1

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

moms, aq juga termasuk yang prefer HT, tapi kalo memang 3hr batpil gak sembuh2 disertai demam yang kadang turun trus naik dst, aq langsung ke DSA, terus terang gak mau ambil resiko krn anak2 kan rawan kena ISPA, dan kalo gak segera ditangani bisa turun ke paru2 dan terkena pneumonia.. jadi saranku tetep kalo 3 hr batpil gak sembuh sebaiknya ke DSA..

Working mom with 2 little boys and 1 pretty girl ^_^

2

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

Alhamdulillah baby C selama ini belum pernah batpil #semoga enggak utk seterusnya^^
Tapi di rumah tetep sedia olbas children sih buat home treatment, mana beli banyak tp lum kepake semua^^
Sering baca klo lagi batpil hrs digempur asi & dijemur pagi2, bisa jg terapi uap. Klo 3 hari lum sembuh mungkin sebaiknya dibawa ke DSA aja.

3

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

Mom Desan, tetesin ASI ke hidung itu gak kenapa2 ya? nanti baby nya akan bereaksi apa? dan berapa tetes kah? thanks Mom

4

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

Moms, baby Malik (1 month) sudah seminggu ini pilek gak sembuh2.. sudah ditetesin Breathy, dioles Transpulmin, diuap pake minyak kayu putih, dikasih obat dari DSA nya..tapi tetep aja tiap tidur nafasnya bunyi gitu.. :(
ada saran lg gak mom pengobatan buat pilek?
soalnya lendirnya gak keluar2 jg pake cara2 diatas

fyi, Malik gak ASIX, selama aku kerja dia dikasih sufor karena hasil pumpingku masih blm banyak. Ada pengaruhnya gak sih sama lama sembuhnya dia?
thanks momsies

5

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

Baby 1 month biasanya emang suka ada suara grok2 mom karena masih ada lendir di daerah tenggorokannya, jadi belum tentu karena pilek.
Biasanya di usia 2 - 3 month suara grok2 tsb ilang sendiri.

6

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

difagiovani

kl utk suara grok2 sih biasanya rajin di jemur di pagi hari aja mom. Sinar matahari itu paling baik antara jam 07.00-08.30. Anak2ku umur 2blnan suara grok2nya baru hilang kok :)

tapi kl pilek mah yg agak sdikit beda.. di ksh breathy krn hidungnya mampet & meler kah mom ? kl pilek yg berlendir sampai sgt menganggu pernafasannya,biasanya sih paling cpt di uap mom utk mengurangi lendir krn pilek.kan di RS ada tuh nebulizer utk uapnya.tp yaa tetap hrs konsul dulu dgn dokternya

7

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

Eh ketemu lagi sama MamaKenz dan mom lik4 :)
Kalo suara grok2 yg karena lendir, itu sudah hilang waktu Malik satu bulan moms. Skrg kayaknya emang pilek, soalnya saya sendiri sempat pilek dan Malik jg keliatan susah nafas kalo tidur terlentang. Dia baru nyaman kalo tidurnya digendong dgn posisi kepala agak ditegakkan.
Saya kemarin coba menguapi sendiri pake air panas yg ditetesin decongestant, alhamdulillah nafasnya sudah enakan. Soal nebulizer, neneknya gak setuju pake itu karena takut Malik belum kuat.
Bagusnya dijemur ya mom? Pinginnya sih gitu, tp beberapa hari terakhir mendung terus nih di rumah :(

8

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

mommies... zara(3m)lagi batpil seminggu ini. Pileknya udah g seberapa tp batuknya skg berdahak napasnya jadi grok-grok gitu. Udah nyobain HT spt yg mommies lakukan, kl hbs diuap keluar lendir2 dari hidungnya hbs itu boboknya bs nyenyak. Masalahnya minumnya jadi berkurang (ASIX). Gmn ya supaya babyku mau minum banyak biar cepet sembuhnya. obat gosoknya kl dikasih vicks vprup ga apa2kah moms?

9

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

puu_1983

Hi mom Puu, sbaiknya cek dulu si vicks vprup ini bisa di gunakan dr baby <6mos ga? coz setauku sih,malah utk baby >6mos loh (CMIIW)..tp ada jg balsem merk lain yg bs digunakan dr baby 0mos. Kl dedeknya jd berkurang mimik asina, mungkin krn hidungnya tersumbat, jd susah nenen/dot.coba asi nya di perah trus di sendokin aja dulu.kl bak nya lbh dr 6x/hari,artinya dedek ud cukup sih mimiknya. Rajin2 jemur matahari pagi aja mom,kl ga mendung :D tp kl batuknya ud sgt mengganggu pernapasan si dedek,lbh baik di bawa ke dsa aja sih,drpd berkelanjutan :)

10

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

hai mam's
saya barusan nemu tread ini.dan anak saya,sabrang (4mo) sedang terserang batuk pilek pakai panas.sdh 3 hari panasnya. awalnya batuk biasa ngga pake panas,stlh umur batuknya 7 hari saya kepikiran buat pijat fisioterapi (kata ipar saya pijet begituan bisa ngeuarin dahak.dan kata ipar saya lagi ada anak temmennya yg koma gara2 batuk dan dahaknya masuk ke paru2 dan otak,jadi tambah keder lah saya).oke..akhirnya saya pijet anak saya di klinik tmbuh kmbang.sepulang pijet ketemu kampanye yg suara motornya bikin kuping jadi abu2 kebiruan.sesampainya rumah...sabrang panas sampai sekarang.sediiih deh... sempat berpikir,sabrang panas gara2 dipijet.sempet juga berpikir panasnya karena kaget suara kampanye.ah entahlah...nanti mau ke DSA saja.tapi ini hari mingguuu...huhuhuhu...***maaf curhat..habisnya galau bener sih.kali aja nemu ketenangan jiwa stlh dpt masukan dari mama2 TUM.terimaaakasiiiih...

11

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

Hi Mom Sabaykqa,
Biasanya kl panasnya ud lbh dr 3hr, dokter anakku sih lgsg nganjurin test darah. Kan takutnya ada penyakit lainnya,shg bs antisipasi sbelum sakitnya parah
Kl saya pribadi sih,anak saya batuk berdahak lbh dr 3hr, saya bawa ke dokternya trus minta di uap. Dan kbetulan saya punya alat uapnya,drpd repot musti bolak-balik ke RS utk uap aja.Mnrt saya, dgn terapi uap,dahaknya lbh cpt hilangnya drpd hanya mengandalkan obat2an aja.Ud gtu,hbs di terapi uap,susternya pijat anak utk bantu ngilangin dahak.Dan tentunya di jemur matahari pagi jg salah satu obat utk bantu ngilangin dahak. Saya jg takut bgt kl batuk berdahak ga sembuh2,nanti mlh bs kena penyakit paru *amit2ketokmeja

12

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

Dear Mommies, anakku sekarang lagi batpil berat, sampe nangis ga ada suaranya plus ruam2 merah. Saya bawa ke bidan dekat rumah, dia suruh pake transpulmin sama triaminic drop. Baby Kenzie sudah MPASI tapi tidak ada campuran sufor. Tadinya saya tidak mau obat2an, tapi karena sudah 4 hari dan semakin serak suaranya akhirnya mengalah juga, Alhamdulillah tadi pagi suaranya sudah lumayan keluar.

---------------------------------
mom for D&K
IG: Tooseeanna
Twitter: @cicie80

13

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

Bun, anakku mlh jarang batpil, seringnya demam naik turun,bingung..

14

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

Hi Moms,

Ikutan nimbrung ya.... Ada yang pernah denger Essensial Oil Young Living gak moms?
Aku punya 2 anak, yang pertama umur 6thn dan yang kedua umur 3 bulan lewat dikit lah ya.... Nah, anak ku yang pertama, dia selalu aja kena batuk dan pilek yang dateng bolak Balik, Bahkan mungkin bisa sampe sebulan gak selesai2 tuh batuk pilek nya,... Bolak Balik ketemu dokter, bolak Balik di kasih obat kimia dan antibiotic supaya cepet kelarnya tuh batuk.... Tapi kalo kita pikir2 kasih an ya anak sekecil itu bolak Balik minum obat kimia. Sampe akhirnya baru2 ini temanku memperkenalkan Essensial Oil aromatherapy Young Living yang sangat membantu banget...... EO ini beda dengan EO yang kita beli dipasaran, ato mungkin di acehardware lah yang which is cuma 30ribuan, karena itu bukan EO asli. EO young living ini emang gak murah moms, tapi khasiat ya luar biasa.... Kalo anak ku batuk and pilek aku cuma olesin oil ini di telapak kakinya, di belakang daun telinga dan tetesin ini di bantal tidur nya 1 drop aja.... Alhamdulillah batuk pilek nya ilang dlm 2 hr, plus aku tetesin di diffuser nya dan taro di kamar anakku..... Ini oil bnr2 keep me and my kids away from dokter moms... Dan oil ini aman di konsumsi. Jadi bisa di apply ke badan, di hirup langsung atau menggunakan diffuser atau di tetesin langsung ke mulut moms...

Aku beli oil ini di Singapore, karena mmg belum ada di Indonesia, dan kalo ada di Indonesia tentunya harga nya sudah lebih mahal.... Untungnya aku mmg sering ke spore untuk urusan kerjaan jadi ya alhamdulillah banget....

JJ's Mum

15

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

astreed_cute

udah banyak yang jual Young Living di Indo kok, di TUM aja ada thread khusus ngebahas ini plus ada yang jualan

16

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

Nah coba deh pake itu.... Aku pake hasil nya memuaskan sekali

JJ's Mum

17

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

Aku coba cara dari temanku untuk ngolesin yang anget anget di telapak kaki sambil pijit pijit sela sela jari kaki, terus dikasih kaos kaki maka anak batuk bisa tidur lebih enak. Aku praktekkin, eh lumayan bener juga.

18

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

Haloo Moms ikutan sharing yaa..
Sama kaya astreed_cute (sok akrab hehe) aku juga pakai EO Young Living. Beberapa minggu yang lalu Salman (2m3w) sempet batuk grok grok gara-gara jalan di depan rumah dibenerin n debunya masuk rumah kayanya. Waktu itu treatmentnya pake difuser Young Living aku tetesin gentle baby yg bisa bikin bayi tenang gantian sama purification yg katanya bisa bantu bersihin udara..alhamdulillah 2 hari kemudian Salman udah ga grok grok lagi.

"The way to be a good mother is to be a good enough mother." Donald Winnicott

19

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

Hai mamas.. Mau sharing nih klo anak batpil.
Sy biasanya ajak anak2 ke pantai. Krn tinggal di bekasi, pantai paling dekat ya ancol.
Berhubung jaraknya jauh dr rmh, jd batpil nya ditahan2in sampai weekend, saat ayah libur. Selama nunggu, sy suruh mnm air putih aja yg bnyk.
Sy sampai ancol kira2 jm 6pagi. Udara msh seger bgt. Berjemur aja di jembatan selama +/- 1jam. Krn dpt info, saat pagi kandungan NaCl nya msh tinggi.
Yg lbh bgs lg sih berendam di pantai.. Tp you know laahh kondisi pantai ancol gmn? Ga bgt deh.
Alhamdulillah selama 2hr batpil nya berangsur2 hilang sampai hilang sm skali.
Jd ga prnh sy ksh obat. Palingan dsuruh mnm air putih aja yg bnyk.

Silahkan dcoba yaa :)

20

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

Nunky

mama saya juga ngomongnya kalo mau anak ga gampang sakit / mau cepat sembuh, ajak mandi aja di laut ...
karena matahari di laut itu bagus katanya ...
katanya saya dulu kecil2 tiap hari minggu diajak ke pantai, makanya jarang sakit

ada yang bisa menjelaskan ngga ya?

Stallion's mommy

21

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

Ikutan moms,
Ya pada dasarnya krn batpil itu kan asalnya dari virus,
*kata dokter* nah kl dari virus maka sebenernya tubuh punya pertahanan sendiri jadi akan sembuh dengan sendirinya, yg perlu kita lakukan adalah memperkuat sistem imun anak supaya tubuh anak kuat n bisa melawan balik itu virus.. Caranya:
•jemur anak pagi2, sinar matahari pagi itu memang bagus buat ngusir batpil, dan kenapa du laut bagus mungkin karena ga terhalang oleh bangunan2 gitu kali ya, but kl buat saya sih hati2 aja, karena mataharinya bagus, tp anginnya juga lumayan dingin..
•minum sup hangat, sup ayam is the best!
•perkuat imun, salah satunya ya bisa dengan YL eo, saya pake myrtle untuk batpil, bisa juga thieves, efeknya biasanya instant langsung bikin hidung plong, kalo batuknya biasanya cpt sembuh juga, bukan berarti eo ini obat, tapi lebih ke merangsang dan memperkuat imun tubuh jadi lebih kuat melawan virus n cepet recovery
•minum air putih yg banyak, kali masih asix ya perbanyak minum asi
Silahkan ditambahkan moms ^-^

"The moment a child is born, the mother is also born. She never existed before. The woman existed, but the mother, never. A mother is something absolutely new.”

22

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

piouslady
anak batpil diajak mandi di laut, itu karena air laut mengandung garam. NaCl ini yang bermanfaat untuk mengencerkan dahak. Jadi gak perlu repot-repot beli larutan NaCl di apotik untuk tetes hidung atau diuapkan :) Kalo gak salah dulu kata dsa nya ki-ka gitu.. CMIIW ya.

ummi firza
Top banget deh tipsnya.. Keren!
Oh iya, mau nambahin, kalau anak muntah ketika batpil, gak perlu panik, cukup dibersihkan dan 10 menit kemudian diajakin minum air putih lagi. Muntah itu pertanda dahaknya keluar. Yang penting tetap waspada dengan tanda-tanda kegawat daruratan. Misalnya anak lemas dan berkurang kesadarannya karena dehidrasi. Selalu sedia termometer di rumah untuk melihat suhu tubuh anak.
hhmmm... apa lagi ya?!

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

23

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

moms, anakku Kaiden (6 bulan) hari ini hari ke 4 flu, awalnya demam & batuk kering. Dibawa ke dsa dikasih tempra n mercotin & antibiotik tp si antibiotik ga kutebus. Sekarang berlanjut ke batuk berdahak & pilek, kmrn aku bawa terapi uap pakai nebulizer, hr ini ingus udh cair (kmrn mampet). Masalahnya dr kmrn anakku mogok nyusu (krn mampet) akhirnya aku kasih asip di botol dan mau. Sedih ni moms dia ga mau nyusu langsung, aku ngerti krn pasti ga nyaman.. Tapi aku parno bgtt dia bakal keterusan pakai dot.. Aku ftm jd selama ini selalu nyusu langsung, dot bisa diitung pakai jari. Kira2 ada yg pernah ngalamin yg serupa? Tips nya dong fellow moms buat mmnyiasati dia tetep mau nyusu walaupun lg batpil.. Thanjss

24

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

Mungkin nenennya sambil digendong mom. Kalo sy sih di bra sambil ditetesin decongestan merk olbas ato pure kids. Harapannya sih pas baby nenen bs menghirup aromanya dan hidungnya jd plong. Sambil terus diajak ngobrol biar babynya nyaman. Sy biasanya gitu. Sambil diayun2. HTH ya..

25

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

Interstellar,
Cobain essential oil deh mom.. Utk bayi pake myrtle, biasanya efeknya instant alias langsung plong...tp dulu kl firza pilek perasaan gimana gitu, apa aja udh prnh coba, breathy dll, smpe kasian sndiri kl pilek hidung mampet, ngantuk tp ga bs tidur, harus perbanyak asi tapi lagi2 karena hidung mampet akhirnya ga mau nen, bs tidur kalo digendong setengah berdiri, tapi emaknya gempor hiks. Nah pas pertama nyoba eo saat itu jg loh langsung plong n bs tidur, otomatis krn istirahat cukup, recovery nya juga cepet..
Tips utk tetep mau mnum asi ya coba cari posisi menyusui yang dirasa nyaman menurut baby, biasanya posisi setengah berdiri, karena bikin hidung ga begitu mampet.. Kalo belum berhasil coba ganti posisi lain sampe baby nyaman n mau mnum asi..
Dulu jaman belum kenal eo saya suka mandiin firza kalo lagi pilek dengan air hangat dibubuhi minyak telon, efeknya kaya spa, biasanya habis mandi hidungnya plong n mau nen, walaupun efeknya ga lama.. Itu modifikasi dari penguapan langsung, biasanya kan air hangat di baskom kecil terus ditambahi minyak telon, lalu baby kita pangku n telungkupin n mukanya biar kena uap langsung, sayang firza bukan anak yang anteng kalo ditengkurepin hi hi

Kira-kara,
Aduh dipuji bu mod, jadi mayu hi hi

"The moment a child is born, the mother is also born. She never existed before. The woman existed, but the mother, never. A mother is something absolutely new.”