1

Topic: Gifted Disinkroni

Thank to u mom for sharing...sy menanti hasil tes griffith-nya Ilyasa...sy jadi penasaran dengan tukemnya...gak sabar mau baca cerita selanjutnya...

untung ketemu thread ini..bermanfaat banget gak hanya buat ortu yg punya anak berkebutuhan khusus tapi buat mereka yg awam dengan kondisi demikian sehingga gak melulu men-judge dari luarnya aja klo anak tsb perkembangannya lambat dsb dsb...

2

Topic: Gifted Disinkroni

anak saya aleesya sekarang umurnya 3 tahun juga mengalami keterlambatan bicara. pas umur satu tahun udah bisa bilang ayah mbu, cuman gak nambah2 perkembangan bahasanya. susah bgt diajarin ngomong, sampai2 suka di ketawain kalo ngumpul bareng keluarga karena pake bahasa planet atau ngomong nya susaah di mengerti. sekarang umur 3tahun udah mulai banyak ngomong lagi,walopun tetep kalo dibandingin sama ank lain aleesya masih ketinggalan. perkembangan motoriknya juga cepet bgt, sebelum bisa merangkak dia lebih dulu berdiri sambil pegangan, dilanjut jalan sambil pegangan baru belajar merangkak. umur satu tahun udah bisa jalan sendiri tanpa di pegang. ciri2nya hampir sama kayak yg dideskripsiin mam indriani. tapi saya belum pernah meriksain aleesya.
saya juga gak tau aleesya termasuk anak gifted disinkroni atau nggak... tapi informasinya bermanfaat bgt..mungkin saya mau searching2 lagi tentang anak gifted disinkroni.

3

Topic: Gifted Disinkroni

Terima kasih sharingnya mom. Nambah pengetahuan banget nih karena sebelumnya blum pernah dengar istilah gifted disinkroni.

Anakku baru jalan 14 bulan, sangat aktif tapi kemampuan bicaranya termasuk lambat dibanding anak seusianya. Cuma bisa mamamamama dan kata2 lain yang ga ada artinya (atau akunya yang ga ngerti..hehe).

Diajari apapun juga susah sekali. Ga bisa meniru orang dan cenderung maunya belajar sendiri. Diajari tepuj tangan susah, tiba2 bisa sendiri. Diajari turun dari ranjang juga susah eh lagi2 bisa sendiri, mamamama pun juga bisa sendiri setelah sekian lama diajari. Padahal kalau lihat anak2 temenku, mamanya ngomong apa, anaknya bisa menirukan.

Terlalu cepat memang untuk menarik kesimpulan apapun untuk anak aku ini. Tapi dengan baca2 sharing seperti ini aku jadi bisa lebih mawas diri dan bisa lebih sigap mengawasi tumbuh kembang anakku.

4

Topic: Gifted Disinkroni

bbrp bacaan ttg gifted child, dari notesnya bu julia:
cara membedakan gifted atau autism.

https://m.facebook.com/notes/10154246187200385/
https://m.facebook.com/notes/10154292995840385/

late speech gifted
https://m.facebook.com/notes/julia-maria-van-tiel/late-speech-gifted/10154230035545385/#!/notes/julia-maria-van-tiel/late-speech-gifted/10154230035545385/?soft=jewel%3D2

gifted dengan disinkronitas perkembangan
https://m.facebook.com/notes/julia-maria-van-tiel/gifted-dengan-disinkronitas-perkembangan/10154234181725385/

5

Topic: Gifted Disinkroni

Baca2 linknya bu indriani sungguh mencerahkan.
Akhirnya mengamati anak tengahku yg superaktif, tp punya point of view yg bedam bisa 45menit full konsentrasi pas nyusun puzzle, atau bahkan nyusun uaang logam smp membentuk menara tinggi dg rumusnya sendiri (angka hdp atas, nilainya, ukuran ddiameter, dll) pdhl, pas terima rapor di daycare infonya blm bs menyusun kubus. Lah ini uang logam/lego yg keciiil aja bisa. Atau melepas/memakai baju sendiri yg sdh bs dilakukan di rumah. Tapi, sama sekali ga pernah dilakukan di dayccare.

Pingin ke psikolog dan dsa tumbang, tp ngga tau sebaiknya kemana... One step at a time. Beresin mslh picky eaternya dulu. :(

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

6

Topic: Gifted Disinkroni

hi moms....

mau cerita sedikit ya karena anakku 4,5 th juga didiagnosa gifted disinkroni oleh psikolog setelah diobservasi di lpt ui...jadi sekitar 2 jam anakku diobservasi sama psikolognya aku cuma bs ngintip dari balik krey aja samar2...yang kulihat selama didalam itu kadang dia duduk manis kadang tiduran diatas pegangan kursi, tduran dilantai,lompat-lompat, buka tutup krey dll..sekitar seminggu kemudian baru dapt hasilnya yaitu ternyata intelegensia dia tinggi sekitar 140 tapi dibarengi dengan ketidaksembangan disesorinya..karena jomplang itu yang membuat dia ga bs memaksimalkan kelebihannya tapi malah yang tampak kekurangannya kaya ga bis diem jengaljengil ga ada capenya....dan dia memang pernah terapi wicara wktu umur 2 tahun (salah satu ciri anak gifted katanya)

jadi awalnya kenapa aku bawa ke psikolog karena gurunya di tk suka cerita anakku dikelas kalo disuruh ngerjain tugas tdk langsung dikerjain tapi dia malah asik gambar dikertas itu..aku pernah diliatin sm bu gurunya dia gambar kupu kuou segede gaban dikertas tugasnya...tp kl duduknya dipindah kesamping guru dia bisa ngerjain dengan bagus...dan gurunya pernah bilang kalo dia, apapun bisa dijadikan mainan pdhal temen2nya mungkin ga pernak kepikiran kalo itu bs dimainin tapi kl anakku bs menjadikannya mainan yang seru buat dia dan malah asik main lupa ngerjain tugas.. intinya dia harus didampingi kl mau bagus kerjanya tp namanya skolah kan guru muridnya ga cuma anaku aja ya..makanya aku butuh diagnosa yg tepat karena tdnya kepikiran dia ada masalah dalam konsentrasi yang takutnya mengganggu proses belajarnya kedepan jd buru2 aku observasi dengan ahlinya.

sekarang aku jd tau masalah anakku...banyak pr yang harus aku selesain untuk membantunya mengatasi disinkroninya ya dan itu jelas ngga mudah...tapi buatku setiap anakku itu kan ada tantangannya sendiri2 ya..yang penting aku bisa tau lebih cepat dan berharap semakin cepat juga bisa membantunya mengatasi masalah anaku..

salam kenal mba indriani kapan2 boleh tanya2kan? :)

7

Topic: Gifted Disinkroni

keke alexa..mmg rata2 masalah anak gifted disinkroni terutama di usia balita adalah kurang bisa fokus untuk hal2 yg bukan menjadi minatnya. konsentrasi jg gampang terdistrak oleh hal2 lain. krn itu, dulu ilyasa disarankan masuk ke tk inklusi, yg ada guru pendampingnya. yg bisa bantu ngawasin dia saat mengerjakan tugas, membantu dia saat kesulitan dll. krn problemnya sama, kalau ga diawasi, dia suka lupa tugas pokoknya itu apa. blm selesai tapi sdh ganti acara. kalau ga bisa mengerjakan tugas dg sempurna seperti standar dia, dia milih ga mengerjakan atau tantrum krn perfeksionisnya tinggi. perfeksionis itu yg bikin dia jd tdk flexible thd perubahan dan susah menerima kegagalan.

oya, dulu saat playgroup dan tk a, ilyasa pk guru pendamping/helper full. tp di tk b ini sdh mulai bisa sharing helpernya, jd ga harus selalu ditungguin helpernya.

skrg sdh mau 6 tahun. sudah banyak yg berubah. di kelas sdh diam. diam ga keliling2 kelas lg dan pendiam ga sebawel dulu. kayaknya kalau saya cerita dulu ini anak aktifnya minta ampun byk yg ga percaya deh. bicara jg sudah tek tok, tinggal kemampuan bercerita ttg aktivitas apa yg sdh dikerjakannya di waktu2 sebelumnya yg masih perlu ditingkatkan kualitasnya, bukan cuma cerita2 pendek. skrg hobbynya membaca dan menulis, kemana2 bawa buku cerita, pulpen, dan buku tulis. ada saat2 saya berasa bangkrut krn tiap hari minta buku cerita baru. tp untung skrg sdh mendingan.

oya, ilyasa blm jd tes griffith krn ada masalah internal di rs, jd ditunda untuk waktu yg blm bisa ditentukan.

oya, tdk semua anak gifted terlambat bicara, tp biasanya yg terlambat bicara dan lebih byk disinkronitasnya iqnya lbh tinggi.

8

Topic: Gifted Disinkroni

salam kenal ibun"INDRIANI...aku bru nemu artikel ini n bener2 pencerahan buat pikiran aku yng galau...hehehe..ikut share yaa..aku jg punya anak cowo usia 6,7th yng mirip bgt ma ciri2 jgoanmu bun...wktu umur 1.5th dah mulai ngoceh tp ga tw tiba2 langsung brenti gtu n kalo mau apa2 sllu menarik tangan kita n nunjuk barang yang dia mau,omongan2 miring orang2 dah ga bisa d tampung saking banyaknya...n bener2 menyayat hati aku sbagai Emaknya...tp ak sabar n ikhlas aja,abis biar gmnapun denis (nama anak aku)ttp darah daging aku,n biar aku nangis darah pun kalo emang Allah ngasihnya gini mw gmna lg, cm di kabupaten aku tinggal ga ada dokter ahli n terapis, aku tinggal di berau, kalimantan timur, tp alhamdullillah skrg di usia ini ngomongnya dah banyak Tapi...herannya ngomongnya denis tuh terbalik-balik,n sekarang dah bisa mengadu kalau di pukul teman atau di marahi guru,kalau dulu paling jd kambing hitam aja kalau di TK ada teman2nya yng berantem abis denis ga bisa ngomong n ngadu (diam ajah/rapopo istilahnya,hahahaha)..nah yng jdi masalah sekarang denis kalau disekolah selalu salah kalau mengerjakan tugas pdahal dah aku ajarin dirumah,trus ntr tugas sekolah yg salah tadi kalau aku ulang dirumah n suruh denis kerjakan pasti bener tanpa aku ajarin abiskan sebelumnya dah aku ajarin...nih yng buat aku galau,,,kenapa lagi dengan denis...coba kalau komputer,tablet n laennya pasti tanpa diajari pasti bisa,kemaren ajah aku heran kok denis bisa download game trus menginstall sendiri,padahal ga pernah aku ajarin..nah menurut drimu bun..GIFTEDkah denis ini??maaf yaa,,aku cari referensi sana sini buat jdi bahan pemahaman aku...trims yaa apabila ada yg berkenan kasih pencerahan...

9

Topic: Gifted Disinkroni

untuk di surabaya, plz info nya ttg dokter tumbuh kembang khusus gifted dimana ya? karena kay umur 3t 3 bln blm lancar ngomong, cuma untuk kemampuan motorik dan analisa melebihi anak di usianya dan setelah membaca thread ini hampir semuanya mirip perkembangannya kay. ada yang tau beda gifted dan idhigo? makin dibaca makin bingung

10

Topic: Gifted Disinkroni

Desy aprilia..salam kenal juga mom. memang tumbuh kembang anak mbak mirip dg tumbuh kembang anak saya, terutama di masalah bicara dan gadjet mania. tapi untuk tahu gifted atau tdk, saya ga berani bilang iya atau tdk, krn saya bukan ahlinya.

beberapa anak yg saya temui di CDC Santosa, yg sama2 terlambat bicara dan IQnya diatas rata2 tapi superior (bukan very superior), kadang juga sangat aktif dan pinter gadjet, jd terlihat mirip2. mungkin kalau sudah lama kenal atau ngobrol dg ortunya baru kelihatan bedanya. kecuali ahli yg sdh berpengalaman ya, pasti bisa dg lbh mudah membedakan ini gifted/bukan. oya, bagi anak gifted, apa yg mudah bagi rata2 anak seusianya, bisa jadi malah menjadi hal yg sulit bagi dia loh. kalau di kadus ilyasa seperti mengidentifikadi nama2 buah, binatang, sayur, dan ciri2nya. ilyasa baru hafal nama2 binatang, buah, sayur, dan ciri2 mereka setelah belajar hampir 2 tahun. geleng2lah pokoknya . ada jg yg gifted 3 thn ngomongnya sdh kaya orang tua, tp ditanya nama2 bagian tubuhnya dia ga tahu...

oya, sepupu ilyasa jg ada yg baru terdiagnosa gifted, usianya skrg 8 thn. tapi dia tdk terlalu terlambat bicara. 4 tahun sdh lancar bicaranya, dan sdh bisa komunikasi 2 arah. hasil ngobrol dg mamanya, ciri2 yg sama2 mirip yaitu usia 3 thn sudah mulai belajar membaca sendiri, susah berteman dg teman sebaya, lbh suka berteman dg yg lbh tua (ini yg sering bikin diduga autism). bedanya kalau ilyasa minatnya ke hitungan, kalau sepupunya daya ingatnya yg bagus. kmrn baru pindah SD, karena SD sebelumnya bukan sekolah inklusi, jd mungkin gurunya kesulitan gimana mengajar dia. karena daya ingatnya bagus, sana mananya diarahkan ke SD Islam yg mengahari menghafal Al Quran.

dian kay.. dari infonya bu julia van tiel, mbak bisa hubungi ibu dindin herdina indrajati di univ. airlangga. saya kurang jelas, mungkin beliau dosen fak. psikologi. coba search di google ya mba.

11

Topic: Gifted Disinkroni

kalau indigo sih bisa punya indra keenam gitu ya. dan ilmu ttg gifted tdk membahas ttg indra keenam. jd ya beda..

12

Topic: Gifted Disinkroni

Moms terimakasih sharingnya. Saya mau tanya dari pengalaman ibu ibu yang anaknya terlambat bicara, apakah ada fase di mana anaknya jadi frustrasi dan lalu jadi agresif atau gampang nangis?
Keponakanku pintar (mungkin ga sampai super sih), tidak autis, tapi 3 tahun baru mulai bicara (menyusun kalimat dua kata). Bisa jadi gifted disinkroni. Dia juga pernah ada masa memukul siapa saja yang di dekat dia(misalnya omanya, opanya, saya, anak tetangga, anak saya) dan sekarang sedang masa gampang sedih, dikit dikit nangis kadang untuk alasan yang orang dewasa tidak bisa mengerti. Saya berpikir apakah ada hubungannya dengan terlambat bicara? Mungkin karena dia punya banyak hal untuk diungkap tapi frustrasi? Trims ya moms.

13

Topic: Gifted Disinkroni

evimariani.. fase anak gampang frustasi, gampang nangis krn telat bicara?. kalau di ilyasa sih adaaa mom. terutama saat dia. usia 2 - 3 thn. ngomong msh payah, tp mau ini itu. kadang cuma nunjuk2, atau bawa2 bendanya sambil bilang "ini-ini, mau"..jd tiap hari orang tuanya atau bibi pengasuh harus tebak2an maunya apa. klo kita salah, gampang banget tantrumnya.,nangis teriak2 sampai lamaaa. kalau. dia nangis sambil tantrum gitu. saya hampir ga pernah bujuk2 dia. pasang muka lempeng saja, atau tinggalin sebentar sambil diawasin dr jauh. krn mmg begitu anjuran terapis perilakunya. kalau dia sudah tenang, baru ditanya2 lg apamaunya sambil dinasehati kalau punya kemauan sabar, ga selalu harus saat ini jg. kadang saya yg minta maaf krn ga ngerti2 apa maunya.

kalau fase memukul ke siapa sj yg dekat..semua anak saya pernah melewati fase itu. on off sih, dari mulai usia 1 sd 5 thn. tapi kebetulan anak saya laki2 semua. tapi paling parah2nya ya usia 2 sd 3 thn. sasarannya terutama mamanya, atau adiknya kalau dia punya adik. makin bertambah usia, makin bisa dinadehati kok mom.

14

Topic: Gifted Disinkroni

oh iya, mau sedikit sharing...usia 6 thn ini, ilyasa akhirnya bisa jg "mengadu". bukan bermaksud nembanding2kan, tp adiknya yg tdk telat bicara sudah bisa duluan, saat usianya 3 thn. yasa mengadu kalau tadi digigit adiknya, adiknya BAB, adiknya sedang berantem, dll. kalau saya flash back ke belakang, dl pernah punya prt yg suka main fisik ke dia, tp krn yasa ga bisa ngadu, ya saya ga nyangka klo sampe seperti itu. saya menduga cuma si mbak ini galak saja ke yasa. ternyata dari cerita dari beberapa pekerja yg lain di rumah, yasa suka dikasarin. jd mengadu ke ortu ada fungsinya jg ya mom.

oya mom, maaf jg sebelumnya, saya hanyasharing ya, bukan bermaksud pamer/sombong, hanya mau berbagi cerita sj.
dulu saat ikut workshop ttg anak gifted, pernah diberi tahu, punya anak seoerti mereka, ibunya harus lebih "gifted".
dan skrg sepertinya di umur 6 thn ini mukai kerasa banget. dia minta diajari angka romawi sd 5000. mentok di 3000 krn terus terang dulu sekolah saya diajarinya ya cuma sd segini. baca2 jg di internet klo diatas 5000 pk perkalian. pusyingg minta diajari baca angka sd trilyun. angka2 dibaca dlm bhs inggris, ngapalin nama ibukota negara, plat nomor, dsb.
kadang yg bikin pusing, nanyanya maunya ke mamanya saja, pdhl ada papanya. mungkin lbh comfort saja sebabnya.
tapi bersyukur juga, untung skrg jamannya internet, jd bisa baca2 dl buat ngajarin anak.

thn dpn ilyasa maduk SD. alhamdulillah, sdh diterima di salah satu SD inklusi di bandung. yg bikin saya tertarik ke situ, krn helpernya ortu sendiri yg mencari atau bisa dr ortunya si anak itu sendiri. ya, saya pingin coba jd guru pendamping ilyasa di kelas. byk sih yg menyarankan mending helper cari orang lain saja supaya anak tdk manja dll. tapi, saya pingiiin coba. pikir saya, toh selama ini saya jg yg jadi guru yasa di rmh, dan thomas alva edison gurunya saat dia nasih kecil jg mamanya. selain itu jg lebih hemat secara finansial. menyekolahkan anak di sekolah inklusi jika dg vantuan helper, sppnya 2x lipat. kadang rasanya seperti menyekolahkan 2 anak, pdhl cuma 1 anak yg sekolah. jd harus pintar2 cari sekolah, yg perhatian ke anak kita krn biayanya jg tdk murah.

15

Topic: Gifted Disinkroni

sharing:
usia cha2 skrg sudah 4.5thn.

perkembangan bicaranya sudah cukup lumayan. masih blm bisa bercerita. tapi sudah mau menjawab sedikit2. kl lagi mood, dia mau menjawab saat ditanya ini siapa, dimana, dll. tapi jika disuruh bercerita atau ditanya mengapa, masih blm bisa.
saat ditanya, sudah mau melihat mata si penanya. skrg cha2 jg sedang berceloteh meniru guru2nya disekolah ato meniru film kartun kesukaannya dgn kata2 yg kadang2 terasa spt bhs planet lain.

untuk perkembangan pendidikannya, sy sudah 1 semester tdk mendptkan panggilan komplenan dari wali kelas sekolahnya. sblmnya sy sering dipanggil sampai 2-3x dlm 1 semester. cha2 smakin asik dgn kemampuan membacanya. malah sekarang dia asik belajar berhitung & menulis sndiri. sy sih tidak mau memaksakan cha2 untuk belajar/mengerjakan pr, karena psikolog yg pernah sy datangi mengatakan anak seumur cha2 masih butuh byk bermain. bagusnya cha2 mau sndiri mengerjakan pr atau belajar sndiri tanpa dipaksa (paling ingatkan saja oleh sy).
mengenai kemampuan membaca cha2, sy baru menyadari bahwa cha2 termasuk anak hyperlexia (kebalikan disleksia - sulit membaca) setelah membaca artikel bayianak.wordpress.com/2011/11/23/einstein-syndrome-apa-siapa-dan-bagaimana

hari ini ada kegiatan natal di gereja. cha2 ikutan menari di panggung. puji Tuhan, cha2 aktif bgt. thn lalu wkt cha2 menari di panggung, dia hanya diam melongo melihat anak lain menari di sisi2nya. tapi td wkt menari, cha2 sudah jadi anak yg paling aktif menari diantara tmn2nya.

itu td sedikit sharing mengenai keadaan cha2 skrg. sy & suami sy amat sangat bersyukur cha2 sudah byk perkembangan. terapi wicara masih dilanjutkan terus. saat ini sy sdg deg2an menunggu wkt pembagian raport cha2 utk pertengahan semester. smoga hasilnya bagus semua ;)


sy ada sedikit pertanyaan.
Apakah semua anak gifted memiliki cara berpikir visual learner (belajar dari penglihatan)? apakah tidak ada anak gifted yg memiliki cara berpikir auditory learner (belajar dari pendengaran)?

16

Topic: Gifted Disinkroni

Senang sekali menemukan thread ini... 

Mau ty juga ada yg pernah cek dengan fingerprinting? Dengar2 itu bagus untuk mengetahui bakat anak... jd bisa mengarahkan anak sesuai potensi anak.. bsa mengetahui cara belajar anak lebih baik dengan auditory / visual...bsa mengetahui sifat anak.. cara pikir anak...katanya sekali cek itu permanent cukup 1x seumur hidup karena dilihat dr sidik jari..

Mo sharing juga...anakku dulu dr lahir persalinan normal.. tidak kuning..sampai tahap berjalan tidak ada masalah...
Hanya 1 masalahnya ada tahap perkembangan yg ke skip yaitu tidak merangkak... 

Anakku sudah mau 6th... sekarang sudah K1 ( TK A) sudah terapi okupasi dari umur 3th... dan terapi wicara dr 3.5th... 
sempat speech delay...tantrum... kontak mata kurang... keseimbangan kurang baik (3th belum bsa naik ayunan tanpa senderan...) mudah terjatuh...3th masih ngeces... waktu baby sensitif terhadap bunyi ( mudah terbangun ) tetapi membaik berkat terapi okupasi sminggu 2x + terapi wicara seminggu 1x

Membaca ciri2 anak gifted aku merasa byk kesamaan...bedanya IQ anakku tidak di atas 130

17

Topic: Gifted Disinkroni

Yang menjadi masalah skrg masih sulit buat duduk di kelas ( suka jalan2 di kelas ) + kurang fokus .Anakku perfeksionis ketika pelajaran menggambar di sekolah... ( tidak mau dikumpulkan padahal waktu sudah habis dan terkadang bisa sampai menangis jika dipaksa dikumpulkan ) dan butuh bimbingan ketika mengerjakan sesuatu di kelas.. itu menyebabkan guru skolah memberi peringatan anakku akan mengulang kembali di K1 jadi harap2 cemas karena sebentar lagi kenaikan kelas...

nilai akademik tidak ada masalah...raport bagus.. sempat test IQ... masuk di rata2 ( IQ 102 ) tetapi IQ itu timpang ( antara visual 108 n verbal 96 dirata2 jadi 102 ... anakku kurang di verbal tetapi baik di visual kalau kemampuan verbal baik katany IQ bsa lebih maksimal misal di 108 sesuai visual nya )

18

Topic: Gifted Disinkroni

Aku pernah konsultasi dengan psikolog senior di Bandung yaitu ibu Fridia.. katanya jarang bgt org yg pure ADHD /ADD...  anakku didiagnosa Sensory Processing Disorder.. jadi ketika mendapat sensory dr lingkungan respon nya berbeda... misal dlm hal konsentrasi kurang fokus ( sangat berpengaruh dr pengaturan emosi yg belum stabil ). Lebih fokus terhadap sesuatu yg menurut anakku menarik dan mudah sekali teralih ketika tidak menarik. Kurang bsa memahami kalimat yang baku dan panjang. Masih perlu dibimbing ketika mengerjakan tugas di sekolah. Jika diminta mengerjakan sesuatu terkadang perlu beberapa x diminta ( respon klo di rumah karena lingkungan kecil lebih baik dibanding di sekolah di lingkungan lebih besar ) karena itu disarankan untuk sekolah di lingkungan yg lebih kecil misal jumlah anak per kelas tidak lebih dari 20org biar potensi anak lebih keluar n maximal.

19

Topic: Gifted Disinkroni

Karena di skolah anakku billingual... anakku belajar membaca dengan phonic... sudah bisa alphabet A-Z... bsa menghitung dlm bhs inggris 1-100, konsep jumlah, sudah mengenal shapes dan warna dlm bhs inggris dr usia 3th.. Ketika berbicara sudah bsa ditanya dan bsa bercerita... 

Menurut psikolog n terapi wicara disarankan hiking / terapi berenang...krn bisa membantu agar lebih konsentrasi dan mau duduk di kelas... ada yg punya info guru renang yg baik buat ABK di Bandung?

Maaf aku reply menjadi bbrp bagian karena gagal terus ketika aku reply dlm 1 bagian... :)

20

Topic: Gifted Disinkroni

mama_calart wrote:

sy ada sedikit pertanyaan.
Apakah semua anak gifted memiliki cara berpikir visual learner (belajar dari penglihatan)? apakah tidak ada anak gifted yg memiliki cara berpikir auditory learner (belajar dari pendengaran)?


ada jg gifted yg auditory learner mbak. mereka inilah yg dalam perkembangan di masa kanak kanaknya tidak terkambat bicara. giftedness sendiri tdk hanya dibidang sains dan math, ada yg di bidang art, bahasa, dll.
nanti aku ambilkan dr referensi ya. skrg lg buru2 krn anak2ku lg pd main :-)

21

Topic: Gifted Disinkroni

meina83 wrote:
Yang menjadi masalah skrg masih sulit buat duduk di kelas ( suka jalan2 di kelas ) + kurang fokus .Anakku perfeksionis ketika pelajaran menggambar di sekolah... ( tidak mau dikumpulkan padahal waktu sudah habis dan terkadang bisa sampai menangis jika dipaksa dikumpulkan ) dan butuh bimbingan ketika mengerjakan sesuatu di kelas.. itu menyebabkan guru skolah memberi peringatan anakku akan mengulang kembali di K1 jadi harap2 cemas karena sebentar lagi kenaikan kelas...

nilai akademik tidak ada masalah...raport bagus.. sempat test IQ... masuk di rata2 ( IQ 102 ) tetapi IQ itu timpang ( antara visual 108 n verbal 96 dirata2 jadi 102 ... anakku kurang di verbal tetapi baik di visual kalau kemampuan verbal baik katany IQ bsa lebih maksimal misal di 108 sesuai visual nya )



ilyasa jg dulu suka jalan2 saat playgroup. baru bisa duduk tenang di tk a. mmg butuh waktu mba untuk latihan fokus dan konsentrasi. krn mereka akan sgt konsentrasi pd hal2 yg mjd minatnya, jika kurang minat pada topik pelajaran suka semau sendiri.

sejak nggak jalan2, klo nggak minat pd topik pelajaran malah jd suka melamun. tp skrg sdh mulai berkurang melaamunnya.

tes iq dimasa anak2, utk anak gifted disinkroni perlu hati2 dlm menyimpulkannya. hasil diskrepansi yg besar jgn di rata2, nanti bisa2 malah ketemu hasil iq normal2 saja atau dibawah rata2.

22

Topic: Gifted Disinkroni

meina83 wrote:


Menurut psikolog n terapi wicara disarankan hiking / terapi berenang...krn bisa membantu agar lebih konsentrasi dan mau duduk di kelas... ada yg punya info guru renang yg baik buat ABK di


sama mbak. menurut psikolog dan orthopedagog sekolah, ilyasa harus les renang dan hiking untuk lbh konsentrasi. dan ini ga cuma sd lulus tk/ sd, tapi sampai dewasa, sampai dia bisa memenej dirinya sendiri, emosinya dsb. mungkin sd masa smu.

aku pernah konsul ini ke dr. purboyo, tapi beliau ga sependapat. masalah konsentrasi pd anak gifted yg non adhd, tdk pada si anak tidak bisa berkonsentrasi, tapi si anak tsb tdk mau konsentrasi utk hal2 yg bukan jd minatnya. jd masalah intinya ke kemauan. nah, lwt terapi perilaku dia diajarkan untuk lbh fleksibel, lbh bisa mengikuti peraturan di lingkungan, tdk melulu semaunya dia.

aku akhirnya ikutkan sj yasa les renang krn ternyata dia suka dan itu bagus utk kesehatan. les renangnya di batu nunggal. pengajarnya namanya pak agus. beliau berpengalaman jg melatih anak ABK. cp nya 087821457788 atau hubungi sj cs kolam renang batu nunggal mba. semoga membantu.

23

Topic: Gifted Disinkroni

hildatriany wrote:
Thank to u mom for sharing...sy menanti hasil tes griffith-nya Ilyasa...sy jadi penasaran dengan tukemnya...


oya saya masih hutang hasil griffithnya ilyasa ya. tesnya sdh bbrp bulan lalu, feb 2015. di cdc melinda. biaya 700an ribu. dari referensi, saya dpt info klo tes griffith itu utk mengetahui sejauh mana tingkat kematangan tumbang anak kita. bisa sd umur 8 thn (mudah2an ga salah). jd klo ada ketertinggakan/keterlambatan tumbang od anak bisa jetahuan dr tes ini.

saat tes ini, umur ilyasa 6 thn 3 bln, jd total 75 bulan.
ada 6 area yg dinilai. didapat hasil :
#) 2 area yg perkembangannya dibawah rata2 perkembangan normalnya anak seusianya. yaitu AREA PERSONAL SOCIAL. utk ilyasa didapat mental age 62 bulan. kalau dikurs (duh, bahasanya apa yg cocok), didapat general quotients (iq) 83. angka iq ini dari 62 bulan/75 bulan terus hasilnya dikali 100.
satu lagi yaitu AREA PRACTICAL REASONING. yasa cuma dpt mental age 70 bulan. didapat general quotients 93 (dari 70/75 x 100)

#) 2 area yg nilainya rata2 perkembangan anak seusianya.
AREA HEARING AND SPEECH. didapat mental age 76 bulan. iq 101 (dari 76 bulan/75 bulan x 100)
AREA LOCOMOTOR. didapat mental age 80 bulan. jd dudapat general quotients 107 ( dari 80/75x 100)

#). 2 area yg nilainya diatas rata2 perkembangan anak seusianya.
AREA EYE AND HAND COORDINATION didapat mental age 100 bulan. iq 133
AREA PERFORMANCE didapat mental age 84 bulan. iq 112.

jadi kalau dirata2, didapat iq 105.

waktu itu sempat bingung, diagnosanya suspect gifted, tp 'cuma' 105, ga ada 130an. tanya2 ke dokter, ternyata banyak faktor yg mempengaruhi hasil tdk sesuai expektasi. spt konsentrasi anak yg belum bagus. anak tdk tahu maksud pertanyaan krn keterbatasan vocabulary yg dikuasainya ( ini tjd pada anak2 yg terlambat bicara), punya potensi dyslexsia dsb.
yasa motorik hlus tangannya blm bagus, jd nilainya jatuh disitu. kalau diperintah dg byk kata jg jd bingung, malah g bisa ngerjain. menurut dokterhasil tes griffith baru akan stabil setelah pengulangan yg ke3xnya.

mungkin itu salah stu alasan dokter spy tes griffith ilyasa ditunda stlh dia usia 6 thn. setelah kemampuan bicaranya menyusul selayaknya anak2 lain seusianya, setelah cukup bisa duduk diam berkonsentrasi.

oya, patokan dokter dlm memberi diagnosa gifted dan memprediksi iq sebenarnya dari si anak bukan cuma dr hasil tes griffith ini. kmrn dokter bilang dia prediksi yasa iqnya diatas rata2 dari masalah perilaku. terlalu aktif/ngoprek ini itu. masalah perilaku spt dia baru akan timbul pd anak dg iq 120an ke atas. kemampuan membaca scr otodidak dini, kemampuan membedakan warna abu2 sblm usia 4 thn.

kmrn sempat tanya2 juga ttg hasil tes griffith ini ke forum peduli anak gifted asuhan bu julia. disitu diberi info kalau untuk anak gifted disinkroni jika diskrepansi (beda) untuk tiap2 area masih besar, jgn dirata2. nanti didapat hasil iq yg normal2 sj atau bahkan dibawah normal.
sempat jg curcol hasil tes griffith dg anak suspect gifted lain di cdc melinda. ternyata dia lbh parah lagi hasilnya, kalau dirata2 cuma dapat hasil iq 95. jauuuh dari hasil 130an/lbh spt yg diharapkan. tapi ya itulah, berarti msh byk area perkembangan yg harus dikejar.

jd belum tahu harus dites iq dengan cara apa kedepannya. tapi mmg saya blm terlalu memikirkan ke arah situ. mungkin nanti kalau sudah dewasa saja. menunggu semuanya settle dulu.

kalau baca2 di forum anak gifted, utk gifted visual learner mmg tesnya ga bisa sembarangan. ga bisa pakai wescler biasa. pusing deh hehe...

Mudah2an ini membantu ya. mudah2an jg infonya tdk salah. soalnya ngetik sambil mengingat2 isi informasi dr. purboyo solek bbrp bulan lalu.

24

Topic: Gifted Disinkroni

indriani budi utami

Ok thx bgt mbak infonya nanti aku coba hubungi pak agus ya
oh iya krn sebentar lagi SD... SD seperti apakah yg cocok ? Apakah harus ke inklusi?
krn tidak semua SD guru2 nya mengerti n bisa handle anak yg mempunyai learning problem

25

Topic: Gifted Disinkroni

iya mba. lebih disarankan masuk ke inklusi. diharapkan disitu si anak bisa lbh mendapatkan perhatian thdp sisi kuat dan lemahnya. di sekolah inklusi, mereka punya orthopedagog dan psikolog yg lbh mengenal karakteristik tiap2 ABK krn bidang ilmu mereka mmg mendalami ttg itu. jd nanti kerjasamanya jd triangle gt antara ortu, dokter tumbang+ terapis, dan pihak sekolkh untuk kemajuan si anak.

psikolog/orhopedagog di sekolah nanti yg akan menyusun program2 untuk si anak ABK. jg memberi semacam brieving pd guru kelas/helper bgmn menghandle si anak ABK ini, jd sisi kuat si anak terfasilitasi, dan si anak bisa mengejar/memperbaiki dimana sisi lemahnya. kalau di sekolah yasa skrg, ada kunjungan pihak sekolah ke tempat terapi jg.

dari sisi pertemanan, anak2 di sekolah inklusi lbh 'akrab' dg ABK krn ada bbrp tipe anak ABK disekolah mereka, dan dikelas mereka sdh diberi pengertian ttg kondisi masing2 ABK, jd diharapkan tingkat bullying thdp ABK bisa diminimalisir.

tapi jg hati2 dlm memilih sekolah inklusi. terutama saat ngobrol dg psikolog/orthopedagog sekolah. pastikan mereka mengenal ttg gifted, ataupun klopun belum mengenal mau bersama2 belajar ttg giftedness dan bekerjasama dg ortu,dokter tumbang/psikolog/terapis dr tempat anak terapi. jd satu suara maksudnya.
spt yg pernah saya cerita sblmnya, dl saya punya pengalaman yasa sudah masuk ke sekolah inklusi, tp ternyata psikolog sekolah ngasih diagnosa sendiri yg berbeda ke ilyasa. diagnosanya masuk pervasif development disorder lg, sdg gifted kan bukan pervasif development disorder. sdh gt ga mau ngobrol/ketemu dokter tumbang untuk menyamakan persepsi. ya sdh saya pindahin sekolahnya yasa akhirnya.

ada jg sepupu yasa, terdiagnosa gifted saat sdh masuk SD umum. akhirnya di akhir thn ajaran, pihak sekolah meminta ortunya utk memindahkan ke sekolah inklusi, spy si anak lbh mendapat perhatian dr pihak2 yg mengerti ttg sisi kuat dan lemah si anak.

oh ya, berhubung kuota sekolah inklusi itu terbatas, biasanya cuma 1 sd 2 ABK di kelas, kalau ada rencana untuk menyekolahkan anak, sebelum thn ajaran baru dimulai, sebaiknya di bulan2 september sdh mulai suvey cari sekolah inklusi. ngobrol dg pihak sekolah. kalau cocok, tdk ada salahnya madukin ansk dlm daftar waiting list. . bulan oktober-november sdh mulai daftar sekolah, soalnya rata2 di bandung bln desember kuota untuk ABK sdh byk bgt yg penuh
hth ya mbak.