1

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Dear hamasah_uwi, tetap semangat. Saya sebagai sesama PNS juga merasakan betapa "terikatnya" kita. Satu hal ketika galau melanda, saya selalu menguatkan diri dengan percaya bahwa jadi PNS itu bentuk pengabdian buat bangsa dan masyarakat. Orang2 banyak yang sengaja mendirikan yayasan atau LSM demi berkontribusi buat pembangunan. Eh, saya dikasih jalan masa disia2kan. Memang ga mudah sih. Tapi percaya deh, Mom, semuanya akan berbuah manis. :-D
Saya juga lagi mensugesti diri sendiri karena lagi galau juga. Pengasuh Altair harus berhenti karena hamil. Terpaksa ngerepotin orang tua lagi, dan harus bolak balik ke rumah ortu yang jaraknya lumayan jauh. Cape, pasti. Kasihan juga anak. Tapi seperti tadi saya bilang, saya yakin semuanya bakal berbuah manis. Semangat! :-D

A teacher, a mother, and a lifetime student. :-D

2

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

mom hamasah uwi,
sama mom..pertimbangan aku kerja lagi juga karena double income aku rasa lebih aman, walaupun kita selalu berharap yang terbaik tapi gak ada salahnya berjaga-jaga. satu-satunya cara ya kerja lagi.

emangnya 'terikat' berapa lama mom? :(
yang kuat ya mom, mungkin harus 'berdarah-darah' dulu sebelum nantinya ketemu jalan keluarnya :)
*hugs*

3

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

moms, hamasah_uwi.. Semangat yaa..

Meski kadang kita hidup ga melulu ngejar uang tapi ya kudu realistis jugaa.. Kadang kalo pulang kerja, dan anak udah tidur saya kuatin tekad kalo saya kerja untuk menjamin besok dia bangun bisa makan dengan baik dan sehat, bisa terjamin periksa ke dokternya, bisa terjamin akan pendidikannya..Dan bersyukur bahwa saya masih dikasih kerjaan..

Mau cerita nih moms.. Sekarang saya baru memutuskan resign dari kerjaan yang saya cintain banget nget nget.. Kerjaan yang ga cuma nafkahin lahiriah tapi juga batiniah (cailah...).. Mungkin mommy yang lagi galau antara kerja dan keluarga akan bilang: ih enak tauuu kamu bisa resign, bisa main terus sama anak. Tapi ternyata saya malah ga main sama anak, lebih banyak main sama hp.. (doh!) ternyata kuantitas yang banyak ga menentukan kualitas.. Saat kerja, begitu ketemu anak saya akan ajak main yang mendidik ya baca buku, atau dongeng bayangan, atau nyanyi-nyanyi, atau liat tanaman dan hewan. Sekarang kebanyakan saya maalah nonton tivi sambil ngawasin anak main.. Duh, kok udah dapat banyak waktu tapi kualitasnya malah menurun yaa.. pikir-pikir kayaknya karena saya merasa secara fisik sudah dekat dengan anak jadi ga perlu lagi kualitas yang terjamin saat bermain dengan anak..

Akhirnya saya coba rubah kebiasaan itu, baru 2 minggu ini sih. Saya buat skala prioritas kapan saya main ama anak,ngurusin anak, ngurusin usaha yang baru dirintis, dan me time.. Ternyata ga sedikit juga ya job desk working mom at home (fiuh!). Satu sisi saya jadi terobati kangennya ama kerjaan, keluarga juga terurusi, diri sendiri juga ga terlupakan.. Kudu disiplin ama rencana kita, dan kalo mulai lengah saya suka ingetin diri sendiri kalo anak pasti mencontoh sama orang tuanya, kalo mau nak tangguh kita juga kudu jadi pribadi yang tangguh.. (asyeekk)

Mungkin tips ini bisa mengobati kegalauan working moms, skala prioritas dan kualitas saat bertemu anak untuk obatin 'rasa bersalah'..


Memang ga mudah, tapi kita pasti bisa kalau kita mau.. Pasti bisa! :)

4

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Hi para WM, aku bru 2 bln jd mom,2 minggu lg masuk kerja,dedek blm mau ngedot msh nangis2 ngamuk. Bibi yg jaga dedek jg blm sepaham sm caraku,untung msh ada nykp yg ngawasin. Lg ngejer stok aSip jg,dua minggu stlh kerja udh ada jdwl tugas keluar..

Doain babyku mau ngedot y mom klo g bs sutris dikntor inget dedek tp klo sutris tar asi g kluar gmn huhuhuhu

"being a mother is learning about strengths you didn't know you had" -linda wooten

5

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

hi mom, salam kenal perasaan mom yang alami skrg sama kaya yg saya alami dulu waktu mau mulai kerja lagi setelah cuti melahirkan. takut athaya ga mau minum susu dot, tp jangan khawatir, yakinkan di diri mom bahwa anak mom akan mengerti bahwa bundanya bekerja untuk nya, sehingga saat di tinggal dia akan secara ilmiah "dewasa" menjalani itu. klo ga mau dot, minum asi lewat alat yang berbentuk botol tp atasnya sendok ( baby feeder ) . ada berbagai caranya baby dalam minum asi ko, cara 1 ga mau di pake cara lain. intinya batinnya mommy tenang, makan baby kitapun akan ikut tenang ;)

tetep semangat ngASI

working mommy, wife, and mother of my princess Athaya

6

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Iya ni mom, dcoba gonta ganti blm ada yg dia suka. Smoga dlm dua minggu ini bs lancar training asipnya dan jgn smp bingput nantinya. Mamany jg lg mncoba mghilangkan pikiran khawatir ninggalin dedek drmh.

"being a mother is learning about strengths you didn't know you had" -linda wooten

7

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Iya niy yaa.. Bikin galau banget.. Apalagi aku baru anak pertama, jadi cutinya masiy sebulan setengah lagi, galaunya udah dari kemaren2.. Berat banget rasanya mau ninggalin baby kerja.. Walaupun capek juga ngurus anak dan rumah, tapi bisa terobati dengan ngeliatin muka baby nya, ngegendong2, dan meluk2in.. Kalo di kantor capek, mesti nunggu sore/malem pulang kerja dulu baru bisa ketemu anak.. Huiiiiks.. :'(

8

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

lillo87 wrote:
Iya ni mom, dcoba gonta ganti blm ada yg dia suka. Smoga dlm dua minggu ini bs lancar training asipnya dan jgn smp bingput nantinya. Mamany jg lg mncoba mghilangkan pikiran khawatir ninggalin dedek drmh.



athaya dulu malah seminggu sebelum saya tinggal kerja, juga ga mau mnm ASI di botol, tp saya di semangati sm kaka saya. yakinlah pasti mau minum ASI pas di tinggal kerja, jangan khwtir. akhirnya alhamdulillah sampe skrg masih ASI 16mos*. memang nanti nya ada fase anak ga mau minum ASI di botol , yg penting harus telaten dan mommy harus lega pikirannnya ga boleh khwatir atw malah stress , berpengaruh ke anak soalnya apalagi anak ASI ikatannya sm ibunya erat banget . klo ibu nya gelisah pasti anaknya ikutan gelisah :)

semangat terus ya mom..

working mommy, wife, and mother of my princess Athaya

9

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Moms,
aku galau...
beberapa waktu belakangan ini, tiap berangkat kerja selalu ditangisi anak. Yang nangis si kakak yg usianya 28 bln. Si adek yg 12 bln tiap aku brkt kerja lagi tidur.
gimana caranya ya moms, biar berangkat kerja nggak harus pakai drama? Jadi dilema kerja atau nggak... Padahal nggak kerja bukan pilihan utk kondisi keluarga kami.
tapi stress nya itu lho... Tiap pagi selalu telat, naik motor smp kebut2an, sambil kepikiran anak nangis dan siap2 jawaban di kantor kl ditanya.
fiuh... Galau...

Mom of Nusantara and Gilimantra

10

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Mommy Nusantara

Stallion dulu juga kalo akunya mau turun ke toko, akunya mesti ngumpet2 ngilang ... tapi kadang aku kasih penjelasan, mama mau pergi kerja dulu ya, dadah kissbye ... lama2 dia ngerti n biasa ...

mungkin dikasi pengertian pelan2 kali ya ... usia 2 tahun kan udah mulai ngerti biasanya ...

Stallion's mommy

11

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

@ Mommy Nusantara

Anak kita kayaknya seumuran ya. Anakku juga umur segituan dan sama, sekitar 2 bulan lalu malah nangis kalau ditinggal kerja. Sebenarnya umur segitu anak sudah mulai bisa dikasih pengertian.

Pertama, aku nggak pernah sembunyi sembunyi kalau berangkat kerja. Jadi mau dia nangis seperti apapun, dia lihat aku naik mobil setiap hari. Jadi dia nggak merasa dibohongi. Dia memang lihat aku berangkat kerja. Dan dia tahu, bahwa itulah rutinitas aku dan dia setiap hari.

Terus sebelum berangkat aku juga kasih tahu, pulangnya kapan. Walaupun dia belum bisa baca jam, cuma aku sesuaikan dengan rutinitas dia.Dan aku usahain banget, untuk selalu konsisten nepatin waktu kapan aku bilang aku akan di rumah. Sehingga rasa percaya dari anaknya juga ada. Biasanya aku bilang "nanti pas mama kerja, kakak berangkat sekolah, pulang sekolah makan siang dan bobok siang ya. Bangun bobok, mandi trus main ayunan sama mbak.Habis itu makan malam. Nah habis kakak makan malam, mama pulang."

Kadang, aku kasih penjelasan yang sederhana. Kayak mama harus kerja, buat bayar ini..itu... yah yang simple simple aja.

Nanti pelan pelan anaknya akan biasa kok. Anakku sekarang udah nggak nangis lagi kalau aku berangkat. BTW, anak itu nangis kalau kita tinggal memang nangisnya kayaknya horror banget, tapi nggak nyampe 5 menit ditinggal juga biasanya diem kok :) Percaya deh. jadi nggak usah kepikiran di jalan lah. Nanti malah kamu yang nggak konsen berkendara.

12

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Halo all, saya pengen share sedikit tapi lebih sehubungan posting pertama di thread ini yang 2010. Sorry panjang, karena ini (istri mengorbankan karir demi anak) termasuk isu yang sering saya diskusikan dengan teman dan suami.
Share dari yang aku baca baca di artikel artikel, di Eropa, di mana daycare apalagi nanny harganya mahal sekali, setiap pasangan kelas menengah yang akan punya anak akan harus duduk bersama dan bicara, siapa yang akan jadi breadwinner dan siapa yang akan kerja part time. Atau mungkinkah keduanya part time.
Pada akhirnya, meskipun gender equality di Eropa sudah lebih maju, tetap saja kebanyakan yang memilih part time adalah yang perempuan. Akibatnya, rasio perempuan dan laki laki yang memegang jabatan CEO atau profesor di universitas bisa lumayan jauh. Dalam hal ini, perempuan di Indonesia masih jauh lebih beruntung karena masih bisa pursue career sampai cukup jauh karena live-in nanny dan daycare masih bisa dijangkau oleh kelas menengah.
Saya pernah diskusi hal ini dengan teman asal Swiss. Dia bilang di Swiss pun rata rata, perempuannya yang akhirnya memutuskan part time atau stay at home. Biarpun emansipasi sudah lebih dulu di Eropa, tetap saja stay at home dad belum jadi hal yang lazim di sana, kata dia begitu. Tetapi ada satu teman dia yang memutuskan jadi stay at home dad karena mereka memutuskan bahwa istrinya yang akan pursue career sebagai dokter bedah.
Di Indonesia, jarang ada laki laki yang bisa cukup progresif dan bisa menerima kalau karir istrinya mungkin lebih moncer. Tapi ada satu temanku, pria Indonesia yang sedang menempuh PhD di Skotlandia dan dia bilang dia beneran duduk diskusi dengan istrinya yang orang Yunani yang sudah tenure profesor di universitas di Skotlandia, dan mereka memutuskan daycare dikombinasi peran ayah yang lebih banyak dan hands on, karena sang istri sudah tenure professor. Dan sama sekali bukan berarti sang ibu tidak berat dan tidak sayang.
Temanku sempat meninggalkan anak di Indonesia, dititipkan ke ibunya dan suaminya untuk menyelesaikan PhD. Saya tahu betul nangis darahnya dia. Tapi suaminya tidak mau "ikut istri" ke Belanda sambil bawa anak, meskipun dia mau aja sih mengurus anak di Indonesia dengan dibantu mertuanya. Sekarang dia sudah kembali ke Indonesia dan hubungannya dengan anaknya sangat baik.
Saya sendiri, karir suami saat ini sedang moncer, jadi saya mengalah kalau dia lebih sibuk bekerja dan, menurut saya, kurang dekat sama anak. Tapi saya sudah menegaskan, tidak bisa begini terus. Buat saya, laki laki zaman sekarang sudah tidak bisa lagi lebih mementingkan kerja daripada nemenin anak main dan berharap mamanya dan nanny yang handle semua tanpa rasa bersalah. Saya ingin dia juga dekat sama anak saya, dan ga pakai alasan, aku kan kerja cape dan lain lain. Maaf ya, meski dibantu nanny, perempuan bekerja dan ngurus anak sepulang kerja itu capek loh, meski ada kepuasan batin. Dan ga bisa juga laki laki bilang, kerjaan dia lebih penting dari anak, meski dia presiden sekalipun. Bahwa dia, misalnya, minta waktu 5 tahun untuk konsentrasi pada pekerjaan, OK, tapi he would have to make up for the lost days loh, itu kalau menurut saya.
Saya bilang pada suami, karir saya sekarang sedang saya "hold" dalam arti saya tidak ambil tanggung jawab besar (untungnya kantor paham dan cukup family friendly), tapi entahlah, mungkin beberapa tahun lagi, karir saya melesat, dan giliran saya dong hehehe.

13

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Aku udah pernah ngerasain jadi IRT, walaupun waktu itu belon punya buntut, karena nemenin suami studi di luar. Sebelumnya kerja sekitar 2taunan. Awal2nya enak sih, bisa bobo siang, puas nonton, lebih luang bisa lebih fleksibel ngatur me time. Tapi, setelah 3bulan berlalu mulai deh ngerasa nggak enak. Karena udah biasa megang uang sendiri, jadi nggak enak kalo harus pake uang suami untuk belanja pribadi, meskipun memang udah kewajiban suami untuk nafkahin istri, tapi kalo mau beli printilan kaya make up, baju lucu dll, rasanya guilty banget, mending dibeliin makanan atau ditabung untuk liburan berdua. Akhirnya saya cari kerjaan part time, jadi translator, ngajar b.indonesia/b.inggris(yang ini nekat karena pengalaman saya nol besar hehe), modal nekat dari nggak tau apply ke mana sampe kebanjiran order. Walaupun jauh lebih pontang-panting, tapi saya lebih enjoy dan satisfied. Suami juga lebih hepi karena saya nggak uring2an kebanyakan diem di rumah. Jadi kesimpulannya: Kembalikan ke kepribadian masing-masing yang tentunya disertai konsekuensi untuk setiap pilihan. Tinggal gimana mengantisipasinya. Karena semua tindakan kecuali masalah umur dan jodoh menurut saya adalah pilihan. Mau FTM atau WM, pasti ada lebih dan kurangnya, gimana kita pinter2 ngatur. Saya juga masih belajar, kalo minus2 dikit bisa diabaikan lah, happy mom happy kids :)

14

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Tiga hari menjelang kerja lagi...
Kepoin thread ini supaya galau berkurang.

Sedikit cerita, lima tahun lebih menjalani FTM. Kemudian setelah yang nomor 4 setahunan, kerja. Sekarang baru punya baby lagi yang baru berusia tiga bulan. Galau untuk meninggalkannya. Masih ASI eksklusif.

A wife, mother of five angels, and a gp.

15

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Mommy Nusantara : Sebelumnya, two thumbs up for you. Jadi ibu bekerja memang ngga mudah... dan tidak semua perempuan punya 'kemewahan' untuk bisa memilih mau kerja atau stay at home. Dari yang saya baca-baca dan pengalaman teman (saya juga working mom tapi anak saya masih 8 bulan jadi belum ngalamin hehe), dijelaskan saja Mom pelan2 bahwa mommy harus kerja, kalau memang anaknya nangis biarlah dia nangis ketimbang kita pergi mengendap2 atau dibohongin supaya dia nggak nangis. Moga hari ini dia nangis tapi ke depannya tumbuh jadi anak yang mandiri dan tegar, yang paham bahwa ortunya pekerja keras dan yah, hidup ini mesti fight. Dan ortunya sedikit mengubah sudut pandang, bahwa mendingan pergi ditangisin anak ngga sih, daripada anak cuek atau malah senang kita ngga ada? hehe...
Easier said than done sih, semoga bisa menerapkan ke diri sendiri kalo suatu saat ngalamin. Semangat mommies...

16

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

ikut share yah moms...

kebetulan hal ini bakalan menjadi dilemma saat nanti suami nyuruh berhenti kerja.

Sekarang memang belum, tapi cepat atau lambat sepertinya akan terjadi.

Saat ini sih mertua juga udah mulai menyinggung, kapan saya akan resign dan full time urusin anak.

Dan saat ini juga suami masih support saya bekerja karena memang diskusi kami selama ini seperti itu.
Penghasilan kami berdua, itu intinya.

Saya bilang sama suami, kalau penghasilan suami sendiri saja sudah mencapai angka yang sama dengan penghasilan kami berdua digabung, syukur2 bisa lebih, barulah saya mau resign.

Tapi selama penghasilan suami belum menyentuh angka penghasilan kami berdua digabung, saya akan tetap bekerja.

Bukan masalah money minded, tapi saya diskusi banyak dengan suami. Kami mau memberikan yang terbaik buat Mike. Jadi saat ini kami sedang giat2nya menabung untuk masa depan Mike.

suami sih inginnya, misalnya nanti saya berhenti bekerja kantoran, saya sudah punya usaha sendiri untuk dijalankan dari rumah, atau yang tidak office hour. Cuma karena saat ini belum terlaksana, suami harus mensupport saya untuk tetap bekerja.

Keluarga saya sendiri menyerahkan segala keputusannya kepada saya. Karena saat ini kan posisi saya juga mensupport mama, saya pikir kok nggak enak ya kalo support mama saya masih harus minta suami. Kalo saya punya penghasilan sendiri kan saya bisa menyisihkan untuk mama. sama seperti suami.

17

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

calalilyrose, mirip2 sama pengalaman aku dulu sebelum bener2 memutuskan untuk berhenti bekerja. Cita2nya pengen berhenti saat penghasilan suami minimal setara dengan penghasilan berdua, tapi karena sesuatu hal, akhirnya tetep sih mutusin berhenti dan bisa dilalui sampe saat ini..

semangat yaaa buat urban mama yang bekerja, baik di kantor mau pun di rumah.., selama dijalani dengan ikhlas dan penuh semangat, segala hambatan akan bisa dilalui dan pasti akan lbh enjoy deh..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

18

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

bersyukur banget ketemu thread ini disaat harus meyakinkan diri dengan pilihan tetap jadi WM.

19

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

hi mom.. ikutan sharing yaa..
ak WM yg bekerja dr jam 7-12 siang. . kerjanya ngajar di SD sih, jd jam pulangnya menyesuaikan mereka hehe. walaupun jam kerja dikit, tp kadang merasa iri bgt sm mama2 yg bisa seharian nemenin anaknya. kdg juga merasa sedih kalo baby rewel selama ditinggal.. yahh, dr baca thread ini, ak jd merasa masih ttep lbh beruntung dgn jam kerja yg minimalis. hehe