1

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

yitra wrote:
Mamas, kalo ga mau buka mulut waktu mau nyuapin apakah termasuk reflek bayi juga kah ? Arty 6m19d, sejak pertama mpasi susah banget buka mulutnya waktu sendok dateng, ditutup rapet. Kalo pake fresh food feeder mau dikit, dan karena udah putus asa sempet pake jari, mau buka mulut, walaupun kl dah 5 menit dah bosen dan minta diangkat dari kursinya.
Dah coba macem-macem, reaksinya sama susah buka mulut ya, campur asip, enggak pake asip, dicairin, dibuat lebih kental sama semua...ato bisa karena trauma ama sendok kah? Selama 3bulan di daycare kasih asipnya pakai sendok, dan seringnya nangis (dot,cup feeder ga bisa juga)...
Galau nich belum mau makan :(


wah pakai sendok apa mom? jangan yg besi krn bisa melukai gusinya, lebih baik beli yang pakai bahan silicon.

bless to be mom

2

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Emang sendoknya yang silikon kok mom.

3

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

mommy2 sekalian..
Lin sekarang uda 11 bln, tp masih makan bubur halus yg diblender itu.. klo dikasih bubur kasar mulai deh GTM + ngamuk2 terus dimuntahin deh tu bubur..
bole minta sarannya ga ya mom, gimana caranya supaya Lin mau belajar makan bubur kasar.. krn repot atuh klo mesti diblender terus *mommy yg maunya praktis aja*.. :D
Thx b4 mom...

4

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

MJs Mommy kalau saya sih ya, biasanya saya coba pelan2 tidak di blender, mungkin di bejek2 aja. kalo gara2 itu anaknya gak mau makan, biarin aja dulu. cobain beberapa kali, karena dia pasti ga mau ada perubahan kan, makanya gak terima dikasih yang baru. tapi kalau emang laper, jadinya mau aja. cara lain, makannya berbarengan sama pas waktu makan orang gede. jadi dia juga ngeliat kalo mama papanya makannya gak bubur kok. biasanya anak kecil seumur gitu selalu pengen ngerjain yang dikerjain orang lain, terutama oleh mama/papanya. selamat mencoba, semoga berhasil.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Waah terima kasih ya mom sLesTa sarannya..
emang sih klo makan bareng Lin biasa lebih semangat..
ntar dicoba lagi deh.. pelan2 biar terbiasa makan yg kasar gitu.. :D

6

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

alhamdulillah kahfi uda 3 minggu mpasi lancar..mulai buah sayur sampe singkong dia doyan,,cuma semingguan ini tiap jam 12 malam lebih suka kebangun gt..uda ganti pampers dikasih minyak telon masih ngeringik,,temen2 bilang itu laper,,ada yg ngalamin ga mamas?

7

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

moms anak saya bbrapa hari lagi mulai mpasi, bingung banget.... ada yg bilang tepung beras dulu, ada yg bilang buah dulu, sebenarnya yang mana yang benar yaa mom ? terus porsinya srharusnya berapa kali baby kita makan pertama kali, soalnya dokter ankku nyaranin malah satu hari 3x makan.. tapi yang banyak saya baca sekali saja, tapi ada juga ibu2 yang kasi 2 kali.. mohon pencerahannya ibu2, maaf kalo sebelumnya sudah dibahas, agak pusing baca dari awal hehe.. mohon bantuannya bunda bunda.. terima kasih..

8

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

mom jellyjunitha,
mau sharing aja karena anakku mulai mpasi Kamis kemarin. Aq sih milih untuk mulai dengan bubur saring beras putih dan hari ini mulai beras merah. Kenapa milih mulai dengan yang serealia, itu juga dari hasil baca2 sana sini hehehe walaupun sebenarnya gak ada keharusan harus mulai dengan beras atau buah2an. Trus hasil baca2 juga bahwa serealia itu termasuk yang tidak (minim) memicu alergi (duh bahasanya kacau hahaha..pokoknya begitu kira2). Jadi tergantung mom aja mau mulai dari mana.

Untuk frekuensi makan, selama 2 mgg ini rencananya anakku akan makan 1x sehari. Waktu hari 1, aq bikin bubur saringnya tuh sebanyak 2 sendok dewasa...alhmdllh masuk 10 sendok ke mulutnya tapiiii 10 sendok bayi yang kecil banget tuuuuhhh yang pigeon food maker punya hehehehe. Walau begitu emaknya udah happy bingitsss karena kan namanya juga perkenalan yaaa jadi gak harus habis, dan gak harus kenyang :) toh asupan utamanya masih dari ASI kok bukan dari bubur itu hehehe.

Mudah2an ngebantu dikit :)

9

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

anak aku 6M20D,, udah sebulan MPASI tapi kenapa beratnya malah nambahnya cuma 100gr ya ? Sekarang 6.2,, sediiih hampir ke garis kuning. Padahal makannya lumayan doyan.. selama MPASI pernah dikasih teh manis ama eyangnya,, kayanya ampe skrg deh (kalo diriku kerja). itu berdampak ke ASInya ga ya ? soalnya skrg minum asinya kurang cuma 300-400cc padahal dulu sebelum mpasi 600-700cc ya.. eyangnya selalu mau kasih gulgar,, alasannya pasti ntar makannya lebih banyak cz makanannya ada rasa dan gula bisa meningkatkan bb. Aq baca2 kayanya gula ga ada yang bisa meningkatkan BB,, setau aku malah ngeberatin kerja ginjal baby.

10

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Moms, aku rencana MPASI anakku pake buah2an dulu (setelah baca sana sini) kaya alpukat, pir, apel.. Kalo buat peralihan ke gasol gitu berapa minggu ya? Kalo 1 minggu buah trus minggu depannya gasol boleh?

11

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

mom evaws , makasi infonya.. kemarin anakku udh mulai mpasi, saya mulai dengan buah dulu, saya ngikutin banget bukunya wied itu, jadi hari pertama saya kasi jeruk baby, hasilnya muntahh hahaha... saya sempat panik mom, apa karena dia trauma saya cekokin obt sewaktu dia sakit, karena ekspresinya aneh dan langsung mau muntah, saya coba minumin air putihpun ekspresinya sama.. apa iah dia trauma yaa.. ? gimana yaa mom, saya jadi bingung, takut dia trauma dan gga mau makan hikzzz

12

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

mom @jellyjunitha, bisa gabung di grup HHBF di Fb , banyak pembahasan tentang first MPASI disitu, ada juga resep2 sesuai umur anak :D

even you`re not baby anymore..but in my heart you`re always my baby..

13

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

mom jellyjunitha,
Mungkin karena rasanya langsung beda dengan asi mom. Kan selama ini sudah terbiasa dengan asi tiba2 dikasih yang lain rasanya jadi agak kaget hehehe.. gpp mom, tetep hargai responnya. Coba menu yang lain mungkin dicampur asi biar gak kaget. Nanti kalau sudah mulai biasa bisa balik lagi ke menu yang sepertinya dia kurang suka, sambil dicampur2 dengan yang dia suka.

Anakku waktu pertama makan bubur saring juga ekspresinya seperti mikir..ini ada rasa asinya tapi kok ada rasa yang baru juga ya? (gitu kali mikirnya hihihi). Tapi gak dilepeh, tetep mangap. Begitu udah gak mau, dia akan melengos, merengek..berarti cukup sekian dan terimakasih makan kali itu hehe.

Mulai 2 hari lalu dicobain sari jeruk baby, dia suka banget tuh. Mulai dengan seperempat, trus kemarin jadi setengah jeruk baby. Jadi tetep cobain aja mom pelan2, klo gak suka, ganti menu dulu.

Sekarang aq malah lagi galau menantikan anakku yang belum BAB udah 5 hari nih...hiks..

14

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

mom m@m@n@th@n , hehhee siiapppp laksanakan, emang lagi butuh banyak refrensi resep mom, maklum gga doyan masak alias gbs masak hihihi
mom evaws , baikkk mom saya coba, tapi memang butuh kesabaran ekstra yaa mom hihihi.. makasi mom infonya..btw habis makan apa mom si dede smpe blum bab ? coba dikasi pepaya mom ato gga pear, hasil dari baca2 katanya itu ampuh bkin bab lancar hihihi.. semangatt mom, klo emang belum pup smpe skrg mending di konsultasikan ke dokter, biar gga galau ..

15

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

mom jellyjunitha,
kemungkinan sih karena bubur beras merahnya ya..tapi sudah 2hari ini diberhentikan dan diganti dengan puree labu siam lalu jeruk baby dan tadi pagi puree pir. hasilnyaaaaaaa... pup dong dengan jumlah segrobak dan semerbak (kata opungnya) hahaha..

semalam sempet nanya ama DSA karena pas jadwal imunisasi juga, katanya sih memang beras merah itu seringnya terlalu berat untuk pencernaan bayi. Jadi disuruh kasih puree pepaya selama 3 hari supaya pup..tapi sama saya diganti puree pir sajah dan berhasil :)

16

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Mama_dhea, hati2 kalo kasi teh ke bayi di bawah 1 tahun. Karena teh mngandung tanin yg bisa menghambat penyerapan zat besi. Sayang kan kalo makanannya kaya zat besi tapi ga bisa diserap sempurna.

Anakku kebetulan kekurangan zat besi, jadi ibunya ikutan puasa ngeteh deh... karena masih ASI juga.

Untuk gulgar.... tos!!! Eyangnya juga maksa kasi gulgar. Udah dibilangin ga boleh sama dokternya, ga percaya. Apalagi anakku susah banget makannya, sampai berat badannya turun. Kebetulan eyangnya penggemar dr. Oz dan di youtube ada tuh dr. Oz yg bahas mpasi dan jelas2 disebut no garam buat bayi di bawah 1 tahun. Setelah kasi liat itu, baru deh manut hehe...

17

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

mama mau nanya nich kira2 gpapa gak ya ?? dek fathan bru 6 bulan tpi kayaknya doyan banget makan. seminggu pertma mam x 1 kali. trus brktx 2 kali . . eh tiba2 wkt siang siang nangsx kyk tipe lapar gt .akrx d kerokin pisang .jadi smpe skrg mam x uda 2 kali bubur ato pure pagi sore.siangx mam buah gt kng pepaya kdg pisang.

18

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

@laili wiji, kayaknya sih gapapa selama anaknya seneng2 aja. Yg penting perhatikan asupan cairan seperti asi dan air putih. Biar BAB tetep lancar. Pencernaannya kan masih latihan menerima makanan padat.

19

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Iya mom gpp bgt klo memang anaknya udh antusias pengen makan gitu. Kan memang pelan2 nti frekuensinya harus naik jg. Gpp mom..tiap anak kan special jd ya gk hrs sama dgn anak lain :)

20

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Moms, mohon bantu jawab ya.

babyku baru mau 5 bulan, dan sepertinya sudah bernafsu banget buat makan. semua mau di jilat, di emut, di gigit dan di rasain.

klo mama papa nya lg makan, matanya gak berpaling, ngeliatiin mulu.
abis minum asi juga masih keliatan ky lapar githu.

udah boleh aku kasi makan belum ya moms? #bener2 udah gak sabar pengen nyuapin makan

21

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Moms, mohon bantu jawab ya.

babyku baru mau 5 bulan, dan sepertinya sudah bernafsu banget buat makan. semua mau di jilat, di emut, di gigit dan di rasain.

klo mama papa nya lg makan, matanya gak berpaling, ngeliatiin mulu.
abis minum asi juga masih keliatan ky lapar githu.

udah boleh aku kasi makan belum ya moms? #bener2 udah gak sabar pengen nyuapin makan

22

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

@mama taruli, masih asix? Berat badan oke? Kalau semua jawabannya iya, mending ditunggu sampai 6 bulan. Kan anjuran asix 6 bulan demi bayinya juga... sabar ya...

23

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Mama taruli,
Setuju dengan mom aaayua...Lagian bayi umur2 segitu memang lagi seneng2nya ma semua juga dijilatin dan dimasukkin mulut hehehe.. dan iya memang udah suka merhatiin orang makan ya. Bayiku juga gitu, tapi ya itu kalau semua ok nunggu 6bulan aja kan sebentar lagi ma :) sambil nunggu mamanya bisa cek2 dan siapin menu MPASInya.

24

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

iya ma.
baby q mam x antusias bngt .
hehe syukurlah pupx jg lancr lancr saja :-)
.

25

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

aayua
huaaaa mom,, udah aku kasih artikel mengenai gulgar bagi bayi,, udah aku kasih youtube dr.Oz,, udah aku tanyakan ke dsa (kebetulan beliau selalu ikut kalo imunisasi) dan dsa jg bilang ga perlu gula garam tapi tetep loh ya dikasih aja itu teh ama gulgar.. alasannya yang megang bayi kan kita,, kan tau realnya seperti apa.. teh itu dikasih supaya ga eneg pas dikasih vitamin (padahal kl aku dirmh,, hanya aku kasih air utih setelah minum vit jg gak muntah),, gulgar itu dikasih supaya makanan ga hambar,, supaya makannya banyak.. lagian dulu anak2 dikasih itu jg sehat2 aja ampe skrg dan alasan2 lain ampe aku bingung harus jelasin apa lg. Pernah eyangnya nangis2 karena dhea sama sekali ga mau makan, alasan eyangnya karena makanan ga dikasih gulgar. Padahal kalo ama aku pas weekend, dhea mau aja makan biarpun ga lahap2 banget.
Sekarang aku akalin bangun lebih awal untuk bikin mpasi dhea dan kasih makan pagi sebelum siap2 mau berangkat kerja, setidaknya meminimalisir masuknya gulgar ke dalam tubuh dhea. Ga tau deh pas aku dikantor,, itu makanan ditambahkan gulgar lagi atau tidak. Sedih kalo ingat itu,, masih jadi pertanyaan kenapa eyang senang banget kasih dhea makanan yang dilarang.