1

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

mom..baby ku 2.5 bulan dari awal aku nolak saran mertua buat pakein dot sama empeng tapi beliau tetap bersikeras..terlebih pengasuh anak ku ga bisa ngasih ASIP pake cup feeder anak ku suka keselek..akhirnya aku mutusin pake botol tomme tippie begitu dikasih asip pake botol itu dia langsung mau..tapi udah 2 hari semenjak pake botol itu dia ga mau netek sama aku..kalau netek dia ga mau nyedot kenceng dia kaya yg ngempeng..trus ga lama dia lepasin nenen nya sambil nangis kejer :(


minta sarannya dong gimana ngatasin bingung puting?trus kalo aku mau kasih spoon cup feeder merk apa ya yang bagus..karena kadang harga mahal ga ngejamin si anak mau..

thank you mom..

2

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

ishana
Kalau mau mengatasi bingput bs langsung ke konselor laktasi, hubungi aja anggota AIMI terdekat.. bs di googling kontak personnya.. setahu saya bingput hrs diatasi secepatnya lho, ntr keburu ga bisa direlaktasi kan sayang..
Kalau pengalaman saya, demi menghindari dot dulu coba cupfeeder tapi susah buat babysitternya. Coba dot sendok juga susah. Akhirnya nekat beli softcup merk medela, ternyata itu yg paling mudah walaupun ya ttp butuh effort buat belajar pakainya sih. HTH yaaa

3

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

Hai ishana,
untuk masalah bingung puting, silahkan masuk ke thread bingung puting. Mungkin diskusi dan sharing mama-mama di thread tersebut bisa membantu mengurangi kegalauannya. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

4

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

Krn aku working mom, jadi dr awal anakku dibiasain jg minum pake feeding cup. Tapi Eyangnya complain, katanya nanti si Mba yg jaga anakku takutnya ga biasa, trus jadi ngawur ngasi susunya. Sempet debat, tp akhirnya aku mau ngalah buat nyoba ngasi susu pake dot. Setelah survey2 dot, akhirnya jatohlah pilihan di tomtip CTN. Awalnya degdegserrr takut malah jadi bingung puting. Tp puji Tuhan ternyata engga sama sekali. Anakku mau nyusu pake dot, dan tetep kenceng nyusu langsung dr 'dispenser'nya juga :lol:

5

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

Iya sih.
Pemberian ASIP selain dot emang susah2 gampang.
Jadinya anakku sampe 3 tahun masih ngedot kalo mimi susu. hehehe..

Alhamdulillah gak karies gigi tuh.

Putri Widyastuti - A happy mom and a fortunate wife
Yuk, ke Lapak Perawatan Pasca Melahirkan Mom N Care di Mamas's Mall !
FREE 2 Gurita TALI SEPATU. BOOK NOW ya, Moms!!
www.momncare.com | @momncare | Call 021-90304090 | WA 083821020300 | BBM 5AC40B3E

6

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

Sama kaya diyahpramita.
Darrel gak pernah mau minum pake botol, kayanya dia kesulitan cara ngisepnya. Meski udah coba ganti2 botol yang sesuai tetep gak keminum. Jadi selama aku masih di rumah, minumnya langsung ke payudara. Tapi setelah dia mulai dikasih MPASI minumnya coba disendokin dikit2. Pas aku mulai kerja lagi, nyendokin susunya makin ditelatenin, lama2 diajarin minum pake gelas dan bisa. Intinya cuma harus telaten, pertama emang ngabisin secangkir kecil aja bisa sejam, tapi kalu kita sabar pasti berhasil.

7

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

nandaholique,
yay! seneng deh bisa lancar menyusui dari segala macam alat bantu dan tetep lancar menyusui langsung. :)

betul octa zul,
pemberian ASIP dengan menggunakan sendok memang butuh ketelatenan yaa... harus sabaaar banget. itu tantangannya. kalo bisa mengatasi itu, in syaa Allah lancaaar.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

8

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

Mamod, kalau salah kamar mohon bantu pindahkan ya.

Moms, ada gak ya yang punya pengalaman serupa.
Anakku Luke (17bulan) sekarang ini minum ASIP 150ml selama saya tinggal kerja karena makan dan minum air putih lancar, tapi udah 3 hari ini tiba-tiba menolak minum ASIP dari botol. Saya working mom dan biasanya Luke selalu minum ASIP dengan botol MAM sejak usia 3bulan.

Karena sudah bisa juga minum dengan gelas, maka waktu sampai hari ke 2 masih menolak, kemarin dicobain tawarin dari gelasnya. Dia minum sedikit trus nolak lagi. Tapi habis itu ditawarin air putih mau diminum. Ditawarin ASIP lagi gak mau. Sedih banget kemarin itu 80ml ASIP dibuang, padahal stok ASIP gak banyak hanya 6 botol saja.

Ini kenapa ya? sebab kalau nenen langsung gak masalah, malam mau tidur ataupun terbangun tetep aja anaknya minta nenen jadi bukan self-weaning juga kan ya.

Bingung euy..

9

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

babyku, 3mo6d g mau dikasih asip pake cupfeeder. mungkin krn ayahnya kurang telaten nglatih kali ya. neneknya jg g bs sih.. akhirnta dipakein dot. soalnya g sabaf kalo diswndokin dikit2. alhmdulillah g bingput sih.. semoga gt terus, biar g nyusahin neneknya yg ngasuh..

10

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

Hi mom, Baby Q dari pas aku tinggal kerja umur 3 bulan udah aku kasih botol tapi isi nya asi dan dia mau sampai sekarang akhirnya dia lebih suka minum susu pakai botol. dan skrg udah mulai aku ajarin minum pakai gelas. tapi tetep kalo malem sampe pagi dia full nenen.

11

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

Moms, mungkin buat referensi.. Dua anakku dulu alhamdulillah lancar minum ASIP pake pipet selama ditinggal kerja.. Dari pipet di umur 6-8 bln udah langsung sedotan.

Pake pipet kyknya lbh gampang dibanding sendok/cupfeeder, gak bnyk ASIP yg tumpah.

Sekarang anak ke-3 baru seminggu ditinggal kerja jg pake pipet minum ASIPnya.. Dulu sempet bingung takut anaknya terlalu sedikit minumnya klo pake pipet, tp kayaknya itu bawaan masing2 anak deh, ada yg minunya banyak dan ada yg dikit

12

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

evaws
Mungkin gak karena rasa ASIP nya yang berbeda dari biasanya? Atau rasa dotnya mulai berubah?
Kalau minum susu dari dot ke gelas, biasanya ada masa adaptasinya. Dulu kika dari dot ke gelas, juga awalnya jumlahnya berkurang. Lama-lama biasa, dan minum sama banyaknya seperti dulu masih d botol.
Kalau masih mau nen sih sepertinya bukan self weaning ya.. Semoga ketemu masalahnya dan solusinya yaa..

bunnay
Eh, bener juga ya.. pipet bisa jadi alternatif untuk membantu minum ASIP atau susu formula.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

13

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

mba Wiwit
Kalau rasa sepertinya tidak berubah. Tapi mungkin ya sudah bosan dengan dot nya. 2 hari ini iseng aja ditawarin lagi untuk minum ASIP dari gelas, tapi disendokin. Eh mau loh Luke..habis. Mudah2an pelan2 bisa beralih langsung glek aja dari gelasnya dan gak mogok ASIP lagi.
Memang ya, harus putar2 otak kalau menghadapi bocah hehehe.

14

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

evaws
yeaaayy.. amin.. amin... iyaaa.. Semoga bisa langsung glek ya, pelan-pelan. Kalau sisa dikit, minta langsung glek. Naik lagi, sisa 1/4 diajakin langsung glek. semoga makin naik dan bisa langsung teguk dari gelas. Hebat euy Luke! Semoga bisa jadi weaning dari dotnya juga ya.. Biasanya paling susah lho weaning dari dot, gak kalah drama dari weaning from breastfeeding :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

15

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

Huaaa,, aku juga lagi drama bgt buat minumin asip ke Rayyan (4m) :(
dari cupfeeder, sendok, pipet, dot, tetep marah marah aja klo dikasih asip
dot dari merk dr. brown, huki, pigeon tetep jg ogah, bbrp hari ini smpet pke dot kdang kdang aja, kdang mau, kdang kbanyakan gak mau dan nangisnya :(

16

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

mba Wiwit
Iya jadi sekalian weaning dari dot nya hihihi. Ya ampun ternyata dibalik drama2 ini ada sisi positifnya. Malahan sekarang dia ogah banget kalau disodorin botol dotnya loh.

fazzahra
Sebelumnya dikasih asip pake apa mom? mungkin gak dotnya sudah perlu diganti? lubangnya terlalu kecil mungkin sehingga dia jadi ngamuk2 karena aliran asipnya jadi terhambat banget?

17

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

Dear moms semua,
Anak ke2 ku,Rania, BB tidak naik sesuai KMS, berikut rinciannya :

Lahir BB 3,1 kg PB 47 cm
1 Bulan BB 3,9 kg PB 52 cm
2 Bulan BB 4,4 kg PB 56 cm
3 Bulan BB 4,7 kg PB 60 cm

Pada bulan pertama dan kedua,Rania menyusu lumayan sering,pada bulan ke 3 intensitas menyusu menurun. Pada bulan ke 3 ini,Rania mulai aku intensifkan menyusu dengan dot karena masa cuti hampir habis,tapi dia tidak mau ngedot,sudah ganti bermacam2 merk dot,tetap tidak mau ngedot.Padahal dulu sewaktu umur 2 bulan,sempat sebentar aku perkenalkan dot dan mau menyusu banyak. Rania akhir-akhir ini lebih senang memasukkan tangan kemulutnya,jadi malas menyusu.

Aku 1 minggu ini sudah mulai masuk kerja, Rania tidak mau ngedot,maunya menggunakan sendok,itupun hanya habis 80 ml setiap saya tinggal kerja,dengan catatan,setiap jam makan siang,aku pulang untuk menyusui rania.

Kemaren tepat 3 bulan umur rania, ketika diskusi dengan DSA,mengatakan bahwa paling tidak 400ml ASI harus diminumkan setiap ditinggal kerja.

Metode apakah yg harus aku lakukan agar Rania mau menyusu ketika ditinggal kerja? Apakah BB Rania sangat mengkhawatirkan? Bagaimana sebaiknya yg harus aku lakukan?

18

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

mom evaws waktu nyuapin luke pake sendok yang suapin dirimu atau orang lain? aku baru ngerasain nih tiba2 umur 13 bulan anakku gak mau pake dot, udah coba disendokin, pake spout, gelas, training cup, tetep nolak. dia maunya nyusu langsung dari aku. tapi kan aku gak bisa tiap saat pulang ke rumah buat nyusuin langsung. drama banget deh sekarang kalau dia mau minum asip.

19

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

andariy
bukan evaws tapi mencoba bantu jawab ya. kl misalnya anaknya uda usia 13 bulan, gapapa kl mulai berkurang minum asipnya. justru bagus, karena memang lebih di atas 12mo, asupan utama sudah dari makanan. jadi nyusunya pas ada mamanya aja. imho, baiknya disiapin banyak camilan aja, buah misalnya, buat alternatif kl misal anaknya lagi ngga mau minum asip.

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

20

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

mrs doyi kalo makannya sih Alhamdulillah semua mau mom, buah, ikan, sayur, cuma ya itu mimik asipnya aja.. awalnya aku kira karena udah kenyang makan. trs aku coba dia gak aku kasih cemilan ganti minum susu tapi pake gelas yang gak biasa dia pake, awalnya dia mau neguk, trs pas tau itu asip langsung gak mau lagi. dicoba dijebak pake dua gelas dia ngeliat warna putih udah tau itu susu dan milih gelas satunya..hahhaha udah kalah banget taktiknya sama bayi

21

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

andariy mungkin ASIP bisa dimodifikasi jadi popsicle atau dicampur di puding, jus dll. Mudah-mudahan baby-nya mau minum ASIP langsung dari gelas ya :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

22

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

andariy,
Anak keduaku sekitaran 9-13 bulan susah juga minum ASIP-nya (sebelum 7 bulan masih ketolong karena boleh izin pulang ke rumah nyusuin, setelahnya mulai lancar). Trus di atas setahun karena suka minta susu UHT kakaknya jadi pengasuhnya coba kotak UHT-nya dicuci bersih diisi ASIP, pakai sedotan baru, mau lho, hahaha... Tapi gak dilanjutin sih, takut gak bagus kayak ngeboongin gitu. Jadi ya rapelan (reverse cycle?) pas aku di rumah aja. Umur 14 bulan eeh mendadak lancar lagi minum ASIP-nya pakai sendok (memang sengaja nggak dikenalin dot sejak awal), sampai demandnya berlipat-lipat dari biasanya. Padahal makannya juga lancar (yah selancar-lancarnya toddler yak, ada mingkemnya tapi gak selalu). Emaknya seneng...tapi sekaligus jadi harus nambah jadwal pumping lagi yang tadinya udah mulai selow (karena sempat merasa stok frozen masih banyak), apalagi waktu harus ke luar kota, hehehe.

23

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

Honey Josep iya nih akhirnya sekarang aku campur jus, lumayan jadi mau, walaupun kadang kalo kebanyakan ngasih asip-nya dia ngecap2 kayak tau gitu haha

eL-eL aduuuhh semoga aja ini cuma fase ya, jadi mau minum asip lagi, iya benerr jadinya stok asip banyak banget padahal sebelumnya sempet kejar tayang, berarti jadwal pumping jangan sampai jadi selow yak haha

24

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

Mom,ada saran gak? Baby q dari sebelum 2m tiba" gak mau minum asip dari botol padahal sebelumnya lancar aja minum dari botol. Sekarang uda hampir 3m dan mau di tinggal kerja jadiny bingung gimana carany byar tetep bisa di tinggal kerja? Soalny d pakein sendok baby ny masih kesusahan, pake pipet juga agak susah.

25

Topic: Minum ASIP/Sufor Dengan Alat Bantu

inesrani,
Yang ngajarin pakai sendok dan pipet siapa? Pas diajarin, bundanya udah jauh-jauh belum? Kalau masih bingung, coba minta bantuan KL buat ngajarin :).