1

Topic: Manajemen ASIP

moms... saya mulai nyetok asip sejak smnggu yg lalu... slama ini abis pumping lgsung dimsukin frezer. skrg br sadar klo asip lbh baik dmsukin ke chiler dulu sblm ke frezer biar g ada prubahan suhu drastis. trs nasib stok asipku smnggu ini gmn ya moms? :'( udh hampir 30 botol... efeknya apa ya kalo asip lgsung msuk freezer?? plisss help mohon pencerahannyaa....

2

Topic: Manajemen ASIP

biasanya perubahan suhu mendadak menyebabkan komposisi asip jadi rusak mom chietraayu

Lia Chan
Shaq and Sean's Mom
http://qeixalya.blogspot.com/

3

Topic: Manajemen ASIP

Dear all,
Kok tutup botol kaca baby pax saya ada yang pecah ya, apa karena proses pembekuan di freezer? Ada yang pernah ngalamin ga? Ini baru ketauan tadi pagi, pas lagi ngeluarin dari chiller untuk diminumin hari ini.
Oiya, di kantor saya ada break 10 menit di jam 10.00 dan 15.00, dan saya manfaatkan untuk pumping. Tapi kyknya PD blm kosong klo cuma pumping 10 menit, baiknya saya ikutin waktu yg 10 menit itu trus selesai atau pumping sampai PD benar-benar terasa kosong? Apa pengangaruhnya untuk produksi asi kedepannya?

Terima kasih para mamas..

4

Topic: Manajemen ASIP

amel1 wrote:
Dear all,
Kok tutup botol kaca baby pax saya ada yang pecah ya, apa karena proses pembekuan di freezer? Ada yang pernah ngalamin ga?


waah, saya sih bukan cuma tutupnya yg pecah, sampe botol2nya juga pecah (pake botol kaca).. terbuang deh 2 botol ASIP saya :'(

usut punya usut, hal ini dikarenakan pengisian ASI yg terlalu penuh.. jadi sebenarnya botol penyimpanan ASIP itu cuma bisa diisi 3/4 botol klo mau dibekukan di freezer, karena si ASIP-nya semacem mengembang gitu klo masuk freezer..CMIIW

5

Topic: Manajemen ASIP

MJs Mommy,
Padahal saya hanya isi 120ml lho. Sedih ya kalo harus buang asip, saya juga pernah hanya karena waktu itu ga yakin dgn cara penyimpanannya.
OK deh, kalo gitu saya coba isi 100ml dulu. Thanks Mjs Mommy..

6

Topic: Manajemen ASIP

Bnr bgt ya mompa itu bnyk faktor eksternal. Baru masuk lerja lg dua minggu ini tiap pulang bawa 400-500ml msh nutup sama yg dedek konsumsi tiap hari. Mlm aku ttp pumping 2x lumayan nambah stok.

Mmg mnyusui itu hrs keras kepala (tdk dgrin org blg Asi sdkit diawal2 krn pumping cm bs dpt 20-30ml yg tnyta seirimg waktu asal srg myusuin n pompa skrg dah bs naik jd 80-100,dan niat (rutin ijin dijam kantor,nyiasatin jam pumping yg msh brubah2 krn sk rapat dadakan,pompa dmobil krn pagi2 dedek maunya ngempeng,bgn tgh malam demi dpt pompaan bnyk)

Perjalanan msh panjang,skrg target lulus asix dlu. Smangat!!

"being a mother is learning about strengths you didn't know you had" -linda wooten

7

Topic: Manajemen ASIP

chietraayu

gpp mom jangan dibuang, anak saya sehat2 aja tuch malah gemuk pas ASIX, dokter sampai curiga dikasih minuman atau makanan lain

saya juga dulu sempet gitu koq

8

Topic: Manajemen ASIP

amel1

[list=1]

  • Kalau tutup botolnya yang pecah itu kemungkinan nutupnya kekencengan dan kepenuhan ngisinya[/*]
  • kan Ibu menyusui diberikan hak untuk memberikan ASInya kepada bayinya (sudah dalam undang2 dan peraturan pemerintah) memompa ASI kan salah satu memberikan ASI kepada buah hati. Kalau saya malah g ada break di jam itu tapi tetep aja mompa karena kita dilindungi undang-undang koq. Oh ya saya pakai doublepump elektrik jadi 10 menit it cukup ngosongin PD[/*]

  • 9

    Topic: Manajemen ASIP

    elzahra,

    Thanks untuk inputnya, it means a lot..
    Semangaaaatttt!!

    10

    Topic: Manajemen ASIP

    Hai moms, mau tanya utk steril botol aku pakai sterilizer chicco.. Nah dia kan hasilnya ga kerimg yah.. Gapapa ga sih botolnya kita pakai masih ada bintik2 air nya? Krn nunggu keringnya kan lama bngt tuh.. Btw kalau abs disteril trs kita biarin aja di sterilizer smp dingin gapapa ga? Apa pas selesai steril pas masi panas2 itu hrs lgsg diangkat semua? Makasih yaaa

    11

    Topic: Manajemen ASIP

    mimosaa kalau untuk diskusi sterilizer bisa ke sini mom http://theurbanmama.com/forum/topic410-sterilizer-p17.html

    12

    Topic: Manajemen ASIP

    dear mamas,
    pengen tanya2 nii.. maaf klo sebelumnya udah ada yg bahas karena dari sekian puluh page baru baca beberapa..
    aku kan masuk lagi januari, november ini klo mompa2 bisa dapet 200ml per hari.. nah tapi masi ada juga stok bulan agustus akhir karena dlu mompa buat ngurangin ASI supaya PD ga bengkak n anak ga tersedak.. kira2 masi bisa ga ya dipakai.. aku sekarang sih pake freezer satu pintu yang katanya konon ASI nya bisa tahan 3-6 bulan.. rencananya sih nanti separo ASIP beku separo lagi ASIP fresh.. oia pas januari nanti anakku 4,5 bulan, lahir agustus..
    makasii :)

    13

    Topic: Manajemen ASIP

    Wuuiihh... Kelar juga baca 82 hal...
    #matapanda
    Selama ini kan aq cuman baca2 buat nambah ilmu per-ASI-an. Aq udah stock ASIP dapet 100 botol antara 60-100 ml coz desember ntar aqq dah kerja lg. Nah.. Baca2 ternyata ASI kalo dah kena liur baby kan udah ada bakteri ya. Masalahnya kmrn2 tuh aq mompa sambil nyusuin gitu. Trus pas babyku dah kenyang tp PD ku itu masih keras, jd PD yg abis buat nyusuin aq pompa sekalian. Pasti kecampur liur baby ya? Nah itu ada bbrp botol yg gitu. Apa gpp ya? Worry banget kalo ASIP rusak gara2 salah. #nangisbombay

    Gimana ya? Pernah aa yg ngalamin?

    14

    Topic: Manajemen ASIP

    Dear win da menurut twitter-nya ayahasi sih selama baby-nya masih mau ya diminumin aja gpp.. Baby tau koq yang mana enak menurut dia. Soalnya ada juga bayi yang ga mau sama sekali ASIP beku walo baru minggu kemaren, maunya ASIP fresh terus..
    Coba aja dimimikin dulu Moms..

    After a dark sky, there's always a silver lining
    @metamiaw

    15

    Topic: Manajemen ASIP

    makasi mom metamiaw.. aku coba deh nanti.. semoga anaknya mau dan ga apa2.. :) kemarin pernah coba dikasi Asip 2 bulan lalu anaknya sih mau aja.. berarti nanti klo aku balik kerja babyku aku tinggalin ASIP beku 3 botol yang 4 bulan lalu dan ASIP fresh 3 botol gapapa yaa insya Allah.. klo mau dibuang sayang soalnya, kecuali klo mmg nanti rasanya udah berubah basi..

    16

    Topic: Manajemen ASIP

    win da

    anakku masih minum asip beku 6bulan lalu lo, so far mau mau aja. baby pinter kok, kalo rasanya udah ga enak, pasti ditolak.

    Lia Chan
    Shaq and Sean's Mom
    http://qeixalya.blogspot.com/

    17

    Topic: Manajemen ASIP

    uniliachan
    wah ternyata emang aman ya.. walaupun berdasarkan manajemen Asip bilang bisa sampai 6 bulan, tapi sempet khawatir..
    makasi ya mom sharing nya.. :)

    18

    Topic: Manajemen ASIP

    kalo menurut Ayah ASI untuk freezer yang sangat stabil suhunya, ASIP bisa dikonsumsi sampe 1 tahun.

    http://www.ayahasi.org/manajemen-asip-air-susu-ibu-perahan.html

    Lia Chan
    Shaq and Sean's Mom
    http://qeixalya.blogspot.com/

    19

    Topic: Manajemen ASIP

    Halo Mamas,

    Salam kenal ya.

    Saya butuh sharingan mamas di sini nih. Bagaimana sebaiknya manajemen botol ASIp kalau kita pumping dengan double pump di kantor. Maksudnya gini, misalnya di kantor kita pumping setiap 3 jam, jadi dalam sehari ada 3x.

    Sebaiknya kita sedia berapa botol?
    Apakah harus 2 botol x3, jadi 6 botol?
    Ataukah boleh kurang dari itu (botol yg nempel di breastpump dipakai berulang kali lalu isinya baru dipindahkan ke botol utk penyimpanan, hasil perah PD kiri dan kanan disatukan)?

    Mana yang lebih baik/higienis ya?

    Mohon pencerahannya ya. TIA :)

    20

    Topic: Manajemen ASIP

    Mom ristyad,,
    menurutku sih tergantung,,volume asip perpumping nya berapa,,akupun 3x pumping di kalo kerja,,perpumpinh kira2 200-300cc,,nah kalo aku bawa botol ya berat harus bawa 9 botol tiap hari,,jd aku caranya:

    Bawa 2 botol plastik yg 240ml,,dan plastik asip sepak,,ntar hasil pumping dimasukkin ke plastik asip,,botol bekas pompa aku bilas pake aqua pkus bpnya,, botolnya aku tutup dan masukkin kulkas kantor,,bpnya aku taro di lock n lock dan kutaro di kulkas juga,, ntar pumping berikutnya tinggal pake lagi hahaha,, fulu waktu ga ada kulkas aku taro di coolerbag yg dingin,, prinsipnya kan asi kalo di kulkas ngga akan basi yah jd ya menurutku aman aja,, dan anak pertamaku ga kenapa2 tuh pake sistem itu sampai 14bulan,,skrg anak kedua pun pake cara yang sama hehe

    21

    Topic: Manajemen ASIP

    Hallo bunda bunda semua.. Aku baru disini. Aku baru melahirkan 2 november 2014 kemarin. Aku di jakarta selatan.
    Aku mau menyumbangkan asi ku bagi baby yang butuh banyak asi karna kebetulan asi ku berlebih. Aku muslim,tidak merokok,tidak minum alkohol, bebas sakit dll.

    ------
    untuk donor ASI, silahkan masuk ke thread Donations yaa... -mod-

    22

    Topic: Manajemen ASIP

    wow mom Ayu.. makasih bgt sharing tips nya ;)

    23

    Topic: Manajemen ASIP

    Hai Mommy semua,

    Salam kenal ya, perkenalkan aku Isthie dan newbie disini hehhee sering baca2 thread disini dan memang udah saatnya bergabung deh, krn mau berbagi experience juga nantinya.

    kira2 ada yg bisa kasih info gak, kebetulan planning ke depan setelah lahiran aku akan Long Distance dengan Baby :(
    krn faktor susah cari orang untuk yg jagain. jd plan nya akan dititipkan di orang tua yg tinggal di Jakarta, sementara aku tinggal di Kuala Lumpur.

    dr skrg sangat berminat kasih ASI ekslusif untuk baby, tp melihat berbagai thread tampaknya akan kesulitan krn durasi yg panjang memungkinkan ASI tdk berkualitas lg :(

    ada yg bisa kasih saran kah untuk aku?

    24

    Topic: Manajemen ASIP

    dear mom Isthie..
    aku pernah baca di sebuah blog judulnya SEKOPER ASIP ITUPUN TERBANG SEJAUH 700 KM (aduh maafkan aku ga bisa caranya nge link.. OL nya dari hp :p dicari di google aja ya mom )
    mungkin bisa sedikit memberi gambaran..
    semangat mom buat ASI eksklusif :)

    25

    Topic: Manajemen ASIP

    Makasih ya infonya, very inspiring experience story...sempet netesin air mata :)
    Mdh2an ku bs berhasil... kekhawatiranku dgn durasi asip keluar dr freezer KL sampe dgn masuk freezer jkt nih sekitar 6jam, takut beku nya hilang dan jd meleleh krn ada beberapa tmn yg ngerasain spt itu...skrg lg mau cari tau gmn cara asip nya bs ttp beku...

    Klo ada yg tau mohon infonya yaaa.makasih...