1

Topic: Persiapan Finansial Sebelum Nikah & Punya Anak

wah! antara breathtaking baca forum ini dengan hati mencelos.
*hitung2angka
*calon mama yg baca sebelom jadi mama
rada freakin' out nih.

anyway, makasih ya mamas sharing-nya :)

2

Topic: Persiapan Finansial Sebelum Nikah & Punya Anak

Hahahahaaa ada thread ini yaks...
Jadi terbayang setaon lalu kebelakang sebelum akhirnya BERANI nikah
Curhat dulu yey...

Lulus kuliah umur 21 taon, ga kepikiran tuk langsung nikah
Emang gak pernah ngebayangin nikah muda seh
Naaahh trus karena dulu kul D3 dulu trus kepikiran lanjut S1 sembari kerja
Walhasil lulus S1 di umur 24 taon
Daaannn diumur 26 taon masih belum kepikiran menikah
tueng tueng!!!
Kenapa seh kok akyu ga ngebet nikah???
Pdhl biasanya wanita palagi umur 26 taon, udah manufer kanan kiri tuh
(hahahahhah kok istilahnya manufer seehhh, yah apalah istilahnya, doesnt matter)
Intinya karena aku tuh orangnya BOROS buanget, ga bisa ngatur keuangan dan hidup untuk hari ini!!!, mungkin itu alesan gak berniat nikah muda
Nah kebyg kan dgn perubahan status sbg istri palagi jd ortu, wadooohhh gmn dengan naseb keluarga ku nantinya klo punya "menteri keuangan" yang tidak pandai mengatur keuangan seperti sayah ini!!!

Sampe akhirnya Juli 2011, temenkuw mengenalkan Ligwina via twiter (alias nyuruh add twitternya bukan kenalan tatap muka langsung hehehe krn byk ilmu2 keuangan yang di sharing dia). Dan akhirnya twitter yang br kubwat Jun 2011, dari situlah awal kehidupankuw BERUBAH :)

Aku mulai paham perencanaan keuangan, aku mulai belajar investasi untuk melipatgandakan uang, mengenal asuransi dalam arti sebenarnya tuk proteksi dll. Dan di angka cantik 21-1-12 akhirnya AKU MENIKAH (rencana menikah sesuai bayangankuw di usia 28taon) dan saat ini aku lagi hamil 8 bulan. Ga sabar deehhh bertemu jagoan kecilkuw en menjalankan rencana2 yang udah dbwat tuk dia terutama mempersiapkan dana pendidikannya (haiyah skrg bisa sombong euy hihihiihii). Skrg emang baru 7 bulan perencanaan keuangan ALVI (ALfen VIvi - nama suami en akyu) berjalan (1 bulan pertama (Februari 2012) msh penyesuaikan tujuan finansial antara aku en misua en penyesuaian juga tuk joint income, yah semacam masa transisi yang tdnya sendiri skrg berdua, selaen transisi kehidupan yah transisi keuangan hehehe) tp kuyakin dengan perencanaan keuangan yang tepat maka perencaan kehidupan ALVI dapat terwujud "insya allah". Human as a planner en Allah as a decision maker.

Duuhh udah puanjang lebar yaks... Moga ga bosen baca curhatankuw :). Balik lagi ke pertanyaan awal mama kinar "ttg persiapan finansial yang sebaiknya disediakan sebelom couples akan nikah" berpikir untuk punya anak, etc", beberapa yang ALVI bwat (no.urut adalah skala prioritas):
1. Yang pertama dan terpenting: Dana Darurat
2. Asuransi Jiwa tuk nama misua dengan UP yang sesuai, selanjutnya baru tuk namaku (kalo aku masih gawe soale kan kalo aku gawe brarti penghasilankuw berpengaruh juga terhdp penghasilan keluarga)
3. Yang ketiga karena ternyata aku alhamdulillah langsung hamil: Dana Persiapan Lahiran
4. Selanjutnya DP Rumah karena gak mau duonk selamanya ngontrak
5. Dana Pendidikan Anak saat anak lahir dengan pilih produk yang sesuai, dari skrg udah mulai survei sekolah TK - S1 yang dipengenin
6. Beli mobil, nyiapin DP Naik Haji, etc nah itu rencana2 untuk 5taon dari sekarang. Kalau no. 1-5 langsung disiapin dari cash flow saat ini.
7. Oh ya untuk diri sendiri nyiapin dana pensiun en dana kesehatan pensiun nanti (status pegawai yang katanya masa pensiun terjamin udah gak berlaku jaman sekarang bo'!)

Aku ada tabel perencanaan keuangan ALVI yang terdiri dari beberapa kolom - kolom. Barangkali bisa membantu bwat calon penganten yang berniat bwat perencanaan keuangan untuk kehidupan barunya. Karena binun cara post kolom2 nya disini, hubungin via PM ajiah yaks ;)

Oh ya, suka baca bahasan Adhitya (halaman 4) terutama kalimat: "gak ada salahnya pasangan yang akan menikah duduk bareng dan buka-bukaan soal uang" soale ini jadi salah satu hal yang memang menunjang aku en suami ngisi kolom2 di tabel perencanaan keuangan ALVI itu ;)

Mari terus berbagi, terus bercerita via TUM forum ini. Gak sia2 nemu en bwat account di theurbanmama.com ini ^_^

Financial Planning make happier version of you :)

3

Topic: Persiapan Finansial Sebelum Nikah & Punya Anak

hi all,mau nanya dong, aku sekarang si masi single, nikah kapan jg belum tau, karena keadaan yg belum pasti seperti sekarang, kira2 instrumen apa yg tepat untuk menyiapkan dana pernikahan dan lahiran nanti? trims sharingnya

4

Topic: Persiapan Finansial Sebelum Nikah & Punya Anak

suasti


menurutku kalo dana sih, disimpan sebanyak2 nya yahh..pengeluaran utk menikah itu kan banyak sekali.
selain dana, yg menurutku penting sekali utk dimiliki adalah: asuransi kesehatan.

dimana kalo nantinya kita butuh, sudah ada yg mengcover kita. kalo pun ada asuransi dari kantor, biasanya terbatas dan hanya melindungi kita selama kita bekerja di kantor tersebut saja. jd mending kita lindungi jg diri kita dgn asuransi kesehatan.

asuransi kesehatan jg ada yg skalian asuransi jiwa. tapi nilai nya mencakup biaya Rumah Sakit, obat dsb (tergantung ketentuan asuransi masing2).

kalo soal investasi, aku sendiri jujur ga bgitu mengerti klo ttg main saham/emas gitu. jdi aku masukin tabungan di asuransi..skrg byk jg asuransi yg menawarkan tabungan..biasa di ambil tahun ke sekian.

HTH..:)

5

Topic: Persiapan Finansial Sebelum Nikah & Punya Anak

bener2 miris bacanya, krn smp skrg blm pny tabungan n br mskin RD d commbank.. br sebulan ini aj n main d RD saham, tnyt salah ya, hrs ny d RD campuran, rencanany utk skolah anak PG n TK..

6

Topic: Persiapan Finansial Sebelum Nikah & Punya Anak

-serius baca-

dulu pas married modal nekat aja... tp suami udah kerja untungnya. sekarang lgs bebenah ini itu :D
ternyata superbanyak yg harus disiapkan dan semakin dini semakin baik

7

Topic: Persiapan Finansial Sebelum Nikah & Punya Anak

yang pasti kudu siapin tabungan yang lebih dari cukup terlebih dahulu, karena biaya yang harus dikeluarkan pada bulan pertama setelah melahirkan itu lumayan booo.

8

Topic: Persiapan Finansial Sebelum Nikah & Punya Anak

rrraisha wrote:
crey, metariza, makasih banyak atas penjelasannya... boleh nanya2 lagi yaaa, soale bener2 nol besar soal RD ini... :( dan maaf kalo pertanyaan2nya mungkin ngga penting buat yg udah ngerti... peace... :)

1. keuntungannya beli RD ini dibanding nabung biasa atau deposito?
2. ada macem2 RD ngga? gimana musti milih2nya?
3. apa tiap2 bank besar ngejual? bank mana yg baik, atau relatif sama aja semua bank jadi kita bisa milih salah satu semata berdasarkan deket dari rumah misalnya..
4. beda dgn beli saham gitu ngga siii.. jadi keuntungannya terpengaruh ngga dengan situasi pasar sedang cerah ceria atau bermuram durja gitu?

makasih banget yaaaa... semoga menjadi amalan berbagi ilmu, aamiin...


bantu jawab yah.

1. sebenarnya kalau bicara keuntungan, apapun bentuknya pasti nguntungin mam. Cuma besarannya aja yang berbeda. Kalua nabung dan deposito nilainya bisa tergerus inflasi. Kalau RD gak, walau yg stabil sejauh yg saya tahu sih RD pasar uang. itu juga dari teman saya yg kerja di bank. Nah kalau RD gak terpengaruh sama nilai inflasi gitu mam.
2. RD tuh ada banyak sih macemnya, digolongkan jadi 3 jenis. jangka pendek, menengah, dan panjang. Tergantung mama mau investasi berapa lama. Kalau hanya jangka pendek, mama milihnya RD pasar uang, kalau menengah bisa pilih RD pendapatan tetap atau terproteksi, dan kalau mau jangka panjang pilihannya bisa RD saham atau campuran, atau kalau mama pengen yg syariah, bisa pilih RD sharia. Namanya Shroder Global Sharia Equity Fund dalam bentuk USD, infonya dari temen saya yg kerja di bank D*S. untuk milihnya mama bisa langsung cek ke web bank yg mama pengen tuju, isi form, nanti akan ada orang yg akan hubungi mama buat kasih info gitu. Sepengetahuan saya waktu itu, diarahin sih lewat profil risiko mama, akan dipilihkan yg paling sesuai sama mama, dan dicocokkan dengan kemampuan finansial juga mam.
3. hampir semua bank besar sih ada, kalau saya sih kebetulan beli sama temen saya ini, karena dia kerja di situ. jadi saya bisa tanya banyak, dan memang banknya udh dpt pengakuan gitu dari the banker jadi the best bank se-Asia (bukan promo tapi ini langsung aku cek sendiri dari internet).
4. yang pasti RD beda dengan saham, mam. Kalau RD dikelola oleh manajer investasi, dan mam dapet laporan bulanan. kalau saham, mama musti check sendiri, dan pantengin terus pergerakannya, pengelolaannya juga sendiri. Kalau mama termasuk orang yg suka tantangan sih boleh maen saham. kalau terpengaruh atau gak, cuma RD pasar uang sih yg aku nilai stabil. yg laen risikonya cukup lumayan. Jadi mama sebaiknya cek profil risiko, kemampuan finansial, plus kebutuhan investasi mama.

semoga jawaban saya membantu yah. :)

9

Topic: Persiapan Finansial Sebelum Nikah & Punya Anak

soal RD dan saham saya kurang paham,

yang saya lakukan sebelum gaji dibelanjain, ambil dulu 10% buat tabungan baru sisanya buat kebutuhan.

Alhamdulillah dengan disiplin lakuin ini tiap bulan, jumlahnya lumayan :p

10

Topic: Persiapan Finansial Sebelum Nikah & Punya Anak

@giegie

ayo belajar biar paham. semangat!!! kapan hari ikut sekolah pasar modal, dan return pasar modal itu ternyata yg paling tinggi lo, dan masih bisa berkembang lagi, kalau pasar modal di eropa sana banyak yg sudah mature, pasar modal kita justru sebaliknya, masih bisa banget berkembang. bisa coba2 daftar kelas pasar modal, sy ikut gratis level satu dan level dua. lumayan buat nambah2 ilmu,http://investar.idx.co.id/ dari 250jt penduduk indonesia, baru sekitar 300rb jiwa yg aktif di pasar modal, sangat jauh tertinggal dari singapura, dan negara tetangga lainnya,mari kita ramaikan... hihihi


btw mamas, papas semua, tambah lg dong yg harus disiapin sebelum nikah dan punya anak, biar bisa siap2 nih dari sekarang...