1

Topic: Breastfeeding

Haii, momms
Salam kenal yaa, berhubung saya masih newbie jdi butuh pencerahan masalah ini ni

Pengen minta sarannya, jadi gini aku bru ngelhirin feb kmarin. Awal pd yg kanan cepet bengkak dibanding dgn yg kiri, nah gaa lama pd kiri mulai membengkak dan pd kanan udh jrg bengkak kaya waktu awal2, huhu jadi PD aku besar sebelah.
Sekali pumping yg kiri bisa sampai 70-120 ml tapi yg knan paling banyak 50ml kadang 20-30mlm

Berhubung baby ku cowo minumnya banyak tetep aku ganti2an nyusu PD kanan-kiri. Tapi yg bkin worried sebentar lagi aku masuk kantor dan aku aga keteteran untuk stok asi, secara dia klo mnum bisa 80-100ml huaa dan suamiku sering bilang klo aku pasti ga bsa nabung asi (sedih ga si, suami sendiri ngomong gitu terus ) anyway aku tetep pd untuk bisa nabung asi.

Apa ada saran dri para moms untuk aku ? Oia, baby boy aku klo malam sering bangun jam2-4. Jadi, yg mestinya aku bisa pumping jadinya abs dia minum. X_x
Help momss

Attar's mom #fullfil with joy and happines

2

Topic: Breastfeeding

Mom, aku ga berhasil asix. So sad.. asi baru ngucur 2 mnggu postpartum. Jadi di awal si ava banyak minum sufor. Kesni2 jadi asi + sufor 4sendok takar krn asinya masi kurang. Hiks.
Sdikit sharing ya, bayi kan bisa ntahan 3hari tanpa asi setelah lahir. Jangan lupa, dalam kurun waktu itupun, harus diawasi tanda2 dehidrasi pada anak. Kmrn ada kasus, bayi X lahir oke di bidan dan normal, tapi ga dikasi asi samsek selama 2 hr dg alasan asi ibu belom keluar. Hari ketiga, bayi kejang krn dehidrasi dan masuk picu. Inget kembali, kapasitas dan daya tahan tubuh bayi berbeda2..

3

Topic: Breastfeeding

gitanunuka
babynya hebat ya, doyan minum asi... selamat ya, mama beruntung banget. untuk stok asip, gapapa, ditelatenin aja pumpingnya. sehari 4kali. misalnya tiap bangun tidur, habis makan siang, habis makan malem, sama midnite sebelum menyusui baby. salah satu cara misalnya baby biasa nyusu sekitar jam 2-4, nah satu jam sebelumnya pumping dulu aja. jadi pas babynya mau nyusu, uda refill lagi. cara seperti itu bikin asi banyak lho. oiya, selama dan sebelum pumping atau menyusui, bisa minum atau ngemil buah. no worry ya, pasti bisa. semangat ya. sharing di sini lagi ya nanti perkembangannya... :)

hai mama deenasantoso...
don't be sad... yang paling penting, baby Ava sehat. dan yang penting lagi, mamanya uda berusaha ngasih yang terbaik... cheers up...!!! :) your love is exclusive enough... ;)

bener, tiap baby beda-beda. anak pertama saya pun dulu dehidrasi di hari kedua. panas tinggi dan berakhir kuning. karena waktu itu asi keluarnya dikiiiiittt. alhamdulillah akhirnya di kemudian hari berhasil asi sampai 23bulan, meski di awal di awal menyusui harus terseok-seok... :)

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

4

Topic: Breastfeeding

gitanunuka
semangaaaattt mom, yakin PASTI BISA stok & nabung ASI selama ada niat dan kemauan :)
aku jg punya pengalaman yg sama, bahkan sampai sekarang jg pd sebelah kiri lebih banyak produksinya daripada yg kanan, padahal awal dulu puting pd sebelah kiri flat, dan aku punya masalah puting belah dikedua putingku, yg baru bisa bener2 nyaman menyusui tanpa luka & lecet setelah 2bln lebih..

sharing ya, awal masuk kantor juga sempat kejar tayang stok asip (yg akhirnya aku nyadar klo ini salahku yg ga mulai stok asip sedini mungkin, melainkan baru mulai nyetok 2 minggu sebelum masuk kantor, padahal sudah diingatkan suami utk mulai pumping sejak 2bln sebelum masa cuti hamil habis). masuk kantor hari pertama dengan modal hanya 16 botol asip @100ml. dengan konsumsi asip Naisya yg sekitar 6-8 botol per hari selama ditinggal kerja, otomatis sistem kejar tayang pun dimulai dihari ketiga, dan sejak saat itu sampai usia Naisya 6bln aku ga bisa tidur dengan nyenyak karena harus menyediakan waktu ekstra untuk pumping di antara jam tidur malam. mungkin karena keinginan untuk memberikan hak ASI untuk Naisya yg secara ga langsung bikin alarm di alam bawah sadarku, sehingga tiap 1-2 jam pasti terbangun untuk pumping, yg klo ditotal sehari aku bisa pumping 6-8 kali. klo Naisya pas bangun untuk nyusu ya aku bagi, sebelah utk disusu Naisya, sebelah untuk di pompa, karena klo bangun malam cukup nyusu di sebelah payudara bisa bikin Naisya tidur nyenyak kembali. pas weekend tetap pumping seperti biasa (sabtu-minggu aku libur kerja dan Naisya full latch on ke pd), lumayan lah hasil pumping bisa jadi tabungan sampai hari rabu dan mulai kejar tayang lagi di hari kamis & jumat, begitu seterusnya tiap minggu dijalani. klo ingat masa2 itu ga mudah memang, tapi alhamdulillaah punya suami dan jg ortu yg full support aku jadi enjoy ngejalaninnya..
jujur dibulan pertama kembali bekerja aku sempat down dan berniat untuk cari donor asi buat Naisya demi bisa memberikan ASI ekslusif (mungkin masih belum terbiasa dengan rutinitas baru dimana bekerja dan sudah punya anak pun menginginkan untuk memberikan asi ekslusif), kebetulan ada saudara ipar yg baru melahirkan juga dan pro asix, jadi pikirku lebih mudah utk cari pendonor ga perlu jauh2, tapi permintaanku itu ditolak mentah2 sama suami, dia yakin dan percaya aku bisa kasih hak ASI Naisya sampe 2 tahun, berbekal dari keyakinan dan kepercayaannya itu yg bikin aku pede dan alhamdulillaah terbukti aku masih bisa terus memberikan Naisya ASI tanpa dibantu sufor, tentunya sekarang sudah dengan MPASI.

semoga berkenan ya gitanunuka, hanya sekedar berbagi pengalaman, aku mah ga ada apa2nya, banyak mommies yg lain yg perjuangannya lebih berat demi memberikan yg terbaik untuk sang buah hati.
pasrahkan semua kepada Sang Maha Pencipta, yang penting tetap semangat dan ikhtiar, jangan lupakan juga kekuatan doa, insyaAllaah PASTI BISA ;)

-one kind word can change someone's entire day-

5

Topic: Breastfeeding

Maaf ya kalo oot mamod. Pengen nanya sama para mamas yang masih breastfeeding, ada yang udah dapet haid? Seminggu yang lalu aku kaya dapet haid hari keempat atau kelima,lebih banyak dari flek tapi cukup pake pantyliners selama 3 hari. Warnanya cenderung coklat. Feelingku haid, tapi kaya bukan haid juga. Aku tanya ke obgyn-ku, diobservasi dulu aja katanya karena 2minggu sebelumnya aku baru pasang iud juga, dan flek memang beberapa hari.

kalo breastfeeding gitu, haidnya seperti haid biasa atau memang volumenya jadi jauh berkurang? Aku denger ada juga yang ga dapet sama sekali ya? Semacam KB alami gitu.

6

Topic: Breastfeeding

kabochacake, aku dpt haid pertama +/- 3bln pasca nifas, ga kb apapun sampe sekarang, masih aktif breastfeeding jg, so far sih volume haid normal2 aja.. HTH :)
link ini mungkin bisa jadi referensi jg ya mom http://theurbanmama.com/forum/topic487-kapan-menstruasi-datang-kembali.html

-one kind word can change someone's entire day-

7

Topic: Breastfeeding

Hi mamas..
Salam kenal. Newbie ijin posting ya.
Semoga berkenan :)

kabochacake
Skrg ini aku juga lg menstruasi (sepertinya) setelah 4 bulan usia baby.
Emang lebi sedikit, tp kayanya ga papa ya

8

Topic: Breastfeeding

Aku juga asi eksklusif & dapet haid pas bayi hampir 3 bulan..tp volume haid agak banyak :(

9

Topic: Breastfeeding

Anak mulai makan, aku langsung haid :)
6 bln 2 hari setelah lahiran langsung haid dan produksi ASI kerasa banget menurun tp kembali lg kok stlh selesai haid selama pumping tetap sesuai jadwal.

10

Topic: Breastfeeding

mau tanya haid setelah melahirkan juga... kok di daku yang keluar setetes dua tetes gitu aja... cuma sehari atau dua hari... normalkah mom? usia anakku sekarang sudah 5 bulan dan masih ASIX.

11

Topic: Breastfeeding

kabochacake

saya masih breastfeeding sampe skrg anak 2.5 taon *tepokjidat*, baru dapet haid pas anak 1.5 taon dan haid pertama sejak ngelahirin sampe skrg volumenya jauh berkurang gak kayak dulu sebelum tekdung. BS saya ASIX dan pake pil KB dan saya tanya dia sich, dia juga sama ya volume haidnya jadi berkurang banget. Memang menyusui sich KB alami katanya karena menekan hormon apa gitu yang bikin menstruasi tapi ipar saya menyusui dan sukses kebobolan tuh hihi

12

Topic: Breastfeeding

ayukwonjiyong,
thread ttg menstruasi pasca melahirkan ada di sink: http://theurbanmama.com/forum/topic487-kapan-menstruasi-datang-kembali.html

imo sih, kalo memang siklusnya spt itu dan ngga menggannggu & ngga ada keluhan nyeri dsb normal2 aja. tapi utk lebih pasti sih sebaiknya periksakan & konsultasi sama tenaga medis.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

13

Topic: Breastfeeding

kabochacake,
beda2 sih tiap orang. mungkin memang pengaruh hormon ya. kl saya dulu tipe yg haidnya banyak, banyak banget malah selama 2-3 hari. abis itu udah deh, kadang brenti sama sekali, kadang masih ada sedikiiiit banget. bisa jg krn kondisi tubuh yg sedang ga fit, dsb.
oh ya, pembahasan ttg mwnstruasi ada di sini yahttp://theurbanmama.com/forum/topic487-kapan-menstruasi-datang-kembali.html

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

14

Topic: Breastfeeding

Moms..
ada yang pernah ngalamin penurunan produksi asi setelah sakit? Bisa balik lagi ga ya produksinya?

Ceritanya sih selama bulan maret kemaren, pergi ke konselor laktasi di Puri CInere karena ngalamin produksi asi mendadak kering saat jam tertentu. DIcoba pompa tangan ga ada yg keluar, sampe bayinya nangis. Setelah konsultasi, disarankan untuk akupunktur dan asi mulai meningkat plus ditambah domperidon yang membuat asi jadi makin banyak.
Minggu terakhir maret, mendadak sakit radang tenggorokan, jadi demam plus sempet muntah. Karena itu, jadi pasokan asi berkurang. Coba dibantu Sacred tea selama 4 hari ternyata berpengaruh, tapi sempat kehabisan dan sampe sekarang produksi asi masih seret. DSA sih menyarankan untuk pumping setelah baby selesai menyusui dan ini memang sering dilakukan tapi ga selalu. Sekarang udah sekitar 2 minggu setelah sakit, produksi asi makin seret dan sepertinya bb bayi ga nambah padahal sekarang bayi disusuin plus dibantu ASIP dari 1 hari sebelumnya.
Ada saran untuk bantu produksi asi?
TIA

15

Topic: Breastfeeding

Aprilianti,
saya sering kok, kalo lagi ga fit,ASI jadi seret.
Kalo dulu, selain boost pake sacred tea atau booster ASI, yang paling berpengaruh sih istirahat/ tidur.
Pokonya kalo tidurnya cukup ASInya jadi normal lagi deh. deres malah, apalagi kalo udah sehat lagi dan setelah olahraga trus Mandi berendem atau guyur pake shower...
atau setelah makan makanan kesukaan ASInya deres lagi ;)

mungkin memang hrs relax gt jadi ASInya normal lagi

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

16

Topic: Breastfeeding

iya mom eka, kaya nya harus relax tu kuncinya ya.... sy kl lg kepikiran kerjaan kantor di rumah waktu pumping kluarnya seret banget. kl uda gt ajak hubby kluar cm skedar makan ato jalan2 ehhh pulangnya pumping bsa banyak lg :D

17

Topic: Breastfeeding

wah dah lama juga ga main ke TUM :)

bayi Esa dah 7 bulan skg suka punya hobi baru bila sedang BF. kadang dia sering tiba2 stop dan mengamati nipple dan kemudian dipencet2 pakai jarinya.

alhasil saya teriak spontan, trus dianya nangis :(
saya coba tahan rasa sakit, tp suka ga tahan huhuhu

ada yg punya pengalaman yg sama?

18

Topic: Breastfeeding

engga pernah mom :D dipencet2nya kenceng kah? kalau dihalau tangannya gimana?

Talking about BF, pgn share sedikit pertama kali punya baby 3 tahun yg lalu saya sampai nangis2 demi bisa BF. Ternyata engga mudah menyusui itu. saya pikir semuanya akan otomatis jalan dengan lancar, kenyataannyaaaa.....
Bengkak dan belum keluar, bayi yang tidur terus menerus, berat badan bayi yang turun, bayi lalu jadi kuning, orangtua yang malah nyuruh kasih sufor..alhasil semuanya membuat saya bercucuran air mata berminggu-minggu.

Sekarang saya ada baby kedua, seminggu pertama juga sempat berjuang supaya asi lancar, sempat nangis, tapi cukup 1 kali aja. hehehe... Sempat ikut kelas laktasi 2 kali, dipijat sama bidan yang rasanya maknyusss bgt. Puji Tuhan sekarang baby udah 2,5 bulan masih lancar dan justru kelebihan stok :)

19

Topic: Breastfeeding

rules: No promotion of business of any kinds in the forum, unless it's approved by the admin.
-mod-

20

Topic: Breastfeeding

Sharring jg ya mom..
Golden period produksi asi itu 3 minggu pertama menyusui..
Setelah itu otomatis asi di produksi berdasarkan demand..ini hasil ngobrol2 sama dr asti konselor asi di rs kmc..
Jd 3 minggu pertama itu yg menentukan brp byk asi yg d butuhkan sm bayi.. otak kita merekam itu..
Nah..3 minggu pertama itu kuncinya.
Kl kiri di susuin yg kanan di perah..jd lsg nyetok sedikit2..
Dan mmg bener.. aq praktekin itu di anak ke 2..
3 minggu pertama babak belurrrr kiri netein kanan pumping manual..
Sehari bisa 8x pumping..
Mulai 1 bln kerasa makin byk.. gak pakai booster apapunnn..cm minum yg byk..hehe
Krn udah d rekam otak tiap menyusuin 2 payudara (spt menyusi bayi kembar) jdlah produksi membludak..
Tiap smbl nysuin yg sebelahnya hasil pumping bs 100ml-an..itu per 3 jam loooh..
Plus nya lg.. tiap 3 jam otomatis ada panggilan LDR alami..kl g disusuin/pumping..alhasil rembes2..

Smg bs membantu ya mama..

21

Topic: Breastfeeding

azaleashazs wrote:
Sharring jg ya mom..
Golden period produksi asi itu 3 minggu pertama menyusui..
Setelah itu otomatis asi di produksi berdasarkan demand..ini hasil ngobrol2 sama dr asti konselor asi di rs kmc..
Jd 3 minggu pertama itu yg menentukan brp byk asi yg d butuhkan sm bayi.. otak kita merekam itu..
Nah..3 minggu pertama itu kuncinya.
Kl kiri di susuin yg kanan di perah..jd lsg nyetok sedikit2..
Dan mmg bener.. aq praktekin itu di anak ke 2..
3 minggu pertama babak belurrrr kiri netein kanan pumping manual..
Sehari bisa 8x pumping..
Mulai 1 bln kerasa makin byk.. gak pakai booster apapunnn..cm minum yg byk..hehe
Krn udah d rekam otak tiap menyusuin 2 payudara (spt menyusi bayi kembar) jdlah produksi membludak..
Tiap smbl nysuin yg sebelahnya hasil pumping bs 100ml-an..itu per 3 jam loooh..
Plus nya lg.. tiap 3 jam otomatis ada panggilan LDR alami..kl g disusuin/pumping..alhasil rembes2..

Smg bs membantu ya mama..


yap thats what i did too, awal2 nyusuin kan sakit bgt krn bengkak dan belum lancar keluarnya. akhirnya setiap kali nyusuin aku perah jg yg sebelahnya krn cuma pas ldr bisa diperah.

skrg justru jadi kebanyakan. baby cuma bisa nyusu pakai salah satu pd aja krn kalo ganti2 bakal nyembur2 dan si baby malah ngamuk krn ga bisa nyusu pelan2.

skrg aku lg pgn coba balance untuk ngurangi kewajiban pump dari 4x jadi sehari 2x aja...

tp tips di atas mungkin bisa membantu untuk yg butuh boost asi :)

22

Topic: Breastfeeding

Baby Seno udah 7M12D dan aku masih belom mens,lho!
Baby seno full ASI, klo ditinggal kerja minum ASIP 3-4 botol ASIP ex UC, MPASI sehari tdd 3x makan menu 4 bintang dan 1x buah.

Kerja mulai jam 7 to. 16.30
Pumping di kantor 3x pake BP elektrik
di rumah juga masih lanjut pumping,setelah nenenin Seno dan dia tidur.

Bulan Maret kemaren, pas Seno lulus ASIX 6bln, terkumpul 250 botol ASIP rx UC isi 120ml dan 77 kantong ASIP isi 150-180ml.Semuanya sudah habis didonorkan. Sekarang mulai nabung ASIP lg untuk periode pasca MPASI.

23

Topic: Breastfeeding

Heyhooo semua..
Posting pertama ah setelah cukup puas jadi silent reader.. salam kenal buat para mommy semua..

@mommy ira,, subhanallah.. berlimpah sekali asipnya.. seneng bgt bisa didonorin juga ya.. :)

24

Topic: Breastfeeding

Hay..Hay..

Talking about breastfeeding..

Baby Sulthan sekarang udah 1y.. Yeaay.. Dulu pas 3m, sempet bingung puting.. Karena emang dari lahir dikasi dot. Di mix antara nyusu langsung sama nyusu pake dot.. Ceritanya mengantisipasi pas cuti udah abis dan ga susah ditinggal. Alhasil sempet bingung puting, gamau nyusu langsung, melengos ga jelas kalo di kasi PD. Ya sudah daripada nangis ga dipaksa..

Tapi diajak skin to skin terus, berduaan, di sounding, diajak ngobrol kalo ade nenen ama mama yuks.. Alhamdulillah menuju 5 bulan, dia mau lagi nyusu langsung kalo malem :-)

Sampe sekarang masi mau nyusu langsung kalo malem, tapi kalo nyusu langsung pas siang sama kaya @makesa banget. Stop nyusu, liatin nipple, towet2 n pencet2 nipple :-( I didn't know what he think about that nipple huhuhu..

Akhirnya koq ya jd males nyusuin siang kalo pas wiken. baby sulthan begitu mulu :-(

Somehow produksi PD Kiri selalu lebih banyak dari PD Kanan. Sekarang produksi udah ga sebanyak dulu. Kalo dulu PD kanan bisa ngehasilin 170ml/15menit. Sekarang cuma 150ml/30menit kadang kurang.
Dicek sparepart pompa gada masalah, makan juga normal2 aja..

Yaah.. perjalanan masi 1 taon kedepan lagi.. Hope I will do my best for my baby :-)

25

Topic: Breastfeeding

Hihi anakku juga suka mencet-mencet nipple, garuk-garuk dan narik-narik nenen kalo lagi nyusu. Kadang juga ngegigit kalau pas teething. Kalo dia udah berhenti nenen dan lepas, buru-buru kututup aja PDnya buat mencegah keisengan. Ntar kalo masih mau nyusu pasti dia merengek, baru kukasih lagi. Kalo diem aja berarti dah kenyang. Kalo nggak, pas isengnya kumat, kukasi pegang mainan ato apa (botol plastik, plastik dll) buat nyibukin tangannya. Kebayang kalo dia kebiasaan grapa-grepe sambil nyusu sampe gede hahahaa...

BTW sejak umur 5 bulan sampai sekarang umur 11 bulan, anakku belum berkurang kebutuhan ASInya karena dia emang makannya dikit. Aku juga ngalamin kaya bundanaisya yang kejar tayang stok karena di kulkas cuma ada belasan botol ASIP. Wah ngiri dan kagum deh kalo liat foto stok teman-teman sampe ratusan botol. Suka nyesel sendiri napa dulu malas nyetok tapi gapapa kok, sambil dijalani ternyata bisa juga. Weekend saya suka tetap mompa subuh-subuh. Begitu umur anak 10 bulan dan produksi ASI menurun, ASInya saya 'oplos' dengan tambahan air putih. Maaf ya Nak, toh kamu tetep sehat dan gendut hihi... Sekarang nggak kebayang apa si kecil bakal bisa disapih dengan cinta kelak karena kok kayanya maniak banget ASI dan memang dia butuh (karena makannya kurang), tapi someday we'll find a way *berusaha positive thinking*