1

Topic: Benjolan di Payudara

auliaInsani untuk pemeriksaan benjolan di tubuh (yang dalam bahasa medisnya disebut tumor), baiknya ke dokter bedah ahli tumor atau spesialis bedah onkologi (SpB.Onk).. Cek juga fasilitas rumah sakitnya, karena mungkin dokter akan merujuk untuk di usg mamme atau mamografi (untuk di atas 40tahun).. Semoga gak apa2 yah :)

ndatha, turut berduka yah.. Terimakasih sharingnya..

2

Topic: Benjolan di Payudara

dear urban mama... aku mau sharring...aku juga lagi ngalamin nii mama... waktu menyusui anakku sekitar satu setengah tahun yang lalu, terasa ada benjolan di dekat puting di PD sebelah kanan..tidak sakit tp cukup terasa.. aku juga mikir mungkin itu endapan ASI.. tp setelah berhenti menyusui pun benjolan belum hilang.

Akhirnya aku ke Jakarta Breast Center di Jl. Kramat VI No.24 telp 0213106681 atau di 0213107483 dengan dokter Evert (sekalian ngasih info siapa tau ad yg membutuhkan) :)

Beliau dokter senior dan katanya tangan dingin.. kebetulan tanteku dari pihak suami pernah operasi pengangkatan payudara dengan beliau, dan sampai hari ini alhamdulillah masih sehat walafiat..

Aku disuruh USG.. hasilnya ditulis Fibroadenoma dan ada Kista nya jg (ternyata benjolan lebih dari satu).. aku penasaran cari artinya sendiri, hasil tanya mbah google.. ktanya Fibroadenoma itu seperti tumor jinak..

Dokter radiologi yang USG aku juga bilang... "biasanya klo seperti ini bu, karena perubahan hormon ibu ketika hamil dan menyusui.."

Kembali ke dokter evert.. pada saat pemeriksaan dan belum ada hasil USG dokter bilang : "Kalau kista tidak perlu dioperasi cukup diberi obat dan nanti akan hilang sendiri pada saat perempuan menepouse" (dan hal tersebut memang terjadi pada salah satu kerabat keluarga... ada tiga benjolan yg berupa kista di PD nya.. dan hanya minum obat selama beberapa lama, dan ketika sudah menepouse, benjolan tersebut hilang..

tapi... lain cerita kalau tumor kata dr.evert lebih baik dioperasi untuk dipastikan bahwa bukan merupakan sesuatu yang berbahaya..

Pengalaman salah satu teman yg jg ditemukan benjolan di payudaranya, dia sempat minum obat2an herbal.. benjolannya mengecil.. tapi dia ud ngga sanggup lagi minum kapsul2 herbal yang super banyak itu.. akhirnya memutuskan untuk dioperasi dan diangkat benjolannya...

aku masih belum berani buat operasi... (sambil ngetik ini aja tangan langsung dingin... hehehehe)

hasil baca2 dan dari forum disebelah... berikut dokter2 yg di referensiin :

Jakarta:
1. dr. Sony Sonar Panigoro (RSPI)
2. dr. Dhian Pangesti (RSPAD)

Surabaya :
dr. Ario Djatmiko (RSOS Surabaya)
hasil tanya saudara yang tinggal di Surabaya... dokter ini memang beken.. RS Onkology Surabaya ini juga katanya peralatannya paling lengkap dan canggih se-Indonesia.. (alatnya bs detect tumor yang ukurannya lebih kecil dibanding alat yang ada di RS Dharmais).

Mungkin infonya bisa membantu...
Semoga lekas sembuh yaa mama2 semua.. dan kita semua sehat selalu.. amiiiin...

Selamat Tahun Baru 2012 ^^

3

Topic: Benjolan di Payudara

hihihihihi.. Happy New Year 2013 maksudnya... ^^

4

Topic: Benjolan di Payudara

nastya,
wah.. rekomendasi dokternya lengkap yaa.. Untuk rekomendasi dokter, bisa di posting disini.

Just for share, Saya dulu juga pernah operasi FAM (Fibro Adenoma mammae). Operasinya tergolong bukan operasi berat. biusnya juga pake bius lokal. Bahkan saya tidak perlu opname. Masuk jam 9 pagi, jam 3 sore sudah bisa langsung pulang. Semoga tidak lagi terlalu khawatir. Dan jenisnya tumor jinak. Biasanya setelah dioperasi benjolan akan diobservasi dulu untuk mengetahui jenisnya.
Kalau boleh menyarankan, sebaiknya segera dioperasi agar tidak membesar atau menyebar.
Semoga membantu :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

5

Topic: Benjolan di Payudara

thank you moms masukannya.. iyaa.. insyaallah aku jadwal ketemu dr. evert tgl 9 nanti..
bismillah... aku teguhkan niat supaya berani.. hehehehe..

6

Topic: Benjolan di Payudara

mo share juga, saya jg dulu pernah operasi FAM, tadinya minum obat2an herbal n pantang beberapa jenis makanan terutama makanan kemasan, vetsin, dan banyak lagi..
tapi 2 bulan ngejalanin itu ga sanggup dan akhirnya dioperasi juga. sama kaya Kira Kara operasinya cuma sebentar dan ga perlu dirawat di RS operasi jam 10 malem jam 7 pagi udah boleh pulang.
Tapi setahun lalu, setelah melahirkan anak pertama (meninggal), saya merasa ada benjolan lagi (mungkin karena tidak menyusui). Trus akhirnya USG dan ke dokter onkologi, benjolannya isinya cairan dan tidak perlu dilakukan tindakan apa2 cuma perlu di cek secara berkala. Sekarang Alhamdulillah sedang menyusui anak kedua, benjolannya cenderung mengecil (tapi mudah2an udah ga ada sih).

7

Topic: Benjolan di Payudara

moms qiqi,

alhamdulillah sekarang ud sehat.. semoga udh ngga ada lagi yah...

aku smpt khawatir kalau operasi apa berpengaruh utk menyusui lagi nantinya... alhamdulillah ternyata engga yaa... jd optimis sekarang... terima kasih yaaa moms,, :)

8

Topic: Benjolan di Payudara

nastya, qiqi, kira kara.. makasih sharing-nya :)

nastya,
baru tahu ada dokter onkologi yang perempuan.. selama ini searching selalu dapet yang laki2.. thanks ya..

aku sebenarnya pengen coba herbal, karena dari dokter cuma diminta kontrol 6 bulan lagi..dan gak dikasih obat apa-apa..
Tapi yah, begitu tau ada benjolan, bawaannya paranoid mulu.. mau SADARI deg2an duluan.. "tambah gede gak yah..ada lagi gak yah.." huhuhuuu :(
Nah, dalam kurun waktu tersebut pengennya selain jaga makanan juga ada obat apalah gitu..
Sekarang udah ga pernah makan junk food dan makanan kemasan lagi.. Tapi, kemarin pas dirumah pada masak sarden, hiks aku ngilerrrr banget.. Langsung kutepis, "lebih sehat tahu tempe daripada sarden!" hwehehee... walau masih kebayang juga sih sampai sekarang *sigh*

9

Topic: Benjolan di Payudara

Dear mamas,
Aku mau share pengalaman ibuku. Sblmnya makasih byk yaa buat mba vony yg udh mulai topik ini dn udh sharing sama aku :)
Jd jumat lalu ibu saya dioperasi karena ada benjolan di payudara kiri bagian bawah. Awalnya knp bs ketauan karena beliau ngerasa tangan kirinya pegel selama 3 hari berturut2 ga ilang2. Awalnya dikira krn kecapean gendong cucu. Trs beliau iseng sadari dlm posisi duduk, ga ketemu yg mencurigakan. Masih penasaran, beliau sadari lg sambil tiduran. Nah pas tiduran ini kerasa ada benjolan di payudara kiri bagian bawah. Ibu konsul ke dr. Drajat dn sejak pertemuan pertama dokter lgsg menyarankan utk segera diangkat benjolannya. Karakteristik benjolan di payudara ibu, diameter 2-3 cm, tepi tidak rata, tidak bergerak jika disentuh (sdh menempel ke payudara), tdk terasa sakit. Hasil USG menunjukkan bahwa tumor/benjolan tsb sdh membentuk dinding, jaringan yg hidup krn ada pembuluh darah yg menyuplai pertumbuhannya, dn terdapat kristal kalsium di dalamnya. Hal2 yg membedakan antara tumor jinak dn ganas. Maka dokter lgsg menjadwalkan operasi pengangkatan tumor tsb. Alhmdlh kelenjar getah bening msh bersih dn kmrn operasi ibu berjalan lancar. Skrg msh dlm tahap pemulihan di rumah. Rencana pengobatan pasca operasi adlh radiasi. Semoga pengobatannya ckp sampe radiasi saja. Aku ga tega kalo ibu hrs kemoterapi. Huhu..

Asha Lavenda My Lavender Love

10

Topic: Benjolan di Payudara

Dear Mom, mau sharing juga ah, sejak hamil anak 1 sampe sekarang ada benjolan di tengah bagian dada, jadi kalo di tekan keras, uda dibawa ke dokter ga apa2, cuma merasa malu karena keliatan di bagian dada, kalo pake kaos benjolan itu ada seperti bisul gitu

11

Topic: Benjolan di Payudara

nule, sama-sama :) semoga ibunya cepat pulih total ya...

btw beberapa minggu ini notice sepertinya ada benjolan lagi di PD kanan (lagi!) dan kali ini di sisi sebelah kanan. kalau diraba sih sepertinya mirip dengan benjolan yg pertama dulu baik dari bentuk maupun ukurannya. kali ini gw putuskan untuk membiarkannya dulu, sambil nunggu mau ke dokter kandungan u pap smear sekaligus konsul. soalnya PD sebelah kanan gw sampai sekarang kalau dipencet masih mengeluarkan cairan seperti ASI tapi lebih pekat meskipun cuman sedikiiiitt. gw curiga itu yg bikin ada benjolan lagi secara benjolan yg dulu juga ternyata mastitis.

oya adik gw yg di surabaya juga akhirnya operasinya sama dr. Eddy Herman Tango Sp.B(K)Onk.

12

Topic: Benjolan di Payudara

mom gadiez sama dong kita, tapi kalo aku di pundak. pernah terasa sakit banget kalo kepegang atau pas rebahan. taunya kayaknya ada infeksi jadi bernanah gitu, aku keluarin aja semua nanahnya. tapi sampe sekarang masih ada agak pipih setelah dipencet tadi, tapi tumbuhnya lama banget ini sampe segede ujung ruas teluinjuk sekarang

13

Topic: Benjolan di Payudara

vony_82 wrote:
soalnya PD sebelah kanan gw sampai sekarang kalau dipencet masih mengeluarkan cairan seperti ASI tapi lebih pekat meskipun cuman sedikiiiitt.


Mom, boleh share yah. Ini cerita agak bikin ilfil sih, tapi gapapalah. Syapa tau berguna bagi yg mengalami hal yg sama. Sewaktu SMP tumbuh benjolan di bawah ketiak kiri sebesar hampir bola bekel kecil. Sama ibu disuruh periksa tapi sambil bercanda dan nakut2in, (ibuku tu aneh deh..) Jangan2 itu tumorlah ato apa. Dan katanya mau dibawa ke dr kandungan. Aku yg waktu itu masih SMP,malu bgt lah dibawa ke dr kandungan, masih pemalu dan malu2in hihi. Akhirnya aku diemin aja, dan sering nyeri waktu mau haids, layaknya PD lg kenceng itu. Aku dulu selalu berpikir memang ada masalah dgn PDku,entah itu pembengkakan kelenjar ato apa tp masih males dan takut untuk periksa dan tau hasilnya.
Sampai akhirnya aku menikah dan punya anak, diawal masa menyusui itu benjolan sakiiit banget kaya PD yg lagi kenceng. Dan suka keluar ASInya,disusul nyeri ketiak kiri yg ternyata juga ada benjolan segede kacang ijo doang. Keluar ASInya juga, terutama waktu LDR,bajuku bisa basah kuyup, haduuh...malu mom.. Kalo pake breast pads mana ada yg buat ketek...
Setelah itu waktu aku kontrol ke dsog, aku cerita lah semuanya. Takutnya itu sumbatan yg bocor krn ASI ga bisa keluar lwt payudara gara2 kesumbat benjolan. Ternyata, dr ku (dr. Merry) bilang itu wajar! Namanya payudara tambahan!! What??? That means, saya wanita berpayudara empat sodara2!! *ini bukan prestasi yg membanggakan, aku sempat menganggap diriku tuh aneh dan ini aib*
Dan itu ga berbahaya, layaknya mamalia lainnya (sapi, anjing, kucing) yg punya banyak nipple sesuai jumlah anaknya. Cuman pengaruh ke penampilan aja, kalo pake tank top lipatan keteknya keliatan gemuk sebelah... Sempet berpikir aku pengen operasi pengangkatan payudara tambahan ini, tapi koq ya sudah, ta diemin wae. Mungkin ini kasus yg sama dgn mom vony. So, jangan panik dulu ya mom.. Ttp cari 2nd opinion.. Dan kalo emang beneran mom dpt 'bonus' PD dari YME, mungkin saranku syukuri saja,.. :)

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

14

Topic: Benjolan di Payudara

Aku juga mau share nih. Sebulan setelah meninggalnya kakak akibat kanker payudara, Bulan Mei 2013 lalu aku didiagosa FAM di PD kiri, disuruh ke lab PA utk cek lagi dan memang bener FAM sebesar 0,5cm dan akhirnya ambil keputusan utk operasi.

Karena kurangnya pengetahuan akhirnya benjolan itu tdk kubawa ke PA utk diperiksa hasilnya gmn. Sebulan kemudian muncul lagi benjolannya di dekat ketiak sebesar jagung, biar lebih jelas langsung USG (benjolan yg pertama tdk pernah USG). Makin takut dan khawatir kena potensi kanker akhirnya diputuskan operasi lagi. Operasinya dilakukan semalam dan sama seperti sebelumnya tdk ada yg ribet hanya bius lokal dan proses operasinya cepat.

Sekarang tnggl nunggu hasil PA, semoga bukan hal yang mengkhawatirkan.

Pengalamanku emang tdk pernh SADARI jd mulai skrg sebaiknya mama selalu SADARI, dan jika tdk yakin tetap lakukan USG 6 bln sekali.

15

Topic: Benjolan di Payudara

@alfi: semoga hasilnya bagus ya :)

Mau nanya donk, kalau usg katanya sebaiknya setelah mens ya? Kalau misalnya mesti operasi tapi masi menyusui bisa?

16

Topic: Benjolan di Payudara

Ternyata aku ada benjolan lg di PD kiri jd hrs segera ke dokter lg utuk USG dan konsultasi. Sedih dan takut rasanya karena ini udh ketiga kalinya, blm lagi memikirkan bagaimana nanti anakku krn dia jg perempuan.

w2 : Kmrn hasilnmya FAM, tumor jinak. Iya USG payudara sebaiknya dilakukan setelah mens selesai krn saat mens biasanya ada benjolan yg dikhawatirkan akan mempengaruhi hasil USG-nya. Karena benjolan saat mens adalah normal.

Klo masih menyusui aku tdk tahu ya sebaiknya langsung konsultasi ke onkologinya.

17

Topic: Benjolan di Payudara

Hallo mama2x..mau sharing juga nihh..bulan feb kmrn baru ngehh kalau ada benjolan di sebelah kiri,,dan thankss buat forumm ini buattt info2xnya..thanksss bangett juga buat mba TARI info dr harry rayadinya,karena akhirnya memutuskan utk berobat ke doi dulu..setelah konsul ke dr harry, diputuskan utk USG mamae dulu,aku kmrn usg di pram**a jl riau,dr radiologinya(cowo donggg -_-) tapii untung udah bapa2x dan baikk sopan dan ramah,sambil terus ngejelasin kalau benjolannya FAM (alhamdullilahhhh) teruss minggu depannya konsul lg sm dr harry rayadi orangnya baikkkkk dan ramahhh walaupunn ga banyakk ngomong..terapinya:disuntikk ditotok avasin dan dikasih obat..so far sih baru sekali disuntik terus 2 minggu minum obat udahh mengecill ga kerasa bangett kalau diraba..rencananya 2 minggu sekali aku terapiiinyaa

18

Topic: Benjolan di Payudara

alfi, mudah2an segera bisa ditangani ya.. :(

mita123, makasih sharing-nya ya. Jadi bikin gw dan yang lainnya lebih waspada pastinya. Semoga terpinya lancar ya Mit...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

19

Topic: Benjolan di Payudara

Saya mau tanya, saya perempuan, Agustus 2014 ini baru menginjak 27 tahun, dan saya belum menikah. Saya biasa melakukan cek raba untuk daerah payudara saya, di tanggal 27 November 2013, saya menemukan ada benjolan di payudara saya sebelah kiri, yang letaknya sebelah kiri puting, jaraknya 3cm agak keatas, benjolannya seperti bulat dg diameter 0,7cm dan benjolan ini bentuknya padat, seperti daging atau otot gitu Dok. Karena posisi waktu itu saya sedang halangan, jadi saya kira karena gangguan halangan saja, tapi setelah halangan selesai, satu minggu… dua minggu… sampai satu bulan, bahkan sampai sekarang, benjolannya masih ada, tidak terasa sakit, juga ga ada ciri2 yang lain, saya mau coba tes ke dokter, tapi saya takut, malah saya ingin mencoba minum air rebusan sirsak saja. Tapi karena masih ragu… sampai sekarang (jalan 4bulan) saya belum ambil tindakan apa-apa. Atau jalan apa yang harus saya lakukan?

Bingung mau cek ke dokter penyakit dalam atau dokter bedah. Ditambah saya juga takut :(

20

Topic: Benjolan di Payudara

junior
saya bukan dokter, tapi saya pernah mengalami hal serupa. Bila ada benjolan mencurigakan dan tidak hilang meskipun masa menstrausi telah selesai, sebaiknya segera di cek ke dokter spesialis onkologi. Bila dibiarkan saja, ada kemungkinan benjolan semakin membesar. Bila segera di lakukan pemeriksaan, akan bisa diketahui apakah jenisnya ganas atau tidak. Jika tidak dilakukan pemeriksaan, tidak akan tahu jenisnya apa.
Tidak dilakukan pemeriksaan pun, pasti akan selalu was-was dan khawatir. Lalu, lebih memilih mana?! Selalu hidup dalam kekhawatiran, atau memilih mengalahkan rasa takut ke dokter tapi menemukan kejelasan?! It's on your own :)

Saran saya sih, kalahkan rasa takut, segera pergi ke dokter, dan lakukan pemeriksaan. Masih ada kemungkinan jenisnya bukan yang ganas, dan hanya cukup diangkat 1 kali, dan semua selesai.

Seperti pengalaman saya, pernah ada benjolan di payudara, tidak sakit, dan alhamdulillah FAM yang yang tidak ganas. sejenis tumor jinak. Sehingga cukup Dilakukan operasi kecil yang berjalan kurang lebih 1-2 jam, dan saya langsung bisa pulang. Setelah itu cukup kontrol rutin/SARARI. Alhamdulillah sampai hari ini tidak tumbuh lagi. Namun, bila tidak dilakukan pengangkatan, ada kemungkinan semakin membesar, dan bisa jadi tumbuh lebih banyak lagi. Malah akan semakin mengkhawatirkan bukan?!
Bila takut menjalani operasi kecil, ada juga pengalaman mama disini yang terkena FAM, namun hanya menjalani terapi di dokter, tanpa dilakukan operasi kecil, juga bisa mengecil. HTH

Semoga segera menemukan jalan keluar terbaik yaa.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

21

Topic: Benjolan di Payudara

Update terbaru setelah 3x konsul sama dr harry,,benjolan mengecil+benjolan ga nyut2an lagi kalau mau haid+benjolan ga membesar lagi kalau mau haid atau kalau sdg haid(alhamdullilahhh),setelah 5x konsul, dr harry nyuruh usg mamae untuk mastiin keadaan si benjolan setelah terapi..

JUNIOR: wajar bangetttt mba kalau takut..aku juga pas awal2x takut,was2x,parno tiap hari..tapi alhamdullilahh berkat forum ini,especially buat mba TARI buat info dokter harrynya..kisss kisss kisss..semangattt mba juniorr!!!

22

Topic: Benjolan di Payudara

Siang... akhirnya tekad aku sudah bulat, hari sabtu tgl 12 april 14, saya cek ke dokter bedah (dr. Indra Kumala), setelah di cek, ternyata memang tumor masa, nama kerennya FAM atau Fibroadenoma mammae.
Masalh operasi katanya terserah, mau atau engganya, ini jauh dari yang ganas. Saua juga ga dikasih obat. karna jalan keluarnya ahanya dibuang (tapi saya takut). Terimakasih yaaaa... untuk banyaknya info yang saya terima disini dari mbak-mbak semuanyaaa.... Semoga kita semua beserta keluarga kita sehat - sehat selalu. aamiiin..

23

Topic: Benjolan di Payudara

hai semua ,
aku minta info donk kalau di bandung berapa kira kira buat operasi tumor ini.dan dokter siapa yg bagus.
makasie

24

Topic: Benjolan di Payudara

Hi moms,

mau ikut sharing ya, biar aku juga makin berani menghadapi operasi, hehe

kayanya udah 4 tahun aku punya benjolan di PD kiri dan kanan (aduuh di kedua nya nih) dan baru diperiksa sekali, sekitar 2 tahun yang lalu ke dokter di RS Borromeous Bandung, dokter nya ibu-ibu. udah sempet cek usg juga, waktu itu hasil nya ada yang 3cm ada jg yang 0.7cm. dokter udah menyarankan operasi tp waktu itu aku lg ga ada dana, jadi dibiarkan dulu. dia bilang ini FAM jinak jadi aku agak tenang untuk membiarkan ini.

tapi, sekarang alhamdulilah udah ada asuransi yang cover biaya operasi dan aku niat lagi untuk ngobatin FAM ku ini. sayangnya aku udah keburu kerja di jkt dan ga tau dr mana yang bagus.

keluhan sekarang, kalo tidur tengkurap suka ada yang mengganjal and jadi sakit gitu, kalo mau haid juga jadi kerasa berat PD nya. aku juga makin takut karena ini udah menginjak tahun ke 4, hiiiks... ada ga ya yang menderita FAM dan dicuekin bertahun2 kaya aku ini? :(

25

Topic: Benjolan di Payudara

Dear Mom, aku mau sharing, usia aku 28 tahun dan belum menikah, sekitar 3 minggu lalu, iseng pas mau tidur raba2 payudara sendiri, nah kalo rabanya aku tekan banget kedalam kayaknya tuh ada yg beda keras2 gtu di PD kiri aku dekat2 tulang rusuk, tapi aku merasa ini bukan benjolan, karena seperti urat yg keras gtu, asumsi kalo benjolan itu bulat kan, tapi ini yang aku rasakan bukan bulat kayaknya.. kalo aku berbaring posisi urat keras itu di bagian bawah sekitar 1 cm dari puting susu dekat tulang rusuk.. urat itu gak keras dan gak lunak juga..

kalo benjolan itu seperti apa yaa? nulat seperti kelereng gitu kah?

Kalo aku raba PD yang kanan sepertinya ada juga, tapi gak begitu terasa, gak seperti yang kiri terasa banget..

Menurut ibu aku sih itu gak apa2.. tapi aku tetep aja parno dan ga tenang banget sejak itu.. langsung mikir macem2 dan kenapa2..

Nah sekarang Insha Allah ada keberanian mau periksa, supaya lebih tenang dan tau, dan terus berdoa mudah2an gak ada apa2.. Allahuma aminn..

panjang yaa sharingnya...

intinya aku mau tanya referensi dokter untuk pemeriksaan seperti ini di Jakarta.. makasih sebelumnyaa..