1

Topic: Kekurangan Air Ketuban

Hiks aku lg worry banget nih...

beberapa bulan yg lalu tiba2 kan aku sering banget keputihan dan ada rembesan airnya.. warna keputihannya gak putih banget tapi agak kuning2 pucat.. baunya sih gak amis.. bau keputihan biasa dan aku pikir warnanya begitu karna aku konsumsi vitamin c kali ya? akhirnya aku minta ijin dokter untuk pake pantyliner deh...

setelah aku pake panty liner.. kurang lebih hampir 2 minggu ini.. aku bingungnya kok ya celana aku masih suka basah aja.. padahal kan keputihannya otomatis nempel di pantyliner.. nah pas aku liat kok celanaku tetep basah/lembab.. awalnya aku pikir itu cairan urin.. tapi setelah aku tanya sama dokter bedanya air ketuban sama urin apa? dia blg kalo air ketuban baunya seperti bau sperma.. hmmmmm jadi aku penasaran aku cium deh celanaku kok ya agak kayak bau sperma ya? :( aku jadi worry bgt skrg..

rencana sih ntar malem mau ke RS mau ketemu dokternya atau mau ke kamar bersalin (kata dokter di kamar bersalin biasa ada kertas lakmus namanya untuk periksa itu air ketuban atau bukan)..

semoga aja itu bukan air ketuban ya moms.. semoga itu cuma urin biasa aja...

wish me luck :(

2

Topic: Kekurangan Air Ketuban

Vita wrote:
Halo debbiedian, aku jg ketubannya berkurang waktu hamil 36 minggu (anak pertama) pdhl gak berasa ngerembes atau keluar dan...hehe...bukannya mau nakut2in niy, sm dokternya disuruh segera dikeluarin. Berhubung aku punya riwayat dioperasi krn hamil di luar kandungan (KET) dan gak boleh kena induksi, akhirnya di-caesar deh.
Hehe...maap ya gak bantu :D Cuma yg jelas si musti lbh intense diceknya biar gak berkurang bgt.
Moga2 posisinya cpt bagus ya mom dan dedenya baik2 aja :D


Bunda, benarkah kalau pernah KET tidak bisa induksi? Tetapi sebenarnya bisa lahir normal kan jika tidak ada masalah berarti?

3

Topic: Kekurangan Air Ketuban

karnalistephanie

Bunda, aku juga suka keluar air bening dan ga bau nyengat, tapi aku juga ga tau itu bau sperma apa bukan. Kemarin hasilnya bagaimana Bun?

4

Topic: Kekurangan Air Ketuban

jadi inget kehamilan ak kemaren..
kata dokternya ketuban ak kurang, pas usia 36 w,, karena aku ganti2 dokter mulu, di dokter yg terakhir didiagnosa gitu.. dia ga bisa buat apa2..
akhirnya sampe 39w, tetep kurang air ketubannya.. trus aku disuruh tes apa ya namanya, biar tau djj ama pergerakannya, hasilnya djj baby ak reaktif, disuruh cepet dilahirin deh ama dokternya, dia suruh aku induksi tapi aku ga mau, aku pilih sc aja..
jadi besoknya ak balik lagi ke rs buat sc deh :)

5

Topic: Kekurangan Air Ketuban

Kehamilan kemarrn sama deh kasusnya kaya aku. Waktu kontrol dibilang ai ketuban berkurang, disuruh banyak minum air putih, pocari sweat.. dan harus banyak istirahat, kalo banyak mnm air tanpa didampingi istirahat ternyata percuma.

Kali ke 2 kontrol lg di kehamilan 40 mgg, air ketuban emg berkurang kg dan dokter takut kalo baby ku ga bisa selamat. Dojternya takut dan aku disutuh cek ECG untuk yg ke 2X nya, hasilnya blm ada tanda2 kontraksi sekali, jd aku disuruh pulang n nunggu kontraksi normalnya aja.. ee.. malemnya jam 12 malem aku ditelp dokternya disuruh c-section bsk oagi karena dokternya takut n takut resiko. Ya udah dee..bsknya lsg di c-sectio.

Trs waktu baby keluar ternyata air ketuban udah rada hijau. Sekarang babyku udh 7 bln dan sehaaaattbanget. Puji syukur deh ga terjadi apa2.

6

Topic: Kekurangan Air Ketuban

Nemu yang senasib juga disini :). Kemaren saya awal 7 bulan semua normal, pun posisi kepala bayi sudah di bawah. Minggu lalu cek (di minggu 31) posisi bayi balik ke atas dan ketuban di salah satu sisi perut agak berkurang. Dan ditambah pula ukuran bayi yang agak kegedean saya harus naekin lagi volume air ketubannya. Doakan ya moms semoga bisa nambah banyak dan bayi bisa leluasa muter kepala ke bawah lagi :)

woroluvpink.wordpress.com

7

Topic: Kekurangan Air Ketuban

Halo all,

Pas kehamilan saya usia 35 minggu dokter negur saya karena air ketuban terlihat berkurang saat di USG. Untung saja saat itu tidak membahayakan.

Kata beliau, saya harus banyak minum air putih. Memang sih pada minggu itu saya lagi agak malas minum. Akhirnya sejak saat itu saya perbanyak minum air putih, yang tadinya cuma 8 gelas sehari jadi 12 gelas. Alhamdulillah pas kontrol selanjutnya air volume air ketuban udah bagus lagi :)

8

Topic: Kekurangan Air Ketuban

share yaaa... kemarin pas usia kandungan 28-32 weeks itu juga dokterku bilang air ketubanku mepet. emang sih jarang banget minum air putih. jadilah disuruh banyak minum air putih. berhubung minum air putih aja membuatku mual, sempet di akalin pake infused water. lumayan nolong juga, bisa ngabisin lebih dari 2 liter sehari. pas kontrol, dokter bilang air ketuban aman.

untuk air ketuban yang berkurang, bisa karena berbagai sebab moms.
misalnya yang paling sering adalah ibunya kurang minum sehingga ngalamin yang namanya dehidras. nutrisi yang kurang bagus juga bisa jadi salah satu penyebabnya.
selain itu bisa juga gara2 masalah di placenta/ari2nya. kalo kehamilan udah cukup bulan sampe lewat waktu, itu juga produksi nya semakin menurun.

ada juga kasus rembes/bocor. nah ini yang harus di waspadai moms. kasus kebocoran / rembes ketuban terus menerus dalam jumlah sedikit kalo nggak terkontrol bisa bahaya, jadinya mau ga mau si baby harus dikeluarkan lewat Operasi caesar deh...

kurang lebih gitu sih moms...

9

Topic: Kekurangan Air Ketuban

share juga.. waktu kehamilan anak ke 2 sekitar 33-34 minggu, dsa blg air ketuban kurang.. disarankan banyak minum air putih porsi ditambah.. 2 minggu cek lagi sudah normal kembali.. jadi ikut saran dokter aja buat yang air ketubannya kurang..

10

Topic: Kekurangan Air Ketuban

Hai momms, sharing aja and need opinion ya. Usia kehamilan 30 minggu, berat baby nya 1,5 di vonis dokter keekurangaan cairan dan kemungkinan di terminasi, dilahirkan prematur.
Sblmnya dah di suntik dexa 3 kali, dan rekam jantung alhamdulillah hasilnnya baik. Tp ttp aja pas di USG msh kurng air ketubannya.

Aduhh stress jdnya hrss menghadapi kelahiran premtur

Hrs gmn nih, jdnya pdh dh bnyakn minum. Apakah dilahirkn prematur dh cr yg terbaik?

Need second opinion mungkn ya ke DR lain.

11

Topic: Kekurangan Air Ketuban

Halo moms.. nimbrung ya, kemarin 32w saya juga dibilang ketuban kurang banget, 14 july saya priksa ketuban masih oke, kemudian priksa lagi seminggu lalu pas 32w ternyata harusnya ketuban saya ada diangka 15 ternyata hanya 9 saja, dan ada indikasi ketuban rembes, memang sih saya rasain ada suka keluar ser ser ser gitu, saya pikir sih dan dulu dokter mikirnya "keputihan" karna kehamilan pertama saya dulu riwayat keputihan dan dikorek dibersihkan gak muncul lagi, nah ini kehamilan kedua ini dikorek paling bersih 3 hari besoknya suka keluar2 lagi errr...
dan dapet obat yang dimasukan ke vagina (sorry)
Akhirnya setelah dokter bilang ada indikasi bener ada ketuban rembes akhirnya priksa 1minggu 1x deh ini sementara minggu ini saya priksa lagi, kemarin kata dokter sih kalau memang bener ketuban makin berkurang ya di opname kejar lewat infus dan kalau memang belum bisa ya terpaksa dilahirkan mungkin induksi, hiks semoga enggak ya moms, semoga bisa diteruskan kehamilan sampai cukup bulan Aamiin.. kalau cukup ya oke sampe cukup bulan cuma dokter bilang kalau bisa gak lebih dari 37w deh.. huaa curhat.. mohon doanya ya moms,semoga bisa diteruskan Aamiin

12

Topic: Kekurangan Air Ketuban

hikss... kontrol terakhir kmrn juga saya dibilang kekurangan cairan ketuban.. sama dokter cuma disuru banyak minum.. jd cemas debay nya kenapa2.. ada saran lainkah untuk memperbanyak vbolume ketuban ini? :(

13

Topic: Kekurangan Air Ketuban

Iya bener moms perbanyak minum, apalagi klo banyak kegiatan di ruang berAC dan cuaca panas.

Selain itu bisa dengan konsumsi buah2an juga

14

Topic: Kekurangan Air Ketuban

MJs Mommy
untuk memperbanyak volume ketuban memang dengan banyak minum. Biasanya juga akan diberikan resep suplemen sama dokter. Ketuban itukan cairan, kalau kurang ya memang harus ditambah cairan sama ibunya. setuju sama nikemelinda. Berapa weeks usia kandugannya skrg? Semoga segera catch up kapasitas ketubannya yaa...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

15

Topic: Kekurangan Air Ketuban

Kira Kara
biasa suplemen yg diresepkan dokter untuk menambah ketuban apa ya mom? soalnya pas diminta suplemen dokternya bilang cukup perbanyak minum aja..
saat ini usia kandungan sudah 35weeks.. terakhir kontrol volume air ketuban uda ok, hanya kata dokternya volume ketuban bukan sesuatu yg bisa dipastikan, hari ini cukup belum tentu besok juga cukup..

16

Topic: Kekurangan Air Ketuban

MJs Mommy
too bad aku gak tahu nama suplemennya. Karena dulu yang ngalamin adik iparku. Jadi gak hafal deh nama suplemennya.
Setuju, memang yang penting banyak minum dan buah. dijaga saja asupan cairannya. Semoga lancar hingga melahirkan yaa.. Sehat semua ibu dan bayi.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

17

Topic: Kekurangan Air Ketuban

hi moms..
aku juga nih, uda 3 bulan terakhir ini dibilang air ketubanku pas-pasan ajah ga lebih n ga kurang, jd disuruh bykin minum air putih, tp susahnya ya itu bak terus n byk pula..
dan perasaan jg minumnya uda banyakan..
hmm..akhirnya disaranin minum air oxi atau pocari gitu deh..
trs ak baca thread2 sebelah ktnya minum air kelapa muda ijo gpp ya?? skr uk ku 22w nih (TM2), bukannya air kelapa muda tuh sebaiknya di TM 3 yah moms?
need advice, thx yah

18

Topic: Kekurangan Air Ketuban

Usia 32 minggu dinyatakan air ketuban sedikit. Panik banget krn gak pernah gini...browsing2 jd nambah panik, ada yg bilang bisa jadi baby gagal ginjal krn gak keluar urine dll hadeuuuuuh

Tapi DSOG aku juga gak panik2 amat, jd coba utk santai minum banyak, minum air kelapa, minum pocari saking paniknya 5 hari kemudian aku ke DSOG lagi penasaran akan kondisi si air dan Alahdmulillah udah normal lagi:)

::emaknya Kei & Zee::
follow me @trulysyarif | IG & line : trulysyarif

http://rocktobermom.wordpress.com

19

Topic: Kekurangan Air Ketuban

aku usia 34 w kata dokter ketubannya berkurang padahal sebelumnya bagus (pas 32 w ), nah kata dokter aku ini kecapean, jadi masalah kurang air ketuban bukan cuma kekurangan minum juga karena terkait dengan metabolisme si dekbay. Memang sih selama dua minggu sebelumnya kerjaan diforsir banget dan sering capek.akhirnya ngurangin aktivitas, tidur cepet, nambah intake cairan (aku minum sekitar 2 liter lebih dikit air putih), perbanyak konsumsi protein dan vit C plus air kelapa ijo. pas kontrol minggu ke 36, air ketubannya sudah kembali normal dan bagus. Alhamdulillah :D

20

Topic: Kekurangan Air Ketuban

Truly Syarif sepanjang tidak ketuban pecah dini, perbanyak minum cairan bisa menambah kuantitas air ketuban.

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

21

Topic: Kekurangan Air Ketuban

Salam bunda2.. Saya pengen sedikit curhat. Uk saya skrg 31week,kemarin pas USG kata dokternya air ketuban saya kurang. Saya mau nanya, apa benar air ketuban tidak bisa bertambah di usia janin sy skrg? Padahal sy merasa tdk pernah ada yg merembes. Tp mmng sih sy keseringan BAK. Apakah faktor kecapean mempengaruhi volume air ketuban?

22

Topic: Kekurangan Air Ketuban

Yani Hadi wrote:
Salam bunda2.. Saya pengen sedikit curhat. Uk saya skrg 31week,kemarin pas USG kata dokternya air ketuban saya kurang. Saya mau nanya, apa benar air ketuban tidak bisa bertambah di usia janin sy skrg? Padahal sy merasa tdk pernah ada yg merembes. Tp mmng sih sy keseringan BAK. Apakah faktor kecapean mempengaruhi volume air ketuban?



Halo
Dulu waktu hamil 28 minggu, saya diberitahu dokter bahwa air ketuban saya sedikit. Dokternya bilang, jika sampai akhir kehamilan air ketuban tidak bertambah, kemungkinan besar harus di caesar. Kemudian dokter menyuruh saya menambah asupan cairan, minimal 3 liter perhari.

Salah satu penyebabnya waktu itu karena saya setiap hari kecapean, naik motor (dibonceng) berangkat dan pulang kantor total 3 jam tiap hari. Plus ditambah kerjaan kantor.

Lalu saya ikuti saran dokter, minum air putih yang banyak dan air kelapa juga. Sampe beser dan perut kembung kebanyakan air. Di minggu ke 30-an (lupa pastinya), saya kontrol lagi dan dokter mengatakan jumlah air ketuban saya sudah ok.

Jadi mungkin sekarang masih bisa diusahakan dengan menambah asupan cairan. Semoga membantu ya..

23

Topic: Kekurangan Air Ketuban

Makasih sarannya bunda, tp yg saya herankan dokternya bilang kalo minum air yang banyak itu tdk berpengaruh sama volume ketuban. Jadi bingung bunda.. Tp dr yg sy baca sharenya bunda2 yg lain, rata2 nyaranin minum.yg banyak. Saya jadi khawatir bun..

24

Topic: Kekurangan Air Ketuban

Yani Hadi wrote:
Makasih sarannya bunda, tp yg saya herankan dokternya bilang kalo minum air yang banyak itu tdk berpengaruh sama volume ketuban. Jadi bingung bunda.. Tp dr yg sy baca sharenya bunda2 yg lain, rata2 nyaranin minum.yg banyak. Saya jadi khawatir bun..


Hem..Mungkin bisa tetap menambah asupan cairan untuk langkah pertama. Selanjutnya untuk lebih jelas, bisa mencoba tanya 2nd opinion ke dokter lain :)

25

Topic: Kekurangan Air Ketuban

Salam ramadhan... Hi bunda.. Ada yang bisa bantu saya gak. Skrg usia kandungan sy 34week. Hari ini sy baru aja pulang konsul ke dokter. Ternyata air ketuban saya kurang lagi. Padahal waktu usia 7bulan kemarin memang sempat kutang tp seminggu setelah itu normal lagi. Dan skrg meginjak usia 8bln dinyatakan kurang lagi sm dokternya. Bunda..tolong bantu sharenya dong.. Sm khawatir sm dedek..