1

Topic: Persiapan Menjelang Kelahiran

moms...persiapan apa aja sih yang dibutuhin menjelang kelahiran baby, ney lagi nunggu kelahiran anak pertamaku yang sekarang berumur 32w, jadi agak bingung juga apa aja yang perlu disiapin dipenghujung kelahirannnya,,
share ya moms.. :D

:D Dhias's wife 'n Asyam's mom :D
YM: coshi mickley

2

Topic: Persiapan Menjelang Kelahiran

agata166, persiapannya yang jelas persiapan batin dan kantong :P.
yang jelas rajin baca2, trus bikin rencana apakah nantinya mau ASIX, rooming in dsb. lihat disini.
udah mulai belanja barang bayi belum ? coba intip shopping list for newborn di thread ini ya. abis itu bisa mulai nyiapin tas buat dibawa ke RS, listnya boleh liat2 punya mamas TUM disebelah sini.
atau mau merencanakan perawatan habis bersalin ? ada loh disini.
oiyah, sempetin baca2 artikel our stories-nya TUM yah. lumayan membantu buat bayang2in kira2 seperti apa nantinya setelah jadi mama ...

jangan lupa sharing n saling support sesama bumil (klub September ceria kan ? :P ) .

less ego, more heart

3

Topic: Persiapan Menjelang Kelahiran

agatha, selain yang udah dibilang mama sidta klo menurut aku sih persiapkan mental, berserah diri sama Allah, minta dimudahkan prosesnya nanti.. Saat melahirkan bisa ga sesuai planning atau apa yg kita bayangkan, jadi bersikap fleksibel akan bikin hati dan perasaan lebih 'ringan'.. Klo harus cs misalnya ya gpp, ga usah ngotot mau persalinan alami..
Banyak baca2 info soal pre dan post natal, gimana ngurus newborn, bikin kita jadi lebih fokus karna udah tau harus ngapain, TUM is very recommended^^
Banyak banget tuh di forum yg ngebahas pernik2 lahiran, jd selamat bersiap jadi mama ya..wish everything gonna be ok:)

4

Topic: Persiapan Menjelang Kelahiran

Betul, batin dan kantong, hihihi. Siapin selalu biaya untuk c-sect meski niatnya normal karena kita ga tau kan apa yang akan terjadi.

Gue kemaren niat abis mau normal tapi apa daya harus c-sect krn tensi tinggi dan udah lewat due date, syukurnya dananya cukup.

Kalo batin sih yg penting, minta dukungan dari seluruh keluarga ya. Terutama ibu kita dan suami kita. My mom is an angel - sangaaaaaaaat membantu moral, dan suami gue berubah banget dari cowok cuek dulunya skrg jadi bapak yg penuh perhatian.

Semoga sehat terus sampe melahirkan!

5

Topic: Persiapan Menjelang Kelahiran

Setuju banget persiapan mental dan kantong sangat penting :)

Kl buat aku baca2 TUM Forum dan articles juga sangaat membantu, jadi nda terlalu clueless pas baby udh dateng, dan juga merasa lega krn tau apa yg kita alami juga terjadi sama ibu baru lain, jadi nda terus jadi nda PD, dan lebih punya bekal menghadapi semua komen & nasihat orang2 yg buanyaknya minta ampun

"pre-birth agreement" sama suami juga penting supaya jelas kita expect apa dr suami setelah baby lahir. Soalnya suamiku kan lumayan cuek jd dr awal kita udah mbahas "bantuan" apa aja yg diminta. Lucunya suamiku kan lumayan jijikan gt jd dia dr awal kekeh hny mau gnt popok kl pipis, pup nda mau dan aku udh ok. Tp begitu udh lahir, pas Aqila lagi growth spurt nyusu gila2an aku juga udh teler nda bs ngapa2in, ya terpaksa dia mau nda mau gnt popok pas Aqila pup, jadi skrg udh bisa deh-walaupun jd boros kapas & wipes krn dia udh panik duluan hahaha ;P *lho kok jd OOT*

Anw semoga sehat terus dan lancar sampai proses persalinannya ya. Yang penting pasrah dan berserah diri sama Tuhan, Insya Allah lancar!

6

Topic: Persiapan Menjelang Kelahiran

@Dessey: pre-birth agreement itu ide bagus :D

Gue kmaren ga ada perjanjian sih ama suami, tapi yahh pas udah lahir anaknya, ngomong baik2 aja kalo mau minta tolong. Sukurnya sampe saat ini dia sangat membantu.

Minta support ortu + keluarga + mertua + teman2 juga ya...sangat membantu kalo kena baby blues. Kalo ga kena baby blues-pun tetep berguna. :)

7

Topic: Persiapan Menjelang Kelahiran

@peachmargarita
Emang ya support dr suami, ortu, mertua penting banget.. Apalagi kan skrg bnyk cara2 yg beda dr jaman dulu jadi kl mereka mendukung krn percaya sm kita, itu udh bikin kita lega krn nda perlu pake berantem mempertahankan prinsip :)

8

Topic: Persiapan Menjelang Kelahiran

@Dessey bener2, nyokap gue sekarang ngomongnya "Aduh anak sekarang lain yah" kalo gue beda pendapat sama dia, hehe.

Ngomong2 Agata166 nya kemana yah? Udah melahirkan jangan2?

9

Topic: Persiapan Menjelang Kelahiran

persiapan menjelang kelahiran sih yang primary menurutku.

1. tas yang dibawa ke RS beserta isinya
2. beberes kamar baby
3. beberes lemari baby plus cuci dan setrika semua baju barunya
4. banyak jalan jalan pagi biar lancar proses lahirannya
5. relaaaax ... dan puas puasin tidur sebelon si baby lahirr hehehe

Baby's Stuff, Kiddo's Stuff n Mommy's Stuff ....
di DavaraShop

10

Topic: Persiapan Menjelang Kelahiran

haloo, ikutan share ya..

Ini semua menurut pengalamanku yaa

Barang2 yang dibuteuhin untuk baby di rumah :
1. box buat bayi (termasuk seprei, bantal, guling, dan selimut)
2, perlengkaapan baju (kain untuk bedong, optional sih), alat mandi (sabun, shampo, handuk, perlak, jolang tuk mandi) popok/pampers,
3. botol susu untuk jaga2.
4. tas bayi
5. minyak telon, bedak, kapas bayi
6. kasa dan alkohol, ini buat ngeringin tali pusat sang bayi

Barang2 yang dibutuhan untuk ke RS :
1. Kain Samping 2 buah, itu bsuat ibunya.
2. Gurita buat ibu, soalnya abis lahiran biasnya dipakein gurita, fungsinya biar perut ibu ga kendor kali yaa
3. perlengkapan baju bayi dan ibu

Menjelang hari-H:
1. Seperti yang udha disebutin diatas, pastiii kantong dan batin.:D
2. Karna waktu dulu aku ada flek saat pagi2, saat itu juga aku langsung MANDI hehe, karena ternyata malem itu juga skitar jam stgah 12 malem aku ngelahirin, dan ampe besoknya juga belom boleh disuruh mandi, jadi kebayang kan kucelnya.., biar seger n relax aja :P
3. Banyakin jalan, biar lancar.
4. Biasanya pas udah ada tanda2, flek dll, itu ga langsung lahiran, ada beberapa pembukaan, kalo dulu sih aku suruh nunnggu di rs, bareng ama bumil2 lainnya yg mau lahiran, biasanya share ama mereka, buat kita lebih tenang dan merasa ada teman.:)
5. Support dari suami dan ortu paling utama.., aku dulu minta temenin terus ama mereka.
6. Selalu berdoa, minta yang terbaik ama Tuhan
7. Jaga STAMINA. Ngelahirin itu butuh banyak stamina loo, (tuk yg normal)
8. Nah ini yang lucu, pas aku lagi mules2nya (karena di induksi), disuruh latihan ngeden ama susternya, sambil nunggu pembukaan selanjutnya. Tapi ga terlalu lama, ternyata dah pembukaan akhir, mamah ku disebelah, udah nyiapin madu dan sendok, jadi sekali ngeden aku di cekokin madu (duhh mamah lagi keadaan begini sempet2nya dikasih madu,pikirku, ...katanya biar kuat dan ga kecapean..biar ga usah di vakum juga. tapi Alhamdulillah lancar dan normall..
9. Pastikan ada tangisan bayi.
10. Kalo aku menyarankan 100% ASI, kalo emang udah rancana asi, stlah dibersihin, biasanya suster ngasih bayinya ke kita untuk minum ASI.

hehe panjang yaa..:) semoga bisa membantu, dan semoga lahirannya lancarr yaaa bunn..semangat! :)

11

Topic: Persiapan Menjelang Kelahiran

salam kenal semua,

@ dessey : wah bagus juga ide "pre-birth agreement" :)
asal suami konsisten aja, hehehe....

sekarang aku hamil ke-2, jadi persiapan tidak terlalu heboh seperti hamil pertama dan tau apa yg pasti terpakai dan apa yg ga :)

yg pasti kalaupun kurang pastikan suami rela belanja kekurangan tersebut dgn nomor kontak atau alamat penjual 'item' yg kurang tersebut :)

12

Topic: Persiapan Menjelang Kelahiran

betul banget.. yang penting itu siap batin dan kantong.. hihiii..
menjelang hari persalinan, rileks aja, jangan dipikirin.. tapi tetep yah senam hamil, jalan-jalan, nge-mall juga penting lho.. hehe...

dessey
samaaa.. kalo suami gw yg gantiin clodi, bener2 deh ngabisin baby wipes.. *doh*

13

Topic: Persiapan Menjelang Kelahiran

dessey, tiaalbar dari hilya lahir sampai sekarang, suami gue tak pernah sekalipun gantiin popok hilya kalau anakku poo. kalau lagi diganti popok dan incidentally poo, dia bakalan hebooh dan teriak menjauh, anaknya ditinggalin.
he will do everything else, though.. mandiin, pakein baju, ganti popok kl pee, semua. asal bukan yg satu itu :p

agata 166,
saya setuju bgt sama Sidta ttg persiapan batin & kantong :) dan sama mamadinara ttg siap dg keputusan di ruang bersalin. saya dulu berakhir SC setelah berjuang utk lahiran normal. jadi.... batin dan kantong mesti super siap! welcome to motherhood.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

14

Topic: Persiapan Menjelang Kelahiran

mummyhilya hihihiii.. pas awal2 gantiin popok kalo Yandi poo, megang baby wipesnya sambil jijik2 gitu.. lama2 uda biasa, tapi ya itu tadi, hobi ngabisin baby wipes.. suamiku belom bisa mandiin Yandi :(

15

Topic: Persiapan Menjelang Kelahiran

Hello mommiess.. mau nanya sesuatu nih mudah2an gak salah thread ya.. mengenai persiapan melahirkan sih seharusnya ak sudah siap untuk menanti kelahiran baby sekitar 1 bulan lagi..uk sekarang 35 weeks.. cuma sekarang ada 1 pertanyaan yg blm terjawab dan bingung mau nanya kemana..mohon bantuannya mommies yang udah berpengalaman melahirkan..

Ak kepengen melahirkan normal dan yg mau ak tanyakan itu mengenai pubic hair, itu haruskah kita shaving dulu atau di rs sama suster ya? Atau boleh waxing gak ya? Krn jujur ak gak pernah shaving sendiri, biasanya ak waxing di salon gitu vuma kalo gak salah pernah baca kalo selama kehamilan itu pembuluh darah di daerah kewanitaan itu lebih sensitif jadi sebaiknya jangan waxing..kalo dari pengalaman mommies sekalian gimana waktu melahirkan normal?

Kalau salah thread mohon diarahkan ke thread yg benar ya mom.. :)

Thanks a lot..

proud mommy of kaitlynn amberly

IG : chamarsha89
https://kaitlynnamberly.wordpress.com/

16

Topic: Persiapan Menjelang Kelahiran

Chamarsha89 kalau mau di shaving sendiri sih gapapa menurutku. Kalau waxing setauku boleh pas udah menjelang melahirkan,karena takutnya kan kontraksi.
Aku sendiri dulu udah bikin janji ditempat waxing untuk minggu ke 3,ternyata kontraksinya udah di minggu kedua,alhasil shaving sendiri jadinya :p

Btw,untuk diskusi ini sila dilanjut di thread Waxing or Shaving yaa,udah lumayan banyak sih diskusi disitu :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

17

Topic: Persiapan Menjelang Kelahiran

pre-birth agreement side bagus tuh. waduh nambah lahi deh PR sebelom si dedek lahir. so far sih udah mulai siapin perlengkapan baby, kamar baby, mental pastinya yaaa