1

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

Halo Mamas,
Aku newbie bgt nih, kehamilan pertama baru 14w dan baru join urbanmama juga
Minus mataku 3.75 kanan kiri (terakhir ngecek akhir 2013 sih) dan pengen banget ngelahirin normal (walaupun masih lama tapi pengen prepare bgt aja )
Kalau dari dokterku obgynku dr. Diana di BWCH bilangnya kalau bisa engganya ngelahirin normal itu baru bisa ketauan sama dokter mata pas kehamilan diatas 9 bulan.
Mau dong share pengalamannya kalau ada yang sama.
Aku belum liat topic tentang ini sih tapi kalo udah ada boleh banget dikasih linknya.
Thank you..

2

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

Hi AORinaldi,

dulu gue punya minus 7 utk dua mata dan bisa lahiran normal kok. 2 kali malah, lewat proses induksi. dokternya juga gak pernah mention sebelumnya tentang hubungan minus mata dgn proses lahiran normal.

mungkin beda dokter beda pertimbangan kali ya, jadi coba cari 2nd opinion dari obgyn lain dulu aja. hope it helps :)

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

3

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

hai mba AORinaldi,
selamat utk kehamilannya :). Sama persis dgn aku waktu awal kehamilan, aku cari2 info mengenai mata minus dan kelahiran normal. Karena aku ingin bgt bisa kelahiran normal dgn minus mataku yg 5.5 (kanan) dan 5 (kiri). Ada juga temanku yg periksa selaput retina ke dokter mata juga, tp aku nggak.

dua org dsog aku juga tidak pernah mempermasalahkan minus mata aku, jadi sampai saatnya kelahiran aku udah tenang aja bisa normal (karena dsog fine2 aja). Dan aku bisa persalinan normal dibantu induksi (krn pembukaannya lama bgt dan ketuban sdh pecah). Alhamdulillah mata aku dua2nya baik2 saja sampai saat ini (10,5 bulan setelah melahirkan).

more loving, more caring, more giving, more sharing

4

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

Hai AORinaldi,

Saya jg minus 7 utk 2 mata, alhamdulillah bs melahirkan normal. Yang pertama juga lwt induksi. Pernah jg baca2,tergantung dr tipis atw gknya selaput retina. tp krg tau pasti. Dokternya nyuruh periksa spy sy yakin aja n gk khawatir. Tapi sy gk priksa jg.

5

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

Hai mamas...
Kebetulan saya minus mata lumayan tinggi..
-14 dan -13,5
Sebelum melahirkan (cuma 2hari sebelum baby lahir) periksa ke dr mata..
Saya rekomendasiin bgt deh konsul ke dr djonggi spm buat mamas di bdg..
Krn beliau ngejelasin dng sangat detail..
Bahwa dalam silahus pembelajaran dr spesialis mata ga ada tuh aturan klo diatas min 6 maka ga bisa lahiran normal..
Klo dr mata diajarkan bahwa yg berpengruh adalah ketebalan dan kondisi kornea.. Klo ada robekan nah itu baru dipertimbangkan..
Nah misal ada robekan atau kornea tipis masih bisa disiasati dengan laser..
Tapi baiknya prosedur dilakukan 4bulan sblum kelahiran..
Jadi buat para mamas baiknya cek mata jauh2 hari sebelum persalinan yaa..

Oh iya..
Saya pun berhasil lahir normal vbac dan home birth pula..
Lengkap dengan suami yang duduk di depan kolam bersalin dengan penuh semangat bilang berkali2 "mata cantiknya liat sini... Coba liat sini duluu.."
Lucu bgt klo diinget2.. Upaya si suami biar saya ga merem pas ngejan lahiran..
Heheee..

Trus seminggu setelah lahiran cek lagi ke dr djoggi dan mata semua baik2 sajaaaaa...
Malah dimarahin krn bawa bayi baru seminggu ke eye centre..
Dokternya takut bayi ketularan virus mata..
Akhirnya baby diungsiin ke mobil sama babahnya deh..

6

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

Gw jg minus 4.5 kanan kiri.. tp kmrn gw bs lairan normal tuh.. bayi gw sungsang pula..
Tp tmn gw ada yg dsuruh priksa retina gtu buat make sure klo ga ada masalah buat lairan normal..

7

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

Waahh makasih banyak yaa infonya charissarhanie melissa april dwisep bubii azriel Dewi1010
Jadi makin tenang kalo pengalamannya bagus semuaa :)

8

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

wow... seru sekali diskusinya... Agar relevan dengan topik, threadnya saya pindah ke Pregnancy yaaa.. :) Hanya untuk memudahkan member lain kalau mau mencari informasi serupa. Silahkan dilanjutkan lagi sharingnya :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

9

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

saya minus 6.5 kiri, 5.5 kanan (sepertinya sudah naik lagi sih karena dah rada kabur pandangannya juga) baru 2 bln lalu melahirkan normal.
Sekitar kehamilan 7 bulan cek ke dokter mata dulu, direkomendasiin sama obgyn. Yang di cek itu retina kita kira2 kuat ga untuk mengejan nantinya. Sebelum dicek bakal ditetesin obat tetes 10-15 menit (sejenis insto mungkin ya) yang fungsinya buat memperbesar pupil klo g slh inget. Setelah itu nanti ada sinar terang gitu, melek lebar lihat kiri kanan atas bawah trus dilihat sama dokter matanya (cepet sih prosesnya). Alhamdulillah setelah lahiran ga ada masalah :), yang penting harus yakin dulu bisa lahiran normal.

10

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

Aku Uda periksa mata.. Krna sempet afraid juga soalnya aku minus 7 silinder juga.. Dan denger2 Dr temen2 kalo minus tinggi ga bs lahir normal.. Akhirnya aku periksa dan konsul ke Dokter mata. aku tanya2 kn sm dokter matany mom.. Katanya ga da hubungannya antara minus dan lahir normal.. Kecuali moms punya cacat bawaan lahir mata, atau pas diperiksa matanya ada selaput mata yang robek yg tdk memungkin kan moms untuk lahir normal (mengedan).. Smog bermanfaat ya momyy

11

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

@lady_harum : setuju banget sama dsm nya mama, emang ga semua yg punya minus tinggi harus cs, cuman yg punya mata minus tinggi harus cek ke dokter Sp.M untuk liat keadaan retina nya klo masih bagus mah lahiran normal gpp.hope it helps ya..

12

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

Aku minus 3.75 dan melahirkan normal. Ga gitu tinggi sih ya minusnya tapi sempet konsul sama obgyn soal ini. Menurut obgynku juga ga ada kaitannya melahirkan normal sama mata minus. Aman2 saja, selama dia praktek belom pernah ada denger ibu melahirkan jadi kenapa2 matanya setelah melahirkan normal.

Kakakku malah minus 6 dan dia juga bisa kok melahirkan normal 2 kali.

Cuma aku ada tante yang selaput matanya pecah jadi merah gitu setelah melahirkan normal, tapi aku ga gitu jelas apa penyebabnya. Katanya sih karena merem waktu ngeden. Tapi tanteku itu emang biasanya punya banyak masalah mata sih.. ya bintitan lah, bisul lah, jadi mungkin karena emang kondisi matanya aja yang ga normal.

13

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

Hi mom
Berarti minus ga ngaruh sama lahiran normal ya
Tdnya aku mau caesar krn aq pikir minus tggi ga bs lahir normal

14

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

Halo semua, mau sharing aja nih ya pengalamanku 2minggu lalu konsul ke Jakarta Eye Center yg di Menteng dgn dr. Gitalisa Andayani, Sp.M.. Sebenarnya bukan masalah besar minusnya, tetapi lebih kepada apakah retinanya mengalami penipisan atau tidak.. Jika mengalami penipisan disarankan untuk tidak lahiran normal, karena dapat menyebabkan pembuluh darah yg ada diretina pecah saat mengejan yg bisa mengakibatkan kebutaan.. Kedua mataku minus 5,5 dan usia kandunganku skrg 38weeks, waktu 2minggu yg lalu aku periksain mataku ke JEC karena aku ingin usahain lahiran normal tp masih takut karena minusku cukup tinggi.. Akhirnya aku periksa ke JEC, waktu sampai disana dirujuk ke dokter mata yg speaialis retina.. Mataku awalnya diperiksa minusnya, lalu ditetesi cairan mata (ini agak perih bgt), lalu setelahnya diperiksa pakai alat khusus untuk melihat apakah retinanya mengalami penipisan atau tidak.. Alhamdulillah aku tidak mengalami penipisan retina meskipun kedua mataku minus 5,5.. Dan aku bisa merencanakan untuk lahiran normal dan diberikan surat rekomendasi untuk lahiran normal oleh dokter spesialis matanya.. Jd bukan masalah besar kecil minusnya, tp lebih kepada apakah retinanya mengalami penipisan atau tidak, dan untuk mengetahui apakah retina mengalami penipisan atau tidak musti diperiksain ke dokter spesialis mata bagian retina.. Semoga membantu ya.. :)

15

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

Halo AORinaldi,

Bener banget tuh yg mamas semua bilang. Sebenernya yg ngaruh di mata ketika melahirkan, ya ketebalan retinanya, jadi saran gw, mom AORinaldi periksa retina dulu aja, supaya tambah yakin untuk melahirkan normal.
Gw sendiri minus 7.5 di kanan kiri,sebelum periksa retina gw udah hopeless Dan nerima kalo ga bisa normal,sampe banyak cari info tentang Caesar (karna gw pikir gw bakal Caesar), tapi setelah gw konsul untuk cek retina, gw yakiiiiin! Dan Alhamdulillah November 2013 melahirkan normal,ga kenapa kenapa sampe skrg.
Semangat ya mom ^^

16

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

Sama mom...aku kemarin juga di check retinanya sebelum lahiran..dirujuk sama obgynnya. Alhamdulillah bs buat lahiran normal. Tp tanteku juga minusnya tinggi gak pake check retina gitu tp Alhamdulillah anaknya tiga2nya kahir normal sih

17

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

saya minus 4 dari spog nya bilang ga masalah buat normal dan tidak perlu cek ke dr asal min ga lebih dari 8, smoga membantu :)

18

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

aku minus 4,5 dan lahiran normal kmrn :)
tp sebaiknya emg cek retina sih buat mastiin bisa ato ngga buat ngeden
soalnya resikonya jg gede kalo retinanya lemah

19

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

minus 6 dan lahiran normal, alhamdulillah :D

sekedar check up ke dokter mata ga papa kok menurutku,
malahan harusnya sih gak melulu yang minusnya tinggi ya, kan problema retina gak berhubungan sama besaran minus mata..

yang gak kalah penting, pas delivery normal, mata gak boleh dipejamkan.
aku lupa penjelasan medisnya gimana, tapi ini ada hubungannya sama retina juga

20

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

saya minus 6 dan 6,5 waktu awal periksa di KMN disuruh caesar, trus saya cari 2nd opinion di JEC dengan dokter yang lebih senior dan toleh,ternyata bisa mlahirkan normal, alhamdulillah

21

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

hi moms... aku minus 5 masing ki-ka. skrg 36w dan optimis lahiran normal.
mulai skrg udah wanti2 ke suami kalo ntar pas persalinan ingetin agar aku gak merem. hehe
doakan lancar ya mom, HPL 10 okt.


*hugs

22

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

Hello moms..

Aku mata kanan minus 4, sedangkan mata kiri minus 4,25.
Kemarin cek ke JEC, dan Alhamdulillah katanya retinanya kuat untuk bisa lahiran normal.

Setauku yang berpengaruh itu ketebalan retinanya, jadi misalnya minus kita kecil tapi retina nya tipis.. harus mikir lagi buat lahiran normal karena takutnya pembuluh darahnya pecah.

Semoga membantu :)

23

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

septy norika wrote:
saya minus 6 dan 6,5 waktu awal periksa di KMN disuruh caesar, trus saya cari 2nd opinion di JEC dengan dokter yang lebih senior dan toleh,ternyata bisa mlahirkan normal, alhamdulillah


mom aku baru mau periksa di KMN nih.. dulu sama dokter siapa? boleh tau ga kisaran biayanya brp? mata kananku silindris 2,75 mdh2an bisa normal..aamiin..

24

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

Haii Mom...
aku juga lagi hamil 27 week anak pertama, dan minus ku kiri kanan 8 (Parah banget) aku pun berharap isa lahiran normal, dokter sih sudah kasih rujukkan ke spesialis mata... itu dari aku hamil 3 bulan..

Dan aku pribadi banyak cari tahu case yang sama ama aku, ada sih beberapa temen ku minusnya lebih parah dr aku mereka normal so far mereka ga ada masalah loh...

Trivena Stefanny Kennieta Widjaja
A Happy Mommy
@stefany_dicky |IG: Cempluk_shop

25

Topic: Mata minus dan melahirkan normal

yuhuuu.. gw minus 6 dan 5, ga cek retina juga ketebalannya gimana.. hehe.. pas nanya obgyn gimana nih, katanya gapapa bismillah aja.. akhirnya ya lahiran normal induksi tahun 2011 sampe sekarang syukur ngga ada apa2..

love. misskimos. baby