301

Re: Resep MPASI Menggunakan Slow Cooker

Masih ragu nih beli slowcooker. Takutnya nggak kepake.

Last edited by Tinsutartini (2014-06-05 14:44:27)

302

Re: Resep MPASI Menggunakan Slow Cooker

mini_maxi wrote:

Mom.. Kalau sayuran seperti bayam kan ga boleh dimasak dr awal y? Jd pas bubur sudah jadi atau gmn? Br mau coba bikin bubur manado versi bayi haha

kalo bayem emank ga boleh di masak lama bund, biasanya dulu athaya aku rebusin bayem sendiri trus nt pas mau makan di comapur ke buburnya deh.

happy mother,working mommy, but always try to give the best for my Princess " Athaya"

303

Re: Resep MPASI Menggunakan Slow Cooker

mini_maxi wrote:

Mom.. Kalau sayuran seperti bayam kan ga boleh dimasak dr awal y? Jd pas bubur sudah jadi atau gmn? Br mau coba bikin bubur manado versi bayi haha

Maaf ga menjawab malah nanya, bubur menado resepnya gimana ya? Bisa di share ga? TIA

304

Re: Resep MPASI Menggunakan Slow Cooker

Hi moms, baru beli slow cooker nih dan baru bikin stock kaldu ayam kampung, berkat moms di sini big_smile

Tapi mau nanya ni, kalo mau pake kaldu beku buat di SC, harus dicairin dulu ngga? Atau langsung dimasukin ke SC dalam keadaan beku?

305

Re: Resep MPASI Menggunakan Slow Cooker

LokiCharms wrote:

Hi moms, baru beli slow cooker nih dan baru bikin stock kaldu ayam kampung, berkat moms di sini big_smile

Tapi mau nanya ni, kalo mau pake kaldu beku buat di SC, harus dicairin dulu ngga? Atau langsung dimasukin ke SC dalam keadaan beku?

Ga usah LokiCharms langsung di cemplungin aja kok.. smile
Simplenya masak pake SC.. hehe *emak males*

306

Re: Resep MPASI Menggunakan Slow Cooker

hai mamas...
mo ikutan review slowcooker ah...
2 mggu pemakaian, aku mo bilang i love my slow cooker so much!!!
penyelamat banget deeh,, apa lagi buat aku yg gak bisa masak. bayangin, masak nasgor sama telor ceplok aja jagoan laki gw.. hahahaha tongue
aku make slowcooker merk takahi yg 1,2L. 2 mggu ini si semua bahan aku cemplung2in aja gituu...
sekitar jm 10 aku masukin 2-3 macam sayur di potong kecil2, beras 1-2 sendok, ayam di potong kecil2 ato daging giling 2 sendok, sama air (belum sempat bikin kaldu, haha weekend ntar deh baru mo bkin tongue). utk airnya aku pake takaran 1 sendok beras untuk 90-100ml air, emang jadinya masih lembek banget itu buburnya. tpi klo udh di bejek2in sma sayur + daging/ayamnya ntar gak gitu cair bgd kok jadinya. hahaha big_smile
udah mulai mo ngajarin ngunyah ni, soalnya pernah baca klo umur 7 bln mending di bejek2 aja drpd di saring. CMIIW smile
sc emang penyelamat bgd deh, terutama buat emak2 sok sibuk dan gak bisa masak (literally gak bisa yg bener2 gak bisa :')) macam gw.. hahahaha

btw mamas, nanya dooong..
kalo takahi 1,2L gitu masak beras sma daging/ayam pake settingan low gtu rp jam ya? soalny slma ini pake high trus. prnah pake low, dr jm 10 smp jm 6 kok belum masak juga yah? di ubah setting high, jm 8 baru deh siap jdi tim.
trus kalo pake setting auto brp lama ya? blm prnah coba ni soalnya. hehe

307

Re: Resep MPASI Menggunakan Slow Cooker

Hi all moms.. sy pendtg bru nii :-)

Mau nanya nii.. para moms buat nya asal cemplungin gt jd nya tuh bubur untk 1 mkn ato gmn..??

Soalnya kalo dr pagi masa bs untk sampe sore.. kandungannya gpp dibiarin panasin pagi sampe buat makan mlm..?? (Maaf klo terkesan bego)
Maklum bru x ini tangani buat mpasi sendiri

308

Re: Resep MPASI Menggunakan Slow Cooker

Mozha wrote:
LokiCharms wrote:

Hi moms, baru beli slow cooker nih dan baru bikin stock kaldu ayam kampung, berkat moms di sini big_smile

Tapi mau nanya ni, kalo mau pake kaldu beku buat di SC, harus dicairin dulu ngga? Atau langsung dimasukin ke SC dalam keadaan beku?

Ga usah LokiCharms langsung di cemplungin aja kok.. smile
Simplenya masak pake SC.. hehe *emak males*


Bun.. mau nanya resep buat kaldu pke SC gmn ya..?? Lama ga..??

309

Re: Resep MPASI Menggunakan Slow Cooker

Mo ikut share aja.. slama ini pk sc yg 0.7L . Kalo aku sekali buat bisa untuk 3-4 kali makan. Jadi kl udh mateng langsung aku pindahin ke tempat lain.. baru kl dah  agak dingin masukin kulkas deh.. kalo mo makan tinggal diangetin lagi..
So far sih ga papa dan anaknya suka2 aja.. cuma memang paling wangi kalo baru mateng.. smile..

310

Re: Resep MPASI Menggunakan Slow Cooker

nety wrote:

Hi all moms.. sy pendtg bru nii :-)

Mau nanya nii.. para moms buat nya asal cemplungin gt jd nya tuh bubur untk 1 mkn ato gmn..??

Soalnya kalo dr pagi masa bs untk sampe sore.. kandungannya gpp dibiarin panasin pagi sampe buat makan mlm..?? (Maaf klo terkesan bego)
Maklum bru x ini tangani buat mpasi sendiri


kalo aku sekali cemplung biasanya untuk 1 hari (3x makan)
untuk kndungan gpp si kyaknya (meyakinkn dr sndiri) tongue soalnya kn slow cooker prinsipnya msaknya pelan shgga nutri trjaga, lagian masakan org dewasa jg d msak 1x tahan seharian kan? (ini prinsip gak tau bener kagak si yee,, tpi biasa kupake untuk meyakinkn diri. drpd parnoan sndiri smile) yg pntg si liat perkmbangan bb anak ajaa smile

311

Re: Resep MPASI Menggunakan Slow Cooker

moms..heellppp..sudah 2x masak pake takahi 1.2 gagal..aku masukin beras kira2 dua genggam,daging cincang 3sendok mkn,potongan wortel dan potongan buncis di set ke low jam9mlm..aku cek jam6 masih berbentuk beras,tp tutup nya itu berembun berarti tandanya panas dong ya dan emg ada proses memasak kan logikanya gt..dan bagian luarnya aku pegang pun panas tp knp ya?aku settinglah ke high dan kira2 sejam kemudian beras udh jd tim tp daging mah dan sayuran msh keras..dicoba lg malemnya..cuma masak daging potong kecil2,wortel dan buncis potong kecil2 bgt siapatau cpt mateng..aku set lg di low jam 7mlm dan dicek jam4subuh..taraaammm msh keras..dan blm mateng benerlah pokonya..aku tinggal lg sampai jam6..dan sama ajaaa..asliiii pada ga mateng tp emg udh berubah warna..jd sayur tu kaya yg udh kelamaan dimasak gt warna nya tp samsek ga empuk..knapa si moommmsss??desperado ini krn ekspektasinya super tinggi bgt sama sc takahi ini tp ternyata kecewa berat dehh..huhu help moms..dimana ya letak salahnya?mohon petunjuk nya niiii.

312

Re: Resep MPASI Menggunakan Slow Cooker

eh ada yg ga lengkap..itu semua tentunya aku tambahin air ya moms..yg pertama masak tambah air 2buku..yg kedua kira2 stengah pot deh..semoga ada yg bisa kasih pencerahaaann huhuhu..thank you moms

313

Re: Resep MPASI Menggunakan Slow Cooker

halo mamas...

selama ini cuma jadi silent reader nya Urban Mama.. sekarang mau sharing pengalaman aku pake sc nih..

jadi dulu waktu anak aku usia 5 bulan baru di kasih mpasi yg puree gitu seperti puree kabocha, kentang, pepaya, apel, dll nah 6 bulan dikasih gasol, baru pas 7 bulan start dengan bubur nasi.. cara bikin bubur bayi yg terlintas di pikiran aku ya cuma dengan slow cooker.. jadi pertama aku beli sc yg uk 0.7l (rekomen dr ipar yg katanya pake 0.7l sudah cukup)..

aku pake takahi 0.7 sejak anakku usia 7-10 bulan.. porsi makan awal hanya sedkit dan makin hari makin bertambah sesuai dengan kebutuhan si bayi.. begitu juga dengan tekstur nya ya moms,, jadi awal pasti agak encer, dan makin lama makin kental.. kalo aku pake sc ini udah gak di saring lagi.. karena hasil masakannya kan udah lembut banget ya,, kalo mau jadi nya bubur banget, pas udah mau mateng (kurleb 3 jam lebih) di aduk2 terus (emang pegell) sampe tekstur nya lebih halus, kalo masih kekentalan boleh ditambah kan air panas sedikit2..

sekarang anak aku sudah 10.5 bulan dan porsi makannya juga sudah lebih banyak, ditambah gigi yg baru tumbuh 2, jadi aku belum berani kasih makanan selain bubur.. dan s yg 0.7l pun sudah tidak mumpuni lagi, karena setiap x masak jadinya ya luber2 gitu.. akhirnya aku putuskan untuk beli lagi sc takahi yg 1.2l (tinggal lah bapaknya marah2 big_smile)

so far baca2 di thread sebelumnya sepertinya susah sekali ya mom untuk menentukan ukuran beras dan air yg pas.. tapi cara aku ukur nya adalah aku taruh dulu beras, daging, kaldu, air di wadah sc yg 0.7l baru aku pindah ke wadah sc 1.2 kalo aku ukur sih air nya kurleb 1 ruas jari telunjuk dari dasar pot,, kalo mau masukin wortel lagi (atau bahan lain yg masaknya di awal) airnya tambahin aja dikiiiit lagi..

aku masak set nya di auto.. meurut aku sih kalo di sc takahi 1.2 yg ada set auto nya itu memasaknya sama seperti takahi yg 0.7 (kurleb 4 jam) dan baca2 di forum, kayaknya kalo set di low jadi nya bs 8-10 jam x ya moms?? trus kalo set nya di high katanya bs cuma 2.5-3 jam aja sudah matang.. CMIIW

sekrang lagi bingung2 nya nih mau kasih variasi makan ke anakku.. ada rekomendasi gak ya mom boleh di kasih variasi makan apa aja selain bubur?? sempet baca juga ada resep sop atau semur untuk usia 9m+ tapi kok aku masih ragu yaa.. takut baby nya belum bs kunyah yg begitu sad

314

Re: Resep MPASI Menggunakan Slow Cooker

Lapor mamas.. Eh salam kenal dulu, slama ini cuma jadi silent reader ajja big_smile

Akhirnya selesai juga baca thread ini tadi pagi dan langsung praktekin masak bubur buat maksor baby izzan (7m)

Jadi jam 10 tadi start mulai cemplung2 bahan, oia aku pake takahi 0,7L.
-2 sdm beras putih organic, daging giling, wortel parut, buncis potong kecil2, jagung manis pipil, daun salam. Gambling dan campur bismillah tambahin air matang 150-200ml (belum sempet bikin kaldu soalnya huhuhu).

Jam 11-an dicolokin trus barusan (stelah 4 jam) dicek udah jadi aja gitu, lebih ke tim lembek sih tp mendekati bubur *bingung tongue*, daging dan sayuran pun udah mateng/ empuk semua. Ngrasa masih tll kental krn ini 1st time baby izzan makan bubur saring akhirnya aku tambahin air lagi sdikit dan aku tutup lagi posisi masih dicolokin. Rencana jam 4 sore nanti aku cek lagi dan siap buat aku kasiin ke baby izzan. Semoga dia suka *cross finger*

Thx a bunch ya mamas, threadnya berguna sekali dan bikin pedeku naik level hehe.. Sebulan kemarin si SC masih ngejogrok aja di lemari soalnya izzan masih makan puree buah/ sayur, oatmill, kentang, sm tepung beras merah aja buat karbonya. 

Langsung jatuh cinta pada praktek pertama deh sama si SC :*

315

Re: Resep MPASI Menggunakan Slow Cooker

hallo Mamas,

nanyaa donk, newbie bgt nih. lagi nyari informasi sebanyak2nya ttg mpasi. kalo pertama2 kan baiknya bayi di kasih buah2an gitu kyk apel, pear, pisang. nah, ini perlu di masak pake SC dulu kan yaa sebelum di haluskan pke food processor?

316

Re: Resep MPASI Menggunakan Slow Cooker

moms.. ikutan review ttg slow cooker.. jatuh cinta sama sc karena bubur yg dihasilkan lembut.. baru berani bikin bubur biasa tanpa campuan apapun.. karena pernah masukin toge.. ternyata malah muntah.. dan baru tau ktnya toge ga boleh y dikasi ke baby? krn kmrn dicampur dibubur baunya juga aneh.. cmiiw

btw kenapa y mak.. klo aku bikin bubur di sisi sekeliling potnya berkerak seperti intip.. klo seperti itu karena kurang air kah? patokannya 2 sendok makan airnya seruas jari y mak?

mohon pencerahan..