1

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

cindy bassinet itu hanya available di kursi paling depan. jadi di dinding pembatasnya itu dipasangnya. dan pasangnya mesti dibantuin ama pramugari/pramugaranya. apalagi kalo kita sambil pegang bayi, gak mungkin masang sendiri, ga pegang bayi aja bingung masangnya heheh.. makanya kalo ga dapet kursi paling depan, ya berarti ga dapet bassinet.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

mamashin hooo..gitu.. Terimakasih penjelasannya,jadi ngerti deh sekarang :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

3

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

mom cindy iya, Zha emang seneng bgt jalan. Ke sukabumi kemaren juga anteng en banyakan bobo.
Nambahain mom Shinta, karena bassinet itu terbatas jumlahnya, pemesanannya lewat call center maskapainya maksimal 24jam sebelum terbang. kalau terlalu mepet jam terbang biasanya g bisa karena perlu disiapkan dulu (katanya). Tapi sewaktu aku balik ke Balikpapan, sudah pesan lewat call center tapi saat check in ternyata bassinetnya habis, udah kepake semua karena ternyata flight jam segitu banyak bgt bayi nya ada 5-6 bayi deh pas itu.
Tips nya nih check in nya agak pagian aja, heheheheee HTH yaaa

Mamah nya Zhafira

4

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

Hiks, sabtu besok mau flight ke luar kota, eh malah baby 2mo pilek n batuk2 dikit. Baca2 sih rada aman yaa kl tetap flight.. :(

5

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

mama adlan kalau memang tetap terbang,pas take off sama landing disusuin/kasih dot aja ma. Takutnya kuping berasa sakit,apalagi kalau pilek gitu pasti lebih berasa ngga nyaman kupingnya

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

6

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

mama adlan
sedia olbas baby atau breathy / nasal spray juga, kali2 kalo buntu hidungnya, bisa plong.

Stallion's mommy

7

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

Alhamdulillah, perjalanan pergi nya lancar. Iyaa moms, disusui terus pas take off n landing. Trus, diresepin ma dsa nya alco drop, diminum 30mntan sebelum take off. Jadi engga mampet hidungnya. Nasal spray mereknya apa ya? Pas anak pertama dulu pernah nyobain breathy tp waktu kucoba tetesin dihidungku (lagi mampet) kok tetap mampet aja yaa... ga ngaruh. Akhirnya ga jadi dicobain ke anak. Atooo, efek breathy berbeda antara anak dan org dewasa yaa

8

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

Sudah baca sebagian thread ini... Thanks buat tipsnya.. Terutama buat bawa baby naik pesawat.
Tapi pingin tanya lagi.. Enaknya kalau naik pesawat pilih jam penerbangan jam brp ya kalau bawa baby umur 4 bulan?
Baru mau believe tiket buat pergi minggu depan dari Jakarta ke yogya, return dalam waktu 3 hari. Short flight sih, tapi degdegan juga karena bakal pergi berdua ama baby nya aja.
TIA

9

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

aprilianti kalo saya sih sukanya ajak pas jam bobo kedua,sekitar jam 9-10 gitu,jadi enak :D
Terus karena hanya berdua,pastikan ngga usah bawa banyak bawaan,yang penting perlengkapan baby nya ditaro di tas tangan,jadi biar ga ribet kalo pas butuh sesuatu.
Pasti bisa kok ma! ;)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

10

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

setuju sama cindy, jam2 tidur bayi emang paling enak kayaknya buat bepergian dengan pesawat, jadinya si bayi juga bisa istirahat di jalan dan nggak terasa tau2 udah sampe..

safe flight ya aprilianti ...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

11

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

Mau share tentang bawa bayi traveling.. Bulan Februari yang lalu saya sama bayi Fatih umur 5bulan, terbang pulang dari Dubai ke Jakarta berdua aja. Ini beberapa hal yang saya lakukan saat itu :

1. Saya memilih flight pagi jam 11 dari Dubai, dengan pertimbangan kalau Fatih rewel dia tidak terlalu mengganggu jam tidur penumpang lain.
2. Bawa Stroller dan carrier, jadi baby saya gendong dengan carrier, barang bawaan saya "terpaksa" diangkut distroller hehe. Tapi ini sangat membantu, tapi kalau memungkinkan semakin sedikit bawaan semakin baik buat kita biar ga repot.
3. Selama dibandara saya pakai jasa Marhabah, jadi ada helper yang bantu saya check in dan imigrasi, jadi saya bisa fokus sama baby.
4. Pakaian bayi dan kita pilih yang super nyaman.
5. Kalau bayi bosen (alhamdulillah bayi saya gak rewel mungkin tahu mamie nya sendiri), saya biasanya suka jalan2 dilorong pesawat, siapin mainannya, ngobrol dengan penumpang lain.
6. Kalau memungkinkan, minta seat kanan-kiri kita dikosongkan, ini membantu banget kalau bayi gak mau ditidurkan di basinet.
7. Siapin susu botol. Buat yang ASI, lebih baik siapin ASIP dalam botol juga siapa tahu lagi gak mau menyusu langsung.
8. Dan, 3 hal ini yang paling penting : Stay Cool, Calm, and Confident hehe :)

Happy flying mamas semua ....

12

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

Moms... mau nanya donk.. ada yang pernah bawa baby nyebrang laut pake kapal kecil...?

Minggu depan kan ada long weekend.. hubby mau pulkam ke lampung.. trus katanya mau sekalian ke tanjung putus (pulau di daerah lampung).. kata hubby harus nyebrang pake kapal kecil gitu..

Babyku baru 5 bulan... Aman ga sih bawa baby nyebrang gt...? Advice pls moms...

13

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

akhirnya selesai juga baca trit ini dari halaman 1... fiuh...


Mom, aku mau tanya seputar mpasi.
Mike kan mau mudik yang ke2 kalinya tgl 10 Juli besok. Usia udah 7 bulan lebih dikit.
Waktu umur 2,5 bulan sih udah 1x aku bawa mudik ke yogya pake jalan darat. Dia anteng aja di carseat dan sesekali aja minta dipangku.

Nah, besok mudik dia udah agak gedean. Yang aku bingung soal makanannya.

Untuk di jalan, aku rencana berangkat jam 8 malem, menyesuaikan waktu tidur Mike. Kondisi Mike udah makan, dan tinggal tidur.
Kalo perjalanan lancar, 12 jam lah udah sampe yogya. Berarti ada 1 jam makan Mike selama di jalan. Rencana udah siapin Heinz Custard. Udah cobain, dan Mike doyan banget. Siap Bubur instan nya Heinz juga, seandainya dia masih mau makan, atau perjalanan agak ngaret karena macet.

Untuk selama liburan di rumah neneknya (8 hari 7 malam), saya udah rencana bawa slow cooker dan foodmaker pigeon.
Nah, dari awal ini trit, masih belum nemu bagaimana cara bawa bahan makanan dari jakarta.
Untuk sayuran sih aku akan potong2 kecil dan kukus dulu.
Yang aku bingung untuk salmon. Salmon ini di apain ya ? kukus dulu ? atau digimanain ? kalo di bawa Fresh kan nggak mungkin ya ? kalo beli di sana, nggak yakin ada. Karena rumah nenek nya Mike 1,5 jam dari Yogya... ^^ jadi prefer bawa.
Untuk kaldu sih bisa aku bikin di sana. Ada saran kah mom ?

Lalu soal stroller. Kemarin kan liat stroller I-pocket nya cocolatte. Nah, disitu kalo di lipat dia bentuknya kotak kecil gitu dan mudah di bawa. Beratnya juga cuma 3,5kg.
Pertanyaannya, apakah tetep masuk bagasi (ditinggal di luar lalu di lipat dan masuk bagasi ) atau boleh kah benar2 masuk kabin ? Jaga-jaga seandainya kita mau travelling pake pesawat. Bukan untuk mudik kali ini.

Yang bikin aku deg2an, kalo nanti Mike pup di mobil. Waktu masih 2,5 bulan sih enak, dia belum heboh gerak2. Kalo sekarang ampuuuuun... space di kursi tengah kayanya udah mepet banget kalo buat dia ganti diapersnya. Masih bingung...

Kalo untuk obat2an, aku udah prepare lengkap. Telon, Lacto B, tempra drops, imboost, vometa drops, nipe drops, obat tetes hidungnya, termometer, dan mucopect.

Yang juga ikut diangkut selama mudik : sterilisator, kotak botol, kotak peralatan makan, slow cooker, mainan, bantal dan selimut buat alas2.

Kostum Mike pas berangkat sih bakalan pake sleepsuit dan jaket aja palingan.

Ergo sama babasling serta kain cukin andalan tetep aku bawa.

Info ya mom tips untuk mpasi nyaaaaa ^^

14

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

Hai gytha,
Kalau naik mobil pribadi dengan membawa infant, sepertinya carseat is a must ya.. Mungkin juga bisa dilihat di tips & tricks mudik hari raya

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

15

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

calalilyrose Pengalaman saya travelling sambil ber-MPASI ga ribet kok, memang repot sedikit, tp kudu tetap dibawa santai, selow :).
Selama perjalanan, buat makanan simple macam crackers, buah siap makan (strwberry/ anggur/ pisang).
Selama di tempat liburan, dulu sih saya pakai metode BLW buat mpasi, jd ya makan apa aja yg ada asal aman, tidak terlalu berbumbu, banyakan sih standby buah.
Sesampainya di tempat tujuan, bahan2 sebisa mungkin saya dapatkan di daerah lokal setempat, biar lebih fresh dan 'namanya juga jalan-jalan/liburan' biar anak2 dan ibu juga merasakan liburan, coba makanan2 lokal setempat yg sesuai utk MPASI.
Happy travelling moms. stay fit, stay happy.

Stay human - doula dela

16

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

Akhir tahun ini aku sama Raphael (yg pd bulan Des nanti tuh umur 10 mos) bakal jalan2 sekeluarga besar ke HK. Jalan2nya masih lama, tapi deg2annya udah dari sekarang. Kbanyakan takutnya, takut nanti di pesawat Raphael rewel lah, takut nanti di HK udaranya terlalu dingin buat dia lah, dan takut2 yg lain2 lah pokoknya. Krn ini perdana bawa bayi jalan2 dan ini perjalanan jauuhh kan. Apalagi disana ampir seminggu pula, takut Raphaelnya ga bs tahan sm udara dingin disana, jangan2 malah sakit dia nanti. Aaaaaahhhhh, blm apa2 udah pusing duluan nihh. Minta pencerahannya dong buat yg udah berpengalaman jalan2 sama baby umur segitu ke negara yg iklimnya beda. Apa aja yg butuh dibawa, disiapin, dsb gituu. Thankieeesss Mommieess :D

17

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

Thanks mom Kira Kara , langsung meluncur ke sana3

18

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

nandaholique ga usah panik, yang penting disana have fun. satu hal yang mesti diperhatikan ketika jalan2 ama anak2, pace kita mesti ngikutin mereka. jadi ga bisa tuh yang maksain mau ke satu area karena ada yang dicari tapi hari udah malam atau udah waktu makan. jadwal anak mesti di duluin.

kalo masalah dingin atau gak, anak2 malah biasanya lebih tahan dingin. yang penting dipakein sweater secukupnya (ingat ya secukupnya, jangan tebel2 malah kepanasan, trus keringetan malah jadi ledes) dan kaos kaki. cek ujung kakinya kalo dia kedinginan ato gak, yang penting semuanya tertutup. make sure anak2 makan sesuai jadwal, jangan sampe ketinggalan, dan gak terlalu capek (tidur cukup, istirahat cukup), pasti gak bakal kenapa2 deh.

anak2 gue dari mereka masih bayi udah diajak jalan2 kemana2, bahkan ke winter di negara eropa, atau main ski di new zealand. alhamdulillah ga pernah sampe sakit.. tapi tetep mesti bawa obat juga buat jaga2.

selama kita ngikutin pace mereka, mestinya ga papa. anak2 sih biasanya aman, malah ibu bapaknya yang tepar biasanya hehhe.. karena kita mesti double work to make sure anak2 nyaman. apalagi kalo perginya rame2 dimana semua punya agenda masing2. kita yang sama anak2 mendingan misah.. misalnya anak2 mau tidur siang, ya mesti stop dan nunggu mereka tidur baru bisa lanjutin jalan (kecuali tidurnya di stroller) .. ya apa boleh buat, mesti pisah deh.

good luck ya!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

19

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

sLesTa
aaaaaaaaaa thankyouu bangeeettt infonyaaa. Secaraa aku kan ga tahan dingin, kena dingin malah sering mimisan, jd tampaknya yg butuh dikhawatirkan malah aku sndiri yaa bukan anakku :lol:

Jadi ga sabar pengen cepet2 liburaaaan. Hahahhahaha. :lol:

20

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

Mom mau nanya nihh.. Jadi lusa aku mau balik ke jakarta dari semarang naik flight pagi (jam 6.30) nah jam segitu biasanya babyku 6 m masih tidur. Mending sebelum berangkat dibangunin dan digantiin bajunya (takut dia risih karna pake baju semalem dan di rumah mertuaku dia tidur ga pake AC) atau gausah diganti2 dan biarin tidur sampe pesawat yaa?
Babyku ini udh 3 kali naik pesawat pp dari umur 3 bulan dan setiap naik pesawat selalu nangis terutama pas landing dan bikin mamanya panik.hiks

21

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

gytha biasanya bangun jam berapa babynya?
kalau aku sih biasanya anak dibangunin dulu pagi,terus biar main dan bersih2/ganti baju habis itu bisa langsung cus,kadang malah pas terbang itu malah bobok (nempel) lagi :D
Kalo pas baby nya melek,pas take off/landing bisa coba dikasih dot/empeng/asi atau makanan aja,biar kupingnya ga gitu sakit.
yang terpenting sih kalau baby rewel,orang tuanya jangan panik,nanti baby juga ngga nyaman.

Semoga mama dan baby lancar2 yaa perjalanan pulangnya :) semangat ma..

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

22

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

@cindy
Thanks ya mom... Iya ni aku tuh orangnya panikan mana ditambah earmuff andalan ga dibawa (biasanya klo pake itu dia bobok dan ga kebangun kaget gara2 anouncement dan suara pesawat) mungkin gara2 emaknya udah takut duluan kali yaaa dia jadi ngerasa juga... Maafkeun mama yah nakkk..hehe

23

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

gytha
Ini earmuffnya merek apa mom yg dipake?

24

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

Fajrin Dina bantu jawab ya ma,earmuff punya anaknya mama gytha merknya em's. Di ols IG banyak sih yg jual,di laxxda juga ada.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

25

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

Hai mama Fajrin Dina iya anakku pake ems , tapi kemaren pas mudik karena ketinggalan akhirnya pake penutup telinga yang buat renang itu, walaupun copot2 mulu entah kenapa hiks tapi anakku Alhamdulillah bobok nyenyak sepanjang perjalanan (hore!) . Mungkin karna flight pagi jadi pas jam boboknya dia