tersebut minta sy utk foto thorax paru2..
Dan dari hasil foto thorax tersebut terdeteksilah bahwa jantung sy mengalami pembengkakan..dan setelah konsultasi dgn dokter ahli jantung..sy diagnosa mengidap
"kardiomiopati peripartum" yaitu kelainan jantung akibat kehamilan..terjadi pembengkakan di jantung (cardio megaly) yg menyebabkan paru2 sy terisi air sehingga selalu sesak napas.

Penyakit ini cukup langka terjadi hanya 1:3000 org hamil..dan seandainya telat terdeteksi dpt mengakibatkan gagal jantung yg cukup berarti atau bahkan kematian. Namun dgn medis skrg yg cukup memadai, dgn terapi selama 6 bulan, teratur minum obat, takar minum hanya 1500ml per hari, jaga makanan, dan rutin olahraga maka dokter bilang sy dpt sembuh total dari penyakit ini.

Karena penyakit ini, ASI tidak blh sy supply utk putri kembar sy krn mengandung obat jantung.

Disaat sy diopname di RS jantung harapan kita pun, si bungsu juga diopname di NICU harapan kita krn mengalami radang usus atau yg disebut NEC..sehingga 24 hari dirawat di NICU...it was really hard time for us

Cukup shock memang setelah didiagnosa penyakit ini, mungkin Tuhan memberi ujian ini supaya sy dan klrg lebih kuat dlm hidup ini..namun Tuhan pasti memberikan jalan yg terbaik agar sy dpt melewati ini semua :).

Smoga sharing ini dpt berguna utk teman2 yg sedang hamil kembar mewaspadai apabila terjadi sesak nafas yg berkepanjangan.

11

Topic: Hamil Kembar

intanrh
waaaah... ikut deg-deg'an baca perjuangannya. Benar-benar luar biasa yaaa. Si kembar sekarang keadaannya gimana?
Perjuangan hamil itu luar biasa, apalagi dengan kehamilan beresiko tinggi seperti hamil kembar ini. Ditambah lagi dengan kondisi kesehatan bawaan yang biasanya harus dihadapi ibu dan bayi dengan riwayat kehamilan beresiko tinggi. Semua kejanggalan wajib diwaspadai yaaa.. Periksa lebih detil, cari pendapat lebih dari 1 ahli, itu rasanya akan sangat membantu dalam menghadapi saat-saat darurat.
Semoga si kembar dan mama sehat terus yaaa.. Kapan-kapan boleh dibagi photo-photo si kembarnya yaa.
TFS intan! Sharingnya bermanfaat sekali... *hug*

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

12

Topic: Hamil Kembar

Hallo
Perkenalkan nama sy mega. Saat ini sy sedang hamil kembar 9w. Usia sy 38th, ini adalah kehamilan sy yg pertama yg diperoleh lewat proses bayi tabung. Seperti ibu lainnya apalagi krn proses memperoleh kehamilan ini sulit kekwatiran sy lebih gede. Yg dr awal jadi pertanyaan saya terus menerus kenapa ya saya tidak pernah merasa mual muntah? Sy baca2 kalau kehamilan kembar krn bhcg tinggi biasanya ibunya akan mual hebat. Anehnya sy tidak, pdhal waktu pemeriksaan bhcg awal sy termasuk tinggi juga untuk ukuran kehamilan kembar. Adakah yg punya pengalaman seperti saya? Tq sharing ya moms

13

Topic: Hamil Kembar

hai Mega Dian
waaahh... selamat untuk kehamilannya yaaa..
Ikutan sharing ya... Seingatku aku dulu bulan pertama juga gak mual. Jadi gak ngeh kalau lagi hamil. Bahkan mau minum Kiranti segala karena telat menstruasi dan badan terasa sakit semua. Untung mertua mengingatkan untuk cobain testpack dulu. baru tahu ternyata ada 2 strip.
Terasa mual waktu usia 10 minggu'an. Tapi bukan yang mual hebat. Hanya mual kalau mencium aroma-aroma tertentu saja. Mual kalau cium aroma makanan bersantan, dan goreng-gorengan. Padahal sebelum hamil saya paling doyan goreng-gorengan dan makan-makanan bersantan. Kalau biasanya saya kurang suka roti, waktu hamil itu jadi doyan banget roti. Sampai suami saya komentar selera saya jadi sok bule. Haha... doyannya hanya roti, buah, makanan yang di panggang atau dibakar. Karbonya pun saya lebih memilih kentang drpd nasi. Padahal biasanya kalo gak makan nasi serasa belum makan. Saya ingat sekali waktu di kantor saya marah-marah sama manager saya hanya karena beliau sedang makan batagor di dekat saya. Padahal saat itu usia kandungan saya sudah 6 bulan lebih. Dan sejak itu gak ada yang berani makan gorengan di dekat saya ketika saya hamil. xixixi.. Dan semua baru kembali normal setelah saya melahirkan.
Mungkin memang setiap kehamilan itu unik. Jadi beda-beda. Yang penting mama dan kedua janin tumbuh sehat. Bersyukur saja kalau memang gak mual, jadi masih bisa mencukupi kebutuhan nutrisi buah hatinya. Stay healthy ya mama :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

14

Topic: Hamil Kembar

Wah alhamdulillah ada yg sama berarti mb @kira kara, thanks banget infonya. Iya awal kehamilan sy masih lapar2 melulu skrg di 9w berasa mulai nggak suka nasi juga mb makanya biar nutupin itu sy juga banyakin buah akhirnya, sayur agak nggak suka. Thanks infonya ya mb, menenangkan banget.

15

Topic: Hamil Kembar

Mega Dian
Kalau kata ibu-ibu kita dulu, bawaan bayi yaaa.. haha...
USG terakhir kapan? Sehat semua kan?
Bahkan saya dulu juga jarang bengkak kaki kok. Kecuali bener-bener sedang aktifitas tinggi di kantor yang tidak bisa ditinggalkan. Tapi pernah hampir pingsan waktu diajak ke pasar karena gak tahan bau ikan-ikan. haha...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

16

Topic: Hamil Kembar

Mega Dian wrote:
Hallo
Perkenalkan nama sy mega. Saat ini sy sedang hamil kembar 9w. Usia sy 38th, ini adalah kehamilan sy yg pertama yg diperoleh lewat proses bayi tabung. Seperti ibu lainnya apalagi krn proses memperoleh kehamilan ini sulit kekwatiran sy lebih gede. Yg dr awal jadi pertanyaan saya terus menerus kenapa ya saya tidak pernah merasa mual muntah? Sy baca2 kalau kehamilan kembar krn bhcg tinggi biasanya ibunya akan mual hebat. Anehnya sy tidak, pdhal waktu pemeriksaan bhcg awal sy termasuk tinggi juga untuk ukuran kehamilan kembar. Adakah yg punya pengalaman seperti saya? Tq sharing ya moms


Saya dulu baru tahu hamil kembar minggu ke 12, dan sampai saat itu tidak pernah mual parah. Tapi beberapa minggu kemudian mulai mual muntah parah sampai hampir mondok ke IGD, ternyata memang sy mengalami hyperemesis gravidarum, dan terjadi sampai bulan kelima. Dinikmati aja, sekarang inget momen itu jd bahagia, ternyata hamil pun ada seninya hehe

17

Topic: Hamil Kembar

Dear Mommies mohon sharing pengalamannya dong , saya saat ini sedang hamil triplets dan perasaan campur aduk , senang tdk menyangka dan ada kekawatiran sendiri . Dr sblm test bhcg saya mengalami mual dan muntah krn tingginya hormon bhcg saya, kehamilan ini memang berbeda dari yang pertama . Usia 6 w saya sempat opnam karena flex, panas menggigil dan mag akbt hormon dan hiperemesis gravidarum sempat kawatir krn konsumsi obat2an dr DSOG . Usg terakhir 2 kantong terlihat uk sama besar dan 1 kantong lebih kecil uk 1 minggu , Bunda2 disini adakah yg mengalami spt saya ? Mhn sharingnya terimakasih.

18

Topic: Hamil Kembar

hi mommies, mau ikutan gabung disini.
saya dina, sedang hamil kembar 17w. tau kembar dari 7w karena sudah ada 2 kantung, 2 janin dan 2 denyut jantung.
so far si kembar sehat, normal tapi d-dimer saya agak tinggi jadi tetap harus konsumsi ascardia sejak 12w.

semoga mommies dan babies ( to be ) disini sehat semua yaaah :))

@dina_noermadi
== it will be a bumpy ride but I will enjoy it as the way it is ===

19

Topic: Hamil Kembar

resskhaa
Betuuull.. setiap hamil itu ada seninya. Semua gak sama, baik yang sesama hamil tunggal maupun yang dengan hamil kembar. beda tantangan, beda treatment, beda bawaannya. hehe

Gexy
woooooooowwwwww... Anothre Triplet! Awesome! Keren! Semoga kalian ber-4 selalu sehat, lancar sampai persalitan.
Apakah salah satu kantung yang kecil itu akibat twin to twin transfusion syndrome? Sharing konsultasi dan rekomendasi ahlinya disini yaa..
Hamil dengan triplet pastinya tantangannya berbeda lagi dengan twin ya?

dina noermadi prastyawan
Haii.. hai... welcome. Selamat untuk kehamilannya. Seneng yaa.. bisa tahu sejak awal kehamilan. Dulu saya telat banget tahunya hamil kembar, sudah lebih dari 6 bulan'an baru tahu kalau ternyata kembar. heuheu...
D dimer tinggi berarti rentan dengan pembekuan darah ya? CMIIW. Semoga semua sehat yaaa..

*hug* semua para calon ibu bayi kembar. Stay healthy! :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

20

Topic: Hamil Kembar

@kira kara waaa seriusan baru tau pas 6 bulan? karena usg?

@amrina rosyada @ijones saya juga dikasih antibiotik sama obgyn di week 34. katanya sih buat anti bakteri pas vaginal birth ya..

oya.. saya kemarin kontrol 35w, insya Allah minggu depan diproses lahiran normal. soalnya bbj jomplang yg satu 2.1kg yg satunya 2.7kg.. doakan kami yaaa

love. misskimos. baby

21

Topic: Hamil Kembar

sallynatanegara
iyaa... dari awal hamil ganti-ganti dokter, karena cari yang klik. Sampai 6 bulan'an itu ganti sampai 3 dokter, dan ketiganya gak ada yang bilang kalau kembar. Di dokter terakhir ditanyain "ini kembar ya?", dan kita berdua kaget, spontan bilang "enggak kok dok..". Kata dokter, tapi kepalanya ada dua. langsung merinding. setelah di cek, ternyata memang kembar dan semua normal, terpisah selaput yg berarti gak menempel satu sama lain. Dan kita berdua hanya bisa bengong di ruang dokter antara seneng, gak percaya dan takut. Sampai dicolekin sama dokternya. haha...

Karena tahunya terlambat itulah banyak hal yang sebenarnya gak perlu dilakukan, jadi dilakukan. Seperti gak boleh olah raga terlalu berat, jalan terlalu jauh, kerja terlalu berat, karena kondisi rahim yang kecil dan tidak memungkinkan untuk 2 bayi. Jadinya ya prematur lahirnya. Karena harusnya di usia 30weeks harus bedrest, aku masih ke kantor sampai 32weeks. Dan di rumah yang gak bisa diem, masih jalan kaki ke pasar, masih bikin sprei dan sarung bantal buat box bayi, masih pergi ke dokter naik motor. Ya begitulah kalau gak dengerin apa nasihat dokter *colek diri sendiri* :D

Semoga sharingnya berguna buat yang lagi hamil kembar. Karena resiko lebih besar, sebaiknya konsultasikan dengan dokter lebih intens.

Sally, semoga proses persalinannya lancar yaaa.. Sehat selamat untuk semuanya. Salut deh bisa sampai 35weeks. Kebayang beratnya bawanya. heuheu. Btw, naik sampai brp kg hingga 35weeks?

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

22

Topic: Hamil Kembar

Salam kenal semuanya :)
ikutan sharing yaa..
Saya juga lagi hamil melalui ivf nih, puji Tuhan hasilnya triplet..
Sekarang 12 week 3 days, tp sejak hamil 10 week mulai muntah sehari 1x..pdhal awal2 tau hamil malah ga pernah, mual aja kadang2..
Trakhir usg waktu 11 week, dgn ukuran masing2 debay 4,25 - 4,28 - 3,85cm..
Selama hamil ini .. kok saya sering ngos2an ya..pdhal msh trisemester 1 tp kok udah gitu? Kalo ngomong lama ngos2an, jalan2 pun cepet banget ngos2an nya...apa ada yg pernah ngalamin kaya gini?
Kpn hari gara2 seharian jalan2..bsk subuh nya flex darah..shock banget,pagi2 buru2 call dokter ku..kata dokter sih gpp, cm harus besrest..tp krn was2 akhirnya langsung periksa n usg, puji Tuhan ke 3 nya baik2 aja..malah joget2 wkt di usg hehehehe..

23

Topic: Hamil Kembar

yo4ne , aku juga sering ngos2an hamil yg sekarang...naik tangga 1 lantai aja ngos2an..kata obgynku karena perut lebih terasa berat jd lebih gampang capek dan ngos2an. aku 2 aja gitu, apalagi kamu yg 3...sehat2 terus yaaah :)

@dina_noermadi
== it will be a bumpy ride but I will enjoy it as the way it is ===

24

Topic: Hamil Kembar

yo4ne,
Wooow.. another triplet. Welcome to the club!
Wajarlah ya ngos ngosan.. bebannya juga berat kan. Kalo di aku dulu, kall dipake jalan agak jauh kerasanya perut kayak mau jatuh ke bawah.Serasa mau merosot. Kalau aku dulu terasa ngos ngosan justru kalo dipake duduk lama, kayak naik angkot, macet, siksaan deh. Ngos ngosan, sesak di dada, pinggang berasa mau oatah, ulu hati mati rasa. Ujungnya turun dari angkot dan minta dijemput naik motor. Pdhl sebenarnya naik motor pun juga harus dikurangi krn getarannya bisa menipiskan lapisan selaput ketuban, katanya.
Hamil kembar apalagi triplet memang lebih banyak resiko. Lebih baik kurangi aktifitas ya.. Semoga trio terus tumbuh sehat dan hebat yaaa..

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

25

Topic: Hamil Kembar

yo4ne,
wowww triplets! selamat yaaah yo4ne... semoga sehat2 selaluuu.

seru ih baca2 cerita mama2 yg hamil kembar. sehat2 yaaa semuanyaaa. *grouphug*

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita