1

Topic: Pusar Bodong

Mamas, ada yang ngalamin gak anaknya pusernya bodong (menonjol keluar)

Ceritanya nih, anakku bru aja puput puser. Tapi oh no, diliat-liat koq pusernya nonjol sih? Mana cewek lagi. Padahal kakaknya pusernya bagus2 aja. Apa karena perawatan puser yang keliru? Huhuhu...

Ada yg bilang lama2 masuk sendiri tp gerah juga ngeliatnya...

2

Topic: Pusar Bodong

Saya coba bantu ya
Waktu babyku baru lahir ada minta bidan dateng ke rumah kira2 10 hari utk mandiin baby
Nah diajari waktu udh puput pusar, duit logam 2/3 biji dibungkus di kasa alkafil trus ditaruh di pusar trus di iket gurita (iketan normal bukan kenceng2)
Oh ya pusarnya harus di tetesi dikit betadine
Tiap mandi ato pup oipis gurita dibuka di cek duit logamnya lari2 ga
Tiap habis mandi kasa alkafil diganti, pusar ditetesi betadine
Bersyukur hari ini baby girlku nda bodong..
Semoga info membantu..

3

Topic: Pusar Bodong

aku ga pake koin karena di larang bidan sama dokter takut infeksi..
pake gurita cuma 10 hari pertama doang, pusernya aku bersihin pake alkafil trus tutup pake kasa steril aja,,trus iket biasa
puser bodong itu karena otot perutnya belum kencang jadi masih keluar si pusernya..
sebulan pertama sih emang bodong gitu,,
setelah beberapa minggu,,
baru deh masuk pusernya,,

4

Topic: Pusar Bodong

MaminyaFrey anak terakhir kemarin sempet menonjol banget banget pusarnya,udah takut aja bakal bodong,padahal cewek. akhirnya cuma berusaha menerima aja dan ga diapa2in,hihi. tapi sekarang pusarnya malah masuk sendiri dan jadi paling bagus :D

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

5

Topic: Pusar Bodong

gw dua anak, perawatannya sama....hasilnya beda :D

kk nya udelnya normal, adiknya bodong. kalo kata dokter, itu karena bagian dalem udel nya masih berlubang. ampe disuruh pegang sama dokter... dan kerasa kayak jeli2, nah itu usus nya.
nah, katanya kalo emang bakatnya begitu mau dikasih uang logam jg gak ngaruh.
bener, takut penanganan terhadap si koin ga bener nanti jatohnya malah infeksi malah berabe.
nah... gimana dong....
dokter anak gw bilang ya tunggu aja lubangnya menutup. kl ngga menutup sampe usia 4th (kl ga salah) berarti anaknya mengalami hernia umbikalis (mudah2an ga salah nulis n penjelasan). n baru nanti diambil tindakan.

Kalo Kalam memang sekarang (1th4bln) udelnya masih bodong sedikit. tp makin hari keliatan makin masuk sih.

saran gw coba dikonsultasiin sama dokter anaknya. biar ga salah penanganan.

cepet masuk ya udeeeeelllll *cupmuaaaaah*

Bussy life...happy life...

6

Topic: Pusar Bodong

dewiamel, iya aku juga baca2 soal hernia umbikalis, itu seperti bawaan lahir, aduh mudah2an bukan deh.

Sementara ini sih msi aku biarin dulu. Diliat dulu sebuln ini deh. Makas mama mama yang sharing yaa

7

Topic: Pusar Bodong

Sebenernya normalnya brp bulan ya puser masuk? Anak pertama sering pake koin yg dikasain sih sebelum 2 bln pusernya udh masuk.. Sekarang dedeknya 1,5bln ga dipakein koin tapi pake gesper jasper yg buat di puser. Udh "agak" tidak menonjol sih tapi kalo nangis mah suka keluar.. Malesnya kalo dikomenin neneknya nih kok blm masuk2 nanti bodong , kok kayak aku gak bener perawatannya

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

8

Topic: Pusar Bodong

Pengalamanku, setelah babyku puput pusar, pusarnya bodong jugaa.. Pas tanya ke dsa langganan ku gimana, kata dia biarin aja, tar di atas 6 bulan sampai 1 thn juga hilang sendiri.. Dia malah ga kasih pake koin dll malah takudnya infeksi..
Ternyata bnerann.. Skrg babyku 3mo, pelan2 mulai rada masuk pusernya.. Jadi ud ga keliatan bodong, uda masuk kedalam sendiri.. Biasanya pas sebelum mandi, aku isenk kayak di cubit gt perut deked pusarnya jd rada masuk pusernya.. Tapi pas baby angkat kaki sendiri gt biasanya keliatan rada masuk juga koq.. Lama2 keqnya sih ilang sendiri.. Mgkn beda2 sih.. Ada yg bilank, kalau menonjolnya ga extreme biasanya bakal masuk sndiri, kalau extreme biasanya ada kemungkinan hernia umbilical..

9

Topic: Pusar Bodong

MaminyaFrey Jagoan kecilku Satria pas puput pusar juga agak keluar, dan sempat takut pusarnya bodong tapi setelah dibiarin aja, masuk sendiri ahahhaha, dan alhamdulillah sekarang pusarnya nda bodong

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com

10

Topic: Pusar Bodong

eh, gw juga sama dengan ayunohime, pas anak ketiga puput puser tanpa sengaja (ketarik huhuhuu..) keliatannya bodong, tapi lama2 masuk ke dalem tuh, jadi mudah2an babinya MaminyaFrey juga gitu ya..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

11

Topic: Pusar Bodong

Anak saya, Raka, waktu puput pusar nggak bodong. Tapi herannya sekitar umur 1 bulan mulai 'keluar' dan jadi kelihatan bodong lumayan parah. Keluarga sempet rada panik karena di keluarga besar nggak ada yang bodong.

Menjelang umur 2 bulan, Raka disunat. Dokter bedah anak yang sunat ngeliat pusernya, dan dia bilang ada kemungkinan Raka harus dibedah.

Menurut dia, bodong pada bayi itu biasa JIKA diameter pusarnya di bawah 1 cm. Di bawah ukuran tersebut, bodong akan normal dengan sendirinya sebelum umur 4 bulan.

Nah, menurut si dokter, diameter pusar Raka pas 1 cm, jadi ada kemungkinan bisa normal ada kemungkinan bodong terus.

Menurut si dokter lagi, bodong yang dibiarkan bisa kejepit dan sakit kalo udah gede *yang ini saya baru denger, tapi karena yang ngomong dokter, saya pun mulai deg2an*

Bulan berikutnya, saya kontrol ke dokter anak dan tanya soal bodong ini. Menurut dia, hernia umbilikalis (bodong) tidak berbahaya. Jadi kalau mau dibedah pun sifatnya kosmetik saja (hanya untuk memperbaiki penampilan).

Saya konsultasi ke dokter anak yang lain, juga dibilang hal yang sama.

Lah saya jadi ragu sama kredibilitas si dokter bedah anak. Apalagi saya googling juga katanya bodong tidak berbahaya.

Terlepas dari itu, ternyata sebelum usia 3 bulan, pusar Raka udah nggak bodong dengan sendirinya. Malah sekarang pusarnya mblesek banget karena perutnya endut. Hihi

So... nggak usah kuatir kalo anaknya bodong. Umumnya bakal kembali normal sebelum usia 4 bulan.

FYI, yang saya tau dari konsultasi ke dokter2, treatment apapun nggak bisa untuk menghindari bodong kalo emang bawaannya udah begitu. Dan bodong bukan turunan juga. Kalo kata salah satu dokter, bodong itu seperti tahi lalat, bukan diturunkan, tapi ya dari sananya aja udah begitu.

Semoga sharing ini berguna :)

12

Topic: Pusar Bodong

Hello,

Mau sharing aja nih... Babyku Mikayla sekarang 7,5 bulan. Waktu lahir prematur (32 weeks, 1,5 kg), pusarnya puput lumayan cepat (kata suster karena masuk inkubator, nggak tau bener apa nggak). Setelah sebulan di rs, akhirnya baby yla boleh pulang. Pas di rumah kami baru sadar kalau dia bodong karena umbilical hernia. Karena baby yla kecil banget (1,8 kg waktu pulang ke rumah) aku n hubby nggak berani kasih dia koin, gurita or whatever yang orang2 saranin karena menurut perinatologisnya ada resiko infeksi apalagi bayiku prematur jd lebih rentan infeksi.

Dan benar aja, setelah 3 bulan, baby yla seperti punya balon kecil di perutnya, yang bisa kembang kempis (kalau dia lagi ngeden atau nangis pusarnya terisi darah jd besar banget, kalau lagi bobo ditekan bisa masuk). Buat orang lain, ini freaky banget sampai orang tua n mertua sewottt...

Setelah aku n hubby yakin pertumbuhan baby yla baik dan nggak ada masalah kesehatan, sekitar bulan ke-4 akhirnya kami berani kasih dia koin dipusar. Caranya tunggu sampai babynya tenang, pusarnya agak ditekan sama koin yang dibungkus kain kasa, lalu ditutup/tempel pakai hypafix.

Di bulan ke-6 baby yla udah nggak punya "balon" di perutnya lagi :) walaupun masih terhitung bodong, aku udah nggak kasih dia tempelan koin lagi... kata dokter sih bakalan masuk sendiri... :)

Semoga sharing ini berguna ya :)

13

Topic: Pusar Bodong

Kalau anak saya Joel (sekarang 5.5m), sejak puput pusar memang sedikit bodong, apalagi Joel suka sekali menangis sambil menahan tenaga gitu , sehingga seluruh tubuhnya merah2... Kebetulan saya menggunakan jasa babysitter yang memang pengalaman untuk anak newborn sampai 1 bulan, beliau bilang tidak apa2, tidak perlu ditekan dengan koin juga, nantinya akan masuk sendiri.. :) dan memang setelah 1 bulan lebih, pusar Joel masuk sendiri, memasuki usia 2 bulanan sudah cantik dan tidak bodong.. :)

O ya saya pernah baca di internet, katanya pusar bodong atau tidak, sedikit banyak dipengaruhi oleh genetika juga.. (lupa sumbernya)..

semoga bermanfaat sharenya :)

14

Topic: Pusar Bodong

ikutan share ya mom,

anakku (2,5bln) pusernya agak menonjol keluar, hehe.. Trus DSAnya nganjurin pakein, kaya ikat pinggang gitu di perut baby, belinya di mot**rcare namanya jasper. bahannya stretched gitu, dan di bagian tengah pas di pusernya, agak tebel kaya jendolan gitu, fungsinya supaya menekan pusernya si baby..

Lumayan mom, ga terlalu menonjol sekarang, intinya harus rutin makein si,,

Being a mother is learning about strengths you didn't know you had, and dealing with fears you didn't know existed.
~Linda Wooten

15

Topic: Pusar Bodong

sekedar share aja,2 anakku puser nya bodong,aku sich agak cuek,tp mertua yg rajin pakein koin.hasilnya sich emang bagus,tp gak tau jg itu akibat koin atw bkn.
tp ada anak tetangga pusernya bodong,udah umur 5th, emang klo pas lg pake baju agak ketat kliatan nonjol gitu.jd mama nya risih,akhirnya dia bwt gurita sndiri n pakein koin.skrng sih agak mending,g nonjol lg wlaupun gak masuk bgt jg.

16

Topic: Pusar Bodong

anakku 3bulan, wkt pusernya puput gk bodong ya..tapi setelah sebulan lebih baru deh keliatan pusernya bodong apalagi memang baby suka nangis kejer sampe muka merah padam gitu... waktu disunat kemarin kita tanyakan ke dr bedah anak dan beliau bilang itu hernia ya... ditunggu sampai sekitar 4 bulan untuk observasi terus. Biasanya akan masuk dengan sendirinya. Nanti setelah 4bulan kalau diameter lubangnya membesar baru akan pikirkan kemungkinan operasi walaupun sebenarnya bisa tunggu sampai 1th.

Mudah2an akan menutup sendiri deh karena waktu ditekan sama dr nya, lubangnya kecil jadi ada kemungkinan menutup sendiri. Tapi bayi tidak boleh dibiarkan nangis atau batuk terlalu lama yang akan menghambat proses penutupan lubangnya. Dannnn...gak boleh dipakein koin, bisa menyebabkan infeksi dll yang malah akan menambah masalah nantinya.

Kemarin waktu ketemu DSAnya, dibilang bisa ditunggu sampai 2 thn kok untuk menutup sendiri sebelum melakukan tindakan apa2.

17

Topic: Pusar Bodong

waktu Kinar umur sebulanan pun pusernya bodong. Malah keliatan banget nonjolnya, ditambah Kinar ini suka nangis kenceng dan suka ngeden2 gitu. Tambah bodong lah itu puser. Ngeri banget liatnya. Pas pake baju pun, keliatan banget ada tonjolan di perutnya.

Pas konsultasi ke dokternya, malah dia nganjurin untuk pakein koin dilapisin kaen kasa steril setiap habis mandi.

Koin dibungkus kaen kasa steril dan diberi plester putih. Memang agak tricky sih cara ini, karna ga tega banget tiap mau lepas plester putihnya itu. Buka pasang plester, begitu terus setiap harinya.

Dan kalo mau dibuka plesternya, harus di basahi pake baby oil dulu. Dan setelah di lepas plester, perutnya juga harus selalu kondisi di olesin baby oil. Oia... koinnya harus di rendam di alkohol dulu.

Alhamdulillah phase itu sudah berlalu. Umur 8 bulanan, perlahan tapi pasti mengecil pusernya..masuk kedalem. Dan sekarang Kinar usia 18 bulan, udah bener2 bagus pusernya kedalem..:D

18

Topic: Pusar Bodong

desweet
Wah baru tau ada juga dokter yang nyaranin pake koin ya??
Aku lupa tepatnya pas usia berapa bulan, tapi Luke gak pernah dikasih koin sih. Akhirnya rata sendiri kok pusernya. Kalau gak salah sekitar usia 6bulanan gitu ya, sekarang Luke hampir 20 bulan.

Senang luar biasa ya ngeliat puser yang akhirnya gak bodong hihihi.

19

Topic: Pusar Bodong

coba colek teh Ninit, dulu pernah share pake tape yang dari rumah sakit gitu supaya pusar gak bodong.

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

20

Topic: Pusar Bodong

@Evaws iya mama...dokternya yang nyarain begitu malahan :D asalkan koinnya harus bener2 steril dan kaen kasanya juga harus ganti terus tiap kali abis mandi. Rempinaaaa banget deh. Tapi ternyata berhasil.. :D

@Honey Josep nah iyaa..pake tape yang dari rumah sakit itu..warna putih.. :D

21

Topic: Pusar Bodong

http://theurbanmama.com/pics/2009/12/3939423069_c6c1d54f59_m.jpg http://theurbanmama.com/pics/2009/12/3940200488_2ba35f7cac_m.jpg

aduh dicolek honey... :)

desweet,
nah kalo aku seperti foto di atas sih. simple. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

22

Topic: Pusar Bodong

@Teh Ninit

Oalaah..iya ya lebih simple kayak gitu..
TFS ya teeh.. ;)

23

Topic: Pusar Bodong

desweet dan lebih higienis :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

24

Topic: Pusar Bodong

desweet,
sama2 desweet :) simple bangettt dan tinggal ganti aja tiap hari itu plesternya :) dan bener kata honey, lebih higienis.
gampang kaaan... :) selamat mencoba.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

25

Topic: Pusar Bodong

Pusernya ale jg bodong nih.. Kemaren sempet ke dsa dan disuruh pake koin.. Jd dipake deh tu koin bbrp hari, tp ga ada perubahan.. Baca2 pengalaman ibu2 diatas jd ga terlalu khawatir krn ada jg yg smpe 8 bulan baru masuk tu puser.. Sekarang sih lg nyobain caranya teh ninit.. Kita lih at deh gimana perkembangan kedepannya.. Ntar saya laporan lg klo cara ini berhasil.. Hehehe