1

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

hai mommiers, membaca cerita kalian semua saya pun gatel banget pengen sharing but saya akan sharing dari sisi yayasan, okay bener saya jg pengalaman kerja di yayasan, ini yayasan temen saya jadi saya bantu bantu dalam hal menghadapi para ibu yang mencari suster.

perlu diketahui para mama, tidak selalu yang salah di susternya atau di yayasannya, intinya menurut saya mama-mama ini harus berpikiran terbuka, dan tentunya tetap memiliki moral yang baik.

di indonesia memang sudah budayanya jg nanny itu kerja 28 hari dengan 2 hari cuti dalam sebulan, tapi coba di pikirkan lagi jam kerja mereka itu sehari hampir 24 jam, paling tidak ada pengertian dalam hal tsb, saya dulu pernah melayani customer orang jepang, dan ketika mereka mendengan nanny kerja full time setiap hari dengan cuti 2 hari dan gaji yang hanya 1,800,000 (pemula, yg dimana kalau ibu ibu biasa pasti anggap ini tinggi sekali gajinya) mereka kagetnya luar biasa karena harga tersebut sangat dibawah ekspektasi mereka.

so menurut saya kita sebagai manusia harus lebih hargai suster2 ini, khususnya untuk pemula, karena kalau sdh pengalaman memang menurut saya sendiri memang mereka sifatnya sdh terbentuk, sudah tidak bisa diubah sedangkan kalau pemula masih bs dibentuk agar nantinya menjadi suster yg moralnya baik, siapa yg membertuk moral mereka? ya tentu saja sang majikan, jika majikan kasar suster akan ikut kasar. kemudian kebanyakan majikan tidak mau tahu dan semua diserahkan ke yayasan, masa persoalan menegur suster harus yayasan jg yang sampaikan padahal kan masalah sepele hanya karena suster tidak sering mengucapkan terima kasih hal seperti ini dari yayasan pun mengharapkan para majikan yang bicara langsung ke suster, karena majikan lah orang yang mengerti dan melihat langsung kondisi di lapangan, bukan tim dari yayasan.

ada juga majikan yang sudah pakai suster 18 hari, tetapi tidak mau bayar gaji 18 hari ini karena mereka klaim suster tidak kerja, melainkan hanya makan dan tidur, padahal logikanya jika benar suster tidak kerja kenapa masih dipertahankan di rumah tsb, bukannya langsung dikembalikan saja ke yayasan kemudian ganti yang lain.

memang suster pemula banyak masalahnya, masalah minta pulang lah, masalah masih kagok kerja, agak cengeng, di rumah nangis atau main hape, tapi suster dari yayasan tmn saya ini walau smw pemula dan masih muda tapi tidak ada dari mereka yang pernah mencuri, karena moral mereka semua masih baik dan masih bisa ditata/ dibentuk dari lingkungan yang baik juga.

jika disuruh cerita saya bisa bikin 1 novel kali, mungkin tahun depan saya bisa terbitkan buku (ide bagus).

sepertinya cukup dl sharing, kalau saya inget ada cerita lain bakal sharing lagi, thanks for reading.

2

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Hola mba yg pnh kerja di yysan(bener yaa)...kalu nanti novelnya kelar ditunggu launchingnya ya..heheh..mba..sy sebagai momy yg jg (sering) mempunyai pngalaman tdk memyenangkan dgn prt/BS either dr yayasan resmi/ternama n (mahalnya ampun2 utk adminnya),or dr makelar biasa yg mngkin cuma comot/ambil orang dr mana2 aja trus dipakein deh baju suster dengan begitu gaji bisa lgsg melesat jauh dibanding ngelamar sbg prt biasa .Saya rasa sebagai pengguna /pemakai jasa2 prt/bs kami sbg momies bener2 tulis utk mempekerjakan para art/bs tsb krn memang kebutuhan ya terlebih buat momz yg bekerja dan g pnya sodara/org tua utk menjaga baby/anaknya disaat harus bekerja kembli.akhirnya keberadaan art/nanny/bs lah jalan/harapan satu2nya. Tapi ternyata di lapangan yg terjadi banyak sekali keluhan dr para momies(including me !!!) Yg tdk puas dgn pekerjaan para asisten tersebut dgn macam2 masalah(tdk bs kerja,kerja asal2an,asisten tdk betah,suka mengutil,kasar/jahat thdp anak/baby yg diacauh dll) apapun masalahnya intinya banyak masalah datang dr para arr/nany/bs itu sendiri. Walopun ada jg karena sifat/sikap majikan yg kurang baik sehingga mengakibatkan para art/bs tsb tdk betah bekerja.BUT mostly ya krn "ulah" dr para art/bs itu sendiri.kalu secara normal logikanya buat apa kami sbgai mpmies/pengguna jasa mencari masalah atau membesar2kan masalah dengan art kalu memang tdk sanagt keterlaluan...kami butuh mereka utk membantu terlebih utk para momz yg bekerja ya jd kalu kami yg sebagai "dalang"mya sptnya wasting time ya buat apa cari2 masalah sama para asisten tsb.dapat art yg baik dan sungguh2 kerja aja rasanyà spt anugerah terindah .jadi buàt saya masalah yg sering terjadi antara art/bs dgn majikan yah kebanyakan krn ulah dr art/bs itu sendiri dgn banyak faktor yg melatar belakanginya tentunya salah satunya mungkin faktor pendidikan yg kurang atau pas2an jd kadang mereka tdk tau cara bersikap yg sopan baik dan benar/lack of manner.faktor ekonomi yg kadang membuat mereka "nekad" utk menghalalkan segala cara agar bs mendapatkan uang lbh byk lagi..dll dll...intinya disni masalah antara art/bs dan majikan bkn hanya terjadi pada 1 atau 2 orang saja tp kebanyakan para momies(including ME) sering mendapat masalh karena ulah art/bs ataupun yayasan yg menyalurkan mereka dan tentunya yg paling dirugikan adalah kami sebagai pengguna jasa.yah harapan kami semoga kedepannya para yayasan terlebih yg bonafid dan ternama dan pastinya mahal lebih selektif lg dalam merekrut para bs/nanny.jd tdk hanya "asal" dipakaikan baju BS dan diberi label gaji tinggi.tp tnyata tdk sesuai dgn hasilnya....

3

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

saya punya pengalaman buruk dengan sebuah yayasan:

1. Ternyata Bukan yayasan resmi yg ada izin notaris. Kop suratnya aja fotokopian. Dari info orangnya yg pernah tinggal di rumah saya, yayasan tersebut hanya seperti tempat penampungan PRT. Nampung orang-orang yg datang dari kampung (Cianjur dan sekitarnya) langsung disalurin ke majikan tanpa pelatihan apalagi dicek kemampuannya dlm bekerja. Cuma mementingkan untung dari majikan yg bayar uang admin.

2. Pekerja yang disalurkan tidak ada yg benar. Datang semalam, besokan paginya minta pulang dengan berbagai macam alasan.

3. Admin tinggi Rp 1.025.000 dan tidak bisa dikembalikan sama sekali kalau majikan batal ambil orangnya yg notabene baru semalam tinggal di rumah. Hal ini TIDAK diinfokan kepada calon majikan via phone maupun dlm kontrak. Benar-benar perampokan!!!

3. Untuk tiap penggantian orang dikenakan lagi biaya Rp 125.000 untuk ongkos ojek terlepas itu kesalahan dari pekerjanya sendiri :(

Saya ambil asisten Rumah tangga dlm 3 hari, ganti 3 orang :(


-------
-edited by moderator-

4

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Waduh kalo 1.800.000 untuk gaji dibilang murah ya engga jg sih, kan mrk dpt makan dan tempat tinggal dr kita, belum bbrp majikan jg masih memberi ekstra uang jajan, keperluan bulanan, pulsa, dll... coba diitung kira2 brp yg "hrs" dikeluarkan majikan untuk bs / art nya...jadi sebenernya gaji yg mrk terima itu gaji bersih lohh.. orang kantoran biasa aja blm tentu bisa saving segitu tiap bulannya...

kalo dibilang org jepang nganggep gaji segitu murah ya iya lah, biaya hidup disini kan ngga setinggi di jepang... dan setau sy ekspat jepang / korea itu saklek bgt urusan kerjaan, jgn harap jam kerja bisa nyambi main hp / ntn tv, duduk aja ga bisa... sy ud liat sendiri etos kerja org jepang di jepang sana...

dan buat yysn yg mematok admin luar biasa tinggi dan perjanjian resmi hitam di atas putih, mbok ya ditepatin, ini seringnya ud admin tinggi trus bs / art nya bermasalah trus lepas tangan & menyalahkan pihak majikan.. wajar donk majikan minta pertanggung jawaban yayasan, lha wong ud byr admin, ttd kontrak, trus kebanyakan yysn skrg cm janji2 doank kalo ada masalah sm "anggota"nya ... pantesan yysn jaman skrg cm brani kasi garansi rata2 3 bulan, berani ngga kasi garansi selamanya as long org yg disalurkan masi kerja di majikan yg sama ?

Mungkin skrg masi ada jg yysn yg baik,tp kebanyakan ud lebih komersil, ngga win-win ...

sy bisa ngomong gini soalnya sy ud ngliat sendiri gimana ipar sy berkali kali dipermainkan yysn, dr yg admin nya murah sampe yg luar biasa mahal... lewat masa garansi ya berakhir pula masa kerja bs/prt..

5

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

same here.... barusan ambil bs dari yayasan.. kirain bakal kerja baik, eh tiba2 siang hari ini, si bs kabur dari rumah tanpa pamit. Untuk bayi-ku ga ditinggal sendirian.... :(

Telp ke yayasan, yayasan cuek bebek dengan dengan mudah bilang kalo bs cerita kalo bayi-ku rewel... Helloooooo? uda kesel banget... trus minta ganti dikasih-nya yang ga ada pengalaman jaga balita. Alesannya ga ada orang....

Minta refund biaya admin dibilang ga bisa.

6

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

numpang share momies... dan semoga berguna.
berawal mau mencari BS untuk anak pertama,akhirnya temen ada yang ajak ke salah satu yayasan di daerah bekasi. sdh setahun ini memakai jasa dr yayasan tersebut tdk pernah ada masalah bahkan saya juga merekomendasikan ke kerabat. penilaianku tentang service pelayanan cukup memuaskan,dan yang saya apresiasi adalah system nya. banyak contoh yayasan dalam perrekrutan tenaga kerjanya meminta administrasi untuk gabung dengan yayasan tersebut kepada tenaga kerja, dan biasanya gaji tenaga kerja mendapatkan pemotongan setiap bulannya.
hal itu tdk terjadi di yayasan tempat saya mengambil tenaga kerja. maka dari itu saya sangat apresiasi. untuk kesempatan ini saya cuma mau share ke momies untuk lebih waspada dalam memilih yayasan, pilihlah yayasan yang juga mempunyai niat untuk mensejahterakan tenaga kerjanya.
yayasan tersebut adalah yayasan arfaprima, untuk review momies silahkan buka website nya arfaprima
untuk informasi update administrasi pengambilan tenaga kerja,sebesar 1.500.000 .

----
Just share the names, no link/phone numbers -mod-

7

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

helllooo.....mom's.
pengen share kejadian yang kurang mengenakkan yang aku alami oleh salah satu suster yang disalurkan melalui yaysan di jl.japos,pondok jati utara, pondok aren, tangerang saat itu kami mengambil suster LIA RAHAYU,25th,kelahiran jember, dengan ciri2 pendek,paha sampai kaki bawah gemuk. suster ini pertamanya baik,dan cenderung sama sekali penurut.setelah bekerja selama 2bulan, saya sering kehilangan uang di dompet, sekali dua kali saya tdk curiga,bahkan sering saya pikir suami yang mengambil uang saya untuk membeli keperluan. sama sekali saya tdk berfikir ke suster tersebut.saya diskusikan ke suami, dan akhirnya suami pengen ngecheck tas koper suster lia. saat membuka tas saya sangat kaget,karena baju kerja saya,sampai pakaian dalam saya ada di dalam kopor tersebut, saya cek lebih detai lg ternyata uang saya juga ada di dalam tas tersebut. sentak emosi saya tdk terbendung lg, saya tdk mau ambil pusing dan langsung mengabarkan hal yang saya alami ke yayasan penyalurnya. namun service dari yayasan kurang memuaskan. yayasan tdk tau menahu dan janji akan mengembalikan uang admin. namun sampai sekarang kami tunggu, ternyata tdk ada itikat baik dari yayasan.

dear mom's.... be aware ...!!!
dengan pencuri yang berkedok suster LIA RAHAYU

-----
-edited by mod-

8

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Saya mau sharing aja setelah ganti-ganti ART 6 kali dalam waktu 6 minggu dengan 4 sumber penyalur yang berbeda.

Rekomendasi saya penyalur yang paling baik adalah: CV Dani Mandiri, sebabnya:
1. Pengurusnya ibu Novi dan Bapak Dani bisa memahami pelanggannya dengan baik.
2. Karena bisa memahami, beliau2 dapat memberikan rekomendasi mengenai PRT yang cocok untuk kita dan kenyataannya cukup mendekati keinginan kita.
3. Pengurus dapat dihubungi via Whatsapp dan BB secara cepat dan responnya juga cepat.
4. Peraturan dan pelaksanaan peraturan sesuai dengan perjanjian via lisan, messenger ataupun tertulis.
5. PRT yang disalurkan cukup berkualitas semua, meski akhirnya saya harus ganti2 karena masalah selera.
6. Perputaran PRT di yayasan ybs cukup cepat, sehingga saya bisa sering ganti.

Saya tidak rekomendasi penyalur Sura Service atau Suragung maidservice. Sebabnya:
1. Saya mendapatkan yayasan ini dari website pembantu. Di website tersebut, ART dan baby sitternya semua diberi keterangan mahir sekali atau bintang 5. Gajinya pun luar biasa, 1.9 juta s/d 3 juta. (jadi hati2 dengan rating bintang, tidak terawasi oleh admin website, semua diserahkan ke penyalur)
2. Saya sudah merasakan 3 orang ART dari yayasan ybs. ART pertama akhirnya saya pertahankan karena orangnya baik, meski melihat kemahiran mungkin mahir tapi bukan yang mahir sekali. ART ke 2 dan 3, meski dikatakan mahir sekali, kenyataannya tidak mahir sama sekali dan tidak gesit sama sekali. ART ke 2, berhenti di hari ke 2 dengan alasan tidak biasa kerja keras.
3. Saat saya mengembalikan ART ke 3, terjadi keanehan, karena ART dikembalikan hari ke 8. Di surat perjanjian yang saya tanda tangani, dikatakan bila ART kerja kurang dari 2 minggu, uang admin yang dikembalikan 30%. Saat saya hendak mengembalikan pembantu admin yang dikembalikan hanya 20%, karena menurut Ibu Fei, bila lebih dari 1 minggu peraturannya hanya 20%, di mana peraturan tersebut tidak dapat saya temukan di surat pernjanjian.
4. Bila dikembalikan kurang dari 2 minggu, berapa hari pun itu, kita harus memberikan gaji 40%. Sedangkan di CV Dani Mandiri berdasarkan proporsi, jadi misalnya 8 hari, gaji yagn diberikan 8/31 dikali gaji yang dijanjikan.
5. Terkadang ART bisa pergi dan datang tanpa kurir. Jadi saya cuma bisa bismillah berdoa, bahwa ART nya aman sampai tujuan.

Jadi kesimpulannya, so far saya sangat puas dengan CV Dani Mandiri, dan merasa tertipu dengan Suraservice.

9

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Hi Mommies..

Saya kaget baca tulisan dari Vonny_lie, karena saya pun mengalami kejadian yang sama dengan BS bernama Lia Rahayu yg sesuai dgn ciri2 yg dideskripsikan Vonny.

Saya ambil BS Lia dari Yayasan A-, dimana ternyata sblm A- kasih BS Lia ke saya, ternyata sblmnya Lia pun punya kasus pencurian di majikan yg sebelum saya. Ini saya tau setelah BS Lia minta pulang dan yayasan mengatakan hal tsb.

Saat BS Lia mau pulang, saya cek kopernya dan ternyata ada uang gepokan saya yg hilang.. Jumlah totalnya sekitar 2 jutaan. Dia ambil dari dompet didlm tas saya dan dia ngaku dia ambil usng tsb beberapa kali.

Buat para mommies, agar hati2 dgn BS Lia Rahayu (saya ada fotonya dan copy ktp nya, dia ktp papua tapi lahir di jember). Serta agar mommies pun selektif memilih yayasan.. Jangan sampai bisa-bisanya yayasan ngasih BS yg sudah punya track record kriminal. Sungguh mengecewakan..

------
-edited by mod-

10

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Dear Urban Mama Admin,

Kok nama yayasan di message saya diatas dihapus ya? Bukankan ini untuk sharing bagi ibu-ibu sekalian, supaya tidak mengalami hal buruk yang dialami saya akibat pemberian BS dengan track record kriminal oleh yayasan yang juga disebutkan oleh anisampelang pada posting number 406 diatas.

Saya lihat, di message lain banyak yang menyebutkan nama yayasan tapi kenapa tidak dihapus juga kalau ketentuannya seperti itu?

Mohon penjelasannya ya dear admin, supaya ibu-ibu lainnya juga bisa tahu.

Thanks

11

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Hai ente,
coba bantu jawab yaa.. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, untuk review negatif kita sengaja menyamarkan atau mengedit nama. Juga untuk menghindari fitnah yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Selain itu kita ingin diskusi berlangsung kondusif. Jika memang ada yang membutuhkan detail kontak, silahkan di sharing via japri. Dan edit nama ini berlaku untuk semua review negatif, tanpa terkecuali. Jika memang ada yang terlewat yang belum di edit oleh team moderator, silahkan dibantu untuk di report. Team moderator menindak lanjuti semua report yang masuk. Semoga bisa dimaklumi yaaa..

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

12

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

ente wrote:
Hi Mommies..

Saya kaget baca tulisan dari Vonny_lie, karena saya pun mengalami kejadian yang sama dengan BS bernama Lia Rahayu yg sesuai dgn ciri2 yg dideskripsikan Vonny.

Saya ambil BS Lia dari Yayasan A-, dimana ternyata sblm A- kasih BS Lia ke saya, ternyata sblmnya Lia pun punya kasus pencurian di majikan yg sebelum saya. Ini saya tau setelah BS Lia minta pulang dan yayasan mengatakan hal tsb.

Saat BS Lia mau pulang, saya cek kopernya dan ternyata ada uang gepokan saya yg hilang.. Jumlah totalnya sekitar 2 jutaan. Dia ambil dari dompet didlm tas saya dan dia ngaku dia ambil usng tsb beberapa kali.

Buat para mommies, agar hati2 dgn BS Lia Rahayu (saya ada fotonya dan copy ktp nya, dia ktp papua tapi lahir di jember). Serta agar mommies pun selektif memilih yayasan.. Jangan sampai bisa-bisanya yayasan ngasih BS yg sudah punya track record kriminal. Sungguh mengecewakan..

------
-edited by mod-


Saya tau ni yayasan A ini yang ada 2 kan di bekasi dan tebet. Pemiliknya ibu E dan pak Y. Haduh saya juga kecewa bgt sama kualitas bs dari mereka....

Emang sih orangnya bertanggung jawab yg punya yaaysan tapi kalau emang yg amsuknya ga disaring sama aja bodong. 7x ganti saya cape... 3 kabur, 1 kasar, 1 maling, 2 lagi ga bisa apa apa alias terlalu pemual atau entah suster bodong art

Pokoknya ati ati sama yayasan A***P****

13

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

rinaladist wrote:
Saya mau sharing aja setelah ganti-ganti ART 6 kali dalam waktu 6 minggu dengan 4 sumber penyalur yang berbeda.

Rekomendasi saya penyalur yang paling baik adalah: CV Dani Mandiri, sebabnya:
1. Pengurusnya ibu Novi dan Bapak Dani bisa memahami pelanggannya dengan baik.
2. Karena bisa memahami, beliau2 dapat memberikan rekomendasi mengenai PRT yang cocok untuk kita dan kenyataannya cukup mendekati keinginan kita.
3. Pengurus dapat dihubungi via Whatsapp dan BB secara cepat dan responnya juga cepat.
4. Peraturan dan pelaksanaan peraturan sesuai dengan perjanjian via lisan, messenger ataupun tertulis.
5. PRT yang disalurkan cukup berkualitas semua, meski akhirnya saya harus ganti2 karena masalah selera.
6. Perputaran PRT di yayasan ybs cukup cepat, sehingga saya bisa sering ganti.

Saya tidak rekomendasi penyalur Sura Service atau Suragung maidservice. Sebabnya:
1. Saya mendapatkan yayasan ini dari website pembantu. Di website tersebut, ART dan baby sitternya semua diberi keterangan mahir sekali atau bintang 5. Gajinya pun luar biasa, 1.9 juta s/d 3 juta. (jadi hati2 dengan rating bintang, tidak terawasi oleh admin website, semua diserahkan ke penyalur)
2. Saya sudah merasakan 3 orang ART dari yayasan ybs. ART pertama akhirnya saya pertahankan karena orangnya baik, meski melihat kemahiran mungkin mahir tapi bukan yang mahir sekali. ART ke 2 dan 3, meski dikatakan mahir sekali, kenyataannya tidak mahir sama sekali dan tidak gesit sama sekali. ART ke 2, berhenti di hari ke 2 dengan alasan tidak biasa kerja keras.
3. Saat saya mengembalikan ART ke 3, terjadi keanehan, karena ART dikembalikan hari ke 8. Di surat perjanjian yang saya tanda tangani, dikatakan bila ART kerja kurang dari 2 minggu, uang admin yang dikembalikan 30%. Saat saya hendak mengembalikan pembantu admin yang dikembalikan hanya 20%, karena menurut Ibu Fei, bila lebih dari 1 minggu peraturannya hanya 20%, di mana peraturan tersebut tidak dapat saya temukan di surat pernjanjian.
4. Bila dikembalikan kurang dari 2 minggu, berapa hari pun itu, kita harus memberikan gaji 40%. Sedangkan di CV Dani Mandiri berdasarkan proporsi, jadi misalnya 8 hari, gaji yagn diberikan 8/31 dikali gaji yang dijanjikan.
5. Terkadang ART bisa pergi dan datang tanpa kurir. Jadi saya cuma bisa bismillah berdoa, bahwa ART nya aman sampai tujuan.

Jadi kesimpulannya, so far saya sangat puas dengan CV Dani Mandiri, dan merasa tertipu dengan Suraservice.


Saya juga rekomendasi banget cv dani amndiri. Kebetulan saya dapat suster yang gaji awalnya sudah 3,5. Tapi sungguh ga kecewa. Saya termasuk yg rewel bgt soal suster, dan suster ini emang profesional sekali.

Kekurangannya dia banyak atur tapi ya karena terbaik buat anak kenapa ga? Kenal dan dekat dengan dokter dokter specialist anak terbaik mulai dr specialist alergi, paru, dan sebagainya.

Sabun terbaik buat bayi, dsb semua saya tau dari dia... Sampai akhirnya urusan belanja anak saya serahkan ke dia, dan dia ga pernah salah gunakan kepercayaan saya.

Top banget

14

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Holla Mommies,

mau share aja, saya pakai BS dari Nabila Care memang baru 1 bulan sih tapi kerjanya bagus, telaten banget terutama karena baby saya susah makan dan lama banget makannya, sabar banget, bisa masak (tapi diajarin dulu habis itu dia bisa sendiri).

Untuk pelayanan Nabila Care sih OK tetapi awal-awal sedikit tidak mengenakan.

Uang Admin : Rp. 2.000.000 (mahal)
Uang deposit : Rp. 2.300.000 uang ini menurut perjanjiannya bisa di transfer kembali ke majikan jika lebih 6 bulan tidak ada pergantian. Wee will see..

Jadi untuk pertama kali ambil saya bayar Rp. 4.300.000 --- MAHAAAALLL

Gaji BS : Rp. 2.300.000 tapi selama 6 bulan tiap bulannya di potong 900.000 yang di transfer ke Yayasan.

Mungkin ada yang mau nambahin yaa

15

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Aduh kok ngeri" bngt kisah" moms sm bs nya, jd bingung pdhl
Lg kepikiran mau pk bs udh gt skrng mahill" bngt jg yah hiks. Btw mamas disini ada yg udh pernah pk/ambil bs dr yayasan rs islam pd kopi ga yah? Kl ada mau sharing nya dong mams..thk u

16

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Sy sudah kapok pakai yayasan mana pun.
Just sharing aja buat mommies dsini klo ambil dr yayasan :
1. Anggap uang admin hilang, tiap ambil org dr yayasan. Biar g makan hati. Hihi. Even di forum2 ada yg review bagus yayasan tsb. Kadang di org lain cocok, dikita belum tentu. Kadang ada user di forum cm punya bbrp comment tp setelah dicek history comment isinya review bagus di yayasan A aja. Ini memang mom yg review atau agen yayasan cm numpang promo atau gmn. G ngerti deh.
2. Jangan percaya bs itu junior atau senior. Ambil bs ke tempat yayasan langsung, lihat orgnya dan interview sendiri. Sebelum meninggalkan baby ke kantor, minta bs nya dtg hr sabtu minggu or hari libur lainnya atau bisa cuti. Do preeliminary test (halah). Lihat kerja nya dlm sehari dua hr. Klo tidak cocok langsung kembalikan minta ganti. Klo dibilang g ada org langsung minta kembalikan admin.
3. Pasang cctv, connect ke laptop/pc kantor. Tlp satpam segera klo ada emergency.
4. Anak jgn ditinggal sm BS sendirian dirumah, hrs ada sodara or ortu. Kalau tidak ada keluarga, better anak di daycare.

@insideout
Kalau memang gaji sm org jepang lebih besar ya monggo aja jd tki bukan jd BS. Mommies dsini cm mengharapkan apa yg dijanjikan yayasan dgn kerja realnya memanng sesuai. Kalau BS lulusan SD or Smp digaji segitu sy pikir wajar. Kalau tidak mau ya jadi buruh. Fair kan.. :)

17

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

mamibiru
wah, tipsnya mantap. Bener ya, kalo ambil BS baru musti dilihat dulu cara kerjanya sebelum langsung ditinggal kantor. Setuju, CCTV itu penting untuk yang ninggalin anak sama BS berdua saja.

maifina
Gak semua pengalaman mama-mama yang punya BS itu ngeri kok. Banyak juga yang menemukan BS yang awet dan perhatian sama anak. memang rejekinya beda-beda yaa.. siapa tahu dengan tips-tips dari mamibiru dan mama-mama disini bisa membantu untuk selektif memilih BS. Bener kata mamibiru, ada orang lain cocok sama yayasan A tapi gak cocok di kita. Dan sepertinya peraturan dan cara kerja yayasan itu ya 11-12 lah yaa.. Memang musti cari cara mengatur dan ambil celahnya.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

18

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

PRT ohh PRT..never ending hot topic ya

gw sebenernyta udah hampir 5 tahun ga pake PRT karena alasan "tidak siap" mengalami drama...heheheh tapi 2 bulan terakhir ini udah mulai kasak kusuk buat nyari pRT lagi, karena load kesibukan yg lumayan tinggi dan butuh asisten untuk anak bungsu gw. Tapi till now belom ketemu jalannya untuk menemmukan PRT.

adakah momies disini yg pernah pakai jasa web pembantu com?
Adakah mommies disini yg pernah pakai jasa PRT daurah tauhid?

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

19

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

nidya, pernah denger sih gw tentang pembantu com itu, katanya lumayan bagus, tapi gw pribadi belum nyoba yaa..

mungkin urban mama lain ada yang pernah tahu soal dua penyalur tersebut?

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

20

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Iya, tertarik juga dengan pembantu com. tapi ragu ragu ya itu trusted engga. Modelnya kayak yayasan atau gimana yak?

21

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

nah iya soal trusted itu ya sebenernya,koq kayanya gampang banget milih2 PRT lewat web..kaya mau beli barang di OLS :D

mari berdoa moga2 si goj*k mengeluarkan aplikasi berupa goPRT yg bisa membantu emak2 kaya kita buat punya asisten dengan talent yg bagus :)

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

22

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

ika saptarini

Hai mom. Aku newbie disini.
Sekarang lg hamil jalan 35w. Ud mulai cari2 babysitter utk babyku nanti.
Kebetulan tadi pagi join di pembantu.com (iyah ada uang pendaftarannya 99.000 per3 bulan), tp dia bukan yayasan, hanya menampung aja layaknya olx.com.
Yg masukin art atau bs nya kesana ya yayasannya sendiri. Jd kl kita sreg sm foto dan deskripsinya, kita hub aja yayasannya.

Ngomong2..
Ada yg tau LPK Duta Bekasi ga? Aku liat penyalur ini dr pembantu com
Sreg sih sm BSnya dr foto. Tp blm pernah ada review ttg yayasannya.

23

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

hai mom... setelah sekian lama tdk baca review forum tercinta ini ternyata ada juga yang black campaign yayasan atau membuat citra negative yayasan.sebagai pembaca saya salut dengan kinerja admin yang sangat kooperatif, krn memang rules di sini tdk boleh memajang nomor telepon dan review negatif yang belum tentu bisa dibuktikan kebenarannya.
saya sebagai pengguna jasa yayasan dan saya punya pengalaman dari beberapa yayasan.pastinya pernah juga mengalami hal kurang berkenan saat mengambil tenaga kerja karena tidak semua tenaga kerja yang bekerja di rumah kita sesuai dengan apa yang kita kehendaki (kita harus memahami itu sebagai pengguna jasa) setiap tenaga kerja pastinya berbeda-beda skill,attitude,dan pengalamannya.yayasan-yayasan yang menaungi mereka pastinya tidak bisa menjamin 100% bahwa tenaga kerja yang mereka salurkan itu baik,jujur,telaten. dan tidak ada orang yang bisa menjamin individu lain. yang saya cermati tentang yayasan yaitu mereka hanya uji test kemampuan global, tidak mungkin yayasan itu mengetahui detai si tenaga kerja.

saran saya, Moms....jika akan bertransaksi dengan yayasan alangkah lebih baik kita lakukan background check legalitas yayasan, sistem penyaluran, dan surat perjanjian.
- interview secara langsung dengan calon tenaga kerja, contoh : dengan menanyakan bisa membaca menulis, mabok saat berkendara, pengetahuan tentang anak,habit saat dia bekerja di majikannya sebelumnya, sterilisasi botol, dan bersedia untuk uji tes kesehatan.

setidaknya kita sebagai calon pengguna jasa lebih merasa nyaman saat bertransaksi dengan yayasan.

24

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Hai Bunda...
Mau sharing aja nih.
Hari Sabtu kmrn aku ke tempat bu ester arfaprima yg di tebet itu.
Dapet babysitter senior utk newborn, krn perkiraan bayi aku lahir akhir desember.

Admin 1.5 juta.
Sallary 2.7 juta include cuti.

Fyi, bu ester cerita kmrn katanya utk kedepannya mau berdori sendiri dengan nama yayasan Bunda Naomi.

Aku bantu share aja bantuin ibu ester. Hehe..

Mudah2an BS aku awet2..

25

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

nidya

Pembantu com itu cuma kayak media bagi penyalur2 PRT. Masalahnya seperti yang saya tulis di atas, belum tentu yang ditulis oleh penyalur di website sesuai dengan kenyataan karena pembantu com benar2 tidak bertanggung jawab.
Pengalaman saya cari di pembantu com, saya filter langsung cari PRT yang sangat mahir (5 bintang), selalu dapetnya dari Suragung / Suraservice/ Suraservis. Gaji nya bombastis dan admin yang gak kalah mahal. Kenyataannya, pembantunya gak ada yang bisa kerja. Ternyata setelah posting di web, ada lagi yang mengalami hal serupa:

http://izox.blogspot.nl/2008/05/daftar-yayasan-babysitter.html?showComment=1448816098039

Saya sendiri sudah mencoba menghubungi pembantu com, meminta mereka mengevaluasi lagi yayasan tsbt, terutama mengenai kriteria pembantu yang mereka berikan. Tapi yah, tidak ada respon sama sekali.
Jadi intinya, pembantu com cuma kumpulan yayasan promosi pembantu masing2. Tetap kembali ke seberapa bagus/bertanggung jawab yayaysan tersebut dan kualitas pembantu yang mereka rekrut.