1

Topic: Anak & Internet

aduh iya nih..gimana ya. anakku (7thn) yg gede suka bgt yutub-an pkae komputer..safety-nya sih ON tp kan ga ada yg tau. takut nemu yg aneh2. jadi slama ini sih aku ksh waktu, ga boleh lama2 (1jam aja)

2

Topic: Anak & Internet

Mommy _dyno, ditemani saja jangan youtube-ing sendiri sampai kita kira cukup 'bekal' dia masuk ke rimba internet. Kadang ada judul video terlihat lempeng tp isinya porn.
Waspadai juga bully membully di dunia maya (berlaku juga buat ibuk-ibuknya :D)
Kisah nyata amanda todd yg diangkat di intisari bulan desember bisa jadi alarm para orangtua.
Kadang anak saya menggunakan internet untuk mencari jawab PR bahasa jawa yg kurang dimengerti ibuknya :p it works and help us.

hari ini adalah hari baik

3

Topic: Anak & Internet

namila ya sih..skrg ga blh main komputer klo hari sekolah, bolehnya wiken aja/libur. n itupun klo ada mama-papanya.
emang deh yutub tuh serem yah..takut dia nemu porn! NOOOO....

4

Topic: Anak & Internet

anakku baru 2 taun, andalannya aadlah minta dibukain google image trus liat2 gambar hewan dan buka youtube liat2 video lagu anak2.. dr umur 17 bulan sudah hapal lagu2 ciptaannya bu sud, sekarang lg seneng sama tasya dan sherina

5

Topic: Anak & Internet

Klau bisa awasi terus anak ketika bermain internet, ingat semuanya bisa di akses di internet (kecuali anda menggunakan security sistem yg blok konten dewasa). Namun kalau bisa batasi saja waktu dia bermain internetnya. Misal pada jam tertentu saja, jadi dia ada disiplin dan bagus buat perkembangannya. Apalagi kalau mislanya dia sampai meninggalkan aktifitas lainnya dan hanyamain internet. Tetap pertahankan gaya bermain klasik buat dia, misal bermain tanah, mobil2an, dll

Masih calon mama ;) - Temenan di FB juga yuk! https://www.facebook.com/ochyi

6

Topic: Anak & Internet

hi moms....sekedar share dari pengalaman temen. walau kompnya sudah dilock pake software anti porn content. tetep aja anaknya tiba2 dpt spam iklan yang isinya porn. ampe kaget tmn saya buat close n jelasin nya.

saran tetep harus diawasin sih memang.

7

Topic: Anak & Internet

Sudah saya kenalin. tapi saya batasin dengan penyaring situs2 gitu pake service gratis "opendns".

tapi saya jarangnin lagi sih maen2 komputer. soalnya dia bagusnya lebih konsen ke pendengaran kalo umurnya masih tk/sd gitu.

Freelance Photographer | 3D Architecture Impressionist

8

Topic: Anak & Internet

bagaikan pedang bermata 2 emang si internet itu.
anakku semua familiaer banget sama internet. mau begimana lagi, emang bapak nya lulusan komputer semua, kerja di depan komputer.

selama ini inet ku di proxy sama ayah. jadi yang berbau-bau gak jelas itu gak bisa di buka.
anak yang gede (kelas 5 SD) udah pinter cari PR di internet juga
yang umur 5 tahun udah pinter juga buka you tube, cari-cari film nya sendiri bahkan cari info kayak : "gempa bumi" dll

oh ya, di sini penggunaan komputer + gadget di ruang tengah. dimana semua orang bisa lewat dan melihat. Tablet gak boleh masuk kamar. Netbook dan laptop pun semua di ruang tengah. temen sekolah boleh nebeng inetan di rumah.
khusus nge game, cuma boleh sabtu-minggu atau hari libur. selain dari pada itu gak boleh

So far sih lancar dengan TOC yang kami bikin. semoga lancar terus sampai mereka sendiri bisa memilih dan memilah.

9

Topic: Anak & Internet

Ada yang udah pake K9 Web Protection?
Bisa dipake di Windows, Mac, iPhone-iPad-iPod, Android. As usual bisa blok website2 tertentu, dikunci pake password.
Trus bisa diatur juga time restrictions yaitu jam2 dimana anak nggak bisa akses internet (in case dia nyolong2 pake internet tengah malem).
Tempat kerjaku pake ini buat pengamanan :)

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

10

Topic: Anak & Internet

menyimak ^_^

11

Topic: Anak & Internet

winda.reds, gw blm pernah coba K9 Web Protection, tapi mau coba ah.., daripada sibuk cek history terus kalo pulang ke rumah hehehe...

ririe_aja, sama dong, anak gw yg gede jg dah kelas 5 dan memang udah biasa buka2 internet untuk ngerjain tugas atau pemuasan keingintahuan dia sendiri, bahkan ayahnya kalo ada pertanyaan si abang yg gak bisa dia jawab langsung nyaranin si abang utk googling.. Setuju banget kalo tablet gak boleh masuk kamar! gw pernah parno tuh, si abang di kamar lamaaa bgt gak keluar2, pas gw cek, dia lagi maen tablet dan pas ngeliat gw dia buru2 ganti page. Pas gw cek dia lagi buka2 link game GTA yg udah gw larang untuk dia mainin krn kasar, sadis, dan vulgar. Untungnya sih si abang nurut saat gw bilang dia udah gak boleh main game itu di PS dan donlot2 di internet..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

12

Topic: Anak & Internet

maen game di inet biasanya cuma boleh sabtu or minggu dengan waktu dibatasin,sebisa mubgkin diawasin, beberapa kali ditinggal mereka malah bablas lebih 2 kali lipat dari waktu yang ditentuin untuk boleh internetan ..

13

Topic: Anak & Internet

hai ma, kalo untuk internet kayaknya anakku2 udah dikenalkan sejak dini, selain mmg buka video youtube untuk source lagu dan activitas, mrk senang main Ipad nya ni, tapi mrk tidak pernah dibiarkan surfing youtube sendiri, apa lagi kalo ipad kan touch screen jadi bisa tunjuk2 langsung kebuka tu..jadi bahaya..so always under supervision ya ma..

14

Topic: Anak & Internet

Halooooo....ngeramein forum judulnya :). Anakku, 7 tahun. Namapun anak jaman sekarang, udah pinter internetan. Sejak awal, mulai dia umur 5 tahun, udah dikasitau tentang apa yang boleh dia buka dan ga bole dibuka plus sebab akibatnya. Sejak dia masuk SD, mulai deh...bikin aturan yang rada ketat soal internetan. Hanya boleh Sabtu/Minggu dan hari libur aja, kecuali ada project dari sekolah atau dia pengen digging sesuatu. Kadang internetan sendiri tanpa supervisi. Selama ini, kalo dia ragu2 boleh apa engga baca/nonton sesuatu, dia memastikan dengan nanya ke gw. Lama-lama dia paham sendiri. Tiap kali gw cek history, alhamdulillah aman. Semoga kepercayaan yg gw kasi selalu dijaga sama anak gw, Amin.

lifetime traveler

15

Topic: Anak & Internet

hadeeeh, anakku umur 7 taun tapi masih gaptek urusan gugel... kalo youtube pake ipad bisa... tapi kalo pake komputer, masih payah nih. ga pernah pake komputer sih, kecuali di sekolah kayaknya... pengen ngajarin utk ngegugel, tapi kok dia ga tertarik ya...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

16

Topic: Anak & Internet

kalo di rumah, si abang dan kakak udah make google sehari2, tapi PC memang sengaja di taro di ruang yang sering dilewatin jadi mudah2an aman karena bisa dipantau terus2an apa yang mereka buka. Mostly sih mereka pake google untuk tugas sekolah dan hobi. Si abang gak bosen2 google soal pesawat dan bola, si kaka rajin buka website girlsband kesukaannya :). Tiap hari sih gw batesin maksimal 2 jam pake komputer..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

17

Topic: Anak & Internet

Belum kasih. Selalu parental control.
Kita nggak tau pop up apa yg tiba2 muncul bila browsing2 sendiri.

18

Topic: Anak & Internet

Lana akhir-akhir ini sering nonton youtube kids, krn keseringan jadi sekarang dibatasi, boleh nonton yutub kalau udah mau tidur dan maksimal 2 video. So far yang menjadi tontonannya ada lego dan cooking demo.

19

Topic: Anak & Internet

kak ipeh youtube kids ini gimana sih? sama aja kayak yutub biasa tapi isinya khusus yang kids gitu ya?
Asik dong yaa..
kid #3 juga udah mulai suka nonton di yutub,fave-nya lego frozen,egg surprise frozen dan playdoh frozen :D

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

20

Topic: Anak & Internet

beberapa waktu lalu sempat bahas soal kids dan internet dengan beberapa teman. generasi anak-anak kita sekarang adalah native internet. yang lahir sudah ada internet. bahkan ada ponakan temen bercita-cita mau jadi youtuber. TV terasa jadi lawas banget.

sebenernya imho, internet pun sama sifatnya kaya media komunikasi lain. hanya lebih cepat dan lebih banyak pilihan. perlakuan orang tua ke anak, menurutku juga harusnya sama. mendampingi selama mereka berinteraksi dengan internet. hingga mereka cukup umur. bukan kepo atau overprotective ya. preventif aja.

urusan anak dan internet sempet diangkat juga di serial criminal minds session 10 lhoh. pas anak salah satu agen jadi korban penculikan gara2 chatting dan ngasih foto ke orang asing. yang akhirnya anak itu jadi korban trafficking.

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

21

Topic: Anak & Internet

mrsdoyi, terimakasih info-nya ya. Setuju sama Indah, apapun itu, orangtua harus selalu mendampingi anak-anak dalam menggunakan internet atau media lainnya.

Cindy, iya bener youtube khusus untuk kids cind. jadi di ipad install ini khusus anak-anak.

22

Topic: Anak & Internet

Ikutan share ya, Miguel (5thn) juga sudah mengenal internet dan selama ini selalu di temani karena memang di batasi waktunya, awal2 sering buka youtube untuk nonton HI 5, tapi sekarang katanya udah jadi kakak, udah ga ntn HI 5 jd nge-youtubenya lebih sering lego atau soal dinosaurus :D

indah - Jadi pgn nonton deh episode yg dibahas di atas.

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

23

Topic: Anak & Internet

mrs doyi, duh kalau nonton criminal minds atau csi cyber tuh jadi parnoan banget deh rasanya.
Waktu ikut acara tentang keamanan berinternet tuh sempat ada satu hal yang dibilang bahwa salah satu bahaya anak berinternet tuh karena kita tidak memberitahu bahaya apa sih yang ada kalau mereka berinternet. Repotnya, kadang orangtua juga masih kurang paham apa sih bahaya yang ada saat berinternet.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

24

Topic: Anak & Internet

cindy,
tadi jadi install youtube kids di tab. Memang channelnya khusus anak-anak yaa.. sedikit lebih lega ya.

mrs doyi
Idem, jadi penasaran sama sessionnya criminal minds yang itu deh. Aku cuma pernah lihat di youtube semacam program social experiments gitu. ketika si anak diajak chat dan ditelusuri via internet alamat rumahnya, lalu diajak ketemuan dan ortunya sendiri berpura-pura jadi penculiknya.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

25

Topic: Anak & Internet

ella
iya... kl dibayangkan, menjelaskan bahaya berinternet ke anak itu agaknya bakal panjang dan ribet. karena sebenernya manfaatnya juga banyak banget. lebih enak memang didampingi. praktikal.

chika & mb wiwit
sebenernya itu episode terakhir. tapi kaya dicicil gitu pada bagian terakhir di beberapa episode. ceritanya anaknya agen jenifer love hewitt dan bffnya chatting gitu sama cowok. terus si cowok minta tukeran foto. gitu lah awalnya. ceritanya nyicil sampe klimaks di episode terakhir anaknya diculik dan diperdagangkan. nampak wajar dan ngga bahaya ya, tukeran foto doank. tapi kita ngga pernah tahu kan.

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog