1

Topic: SPD (Symphysis Pubis Dysfunction)

charissarhanie, menggugel chiropractor, ini klo di indo adanya dimana ya kira2?

less ego, more heart

2

Topic: SPD (Symphysis Pubis Dysfunction)

hamil kedua... akhirnya kena juga SPD... mulai terasa agak-agak ngilu pas 30w... kl tidur terus mau ganti posisi, alamaaaakk, yoi banget ngilunya...

kl disuruh avoid carrying, nampaknya ngga bisa. masih suka gendong-gendong si kakak. tapi bersyukur sekali, SPD-ku masih tingkat rendah kayanya. soalnya masih bisa nglakuin aktivitas secara normal. cuma emang agak ngilu ajah. dan kl uda malem dan tenaga uda terkuras, mau ganti posisi tidur, mau tidur ke duduk, mau duduk ke berdiri, butuh bantuan suami.

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

3

Topic: SPD (Symphysis Pubis Dysfunction)

SPD oh SPD.. dulu hamil pertama ngalamin juga tapi gak parah dan bisa diatasi dengan pregnancy support belt. Hamil kedua ini kena lagi mulai usia hamil 5bulan. Nyerinya maaakkk... pokoknya tiap berada dalam satu posisi agak lama (duduk, berdiri, jongkok, tidur, dll) tulang pubis ini kayak abis dihantem godam. Nyeriii.. ganti posisi pasti sambil meringis2. Sekarang udah 35weeks dan makin menjadi. Merambat ke sakit pinggang. Hamil kedua ini bener2 penuh drama deh..
Dan ya..makin kesini bukannya makin semangat buat gerak malah makin males. Bawaannya lemes aja. Belum ikutan senam hamil pula..musti dipecut nih.

multitasking mom and pharmachist

4

Topic: SPD (Symphysis Pubis Dysfunction)

uniquenda - haduuuh, ga kebayang ngilunya. dengan perut besar pulak... sabar yaaa, ntar kalo udah melahirkan, ilang kok... :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: SPD (Symphysis Pubis Dysfunction)

I feel you mamas,
Aku 31 weeks sekarang, udah 4harian ini linu2
di bagian selangkangan, perut bawah sama paha atas,
terutama sebelah kanan.
Awalnya aku kira karena salah nyontoh gerakan stretching dari buku, tapi qo berhari2 ya.ternyata ada namanya sendiri.
Kalo pake undies, pas ngangkat kaki waduh mantap.
2 hari ini aku coba pake maternity support beltnya mc, udah lama punya sih, tapi biasanya dipake kalo lagi banyak jalan, atau kalo lagi di perjalanan, sampe kantor lepas biar lega, ga sesek. Cuman karena linu2 yang ternyata namanya SPD ini, jadi dipake terus, lumayan mengurangi tapi tetep linu.
Pindah posisi juga kudu pelan2.
Mana suami masih di sebrang samudera (aku ldr-an dari uk 2bulan) dan baru bisa balik 3mingguan lagi, huhu, ga bisa minta pijet, meratap sendiri di kost-an (mellow...).
Abis lahiran beneran ilang kan ya mom?

6

Topic: SPD (Symphysis Pubis Dysfunction)

Aku baru lahiran tgl 25 nov 2014 kemaren, caesar, ya itu dia SPD juga. Kerasanya di 37w.sampe g bs jalan samasekali. Di 39w puncak2 rasa sakit. Waktu itu hari jumat saya merasa sakit luar biasa, sampai keringat dingin di punggung, baju saya basah. Tapi saya tidak kepikiran ke dokte. Selasa saya cek up rutin ternyata hari jumat itu sudah kontraksi babynya mau keluar, tapi karena panggul saya kecil makanya dia g bs turun. Jadi g ada pembukaan sama sekali. Waktu itu udah 40w kata dokter g bs dipaksain lahir normal karena berat bayi 3,3kg, sedangkan kakak2nya lahir dibawah 2,9kg semua. Bahu bayi ga akan bisa keluar, kl dipaksakan bisa retak tulangnya. Akhirnya dioperasi. Sampai sekaran jalan saya jadi aneh, dan kadang2 kerasa sakit yang sama dengan waktu hamil di atas miss V. Dokter nyaranin daerah panggul harus selalu diikat, memang itu mengurangi rasa sakit, malah kadang2 ilang sakitnya, tapi kalau tidak diikat pasti sakit waktu jalan apalagi jalan sambil gendong baby. Saya agak khawatir kedepannya apakah bisa sembuh total atau tidak.

7

Topic: SPD (Symphysis Pubis Dysfunction)

perjalananku donk nih yg masih panjang 27w udh ngerasain SPD alamaaakk nyeri bener dan pgn nangis rasanya awal2 pake maternity belt msh enak klo skrg dgn perut gede kaya gini kerasa sesak kok ya mending terusin pake apa engga ya?

8

Topic: SPD (Symphysis Pubis Dysfunction)

wah selama ini ngelewatin thread ini karena dikira ga ada hubungannya dengan kehamilan aku...
tapi setelah dibaca2, kayaknya aku SPD juga nih, dari bulan ke-5 lalu (sekarang udah 7.5 bulan) di bagian tubuh sebelah kiri, pinggang, pinggul, sampe paha kiri rasanya kaya ga ada kekuatan gitu. Mau pindah posisi kalo yang biasanya bisa angkat pinggul atau paha, rasanya jadi kaya lemes ga ada kekuatan sama sekali.
nanya dokter, katanya ada kemungkinan kurang kalsium, jadi ditambahin suplemen kalsium aja, tapi masih juga tetep berasa lemes di area sebelah kiri itu.
Pertanyaanya, kalo penderita SPD, apakah sebaiknya melahirkan normal atau SC yah? mohon sharingnya yah mamas....thanks a lot!

mom to be

9

Topic: SPD (Symphysis Pubis Dysfunction)

saya hamil pertama umur 4 bulan udah merasakan ngilu pas angkat kaki buat wudhu sama pake clana ,,, tidur pindah posisi pun juga masya Allah ... sekarang mau masuk 6 bulan semakin berasa nyerinya ...
nikmat nya akan jadi seorang ibu kali ya

10

Topic: SPD (Symphysis Pubis Dysfunction)

Lagi hamil 36w dan ngerasain hal ini dari 4 minggu lalu ..dan kayaknya sekarang makin parah,terutama buat pindah posisi tidur..perasaan waktu hamil anak pertama gak begini,hiks...benar2 berharap smoga kalau udah lahiran,sakitnya bisa ilang

11

Topic: SPD (Symphysis Pubis Dysfunction)

Aku ngalamin ini pas hamil anak pertama,tapi waktu itu aku kira itu hal yang wajar kalo lagi hamil,toh masih bisa beraktifitas walaupun sakit. Tapi yang parah adalah setelah melahirkan,karena bukannya sembuh malah semakin sakit. Mungkin karena berat bayi yg lumayan (3,7kg),setelah melahirkan mau turun dari bed tempat bersalin udah ga bisa. Udah mulai curiga dan panik karena kaki dan panggul ga bisa buat numpu,tp suster bilang wajar mungkin capek jadi pake kursi roda dulu.
Beberapa jam setelah pindah kamar disuruh belajar jalan krn seharusnya kan kalo lahir normal udah bs langsung jalan. Susah payah turun dari tempat tidur dan jalan,tapi tetep ga bisa jalan sendiri dan harus ditopang suster dan suami. Akhirnya waktu dokter visit kita nanya apa ini wajar,dan disitu dia periksa lagi spd nya agak parah,jadi sedapat mungkin ga boleh beraktifitas.
Setelah seminggu di rumah sakit akhirnya memutuskan pulang aja biarpun belum bs jalan,dan ternyata aku baru bisa jalan normal lagi hampir sebulan setelah lahiran. Tiap kontrol baby ke rumah sakit pake kursi roda,di rumah juga cuma bisa duduk dan tidur (itupun dibantuin). Sedih kalo inget,momen2 yang dibayangin bakal keisi dengan excited dan riwehnya ngurus bayi ternyata ditambah lagi dengan ngurus ibunya yang tak berdaya :( yah tapi lesson learn nya,jangan terlalu menyepelekan sakit yang dirasain,bisa jadi itu serius
Sekarang lagi hamil anak kedua nih,semoga lancar2 saja,hehehe...

12

Topic: SPD (Symphysis Pubis Dysfunction)

saya ngerasain SPD dr umur 20w sekarang 34w. pas tanya ke dokter itu gr2 kontraksi jd janinnya agak turun makanya suka nyut2n di daerah bawah, yaudh telen aja penjelasannya ga ngerti klo ada namanya sendiri..
skrg kl tidur ganti posisi atau jongkok trs diri wooww mantep bgt ya rasanya.
kalo kecapean duduk diem aja suka berasa ngilunya..

13

Topic: SPD (Symphysis Pubis Dysfunction)

hallo mom, ikutan sharing yaa..baru tau ada yg namanya SPD ini..

kalo aku ngerasain sakit pinggul, panggul, dan bokong dr usia kandungan masuk 3 bulan..kalo kelamaan duduk di kursi ato abis jalan2 pasti berasa banget ampe mau posisi tiduran agak susah saking linunya.

akhirnya tiap tidur posisi miring dg kaki ditekuk kyk lg meluk guling tapi lebih ditarik lg kakinya semacam peregangan gt..biasanya abis itu agak mendingan sih, semacam peregangan area panggul gt.

masuk ke minggu 30an mulai deh berasa selangkangannya nyeri terutama sebelah kanan, mikirnya krn posisi kepala bayi yg neken bagian itu, jadi kadang suka peregangan buka kaki agak lebar.

so far sih kalo abis peregangan agak mendingan walopun ga lgs ilang nyerinya, cm abis baca thread ini kok jd agak takut sebenernya boleh ga ya peregangan gt?

semoga nyerinya bukan masalah serius deh ya..

14

Topic: SPD (Symphysis Pubis Dysfunction)

ak ngalamin dr anak pertama dan skrg expecting my 2nd....klo duduk lama, trus berdiri d tulang ekor sakit bgt. trus selangkangan juga pegellll bgt. dan ditambah dengan kram betis di malam hari saat tidur..wooo emm jiyy nikmaattt

15

Topic: SPD (Symphysis Pubis Dysfunction)

karena sama-sama nggak punya background medis, mungkin ada baiknya lansung konsultasi ke dokter moms. kalau sekarang mungkin bisa coba langsung lewat halodoc untuk konsultasi online gratis, ada juga dokter kandungan kok. Nanti mereka bakal jelasin soal penyakitnya dan penanganan yang tepat. kalau butuh obat pun, bakal langsung dianter ke rumah kok. jadi moms nggak perlu lagi khawatir dan biar sakit nggak semakin parah.