1

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

thalia wrote:
waah, udah lama ga update disini!

masih tetep WAHM, tapi sekarang schedulenya udah jauh lebih mendingan dari dulu. karena aina udah sekolah, jadi waktu kerja gue bareng ama waktu dia sekolah... jauh lebih manageable ya?

kalo load normal, enaknya malem ga usah begadang. dan masih sempet main, spend time ama aina, dan ngerjain urusan rumah (masak, nyuci dll... maklum, ga ada ART).

kalo loadnya lagi penuh, baru deh begadang. atau kalo siangnya mesti ada urusan lain, jadi ga sempet kerja. jadi kerjaan di-shift setelah aina tidur.


hehehe.. aku sama banget sama mba Thalia. Pas anak sekolah itu saat yang paling bagus buat ngerjain kerjaan kantor dari rumah & malem sebisa mungkin ga begadang kecuali lagi hectic banget :)
Tapi kalo aku mood juga berperan besar sih. Kadang pernah cuma bisa "bengong" doang selama anak sekolah. Bingung mau ngerjain apa duluan & gak dapet inspirasi, jadinya waktunya gak efektif malah buat ngelanjutin kerjaan. Eh, begitu anak pulang sekolah malah ide bermunculan dan mendadak ngelist habis ini ngerjain apa dst. Hahaha.. :))

Mom of 4 y'o son & @dokterhuda's wife | Blogger | Freelance writer | Passionate baker | Recreational runner | Duri, Riau. T: @nieke | F: /nieke

2

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

hai mamas, ikutan nimbrung yaa... :)

kalo jenis kerjaan dari rumah, kalau hubungannya ama jual-beli, saat ini social media udah berguna banget, misal kalo punya hobi bikin pernak pernik handmade, bisa difoto2 terus dipajang di blog gratisan atau facebook. Bisa juga ikut kursus kerajinan yg sesuai hobi, atau lihat di youtube cukup banyak video untuk belajar macem-macem (bikin kue, bikin kerajinan tangan,dsb), hehehe

ada juga jenis freelance. misal freelance penerjemah, ilustrasi, desain, dsb.

Yang bingung sama urusan skill, bisa jual-beli sebagai reseller produk. Saat ini banyak onlineshop yang mencari reseller untuk memasarkan produk secara online maupun offline/toko.

Kalau waktu buat ngerjain kerjaan, bervariasi, kalo aku kadang pas anak pertamaku sekolah, anak keduaku masih baby jadi bisa sambil di depan komputer sambil ngawasin baby. Selain itu,jam kerja diatas jam 10 malem, setelah pada tidur. Nggak capek kok asal kita ngerjain apa yang kita suka:)

3

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

halo mamas!
pas banget nemu thread ini pas lg galau mental krn kemungkinan besar akan hijrah jd WAHM. yup, buntut uda hampir 2.
slama uda ada sambilan si, tp y masih senin kamis smangatnya, jd ga terlalu nyita waktu. makasih banyaak ya tips2nya dr para mama. yg pasti jd lbh jelas klo jln k depan tdk akan smudah bayangan saya dulu klo kerja d rumah tuh lbh enak. baiklah, hidup memang penuh perjuangan kawan, heheh...
doakan saya yaaa...

~incredible syddra makes my life terrific!~

4

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

setuju sama littledot..
ada banyak yang bisa dikerjain di rumah yang sesuai dengan kemampuan dan kesukaan kita. Kalau yang seneng bikin barang2 handmade dan niat jualan online, ngga hanya lewat fb atau blog aja lho.., lewat etsy juga keren banget. Di sini juga banyak hal yang menginspirasi. Bisa browsing2 dulu buat cari ide, abis itu bikin 'toko' deh di sini..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

5

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

Nieke - huahahaha, benerrrr! mood ngaruh euy. kadang, udah ada kesempatannya (anak lagi sekolah), tapi ide blum muncul, ga ngaruh juga ya... mending cuci piring atau beres2 kamar... hihihi.

almostabum - IMO, kerja di rumah itu beda banget ama kerja kantoran. yang paling beda itu, mesti sabar kalo konsentrasi pecah... kalo di kantor kan lebih condusive untuk konsen di kerjaan. kalo di rumah, justru lebih condusive utk ga kerja, hihihi. biasanya karena anak minta sesuatu, atau tiba2 tukang ngukur listrik dateng lah... pokoknya random... (pas lagi nulis ini aja, tiba2 aina minta tolong benerin CD yang dia lagi dengerin).

dan yang pasti, segala sesuatu akan lebih lama waktu pengerjaannya. kalo di kantor 10 menit kelar, kalo di rumah bisa ampe 30 min, karena banyak interupsi (baik di pengerjaan maupun di mood).

jadi ngatur waktunya beda.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

6

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

tips dari thalia oke banget, buatku kecuali bagian dress up, hehee...
kalo put some make up ok, karena make up ku toh cuma bedak n lipgloss, jd pede aja kalo tiba2 harus ke warung :D
tp baju mah tetep daster atau kaos2 yg nyaman, soalnya pake baju kantoran sebenarnya malah bikin kurang nyaman kalo aku ada di rumah, jadi kurang lincah juga. dulu wkt mahasiswa pernah juga nyobain terima order yg dikerjain di rumah, trus dress up kyk mau brgkt kuliah, eh malah ga seproduktif kalo pake baju tidur :P

7

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

Dapet tips n inspirasi nih dari thread ini u/ wahm,mang ribet kalo mau wahm punya baby n no art dll. Baru pegang kertas or pen or dll aj direbut mulu sama anak,jadi kerjaan tertunda2 mulu hikss

8

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

akhirnya masuk disini juga. Dan kecemplung di dunia ini. Mama-mama, sebagai newbie di area WAHM, mau minta saran dunk. Jadi di rumah saya ada meja kerja sendiri, tempat saya meletakkan laptop, printer, dan stationary. Tapi kadang-kadang dua kembar saya ini gak bisa diam, dan suka bongkar tempat stationary bundanya. Makanya lagi pengen make over meja kerja nih. Ada ide gak, gimana caranya biar meja kerja "aman" dari jangkauan anak-anak, dan juga nyaman untuk kerja?
Barangkali ada yang mau post photo meja kerjanya disini jg, siapa tahu bisa jadi inspirasi.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

9

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

wiwit,
wittt aku lebih "parah" dong :D meja kerjanya merangkap meja makan. sungguh multi-fungsi alias terpaksa juga hidup ringkes karena rumah sempit. cuma di deket meja makan itu memang deket ke rak buku, tempat naro buku... lego... alat tulis... printer... etc.

kalo aku tempat duduknya model bangku warung wit... tapi lagi2 multi-fungsi jadi bisa digeser tutupnya, bisa jadi tempat nyimpen barang2, seperti laptop. jadi kalo makan malem, laptop masuk deh ke bench itu.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

10

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

Emang tantangan kerja di rumah tuh gak punya meja kerja khusus kayak di kantor ya. Biar udah pakai meja terpisah, ruang terpisah tetep aja kayaknya Al suka deh main dekat2 komputer mama. Kalau lagi senggang ya kukasih izin buat main2 sebentar. Atau kadang kita "kerja bareng" jadi Al di komputer sementara aku di laptop. Waktu awal2 kerja di rumah tuh terasa ribetnya, tapi lama-lama mulai ngerti. Paling diizinkan nge-print satu atau dua halaman dia udah senang banget. Kalau mengamankan stationary sih aku pakai ambalan yang dipasang agak tinggi, jadi gak ditaruh di atas meja.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

11

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

Sebenarnya aku beruntung sih, jadi sejak masih single dulu, ayahnya punya ruangan khusus untuk taruh komputer dan buku-bukunya. Dan dulu ketika resign dari kantor, aku dapat jatah 1 meja kerja, 1 rak buku, dan printer yang bisa dibawa pulang. Jadi aku bawa pulang dan ditaruh di ruang kerja ayahnya. Kalau biasanya ruang kerja ini ada ayahnya dan kadang temannya, sementara aku hanya "numpang" jadi belum terlalu terpikirkan untuk make over. Karena stationary dan segala perintilan-perintilan itu masih sering kececer. Juga aku masih suka wara-wiri ngawasin kira & kara. Sekarang ayahnya sudah rutin ke kantor tiap weekdays. jadi ketika kerja di rumah, ya tinggal aku sendirian. Biar lebih semangat, lebih rapih, pengennya aku make over. Karena sendiri, jadi ruang kerja ini juga berfungsi ganda buat tempat maen Kira dan Kara. Jadi di pojok gitu saya sediakan tempat buat Piano organ kira dan kara. Karena kadang masih suka ngintilin, jadi kalo di ruang kerja, mereka bisa gak ngerecokin saya, dan punya kesibukan sendiri.
So far dengan pola seperti ini mereka bisa sih. At least saya bisa menyelesaikan satu kerjaan tanpa direcokin. Kalau benar-benar butuh, biasanya mereka ijin panggil dulu. Atau kalau kerjaanku masih belum selesai, akupun juga ijin ke mereka untuk sedikit lebih lama menghadap laptop.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

12

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

teh ninit ngerangkap sih mejanya tapi cantik banget, kayaknya beli di ikea ya? *kepo*

wiwittt, gw pun masih 'berjuang' ngamanin barang2 kerjaan dari si bungsu, ampuun deh, punya ruang kerja di kamar atas akhirnya nggak berfungsi dengan baik, karena saat bertapa di atas, si kecil manggil2 dari bawah, akhirnya malah capek bolak-ik terus, akhirnya pindah ke bawah, ya gitu deh, sama kayak Ella, seringkali dikuasai atau dipake sama-sama. Stationery pun raib satu per satu, hihihi, suka duka ngantor di rumah emang gitu yaa.., nikmatin aja... (sambil mikirin solusinya).

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

13

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

ZataLigouw
hahahaha... senasiiiibbb... stationary jadi cepet hilang. Yang paling sering, gunting, lem dan solasi. Tapi makin kesini, makin ngerti kok ta. Jadi aku bilang sama mereka (berkali-kali, dan gak pernah bosen), semua yang ada di meja bunda gak boleh diambil, kalo belum ijin bunda. Semua yang di meja itu punya bunda, jadi kalo mau pake, harus ijin bunda dulu. Terkesan posesip sih, tapi lumayan jadi lebih tertib ta.
Dan rasanya memang lebih efektif kalo tempat kerja dekat dengan tempat main. Jadi kalo ada apa-apa gak capek wara-wiri. Meskipun jadi sedikit mengurangi konsentrasi, tapi bukankah itu alasan bekerja di rumah, biar bisa sambil ngawasin anak. heuheu... jadi, ya mari nikmati sajalah.. Pasti akan berlalu masa dimana kita direcokin. Kalo mereka sudah makin jarang di rumah, juga rumah jadi sepi, dan pasti kita yang cari-cari mereka :D

Teh Ninit
Lihat IG teh Ninit, aku mupeeng berat sama tempat kerjanya. Kelihatan ringkes dan bersiiihh... Aku masih PR nih ngecat dinding yang mulai mengelupas. Nabung... nabung...

Ella
*toss* ki-ka paling seneng kalo "disogok" 1-2 gambar untuk mewarnai. Bisa anteng untuk beberapa saat.. :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

14

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

Pada jadi WAHM sejak umur baby nya berapa? Arkan baru 7 bulan dan aku masih struggle buat menyelesaikan target mpasi nya buat boost bb nya yg kurang. Mana kalo ditinggal bentar nangis. Sekalinya bisa ditinggal waktunya kepake buat beberes rumah. Sbnrnya bisakah jd WAHM without ART?

Belum lagi dr markus pas di seminar mothercare kemarin bilang klo paling bhaya kalo si anak ada deket ibunya tapi ibunya malah pay attention ke hal lain.

15

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

miraQueen
Aku resign dari kantor setelah Kira-Kara umur menjelang 4 tahun. Jadi gak tahu deh gimana rasanya kerja di rumah, punya bayi dan tanpa ART. Bahkan sekarang pun aku ada ART. Karena masih sama mertua, dan rasanya pasti remuk redam kalo gak ada ART. Meskipun kita pake ART yang pulang-pergi. Jadi hanya bersih-bersih lalu pulang.
Totally agree sama Markus. Kalau ada anak, dan anak sedang butuh perhatian, sementara kitanya sibuk dengan yang lain itu membuat anak merasa dicuekin. Dan trust me, ketika itu berbalik ke kita, rasanya lebih makJleb. Dicuekin anak itu sakit dan sebelnya melebihi dicuekin pacar... :D
Jadi IMHO, kalau memang ingin berkarya di rumah, sepertinya harus merelakan sedikit jam tidur kita. Kalau memang itu hobby dan jadi menyenangkan, rasanya gak akan keberatan meskipun jam tidur sedikit berkurang. (jadi inget jaman-jaman bergadang)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

16

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

miraQueen, iya bener banget kata2 dr markus ya, gw juga dengerin dan berasa #jleb banget waktu itu..

menurut gw pribadi sih bisa2 aja tanpa ART asal emang diniatin banget. Gw pernah nggak ada ART sebulan pas Idul Adha kmarin karena si mbak pulang kampung. Jadi saat beres2 emang kayak 'the flash' super cepet dan yang penting beres (biasanya perfeksionis tapi saat itu bener2 brusaha utk lebih cuek), masak seadanya, sisanya beli, dan saat ngurusin anak2, terutama saat lagi sama si bungsu gw bener2 berusaha ngelupain tumpukan cucian/seterikaan, kamar yang masih berantakan, dll. Emang perlu latian, kalo nggak dikit2 kepikiran malah jadi malu sendiri karena beberapa kali si bungsu ngomong panjang lebar dan gw tiba2 bilang "maap de, tadi ade bilang apa?," duhhh feeling quilty banget...(makanya pas dr markus bilang soal itu ya jleb banget kan??)

Kalo gw sih intinya manajemen waktu dan bisa delegasiin tugas ke suami dan anak2 yang lebih besar..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

17

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

yang saya lihat, bekerja dari rumah itu yang paling penting adalah manajemen waktu.
meski kita bekerja dari rumah, bukan bekerja di kantor, etos kerja yang kita miliki harus tidak ada bedanya. sama aja.

kalau bekerja di rumah, make time untuk 1 jam total bekerja misalnya. kebanyakan secara umum "alasan" yang keluar adalah ngga ada waktu, sibuk urus ini itu.

saya dikasih tau sama seseorang... "ngerjain ini itu ini itu..."
jawabannya? "well, you're not that special. semua ibu ya memang begitu. tapi banyak yang bisa berkarya dan berdampak pada minimal beberapa orang di sekitarnya."

jleb banget!

kadang emang harus "keras" sama diri sendiri. supaya kita lebih semangat dan termotivasi. kalo ngikutin jenuh dan seribu alasan... akan selalu ada alasan.

kita semua punya waktu. hanya masalah prioritas. manajemen waktu.

semangat yaa mama-mama. :)

saya pribadi seneng banget bisa bekerja dari rumah. sometimes ketemu klien untuk meeting di luar. kalo waktunya kerja di rumah, ya fokus. terus belajar aja :) pasti bisa.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

18

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

setuju banget teh Ninit, manajemen waktu itu penting banget dan memang harus dipelajari dan dibiasakan, niscaya semua bisa tertangani dengan baik...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

19

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

MiraQueen menurutku sih, bisa kok bekerja dari rumah tapi nggak ada ART. Tinggal dapat timing yang tepat, bisa ngatur skala prioritas & pinter2 manajemen waktu. Cuma, Hal2 tsb memang ekstra menantang kalau kerjaannya gak kantoran. Dan kalau anak masih kecil (usia bayi/toddler gitu), memang bakal nempel & butuh banyak bgt perhatian ibunya sih... Kalau anak masih kecil/baby sih, menurutku yah sabar2 aja waktunya bakal banyak tersita buat si kecil. Trus pilah-pilih juga tugas yang penting harus dilakukan & yang gak penting. Ini buat tiap orang beda2 ya, kayak bagi gue, nyetrika itu gak penting :P

kalo saya baru bisa kerja dari rumah setelah Alma umur 4 tahun. Pernah nyoba ngerjain yg lain2 juga sebelum Alma umur segitu, walah malah nggak ketanganan. Apa lagi tinggalnya di rantau, gak mungkin bgt punya ART. Sempat sedih sih, ampe mikir: I guess I'm not that super :P Setelah Alma masuk daycare, baru deh mamanya ini bisa punya slot waktu buat kerja dari rumah.

20

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

teh ninit, jleb banget teh "saya dikasih tau sama seseorang... "ngerjain ini itu ini itu..."
jawabannya? "well, you're not that special. semua ibu ya memang begitu. tapi banyak yang bisa berkarya dan berdampak pada minimal beberapa orang di sekitarnya."
Pernah ngobrol dengan mbak monik, di rumah beliau jg gak ada ART, jadi hanya sendiri. Padahal kegiatan beliau juga padat, pasti kalau ketemu antar anak sekolah pasti kita cipika cipiki terus buru-buru pulang (krn mau kerja) :D

Gue WAHM juga, tanpa art yg menginap. Art gue cuma pulang pergi, benar-benar mengandalkan jasa beliau kalau gue harus keluar rumah. Setuju manajemen waktu, gue pribadi krn gue "terikat kerja" jadi gue harus komitmen dengan kewajiban gue.
Btw kemarin baru aja mintain pendapat ttg wahm ini dan tayang di majalah parenting :)

21

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

Selain pentingnya disiplin dan manajemen waktu, menurutku kita juga perlu membuat deadline bayangan atas pekerjaan. Jadi yang kita berikan ke klien atau rekan kerja adalah deadline yang sudah diperpanjang waktunya. Karena berdasarkan pengalaman ada-ada saja hal yang terjadi di luar kuasa kita, misalnya anak sakit, sekolah tiba-tiba libur atau pulang cepat, anggota keluarga lain yang sakit atau kejadian tertentu yang membuat pekerjaan kita terhambat.

Hal ini akan sangat mengganggu bagi wahm yang memang bekerja dari rumah tanpa bantuan support system seperti art atau anggota keluarga lain yang bisa diandalkan untuk menjaga anak. Jadi kita harus realistis juga, kapan bisa ikut meeting keluar rumah atau kapan hanya bisa bekerja dari rumah. Benar-benar bisa mengukur kemampuan, jangan sampai karena terjebak deadline kita jadi bergadang dan mengabaikan kewajiban rumah tangga yang lain.

Yang penting memang prioritas, saat memilih bekerja dari rumah, apa tujuannya? Jangan sampai tujuan ingin dekat dengan anak-anak jadi malah di rumah lebih banyak mengurusi pekerjaan. Buat batasan-batasan yang jelas dan yang pasti jaga kesehatan karena kalau sakit, bukan hanya pekerjaan yang terbengkalai tapi juga keluarga.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

22

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

ahhh setuju banget sama masukan2 mama2 di atas. Intinya sih, tiap mama berbeda2 kemampuan manajemen waktunya, kemampuan menangani sesuatu hal baik pekerjaan mau pun keluarga. Kalau aku pribadi, aku nggak mau menyamakan diri dengan orang lain atau berharap orang lain melakukan hal yang sama dng aku, lakukan saja yang menurut aku mampu aku kerjakan dengan benar, mudah2an berkah buat keluarga dan pekerjaan :)

yuk semangat bekerja di mana saja urban mama!

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

23

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

there is always a different story in every parenting style. termasuk dalam pilihan bekerja di rumah.

kalau saya cermati, dengan bekerja dari rumah... pekerjaan yang kita ambil bukan jadi yang nomor 1. ngga. ngga akan pernah jadi nomor 1... dan saya yakin yang memberi pekerjaan juga tahu itu. tapi, ngga jadi nomor 1000 juga. tetap masuk ke skala prioritas.

saya pribadi selalu senang kalau lihat mama2 yang berkegiatan positif selain menjadi ibu rumah tangga. jadi terinspirasi untuk lebih baik lagi. kita ngga akan mungkin sama dalam hal apapun. tapi tetap harus mengupgrade diri karena sebagai pribadi, tentunya kita ingin lebih baik lagi.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

24

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

Aku bekerja dari rumah *ngacungtinggitinggi

Semenjak mulai bisnis ini, aku ikutin jadwal Precious. Pegang HP, online, posting di FB pribadi nunggu dia sekolah dan tidur.
Aq g mau masa kecilnya diisi dgn ingatan Mamynya yg pegang HP dan iPAD mulu.
Jadi off pas dia pulang sekolah, ikut main mobil2an, baca Iqro' bareng, atau apapun yg dia mau. Tidur siang tidur malam br online lg. Ini Precious lg bobo siang jd bisa online hehehe...

Pertamanya sih berat, apalg HP getar mulu tiap berapa menit hehehe... Tp pas online kujawab satu persatu, klo ada yg protes kujawab aja: sy td sedang main sama anak/sholat/makan.

Toko offline jg ada jam operasionalnya masa kita tidak?

Kesyukuran tak terhingga

25

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

Mamy Arsyad,
beneerrr banget. balik lagi ke manajemen waktu ya jadinya yang mana disesuaikan dengan jam anak sekolah/tidur. itu kalo dilakukan total, cukup banget. bisa maksimal.

betul, meski online bagi saya penting untuk ada "jam kerja"-nya. karena kerja dari rumah kan pastinya pilihan kita supaya kita lebih banyak waktu untuk anak & keluarga.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita