1

Topic: Manajemen ASIP

cunliy
tuh kan banyak tuh moms produksi mu, hebat bisa ampe 300 ml skali pompa
bener kata uniliachan, coba pumping tengah malam ato menjelang subuh de
gw sekarang pumping 2x dirumah, malam sebelum tidur sekitar jam 10, trus dini hari sekitar jam 2-3.. alhamdulillah bisa nutup produksi hari itu..
sisanya di kantor buat disimpen di kulkas
semangat yaa, mudah2an segera bisa dapet ritme pumping nya

2

Topic: Manajemen ASIP

aiiih, senangnya lihat ibu2 semangat belajar manajemen asip dan saling menyemangati. sekarang sudah jaraaang mompa di kantor, cuma di rumah aja seperti cHenduolll, sebelom tidur dan subuh jam 3-3:30. sekali mompa cuma dapet 300 2 PD. tapi lebih dari cukup buat si ganteng (9m); karena mam nya sudah banyak, minum air, jus, dll :)

tetap semangat ya! jangan lupa guling2 ke depan biar jadi ibu pintar.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

3

Topic: Manajemen ASIP

Simple nya tinggal di hitung in / out asip untuk bayi kita perharinya.
Idealnya out asip (di konsumsi bayi) dan in asip (hasil perah), minimal sama / bisa ke cover dalam setiap minggunya.

Berapa stock yg di butuhkan ? lebih banyak lebih baik... hitungnya juga mudah, tinggal di kalikan saja kebutuhan perhari x jumlah perputaran hari yg di harapkan.

Misal kebutuhan perhari bayi kembar mom cunily : 1200ml (12botol), berarti stock yg di butuhkan untuk bisa cover perputaran 1 minggu adalah 12 x 7 hari = 84 botol.
Selanjutnya pada saat udah kerja di usahakan hasil pumping juga bisa menghasilkan sekitar 12botol per harinya / tercover di akhir minggu (biasanya sabtu & minggu out asip lebih sedikit, dan jadwal pumping lebih banyak)

"Semangat ya mom..."

4

Topic: Manajemen ASIP

mamakenz and mom uniliachan, thanks ya advice-nya. Kayanya aku berencana untuk beli si freezer asip aja deh, soalnya kondisinya bakal tinggal di pondok mertua indah dan harapannya (fingercrossed) dalam waktu 2-3 taun udah bisa pindah ke rumah cicilan sendiri, jadi beli kulkas 2 pintunya pas udah di rumah sendiri aja deh. Kebetulan kulkas 1 pintu di rumah mertua juga udah nggak bagus, jadi kayanya si kulkas 1 pintu yang di kost-an sekarang bakal dialihkan jadi kulkas dapur (yah nasib masih numpang di rumah mertua, jadi serba salah kalo mau beli macem2, males di pindahannya--->curcol).

yang bikin gw ketar-ketir sih, berhubung HPLnya musim ujan---> banjir ----> pemadaman listrik. Mana taun lalu katanya air masuk rumah mertua sampe sebetis (nangis), dari sekarang mau nimbun ice pack&ice gel sepertinya.

5

Topic: Manajemen ASIP

waktu hbs melahirkan aku jg ud mulai nyetok asip,jauh2 hari sbelum cuti selesai.awalnya sih aku simpan di freezer kulkas biasa.tp bgitu freezer kulkas biasa ud hampir full,lgsg beli deep freezer khusus asip.drpd sewa,kl di hitung2 lbh hemat beli sendiri loh.dan biasanya kita bs jd terpacu utk bs nyetok asip sebanyak2nya.alhamdulillah,cuti 3bln selesai,target nyetok melampui dr harapan.si adek, 13mos, sampe skrg msh full asi and freezer pun msh full jg :D Pengalaman anak pertamaku gagal asix coz nyetoknya pas2an,baru mulai nyetok ud mendekati cuti berakhir and akhirnya waktu usia si kakak 4bln asipku ud kejar tayang dan akhirnya jd ga kekejar lg :(

Oh iy mom Kabochacake,waktu awal tahun kmaren yg musim banjir gtu,biasanya sih suka ada loh org2 yg berbaik hati mau menampung/di titipin asip org lain yg rumahnya kebanjiran.infonya sih biasanya lwt twiter atau di forum aimi jg ada deh.tp sbaiknya siapin ice gel/blue ice sebanyak2nya spy aman kl mati lampu.biasanya kl mati lampu,nyimpan asip di deep freezer,msh beku sempurna slm >12jam kok,asalkan freezer tdk srg di buka tutup.Pengalaman pribadi temanku siih

6

Topic: Manajemen ASIP

Moms mau nanya dunks, semoga gak OOT yaa.. Aku baru punya baby Jaden usia 1,5 minggu.. Udah nyoba segala cara untuk ngasiy ASIX, tapi produksi ku dikit.. tiap pumping maksimal cuma 40 ml/hari.. Sediiih bingits.. Padahal babynya nyusu ampir tiap jam.. Biasanya produksi ASi itu meningkat setelah brapa lama ya moms? TIA..

7

Topic: Manajemen ASIP

Mom Gretha, setahu saya, cara pengeluaran ASI yang efektif itu memang dihisap bayi, jadi mungkin kalau dipompa dapatnya 40ml, kalau dihisap bayi, bisa jadi lebih banyak.
Lagipula, sepertinya kalau baru 1.5 minggu bayinya, 40ml itu banyak. Itu 40 ml dipompa dalam keadaan ibu juga menyusui setiap jam? Jika demikian, maka itu banyak, saya dulu ga sebanyak itu kok. Masalahnya dengan ASI adalah, banyak atau sedikit itu tergantung bayinya. Jadi sebenarnya kalau ada orang orang lain yang suka (mungkin niatnya baik) mengecilkan hati kita dengan bilang kok cuma sedikit, jangan langsung percaya. kalau bayinya kenyang, dan berat badannya naik itu artinya cukup bu. Semangat ya Mom Gretha, dan pengalaman saya, percaya diri itu penting sekali dalam pemberian ASI. Sekali kita berpikir ga cukup, eh ASInya ga mau keluar nanti, karena hormon oksitosinnya rendah.

8

Topic: Manajemen ASIP

Huwaaa.. Maaciy banyak mom evimariani for d'info and support.. Iya itu sambil menyusui.. Tapi yg aku keluarin buat menyusui tiap jam jadi mencurigakan, kok bayinya ampir tiap jam minta nyusu terus yaa.. Paling lama dia bangun 2 jam.. Jadi kecil hati, jangan2 asi yg dia minum gak banyak makanya minta terus2an.. Ngukur dari hasil pumping juga segitu.. Pfhhhh.. Bikin khawatir bangets.. Tapi once again, maaciy yaa say.. XOXOXO..

9

Topic: Manajemen ASIP

mama lik4, thanks infonya yaa, helpful banget, jd bisa antisipasi dari sekarang sebelum si banjir melanda :)

10

Topic: Manajemen ASIP

Mom Gretha, bayi umur segitu biasanya hoby nyusu.bahkan ada yg berjam2 nyusu (plus ngempeng siih). Mungkin si baby lg dlm fase growth spurt (percepatan pertumbuhan),dia nyusu byk buat nge-gemukin bdnnya :) atau bs jg dia mencari kenyamanan di dekapan ibunya.buang jauh2 pikiran "asiku tdk cukup" atau tutup kuping kl ada yg blg "asimu sdikit,anakmu ga kenyang2 tuh".Asi cukup bs jg di lihat dr BAK bayi min 6x. Oh iy,produksi asi kita tdk bs di ukur dr seberapa byk nya hsl pumping.apalagi kl baru mulai pumping,biasa bgt kl hslnya sdikit. Awal pumping aku jg hslny cm 40-50ml aja. Tiap hbs nyusuin,aku pasti pumping lg,walo hslnya terkadang cm 10ml.tp lumayan lah buat di tabung utk stok.kan hsl pumpingannya bs di gabung dr pumpingan sbelumnya asalkan tdk lbh dr 24jam selisih waktu pumpingnya.kl rajin pumping & nyusuin,insya allah seiring waktu produksi asinya pasti meningkat ;)

Mom Kabochacake,your very welcome ^_^
Mudah2an musim hujan nanti ga banjir parah yaa

11

Topic: Manajemen ASIP

mom Gretha jangan kecil hati.. bener tu kata mom lik4 ASI ga bisa ditentuin dari hasil pumping..

12

Topic: Manajemen ASIP

bu ibu,, mau tanya klo baby umur diatas 6 bulan itu nyusunya tambah banyak or tambah dikit?
kan kena MPASI? kan kenyang gitu jadinya,, gimana itu?
aku bingung caranya ngabisin asi se kulkas freezer full,, ada sekitar -+ 500an botol, anakku minumnya dikit, akunya rajin pumping, jd nya surplus,,
sekarang ditempat kerja cuman pumping sekali doank, padahal dulu sampe 3x an.. hihihi

13

Topic: Manajemen ASIP

woow.. banyak banget hasil pumping nya mom rikhe_lind.. jadi iri saya..hahaha..
anakku sih emang minumnya sedikit.. wkt uda MPASI kayaknya minumnya pagi-sore cuma 3x60ml (sedikit banget yaaak)

14

Topic: Manajemen ASIP

Wow mom rikhe_lind, amazing bgt baca nya... posisi tenang tuh sampe anak 2 tahun, mudah2an ^_^

Anakku juga 2 mingguan lagi MPASI, sekarang aja udah surplus terus, apalagi ntar yaa. Alhamdulillah biarpun anakku nge-dot selama hampir 3 bulan ini (bertahap mau beralih ke spout), tp ga sampe bingput & hasil perah tetap mencukupi + ada lebihnya. Yg jadi masalah kulkasnya masih pake yg 1 pintu nih & space buat asip makin menipis.... heuheu (sambil mikir pengen ganti kulkas 2 pintu)

15

Topic: Manajemen ASIP

Mom rikhe_lind, mungkin bisa disumbangkan, AIMI atau milis asiforbaby biasanya bisa jadi semacam "penyalur" atau mempertemukan yang surplus dengan yang butuh. Soalnya juga, setahuku, lebih bagus kalau bayinya itu dapat yang tidak terlalu lama umur ASIPnya, karena komposisi ASI berubah sesuai kebutuhan umur. Jadi meski ASIP di freezer bisa tahan sampai 4-6 bulan, sebaiknya bayi 6 bulan tidak diberi ASIP yang ketika dia umur dua bulan, misalnya.

Mom Gretha, benar kata Mom lik4, kalau pipis dan BABnya banyak, artinya asupannya juga banyak, jadi ga apa apa bayinya nyusu terus.

16

Topic: Manajemen ASIP

momy momy aku ada pertanyaan mendesk nih. skarang lg di luar kota dn persedian botol dan plastik asip ku habis . and aku gak kenal kota ini. and apa bisa hasil pumping di simpan diwadah botol plastik minuman seperty oxcy .super 02? airx aku tuang digelas hotel. asip yg baru ku pompa
aku masukin ke botolx? ada yg tau dicirebon beli plastik asip dimana? pleese pleese.

17

Topic: Manajemen ASIP

hary

masukin botol kacanya uc1000 aja mom.. tp cuci bersih dulu tu botol nya.. klo bisa sih di steril dulu :D HTH

18

Topic: Manajemen ASIP

mom rikhe_lind

kalo bisa frekueansi pumping jangan dikurangi. gpp pumping terus untuk menjaga produksinya. untuk ASIPnya bener yang dibilang mom evimariani, bisa didonorkan. pada saat menjelang baby umur 6m, memang produksi asi lagi banyak banyaknya tapi biasanya menyusut seiring bertambahnya umur anak. Puncak pumping saya juga pas baby umur 6m, tetapi ketika umurnya bertambah, dia sudah makan, kebutuhan asi biasanya juga menurun dan produksi asi juga menurun karena sesuai prinsipnya asi, supply by demand. Mengikuti umur bayi. pada saat baby umur setahun freezer saya masih full. ternyata saya hamil lagi dan memutuskan berhenti pumping karena produksi asi langsung drop, dari yang sekali pumping bisa 90-120mL turun menjadi 20mL saja. Untunglah satu freezer penuh ini tidak saya buang dulunya. Sekarang Shaq udah 14m26d, jujur aja saya hanya mengandalkan asip di freezer. Masih sisa 4 rak lagi dan kalo saya hitung insyaAllah cukup untuk sampe umur Shaq 18bulan. Betapa membantunya stok ASIP ini.

Plan saya after 18 bulan Shaq bakal saya kasih jus saja siang harinya karena sepanjang saya dirumah pada saat tidur dia ngga berhenti nenen dan berdasarkan yang saya baca sebenernya umur 1y+ konsumsi susu hanya 30% lagi aja... Doakan tetep bisa sukses ke S3 asi ya mom... benar benar berasa beratnya perjuangan saya nih. hihi.. jadi curcol.

Lia Chan
Shaq and Sean's Mom
http://qeixalya.blogspot.com/

19

Topic: Manajemen ASIP

Wooow salut buat mom rikhe_lind, bs stok sampai sebanyak itu ;)
Benar kata mommy2 lain, sebaiknya frekuensi pumpingnya jgn di kurangin,spy menjaga produksi asi.Ga pa2 surplus terus.kl bingung sama stok asip yg numpuk,yaa ada 2 pilihan sih,antara di buang atau di donorkan. Kl saya pribadi,saya pilih utk di donorkan.tp yaa ga sembarang donor jg sih.saya punya kriteria penerima donor dan syarat2 tersendiri utk menjaga mahram saya. Dan sampai skrg pun saya msh menjalin komunikasi looh dgn beberapa penerima donor asip saya :) Tp donor asi msh menjadi pro dan kontra jg yaa,jd balik ke diri msg2 aja . HTH ya mom ;)

walo saat ini kita punya byk stock asip,kan kita ke dpn nya ga tau apa yg bkl terjadi. Contohnya kyak mom uniliachan,tiba2 di ksh rejeki hamil lg ^_^ atau kl misalkan kerja,tiba2 kita di suruh tugas ke luarkota bahkan ke luarnegeri utk beberapa waktu, atau tiba2 tubuh kita lg ga fit/sakit, pasti tertolong punya byk stok asip tuh :D

20

Topic: Manajemen ASIP

hi moms...saya newbie ni diTum n a mom to be (35w). saya berniat asix utk baby n optimis asi saya melimpah ruah, hihi.. krna saya working mom, sy berniat nabung asip selama cuti nanti. apa lagi saya nanti LDR an ama baby..huhuhuu... baby sama neneknya, saya kerja beda kota 4jam dan plg tyap weekend saja :(

yg mau saya tanyakan moms... asip hasil perahan saya selama hr efektif kerja(senin-jumat) itu dibekukan apa ditaruh chiller aja ya mom? asip itu rencana utk stok next week pas ditinggal kerja lg.. mohon pencerahannya moms...


*hugs

21

Topic: Manajemen ASIP

chietraayu
Saran sy sih di bekukan aja ya mom, soalnya pas masa cuti kan nabung asi juga tuh .. jadi hasil perahan selama hr efektif kerja(senin-jumat) mungkin ga akan terpakai di minggu selanjutnya, karena harus menghabiskan stock yg sebelumnya ada dulu (FIFO : First In First Out)

22

Topic: Manajemen ASIP

Penyimpanan ASIP masuk Manajeman ASIP g ya?
mau nanya ni mom....
kalau anak sudah lebih dari 13 bulan, boleh g sii ASIP nya ditaruh di plastik kiloan itu lho yang sebelumnya digojakin air hangat?

saya mau tanya aja, soalnya waktu itu saya pernah lihat di freezer busui juga di poto sosmed gitu ada beberapa ASIP yang ditaruh di plastik kiloan

saya masih menggunakan botol kaca untuk penyimpanan dan pemberian

23

Topic: Manajemen ASIP

elzahra

Beberapa ada yg bilang aman ma, tapi sebaiknya gunakan plastik yg ada logo seperti ini, dan pilih untuk logo no 4 atau no 5 (paling baik)

http://artikle.files.wordpress.com/2010/06/recycling-logos.jpg
http://artikle.files.wordpress.com/2010/06/recycling-logos.jpg

24

Topic: Manajemen ASIP

MamaKenz plastik kiloan kan kayaknya g ada tanda itu ya?
plastik yang merk tomat dll itu lho maksud saya

25

Topic: Manajemen ASIP

chietraayu peluk dari jauh dulu ya...hebat banget LDR sama NB, sebaiknya sich nabung ASIP dari umur bayi 1 minggu paling tidak dan jangan mengurangi frekuensi mompa, akrena sedikit mengurangi frekuensi mompa itu akan mengakibatkan turunnya supply.

kalau seandainya ASI melimpah saran saya gunakan kombinasi FIFO dan NIFO. berapa FIFO dan berapa NIFO itu tergantung banyaknya ASIP yang di tabung dan supply current