1

Topic: Anak-anak Dan Media Sosial

Gak tahu nih, enaknya ditaruh dimana ya? Disini, atau di topik lain? Gampang lah ya, bisa dipindah kapan saja.
Jadi ceritanya kemarin lihat ada bu Elly Risman di stasiun TV ngobrolin soal ibu-ibu yang membuatkan akun Media sosial untuk anaknya. Akun atas nama si anak, dan berisi semua foto anaknya. Tapi karena baru nonton di acara yang hampir selesai, jadi masih banyak rasa penasarannya nih. Apalagi aku termasuk ibu yang sering mengunggah foto anak ke media sosial. Meskipun bukan buat akun khusus anak-anak, tapi sebagian besar akun IG dan FB ku isinya photo atau video Kira dan Kara.
Kalau menurut mama-mama gimana ya? Aman gak sih mengunggah foto/video anak kita ke media sosial? Batasan apa sih yang jadi pertimbangan ini layak diunggah, dan tidak layak diunggah? Pertimbangan tujuannya apa ketika mengunggah foto anak?
Halah, banyak banget pertanyaan nya. Maap yaa.. penasaran soalnya.. :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

2

Topic: Anak-anak Dan Media Sosial

Aku sekarang mulai ngurangin posting foto anak di media sosial. Kebanyakan nonton csi cyber kayaknya. Tapi waktu ikut acara digital sisterhood jg sempat diingatkan sekali upload foto di mana aja itu akan ada selamanya, yg dibilang digital footprints kl gak salah.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

3

Topic: Anak-anak Dan Media Sosial

wiwit,
aku sempat liat acara itu. yang pasti kalo kata bu elly... untuk membuat akun medsos itu kan ada ketentuan umurnya minimal berapa. jadi patuh pada itu aja.

ya betul wit... memang ada juga yang membuat akun medsos misalnya di IG berisi foto2 anak dengan gaya. udah ganteng/cantik bajunya keren dan gayanya juga memang menggemaskan.

aku pribadi sih lebih nyaman kalo di medsos sendiri ngga posting foto anak secara jelas. kalaupun iya biasanya wajahnya aku tampilkan sebagian kecil aja.

hasilnya?
kalo ketemu temen malah pada pangling karena ngga pernah liat foto mereka di medsos. :D

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

4

Topic: Anak-anak Dan Media Sosial

Wiwit, kalo gw, karena anak udah tweens alias pra remaja, gw ngebolehin mereka punya akun media sosial. Sebenernya pengen nggak ngasih tapi gw juga merasa nggak adil buat mereka karena mereka sudah cukup besar dan punya opini sendiri mengenai hal ini, apalagi teman2nya juga punya. Eh tapi bukan krn peer pressure jg gw ngijinin mereka punya sih, tapi karena gw berpendapat, biar bagaimana pun, mereka bisa kok mengambil manfaat positif dari dunia maya dalam hal ini media sosial..

ah jadi pengen nulis tentang ini, hehehe..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

5

Topic: Anak-anak Dan Media Sosial

ZataLigouw
ayyooo ta, tulis taaa... Biar kita tahu berbagai pendapat dan alasan, baik yang pro maupun kontra. Jadi bisa dipilih mana yang cocok untuk masing-masing yaaa.. Every family has its own battle kan.
Jadi nanti pas masanya Ki-Ka menginjak usia tweens, aku sudah prepare. haha... Sumpah ini emak-emak parno! Kalo bisa dikekepin, dikekepin aja deh anaknya. Tapi anak bukan boneka, jadi let them grow!

Teh Ninit,
naaah iya teh, gara-gara bu Elly juga nih jadi penasaran Dan galau juga. Sama seperti Ella aku kebanyakan nonton film detektip. :D Trus pernah lihat yang tayangan di youtube yang social experiment itu, tentang socmed. NGeri juga euy. Jadi kalaupun siap dengan anak punya socmed sendiri, wejangan dan narasinya untuk pembekalan bakalan lama dan panjang bangeeett.. :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's