1

Topic: Financial Planner

aku sudah tutup unitlink... uda 2 thn si pakenya... bukanya waktu lom melek...

mamas disini ada yang jadi/kenal financial planner independen kah?
boleh dong PM contact person, ato tarif dsbnya... tengs~~

2

Topic: Financial Planner

-edited-

3

Topic: Financial Planner

jeng_karyo

Aku udah PM yah, pls check :)

4

Topic: Financial Planner

sefty wrote:
bagi yg ingin menghitung kerugian unitlink yang uda dia pakai just pm me disertain info alamat emailnya...

kebetulan misuaku uda buatin file excelnya...

Mau donk mba..
Sorry baru gabung n nemu forum ini :)
Memperkenalkan diri dulu kali yaaa :)
Kebetulan dah punya satu anak usia 16bln n skrg lg d tokyo
Kebetulan sekali lagi ni topic pas bgt...
Saya n suami invest ny di unitlink/insurance yang banyak ada 9 polis dipegang
Trus sama LM
Dan belum brni k saham krn dulu sempat invest pertama di FOREX dimainin ama broker ampe abis duit ratusan juta :((
Naah skrng punya anak niat nyekolahi. Di canada nanyi ny krn basicly dia lahir dsana...
Dan waaah kpanjangan ni curhat ya heheh... Intiny siih skrng mo invest u pendidikan anak n hari tua yg sejahtera tanpa mengurangi gaya hidup :)

TQ

Oya email : [email protected]

5

Topic: Financial Planner

mba karina, uda di send ke email (ama suami saya) untuk perhitungan kerugian unitlink nya

6

Topic: Financial Planner

Mba sefty...tq ya emailny :)

Dan sayapun sudah jd client Qmfinancial bulan kemarin dan FP saya mba yasmeen danu.
Berhubung long distance diskusi via skype :)

7

Topic: Financial Planner

Halo ibu-ibu cantik.. mohon share ya yg udah pakai jasa FP, terutama QM..

1. Untuk yang tinggalnya ga di jakarta, misalnya kayak saya yg di KL, ada yg pernah merasa kesulitan ga selama konsultasinya?

2. Kalau kita melakukan investasi di indonesia, misalnya masuk reksadana di Indo, kita hrs plg ke Indo utk urusan adminnya atau bisa dibantu utk dokumen2nya?

thank you yaaa buat sharing nya.. :)

8

Topic: Financial Planner

Dear moms,

numpang info yaa.. aku calon financial planner, lagi ambil gelar + sertifikasi RFA di IARFC Indonesia.
Untuk dapet gelarnya, aku harus bikin full financial plan untuk keluarga kecil dengan 1, 2, atau 3 anak.
Nantinya plan yang aku buat ini harus disidang, pengujinya Aidil Akbar sendiri.

Ada yang mau jadi subject aku kah moms? Simbiosis mutualisme niih.. PM yaa utk info lebih lanjut ;)

Thankyouu...

9

Topic: Financial Planner

nengnisye,
PM sent mbak

10

Topic: Financial Planner

Hallo fairymommy.
Kebetulan aku jg tinggal di luar, dan waktu itu kita pake jasa QM. Untuk pembuatan plan siy kebetulan kita meluangkan waktu untuk ketemu langsung. Yg seharusnya 3 hari pertemuan, kita cut jd 2 hari pertemuan. Rasanya si klo hanya bikin plan bisa by email saja. Tp untuk reksadana, diharuskan buka akun commbank, tentunya hrs datang langsung. Selanjutnya pihak QM dg kami komunikasi by email dan slama masa perjanjian ga pernah ada masalah.

http://preciousstoriesofus.blogspot.com/
follow me @mommykanyazoya

"By and large, mothers and housewives are the only workers who do not have regular time off. They are the great vacationless class."

11

Topic: Financial Planner

Sefty mba,aku mau dong perhitungan unitlink-nya.. email [email protected]
Makasiiii..

@neena_ardyanti -- mrscosmic.blogspot.com

12

Topic: Financial Planner

nengnisye wrote:
Dear moms,

numpang info yaa.. aku calon financial planner, lagi ambil gelar + sertifikasi RFA di IARFC Indonesia.
Untuk dapet gelarnya, aku harus bikin full financial plan untuk keluarga kecil dengan 1, 2, atau 3 anak.
Nantinya plan yang aku buat ini harus disidang, pengujinya Aidil Akbar sendiri.

Ada yang mau jadi subject aku kah moms? Simbiosis mutualisme niih.. PM yaa utk info lebih lanjut ;)

Thankyouu...


PM Sent! :)

13

Topic: Financial Planner

Dear mama's papa's..
perkenalkan aku Aisha, masih baru join bgt (aduh maaf basi banget) maklum baru berkeluarga jd mulai brosing2 pertanyaan di mbah google eh dapet situs TUM ini, ga nyangka bagus bgt isinya ^^

btw, maaf kalo pertanyaannya kurang jelas (maklum sering dibilang paling lemot diantara temen2)
udah mencoba menyimak dari page 1, tetep ngga ngerti, sebenernya QM ini bisa untuk semua orang kah? atau bisa untuk siapa aja even yg penghasilannya sedikit skalipun?
krn terus terang aku minat bgt, krn merasa sangat boros akan hal2 kecil tp ga penting yg berujung ngga kepake barangnya.. dan aku seumur idup belum pernah nabung sama skali, dan skrg nyesel se nyesel2nya ga pernah denger ortu :(
sekarang aku baru menikah taun lalu dan Alhamdulillah langsung dikaruniai 1 anak.
dan skrg stress nya bisa dibilang tingkat tinggi, karna terus terang penhasilan aku dan suami tergolong belum settle dan dua2nya sama2 ga punya tabungan, apa tetep bisa ikut program QM ini ?
mohon pencerahannya ya.. apa ini yg maksudnya keuangan harus "disehatkan" terlebih dahulu?

NB : maaf oot, berhubung baru join (super gaptek, krn bukan hanya baru join TUM aja, tp emang ga pernah join any other forum skalipun huhu), jd skalian nanya, ini kalo baca postingan harus satu2 ya? ngga ada search engine nya? krn kadang pengen nanya yg udah pernah dibahas, tp pas mau dibuka topiknya udah ada berpuluh2 page :( sedangkan ngga tau jawabannya ada di page yg mana hihihi.. tolong ya dijelaskan

makasi mamasssss

14

Topic: Financial Planner

aishaa,
Financial planner bisa untuk siapa saja dan dengan penghasilan berapa saja.
Jujur, saya sendiri belum pernah konsultasi ke financial planner, jadi gak bisa sharing tarif konsultasinya. Saya belajar otodidak dengan membaca banyak hal dari financial matters di the urban mama ini. Mulai dari merencanakan keuangan hingga belajar berinvestasi.
IMHO, keuangan yang sehat tidak harus penghasilan yang besar kok. Penghasilan besar tapi jebol disana-sini tetep aja hasilnya selalu kurang. Penghasilan kecil, tapi semua kebutuhan termanage dengan baik bahkan bisa menabung itu baru namanya sehat.
Oh iya, sekarang juga banyak aplikasi financial yang bisa di download di smartphone. Bisa membantu untuk memantau pengeluaran kita apa saja? untuk apa habisnya berapa? Fungsinya melihat pengeluaran kita banyak yang bocor dimana? Seperti yang mama bilang, kita menghabiskan belanja barang sepele yang gak kepake tapi gak terasa jumlahnya. dengan aplikasi ini kita jadi tahu berapa yang sudah kita "Sia-siakan" dan bisa kita perbaiki di bulan berikutnya. Belajar memperbaiki dan disiplin memang gak mudah, apalagi emak-emak banyak godaan diskon :D tapi insyaallah bisa kok...

Oh iya, fitur search engine silahkan dilihat halaman atas. berjajar dengan link rules. Itu digunakan untuk search engine. Bisa di search untuk menampilkan "topic" bisa juga untuk di search menampilkan "posts". tinggal diubah-ubah tanda checknya. silahkan dipelajari. Bila masih memerlukan bantuan bisa hubungi mamod (mama moderator) :)

Selamat belajar :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

15

Topic: Financial Planner

kirakara,
terima kasih banyak atas bantuan dan penjelasannya yaa :) aku sih berhubung awam bgt dan berasa bgt sih sangat boros, takut salah2 malah makin terjerumus, sepertinya aku memutuskan untuk lebih baik spend sedikit untuk konsultasi dengan QM demi "menyehatkan" sirkulasi pemasukan dan pengeluaran aku.. nanti selebihnya baru deh lebih detailnya baca2 dan belajar lagi dari TUM hihihi..

krn terus terang aku bener2 amat2 sangat2 boros dalam menjalani hidup.. kayanya tiap bulan itu harus abis duitnya, kalopun sisa di akhir bulan biasanya diabisin utk jalan2 ke mall.. (nonton, makan, dll) yg penting abis.. bayangin kan ampe ga ada uang tabungan sama skali huhuhuh..
baru BERASA bgt setelah punya my baby Samara :) langsung melek mataku mom..

mudah2an setelah konsultasi, bisa membantu aku buka lembaran baru (cieh) dalam hal menata keuangan keluarga ya mom *peluk*

16

Topic: Financial Planner

Aishaa, nemu sharean orang diforum sebelah ni,
share soal fin planner. Ad yg pernah pakai jasa QM Financial. Waktu dia telp ke kantornya, saya dikasih dua pilihan: pertama, financial check-up dan kedua, financial planing yang komprehensif.

Yang pertama fee-nya cukup terjangkau sekitar Rp 500rb atau 750rb sekali check-up plus satu kali review dengan financial planner. kalau ingin review dengan Ligwina (boss gedenya QM), harganya lebih mahal lagi.

Yang kedua, feenya lebih mahal karena dihitung secara prosentase dari jumlah asset kita. Dijelaskan klo dia tidak ingat berapa fee-nya karena memang ingin coba yang pertama dulu (financial check-up). Secara delivery, financial planning komprehensif paling komplit, tapi belum minat, dia jg gak tanya lebih jauh soal delivery detail-nya kayak apa.

Akhirnya, dia agreed utk melakukan financial check-up dulu. Dia harus mengisi spreadsheet yang isinya macam-macam dan sangat detail mengenai kondisi keuangan. QM menjamin kerahasian data-data ini (of course...). Setelah spreadsheet diisi dan dikirimkan ke QM, buat janji ketemu dengan salah satu planner untuk membahas hasil check-up tersebut.

Saat bertemu dengan planner, basically, ada dua hal yang dia sampaikan. Pertama, apakah kondisi keuangan kita sehat berdasarkan rasio-rasio yang ada. Kedua, jika belum sehat, dimana masalah keuangan kita. Dia akan kasih saran mengenai hal-hal yang perlu diperbaiki. Untuk yang belum sehat, dia sarankan join program yang komprehensif.
Nah ad yg bilang, karna ga punya uang banyak makanya perlu fp, ad jg yg bilang sekalian ikut kursus yg diadain fpnya aja biar sekalian dpt ilmunya n handle.

Tp pernah baca dimana gitu, ad jumlah penghasilan tertentu yg ditetapkan baru kita bisa konsul ke fp, klo ga disarankan untuk ikut kursusnya aja. Smoga membantu ya


Klo aku , belum sanggup hire fp, jd aku follow fp ditwitter, safir senduk, aidil akbar, prita ghozie, ligwina hananto, belajar dr twit mereka, baca web Qm n zap finance, cari ulasan plannernya, trus beli bukunya ligwina hananto "untuk indonesia yg kuat" n "make it happen" -prita ghozie. Dua buku itu helpful banget buat aku :D sambil terus belajar diforum ini tentunya

17

Topic: Financial Planner

suasti,
thank u so much atas infonya yaa..
well anyway,, sudah disepakati setelah memaksa suami dengan beberapa hal yg meyakinkan, akhirnya dia setuju untuk aku konsultasi dengan QM, tp dia setuju hanya sebatas konsultasi, kalo untuk yg kontrak setahun (independen planner) dia belum setuju tuh,

rencananya aku besok baru mau ketemu, haduh deg2an hahaha.. insyaAllah nanti hasilnya bisa aku share lagi ya ^^ skalian biar mama2 lain yg masih ragu2 make QM, hehehe.. selama ini aku baca, ada yg bilang ngebantu bgt, ada yg bilang hanya sebatas membuat sadar akan "kurang sehat"nya keuangan, ada jg yg bilang ga terlalu membutuhkan, masih bisa handle sendiri.. hehehe aku kira tergantung dari keadaan keuangan tiap2 keluarga kali yaa.. dari pada penasaran akhirnya aku sendiri cobain deh, drpd jebol berantakan huhu.. doain ya mommm..

18

Topic: Financial Planner

aishaa

Gmn hasil konsultasi dg QM nya?

19

Topic: Financial Planner

@septy, mau jg dong di PM, soalnya rencanany aku mo tutup unitlink ku taun depan

* Meine Liebe Espanya, my Sunshine*

20

Topic: Financial Planner

Wah....penting nih, memang susah yah bikin keuangan sehat, apalagi klo pendapatan sedikit pengeluaran banyak...jd nya mumet.com

mohon dishare terus moms info2, tips or step2nya agar financial kita selalu sehat, dan meningkat.

21

Topic: Financial Planner

kalo saya sendiri masih mengurus keuangan keluarga sendiri, karena masih sempat dan masih terhitung. mungkin yang butuh financial planner seperti ini dua-duanya sudah sibuk sekali ya :)

22

Topic: Financial Planner

zara18 biasanya yang dimaksud dengan menggunakan service financial planner itu bukan masalah cash flow sehari2 aja, tapi untuk melihat asset keluarga keseluruhan yang disesuaikan dengan goal jangan panjang. misalnya untuk investasi, di mana yang returnnya lebih besar. selama ini mungkin kita taunya ya kalo ada duit ditabungin aja, ato taro di deposito, tapi interest yang di dapat gak sesuai dengan inflasi yang ada. jadi ya mesti disesuaikan. contoh paling sering dipake, untuk uang anak sekolah. bagaimana caranya bisa nabung supaya nanti anak bisa masuk sekolah di tempat yang bagus, sementara biayanya kalo nunggu pas anak sekolah akan sudah tinggi sekali karena adanya inflasi. jadi dihitung dari sekarang, instrumen finansial apa yang bisa dipake untuk nabung supaya bisa mendapatkan return yang banyak untuk meminimalisir gap inflasi ketika duit akan dipake.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

23

Topic: Financial Planner

hai.. telat banget baru liat thread ini..

aku mau sharing aja negh, kebetulan aku udah pake jasa FP dr QM selama setahun ini, dan hasilnya bener2 ngebantu banget, dengan catatan, kita harus disiplin juga ngejalanin Plan-nya,,

tapi yang paling penting, sejak ikut QM aku dan suami jadi punya pola pikir yg berbeda dalam mengatur keuangan, jadi lebih bijaksana dan lbh tau diri sama duit.. heheeheh..

sekarang masuk tahun kedua di QM, dan tetap mau lanjutin karena kita mau punya anak kedua yg nanti plan-nya akan berubah.

nah, harganya sekarang berbeda, kalo mau cuma bikin plan aja, harganya 5jt-an, tp kl mau sama review ya 7jt-an..
menurut aku, bikin plan ajapun cukup ya.. dan uang yg kita keluarin seh ga sia2,karena aku dan suami jd lbh melek keuangan..

semoga berguna ya..

:)