1

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Dear mommy kira kara,

Thanks yaaa..btw baby ar kondisinya kurang baik saat ini. Barangkali ada yang pernah mengalami, saat ini baby ar terjadi kebocoran di lambung sehingga cairan menumpuk di perut dan perutnya membesar. Dokter menyarankan untuk operasi dengan kemungkinan berhasil kecil namun resiko besar, baby ar masih menggunakan ventilator..jika ingin operasi resikonya baby ar bisa meninggal saat dala perjalanan ke ruang operasi, saat dibius, saat operasi dan setelah operasi. Saya tidak bisa membayangkan bayi sekecil itu harus dibedah..dan tingkat berhasilnya kecil dengan resiko sangan besar. Mohon jika ada yang pernab mengalami bisa share..

Thank you very much..

2

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

putunovria
Anak saya dulu Kira juga mengalami penumpukan cairan di perut dan perutnya membesar. Alhamdulillah tidak sampai operasi. Tapi bisa jadi mungkin kondisinya berbeda juga. Saat itu Kira di lambung terjadi penumpukan cairan, lambung berdarah, perut membesar. Saya ingat sekali dokter tengah malam menelepon saya untuk menyiapkan obat yang harganya 2,5jt-3,5jt/botol dan dibutuhkan 8 botol. Paling tidak 5 botol harus sudah ada di Rumah sakit pagi hari. Cairan itu yang berfungsi untuk booster meningkatkan kekebalan tubuhnya yang akan dimasukkan melalui alat semacam timer injeksi ke selang infusnya. Kalutnya bukan main. Jumlah uang tidak sedikit, harus ada saat itu juga. Dan kondisinya darurat. So, I feel you, mama...
Disaat bersamaan dengan saya saat itu ada juga anak yang harus operasi di usianya yang 7 hari dengan kondisi BBLR dan kelainan di ususnya. Alhamdulillah operasi berjalan lancar dan si anak tumbuh sehat hingga sekarang. Tuhan Maha Memiliki Kehidupan.
Sebagai bahan pertimbangan mungkin bisa ditanyakan ke dokter, resiko apa saja yang harus dihadapi jika operasi, dan jika tidak operasi? Apakah ada alternatif lain dengan resiko terkecil? Diskusikan dengan keluarga mengenai resiko dan biaya-biaya yang harus dihadapi. Hanya bisa bantu do'a yang terbaik untuk baby Ar. Semoga mama dan keluarga diberi jalan keluar terbaik yaaa.. *hug*

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

3

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Dear Mommy Kira Kara,

klo boleh tau di RS mana? Dengan Dr. Siapa? Dan nama obat untuk boosternya apa? Since the doctor said that there is no other option selain operasi.

Thank you..

4

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

putunovria
Saya dulu di RSI 2 Jemursari Surabaya. Dokter anaknya dengan dr. Noor Djatmiko Spa (Nunung). Kalau gak salah ingat obatnya namanya Gamunex.
Semoga baby Ar lekas stabil kondisinya yaaa...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

5

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

halooo.. mama kira kara dan semuanyaaa.. mau nanya dong, pada mulai mpasi umur si premmies berapa ya? my twins, darrell darren sekarang 4,5mos dan asi, darrell kadang dikasih sufor kalo saya tinggal bentar karena dia ga sabaran trus yg ngasuh papaku yg sulit untuk angetin asip dll, atas petunjuk dokter jg sih ini campur karena bblr.
minggu depan bakal cek ke dsa pun nanyain kapan better mpasi, tapi pengen tau juga kalian ngasih premies mpasi kapan buat 2nd opinion hehe. tia

love. misskimos. baby

6

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

hai sallynatanegara
Dulu Kira dan Kara MPASI tepat di usia 6 bulan. Karena dilihat tidak ada indikasi medis dalam pencernaannya, jadi sama DSAnya dicoba untuk MPASI tepat di usia 6 bulan. Namun selama perjalanan MPASI itu yang strugglenya lebih terasa. Kalau pada bayi normal, berpindah tekstur bukan menjadi masalah yang berarti, tapi tidak pada kira dan kara. Selama MPASI tekstur makanan benar-benar berpengaruh. Perpindahan tekstur tantangan sekali. Dari halus, agak kasar sedikit, tiba-tiba susah BAB. Jadi harus kembali ke tekstur halus lagi. Begitu sampai berulang kali, hingga pencernaannya bisa menerima dan mencerna dengan baik. Bahkan pernah di BABnya masih berupa potongan sayur, nasi, yang berarti pencernaannya tidak bekerja sempurna. Menu awalnya pun juga disarankan yang sangat mudah dicerna.

Jadi setuju, sebaiknya konsultasikan dengan DSA untuk melihat kesiapan organ pencernaan anak. Semoga Darrell dan Darren jauh lebih lancar proses MPASI nya yaaa...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

7

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Halooo semuanya.
Saya newbie, biasanya selalu jd silent reader aja :D

Anak saya (Kirana) jg prematur karena saya kena oligohidramnion sejak uk 22w. Anak saya lahir 33w dan BBLR, skrg usianya 9bulan. Alhamdulillah sehat.

Kirana baru mulai MPASI usia 7.5bulan, saya mengikuti saran DSA nya, karena dikhawatirkan belum siap pencernannya jd lebih baik menunda.

Hari pertama MPASI saya deg-deg an bukan main, saya kasih puree pepaya & ASIP. Setelah saya kasih, saya baru tahu kl pepaya bisa bikin sembelit.
Alhamdulillah Kirana pup esok harinya.

Nah akhir-akhir ini saya kasih pepaya dicampur buah lain, pup nya agak oranye sedikit. Menurut ibu saya, itu karena pepaya.

Apakah mungkin pepaya tsb tdk tercerna dgn baik?
Tetapi makanan lain tidak masalah, pup nya normal.

8

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Ikutan share ya moms.. Anak saya lahir dengan bb 1.6 smapi Sekarang umur hampir 4 bulan BB br 3 kg Karena asi saya g keluar Karena mulai Dr inkubator sudah dibiasakan minum lewat dot jadi istilah bingung puting sedangkan kalau di pompa asi hanya keluar paling 5 ml aja Padahal sudah pkai asibooster macem". Katanya orang"bayi saya BB naik dikit gara"tdk minum asi.. Mungkin moms Ada saran sufor pa yg bisa bikin bb bisa naik..dan sampi umur 3 bulan blm bisa tengkurep Sama angkt kepala..mungkin moms Ada pengalaman juga bgaimna melatih bayi agar bisa mengangkat kepala.

9

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

halo mama Nurul,
untuk masalah sufor sih sepertinya beda2 ya tiap anak. Dulu anak pertamaku bblr, jadi dia sempat minum sufor untuk premie sampai BBnya naik sesuai standar.

Nah kalau untuk stimulasi bayi supaya bisa tengkurap dan angkat kepalanya ada di thread Bayi Tengkurap. Kalau dari yang aku baca-baca sih, bayi yang prematur/bblr butuh waktu lebih lama untuk mengejar perkembangan bayi2 pada umumnya yang lahir dengan berat cukup. Jadi semangat stimulasinya aja ma, sambil stok sabar yang banyak :)

Oh iya ada satu thread lagi nih yang mudah-mudahan berguna juga, Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR). :) Salam untuk babynya ya ma..

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

10

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Nyimak ya mom, siapa tau bisa nambah wawasan aku dalam urusan parenting.  :)

11

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Nurul, anakku yg pertama juga prematur. kalo mau kasih sufor mungkin bisa apa saja ya untuk new born atau bisa konsultasikan dengan dokter anak. ada juga sufor untuk bayi berat rendah tapi ya konsultasikan dulu saja biar aman. Kalo bisa sih ASI nya tetep dikasih juga jadi ga full sufor. 

untuk bayi tengkurap tergantung perkembangan anak juga, biasanya bayi prematur memang agak telat sedikit walaupun ada juga yang ga telat, nah ini kembali ke perkembangan bayi nya. Jika sangat lama perkembangannya, bisa konsul ke dokter anak ya atau tumbuh kembang anak. Karena memang bayi prematur agak berbeda denagn bayi normal.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

12

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Anak pertama saya prematur 30-31mgg berat lahir 1,8 sempet susut 1,6. Di perina 1bln lbh dikit berat plg kermh 2kg. Kondisi paru2 blm matang krn blm sempet suntik udh hrs SC jam 11 mlm pdhal mksd hati pulang kerja cm mau kontrol. Kondisi yg masih dibawa smpe skrg mau 8th bln dpn yg berat mata kiri juling & disleksia. Imunisasi lengkap smpe skrg masi lanjut yg ulang2an,makanan vegetarian sama kaya saya tp dia mau mkn susu telor ikan tertentu.

13

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Krn anak pertama & perjuangan mau punya jg ekstra hrs melewati bbrp kali insem & ivf jd kayanya saya hrs lbh semangat lg utk ngurusnya,krn semangat itu mgkn anak saya merasakan lewat bisikan sentuhan senandung bahkan skrg si abang yg selalu kasi semangat saya utk urus adik2nya.Fyi,semua kehamilan saya dgn cara insem & ivf jd moms pls be happy krn bisa hamil alami itu berkah bgt. Yg premie no 1 ini duduk usia 6bln,tegak di 7bln barengan tmbh gigi,jalan setahun tp masi suka jatoh l3bln udh mantep.Baru bisa bicara 4thn dan gak jelas ternyata disleksia tp 5th sdh bisa tk besar smpe skrg masi terus belajar.
Dari lahir sakit pertama kali usia 13bln demam yesss 13bln baru ada sakit,awalnya rada ngedumel sm aturan DSAnya tp saya ikutin jg dann emang ok tu dokter aman terkendali si abang premie smpe skrg pun all under control.

14

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Mau nanya bunda yang sudah pengalaman dengan bayi prematur, adakah yang pernah mencoba teknik rawat bayi prematur dengan baca buku buku prematur apakah benar berpengaruh terhadap kecerdasan si kecil nanti? 

-edited by mods-

15

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

hii momies ...
selama ini jd silent reader ..
karena abs persalinan sc bayi premature dengan indikasi PEB, Oligohidramnion, IUGr terakhir gawat janin

16

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

hai hana, anakku yg pertama prematur, so far sih ga ada masalah kecerdasaan ya, semua normal saja karena setiap anak kan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing ya. Tapi memang di awal pertumbuhannya harus ekstra ya merawatnya karena kan memang berbeda dengan bayi normal

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

17

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

kalau saran dari aku, selama jagain bayi prematur pilih pakai halodoc. jadi jaga-jaga buat emergency gitu. dokternya online 24 jam dan bakal kasih penanganan cepat, jadi pertolongan pertama buat si kecil lebih aman