1

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

MJs Mommy iya. bisa juga nasinya dibikin bola2, jadi tinggal diambil dan masuk ke mulut.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Golda
Lucky! Bisa BLW dengan santai dari awal dong ya. Senengnya anaknya doyan segala macem. Ini salah satu keuntungan BLW kalo kata aku, anaknya enggak dipaksa untuk makan makanan sehat, tapi dia membiasakan diri sendiri buat makan makanan sehat. Pics dong mom! Sekarang 15 bulan udah makan segala macem dong ya...
Kalau buat bibs aku masih perlu nih kayaknya. Hahaha.. Favorit aku si Ikea Mata, nggak bisa ditarik/dikunyah sama Leon, lebar, dan nadahin makanan jatoh. Kalo kotor tinggal dilap, beres. Nggak perlu lama nunggu kering kaya bib kain.
MJsMommy
Kalau nasi aku suka bikin sampe agak lebih lembek dikit dari yang biasa kita makan, terus dikepal-kepal bulat sesuai bentuk dan ukuran yang bisa dipegang anak. Karena leon udah sering pake pincer graspnya jadi aku bikin bulet kecil-kecil buat latihan memperhalus gerakan tangan. Lauk pauknya kadang disatuin kayak onigiri gitu, kadang dipisah sendiri2. Gimana mood emaknya. Hahaha..

Happy Healthy Baby and Mommy

3

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Golda
Wahh seru ya, nah klo makan di luar rumah bayinya udah makan ganti baju dong ya? Rencana pengen blw tp pake singlet/diapers aja bayinya.hehe

4

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Kalo makan di luar rumah, terpaksa semi disuapin. Tus milih menu yg less messy. Tp berhub makanan resto pasti enak, dia lahap aja makannya. Ini salah satu untungnya blw. Menurutku, blw berguna di saat mpasi sampe 1 tahunan. Setelah itu sesuai kondisi aja. Kalo lagi di rumah ya biarkan explore makanannya. Kalo udah kenyang ya ngga perlu dipaksa dihabiskan. Toh kalo laper kan dia bisa nunjukkin kalo dia laper. Salah satu tujuan blw, selain mengenalkan ragam makanan, kita juga menghargai perasaan si anak, laper apa kenyang. Merayu anak unt habiskan makanan it's a big no no. Jd ntar gede dia ngga akan alami obesitas, krn bisa brenti makan bila sdh merasa kenyang. Ini yg aku baca dr buku blw. Nah kalo di resto, klo makanannya bisa fingerfood, bagus, tinggal pake bibs, pasti banyak dpt pujian "waah anaknya pinter bisa makan sendiri". Kalo jenis makanan yg harus disuapi, bisa juga, ga masalah (walo di rumah pakai metode blw). Biasanya kalo ngantuk, bosan, kenyang, baru deh berontak dari highchair. Tapi bisa juga anteng di highchair ampe 45min kalo acara makannya seru (pakai acara makan bersama sambil bermain).

5

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Aku selalu bawa baju ganti, just incase baju kotor krn makanan, atau accident (pup, jatuh & berdarah, muntah, ngompol, dsb).

Oia, yang aku perhatikan, kalo anakku masukin makanan ke mulut tp ada yg ketinggalan nempel di bibir/pipi, tangannya otomatis nggeser itu makanan untuk masuk ke mulutnya. Kyk ngga mau terbuang percuma, atau kyk ngga mau belepotan. Amazing ya? Pdhal anak anak tu identik dengan mulut belepotan. Trus kalo ada yang jatuh dr mulutnya, diambil dan dimakan lagi. Beruntung dia juga bisa dibilang ngga pernah muntah sekalipun pas lagi makan.

Jadi, ritual makan di resto: selalu sedia tissue basah dettol unt wipe tray dan seat-nya high chair. Aku sering nemu resto kurang rajin mbersihin high chair. Berguna juga ketika ada makanan yang jatuh ke tray, kan pasti diambil dan dimakan, minimal tray udah bersih. Selesai makan, pakai tissue basah hand and mouth wipes pigeon.

6

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Kalo menu nasi, aku suka bikin kerucut / dijumput pakai tangan, trus dia ambil sendiri. Mirip dengan dibuat bola bola. Dijumput kyk kalo nyuapin makan anak kecil ala jawa gitu loh.

7

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

ooo.. gitu yaa.. lebih paham sekarang, ternyata blw bisa makan nasi juga..hehehe..
pengen nyobain blw tapi belum PeDe.. soalnya Lin dititipin di rumah mertua senin-jumat.. :(
mudah2an bisa segera mempraktekan blw ke Lin.. *semangaat*

8

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning


MJsMommy
Kalau nasi aku suka bikin sampe agak lebih lembek dikit dari yang biasa kita makan, terus dikepal-kepal bulat sesuai bentuk dan ukuran yang bisa dipegang anak. Karena leon udah sering pake pincer graspnya jadi aku bikin bulet kecil-kecil buat latihan memperhalus gerakan tangan. Lauk pauknya kadang disatuin kayak onigiri gitu, kadang dipisah sendiri2. Gimana mood emaknya. Hahaha..
wrote:


jd inget.. dulu waktu kecil sering ni makan nasi dibulet2in gitu, terus lauknya ada didalam si nasi.. :D

9

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Salam kenal ya untuk para mama di thread ini.
Saya tertarik banget mempraktekan blw ini ke Justin , wlpun agak telat sih berhubung Justin 11 Oct nanti udh mau 8m cmn gk ada salah nya mencoba drpd anak keburu jadi trauma sama makanan & jd picky eater hehehehe....
Cerita nya belakangan ini si Justin udh nolak bubur2an tp kl nasi dia mau malah lahap banget kalau di kasih & nasi nya gk lng dia telan , tp dia kunyah dl pake gusi dia kanan kiri kanan kiri heheheh maklum Justin blm tmbh gigi nya...
Nah setelah baca thread ini jd merasa terpanggil *cie ileh bahasanya* hahahaha.... untuk mempraktekan blw ini ke si Justin
Mau nanya nih sama mamas disini, kan aku baca ada yg kasih roti tawar gt ke si baby, nah jenis roti tawar apa yah yg aman buat dikonsumsi baby ?
Trus mau tanya jg nih mama , kan permah beberapa hari yg lalu aku kasi Justin makan mangga sendiri nah wkt pup dia keluar nya berupa potongan2 mangga kek yg dia makan alias gk ancur hehehehe maap kl nanya nya agak jorok, itu gpp kah mom?
Trus kl untuk seusia Justin boleh dikasi menu apa aja ya mom?
Mohon pemcerahannya ya para mom sekalian hehehe

10

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Nanya dong anakku 5m2w dsuru mpasi dini ama dsa karena kenaikan bb kecil, grafiknya udah di orange. Menu blw nya apa ya untuk umur sgitu? Thx moms

11

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

JustinMom
Kalau untuk roti, aku biasanya beli wholewheat bread dari breadpoint. Jadi penasaran nih, mommies yang lain pake merk roti gandum apa ya? Hihihi...
Anakku dulu juga kadang makanannya suka ada bagian yang nggak kekunyah dan keluarnya sama kayak Justin gitu. Selama nggak semuanya berbentuk gitu nggak apa-apa kok mom... Setahu aku sistem pencernaan bayi itu masih relatif kecil, jadi kadang nggak semua makanan bisa tercerna dalam waktu yang singkat. Untuk ngatasinnya sih dulu aku kasih potongan yang lebih kecil, jadi lebih gampang buat dia ngunyah semuanya sebelum akhirnya ditelen. Hope that helps :)
Untuk menu makanan banyak banget, aku biasanya browsing di internet buat nyari inspirasi. Di thread BLW : Recipes juga ada yang pernah posting 100 BLW recipes, nanti tinggal diliat aja dari bahan atau cara pembuatannya yang cocok untuk baby 8m. Karena untuk jenis makanan yang disarankan dan yang pantang sih kurang lebih sama2 aja sama yang non BLW.

Boundiz
Kalau pengalaman aku, selama pake BLW berat badan anakku naiknya dikit-dikit. Kalau mau boosting BB di umur 5m2w mungkin bisa pake yang tradisional dulu? Nanti kalau udah nggak ngejar BB lagi baru pake BLW. Cmiiw :)

Happy Healthy Baby and Mommy

12

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Mom Kaka n Mom Golda,
klo daging sapi / ayam utuh gitu gmn cara ngasinya ya?
dipresto dulu kah?

bulan depan babyku dah masuk MPASI, dah niat mo BLW, jadi sekarang lagi nyari-nyari apa aja yg bisa dikasiin buat makanannya.

Mom Golda,
kalau maem bareng kita tapi makanannya beda tetep mau ga ya babynya maem makanannya sendiri?

13

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mom...
kenapa ya anakku klo dikasih makan ala BLW, uda dikunyah terus dilepeh lagi.. ga ditelen makanannya.. :(

14

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

tricy,

dulu pas anakku baru BLW, menu ayam pernah aku kasih potongan "tulip" (ini sebutannya kalo beli di belmart), tulang sayap (lengan atas) dibuat semacam drumstick, jadi daging dikumpulkan di ujung, lalu dipegang sama si baby bagian tulangnya. cukup satu aja, ditumis sama bawang putih / panggang, rebus juga bisa. tanpa gulgar, kulitnya dibuang (ke perut emaknya).

kalo kata temenku "baby ngga perlu 'dikenalin' sama ayam. ngga perlu dikenalin aja pasti suka" << quote dia. haha. bener sih. aku baru kasi babyku daging di umur 7 bulan, langsung suka, langsung semangat eksplor makanan ini. tapi belakangan ibuku kuatir, jangan dikasi ayam negri (walopun beli di belmart tanpa suntik, hanya booster pakan ayam), better ayam kampung. begitu katanya. well, sayap ayam kampung terlalu kecil untuk dibikin "tulip". jadi ngasi paha ayam kampung. sebenernya bagian tubuh ayam lain juga boleh, asal pastiin tulangnya tidak akan membahayakan baby. jangan ada yang tajem, tapi juga harus ada yang bisa 'dipegang sama baby'.

kalo daging ikan, tinggal dipotong dice / kubus kubus kecil, tumis/panggang/rebus, bisa dipegang dan masuk mulut (babynya sudah bisa pincer grab).

kalo daging sapi ini yang paling repot. berhubung ngga nemu cara selain dibuat bola bola dari daging cincang, dan aku malas membuatnya, jadi daging sapi baru aku kasih setelah setahun.

fyi, aku ngga punya slow cooker, ngga punya alat masak khusus bayi. seperti yg pernah dibahas di halaman2 sebelumnya, menu BLW paling mudah dibuat dgn cara panggang, karena bisa diatur bentuk finger food. kalo di tumis kan licin krn minyak, kalo direbus jadi terlalu lembek. di kukus bisa, tergantung jenis makanannya. aku sendiri foodcombining, jadi babyku aku kenalin sama berbagai sayuran mentah (timun, paprika, selada, tomat, berbagai potongan buah), yang dikukus (brokoli, wortel, tahu, tempe, ikan, ayam).

menu makananku sebisa mungkin sama / mirip sperti yang aku kasih ke baby. bedanya, pakai sambel atau tambahan lainnya. minimal, ngga perlu dobel masak / bikin makanan. baby bisa lihat bentuk, warna, aroma makanan yang dia makan, sama dengan yang ibunya makan. lagipula, dia akan lebih sibuk explore yang disuguhkan ke dia, bukan ke 'sama atau tidak sama' makanannya dengan ibunya. itu nanti, kalo udah setahun lebih, baru deh rempong ama makanan ortunya hahaha.

15

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

halo moms, saya nubi, iseng2 baca2 tentang mpasi buat anak saya, eh nemu forum ini, seneeengg bgt rasanya, dan keknya seru, mudah2an sih anak saya cucok sama BLW, secara baru mimik ASIP aja desye udah GTM, disendokin sama opungnya (saya titip sama opungnya), takut tetumpahan dikasih bib, eh malah itu bib dipakenya buat nutupin mukanya menghindari si sendok asip,,, hadeehh,,, mudah2an BLW cucok deh, tp kemaren (5w14d) iseng saya kasih apel, eh malah gag dipeduliin, sama neneknya di taruhin dimulutnya, eh semangat bgt dia ngisapnya, di lepasin marah2...

16

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

wahhh tengkiu banget Golda, dah dijelasin detail, jadi semangaat, heheheh..

babyku sekarang klo liat orang makan kayanya mupeng banget, tapi begitu disodorin malah ga dipeduliin, sama kayak mom unguituwina

17

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

hai moms, tertarik bgt nih mau nyobain BLW buat Malik secara bulan depan dia sudah 6 bulan, dan mumpung neneknya lg pulkam sampai desember jadi gak ada yg protes, huehehehe *joget2*
mau nanya aja nih mom, kan aku lg hunting perlengkapan buat MPASI, nah bedanya high chair, bumboo, sama booster apa ya? Malik mulai belajar duduk, tp masih suka oleng dan jatuh ke depan. Baiknya pake apa kalo buat belajar makan?
thanks :D

18

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

sepi ya skrg thread ini,mengansur ansur membaca 129 page BLW, anakku ahirnya Mpasi jg dengan metode BLW, peraturan 1 makanan 4 hari dengan sukses di skip jd 1 hari kadang setengah hari, hahaw, awal BLW kasih brokoli kukus, Alhamdulillah sepertinya dia doyan, tp 5 hari, setiap termakan makanan dia apsti gagging, emaknya jd agag2 khawatir deh..

19

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mom unguituwina, anaknya BLW dari umur 6 bulan pas? terus pencernaannya lancar gak mom? aku disaranin kakak yg ahli nutrisi, sebaiknya diawali dengan bubur susu dulu, baru puree buah, terus buah utuh. Padahal kalo BLW kan gak pake bubur atau puree ya? tapi kalo gak gitu, katanya pencernaan anak bisa terganggu. gimana ya mom? thanks

20

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

difagiovani , Alhamdulillah lancar mom, pernah itu sehari ampe 4 kali dia pup, tiap makan pup, yg masuk sama dengan yg keluar, makan brokoli, keluar brokoli, makan wortel keluar wortel semuanya texturnya masih utuh persis seperti yang dimakannya, dan Alhamdulillah sampe sekarang dia masih pup tiap hari minimal sehari sekali, mungkin kepadatannya aja yg beda, lebih padat dr sebelum dia MPASI,
klo yang saya baca di awal2 thread ini sih, si anak yg tau pencernaannya sudah siap atau belum, jd klo belum siap ya dia g bakal makan makanannya, itulah kelebihan BLW, anak menentukan sendiri dia udah siap ato belum, CMIIW

21

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

iya, saya jg masih agak ragu sm blw krn ada yg bilang kalo langsung dikasih mknn padat bs kena gangguan usus (lupa namanya apa).. itu kalo yg dimakan sama dgn yg dikeluarin gpp mam? ada yg tercerna kah? kan walaupun msh asi tp baby jg udah butuh tambahan nutrisi,spt zat besi..
mohon pencerahannya ya mamas yg udah berpengalaman di blw :)

22

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

unguituwina sabtu kemarin aku nyoba kasih pepaya ke Malik, emang sih dia blm pas 6 bulan, masih 5m3w, tp aku coba aja kasih soalnya Malik ngebet pingin ambil pepaya yg lg aku makan. Sama dia pepaya itu dimainin2, dijilat, terus digigit deh. Sempet tertelan beberapa potong jg. Tapi abis itu, Malik gak pup sampe 2 hari. Normal gak ya mom?

23

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Firla: kalo blw lebih ngenalin aja, pasti gak dimakan semua

http://img.photobucket.com/albums/v331/inganuh/Mobile%20Uploads/image-103.jpg

Ngenalin tekstur, warna, bentuk. Anakku yang kedua mpasi dengan metode blw (tp gak konsisten). Kalo sama mamanya blw, sama ncus disuapin. Tapi anak ini jadi lebih doyan makan daripada kakaknya.

Itu foto dikenalin ketupat sayur alias ketupat plus potongan labu. Gak dimakan semua cuma isep, pencet, makan beberapa butir.

And thelilsolder is back. Fire!

24

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

High chair, bumbo atau booster fungsinya sih sama aja dapat dipergunakan untuk bayi makan. Bentuknya aja yg beda. Highchair bentuknya kursi makan bayi yg banyak digunakan di restoran. Bumbo biasanya terbuat dari plastik solid, kalau babynya size besar baiknya tidak pakai ini karena akan sempit di bagian paha baby. Klo booster biasanya dapat dipasang di atas kursi makan dewasa atau tidak dipasang jika makan ala lesehan. Cmiiw :)

difagiovani wrote:
hai moms, tertarik bgt nih mau nyobain BLW buat Malik secara bulan depan dia sudah 6 bulan, dan mumpung neneknya lg pulkam sampai desember jadi gak ada yg protes, huehehehe *joget2*
mau nanya aja nih mom, kan aku lg hunting perlengkapan buat MPASI, nah bedanya high chair, bumboo, sama booster apa ya? Malik mulai belajar duduk, tp masih suka oleng dan jatuh ke depan. Baiknya pake apa kalo buat belajar makan?
thanks :D

Fb : ivania.yanienda
Askfm : ivaniayanienda
Instagram : ivaniayanienda

25

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

dear moms, anak saya sudah 21 hari BLW, makanan sih masuk dimulutnya, tp sepertinya tidak dicerna, karena yg masuk sama persis dgn yg keluar, jadinya bebenya naik dikit bgt, 2 minggu cuman naik 1 ons... mamaknya mulai galaw ini,, ada yg serupa?