1

Topic: Imunisasi

Haloo Mom Acie,

Thanks for sharing ya mom. ternyata emang penting banget ya vaksin ini. Saya juga heran kenapa vaksin ini sekarang jarang. Lagi nyoba nanya-nanya ke rs lain niih mom semoga secepatnya bisa vaksin ini.

Semoga cepet sehat lagi ya anak-anaknya Mom Acie. Katanya kalau sudah keburu kena cacar sebelum vaksin jadinya ga usah vaksin lagi ya mom? Karena katanya jadi udah kebal.

"The way to be a good mother is to be a good enough mother." Donald Winnicott

2

Topic: Imunisasi

Sharing pengalaman imunisasi kmrn, anakku baru 3m, kmrn baru aja imunisasi DPT ke 2 di puskesmas, ternyata emang ga bayar sama sekali, klo DPT ke 1 di rs swasta yang ga pake panas hrganya mihil habis 600an ribu. Memang ada harga ada rupa klo yng sekarang lwbih rewel.

3

Topic: Imunisasi

vaksin varicella/cacar air heboh bgt ya. kemarin antrianku 800an aja di bwch pdhl stok baru ada awal thn depan. padahal kirain rs mahal dikit yg vaksin krn hrga vaksin2 lain pun selangit disini.

4

Topic: Imunisasi

miraQueen
Woooww antrian 800an!! Heboh banget. Aku dapet vaksin cacar dulu di sam marie sisa 2. Baru tau kalo bs antri tempat buat cacar..

Full time mother. Part time anything else ;D
IG: fitrahadyaksa

5

Topic: Imunisasi

Hai mamas..
Mau sharing info sedikit mengenai pencarian vaksin varisella dan MMR yang seperti menghilang dari peredaran hampir setahun belakangan ini ya. Aq juga tadinya sempet heboh bin panik nyari sana sini..nelponin semua RS, nanya2 temen dan akhirnya dapetnya vaksin varisella di Rumah Vaksin Kramat Jati. Mamas bisa googling ada banyak deh cabangnya, tapi yang di Kramat Jati itu pusatnya dan ditangani langsung oleh dr. Piprim jam 5-8 sore.

Bulan lalu anakku vaksin varisella disitu sekalian influenza 2 nya. Hari ini jadwalnya MMR dan PCV 4, barusan aq call dan thank God ada semua vaksinnya :)

Bagi yang belum tahu, di Rumah Vaksin kita gak dikenakan biaya jasa dokternya loh, jadi cuma bayar vaksinnya dan ada biaya admin saja yang cukup murah ;) trus sambil nunggu dr nya nyiapin vaksinnya aq sambil aja nanya2 ttg yang lainnya hehehe..

6

Topic: Imunisasi

Hallo Mamas..buat yang nyari vaksin varicella, sepertinya sekarang sudah mulai ada eh, mungkin bisa dicek dulu ke rumah sakit tempat biasa imunisasinya.

sama kaya yg lain aku juga udh nyari vaksin ini ampir 2 tahunan, dan udah sempet antri juga di Hermina Depok.

2 minggu yang lalu iseng nanya ke poli anak, udah ada blm vaksin varicellanya, mereka bilang ada dan kalau mau skrg juga bisa aja, trs saya bilang saya udah pesen juga sih kok ga ditelepon yah, trs mereka jawabnya mungkin blm tiba di nomor antrian ibu.

tapi jumat lalu saya telepon lagi dan mereka bilang ada dan bisa langsung vaksin, jadi yaudah daftar aja, akhirnya sabtu lalu jadi juga deh imunisasi cacar air ini. total biaya semua kurleb 590an, pake vaksin varilix.

A Mother Always Bring Extra Love...

7

Topic: Imunisasi

Haloo Moms

Saya juga mau sharing tentang vaksin varicella. Akhirnya pencarian vaksin cacar pun berakhir sudah hehehehe.. kemarin, anak saya 13 bulan divaksin di rumah vaksin kramat jati.seperti di postingan saya sebelumnya saya juga udah sempet antri vaksin ini di beberapa rumah sakit dan dapet antrian ratusan. Minggu lalu saya keinget tentang rumah vaksin dan saya pun langsung whatsapp rumah vaksin ini dan pada waktu itu vaksin masih kosong. Tapi tiba-tiba jumat kemarin saya dapet whatsapp dari rumah vaksin kalau vaksin varicella sudah ada. Saya pun langsung buat janji sore itu juga. Saya ketemu dengan dokter Elsa. Urusan suntik menyuntik vaksin pun ditangani oleh beliau. Lega banget deh moms udah dapet vaksin varicella ini. Kalau ada yang lagi nyari juga bisa coba dihubungi rumah vaksin kramat jati ya moms kata dokternya mungkin persediaanya cuma bertahan semingguan ini karena terbatas plus banyak banget yang nyari.

Oia kemarin anak saya juga jadinya vaksin varicella simultan sama pcv 1. Akhirnya setelah galau soal pcv ini, saya dan suami mutusin untuk ngasih imunisasi pcv ini (kemarin pake pcv 13). Anak saya udah 13 bulan jadi cuma suntik dua kali saja selang dua bulan dari suntikan pertama.
Harga vaksin di rumah vaksin ini jauh lebih murah daripada di rs biasa. vaksin varicella 400rb dan vaksin pcv 13 750rb. Lumayan banget hemat banyak hehehhe..

Hth ya Moms :)

"The way to be a good mother is to be a good enough mother." Donald Winnicott

8

Topic: Imunisasi

mbak, saya mau tanya, imunisasi anak saya (3,5 bulan) berantakan, imunisasi pertama (hb0, polio 0) 1 hari setelah lahir di Rumah Sakit, imunisasi kedua (hb2) ketika umur 1 bulan di dokter anak yang mengatakan tidak mengapa langsung hb2 karena hb 0= hb 1, kemudian imunisasi selanjutnya (bcg) ketika umur 1,5 bulan di dokter anak juga, selanjutnya umur 3 bulan imunisasi dpt3, hb3 & polio4 , seharusya imunisasi dpt 1 + hb2, polio 1 tapi bidan mengatakan karena anak saya sudah disuntik hb2 jadi tidak bisa mendapatkan imunisasi dpt+hb2, polio 1, jadi langsung saja dp3+hb3,polio4 , yang saya ingin tanyakan, sebenarnya apa tidak akan ada efek buruk dari imunisasi yang tidak berurutan tersebut ?apakah tidak mengapa anak saya dari polio 0 langsung ke polio 4, & langsung dpt3? kemudian utk selanjutnya apakah saya harus imunisasi dpt 1 lagi ? apakah saya harus tetap ambil imunisasi polio 1&2 ?

9

Topic: Imunisasi

mom aljauziyah
sepertinya tidak apa2 kalo tidak berurutan seperti itu, dan kalo sudah ke stage berikutnya, tidak perlu mengulang vaksin yg stage sebelumnya belum diambil...
aku juga pernah nanya hal yg hampir sama ke bidan..
jadi penjelasannya demikian : imunisasi adalah memasukkan virus yg sudah dilemahkan supaya tubuh membuat imun alami terhadap virus tersebut
nah, seiring petumbuhan bayi, virus yg dimasukkan juga ditambah kekuatannya, supaya imun alami yg terbentuk juga bertambah kuat...
jadi kalo sudah dapat DPT 3, ngga perlu lagi ngulang DPT 1 krn virus di DPT 1 itu lbh lemah dari yg di DPT 3...jadi dilanjutkan sj imunisasinya ke stage brikutnya...
begitu kira2 rangkuman penjelasan bidan yg bisa aku tangkap
maaf, kalo ada yg lebih tahu dan penjelasan saya kurang pas, bisa diluruskan...
kalo tidak salah, di TUM kita juga bisa konsultasi ke expert kok...ada DSA dll...tapi caranya bagaimana ya, mom Mod ? mungkin bisa diarahkan ?

have been through a long way to motherhood, n find the most emotional life-enhancing journey a woman can make

10

Topic: Imunisasi

bingung deh ya buat vaksin varicella kemana lagi :( minggu lalu abis konsul skalian vaksin campak, pcv sama hib yg kedua langsung disuruh daftar sama dsa nya mika (anak gw). Kebetulan anak gw konsul dsa di kmc dan abis konsul langsung daftar, pas dibagian informasi dikasih tau katanya varicella lg kosong dan blm tau ada pastinya kapan tp ttp bisa daftar dulu. Trs gw dioper ke farmasi buat daftar dulu aja.

Pas di farmasi gw shock aja mika kebagian nmr ke 1000 lebih. Buset makkk anak gw udh 9 bln dan harus vaksin varicella 3 bln lagi sementara skrg msh nmr 200 sekian dan lagi kosong pula..

gw coba telf rs abdi waluyo menteng katanya jg lg kosong dan gabisa daftar... Aduh pusing :(

Trs coba ke ypk daftar lagi, katanya kalo mau varicella tuh harus daftar dr staun sblmnya. Tapi gw tetep aja daftar dulu, abis bingung ya jd di daftar2 aja deh. Nanti katanya mau di telf soalnya disitu jg lg kosong. Langka bgt ya si varicella itu

Info dong mak kira2 yg ga pake antri gt dmn ya? Atau ga kira2 yg antriannya ga banyak bgt gt ada sih?

Thank you

Laugh often& live well.

11

Topic: Imunisasi

tasyaby, coba ke Rumah Vaksin mom. Googling alamat rumah vaksin yang terdekat dengan lokasi rumah deh. Kemarin itu aq juga gitu, udah nyari 3bulan gak dapet2 akhirnya dapat pencerahan untuk cek ke Rumah Vaksin Kramat Jati daaaan langsung dapet ;)

Teman lain yang lagi cari juga aq info untuk cari dan dia dapet di Rumah Vaksin di Bekasi yang deket dengan rumahnya.

12

Topic: Imunisasi

Dear mamas,

mohon maaf sebelumnya bila pertanyaan saya ini sdh pernah dibahas sebelumnya. kemarin saya hadir di PESAT ttg imunisasi dan baru tahu kalau imunisasi itu bisa simultan (lebih dari 1 vaksin dalam sekali kunjungan). nah, bayiku sekarang usia 2 bulan dan list vaksinnya cukup banyak ya.

polio, BCG, DPT, HiB, rotavirus, dan PCV. adakah yg pengalaman imunisasi simultan dg 5 atau 6 vaksin sekaligus (berarti 5-6 kali suntikan ya)? jika ya, KIPI-nya spt apa? anak jd sangaaat rewel kah atau masih bisa diatasi?

oya imunisasi di puskesmas benar2 gratis kan? ga ada pungutan apapun?

makasih sebelumnya, mamas :)

-Febi, a new mom

Cheers,

F
tempatceritamama.wordpress.com

13

Topic: Imunisasi

@mom febifebi
setahuku, imunisasi simultan itu bukan beberapa vaksin disuntikkan secara berurutan, tetapi ada 1 vaksin yg isinya sekaligus bbrapa virus...*CMIIW
misalnya yg baby abhe dapet tuh namanya pentavalent, kalo ngga salah isinya sekaligus ada 3 virus, salah satunya DPT ...lainnya apa yaaa...lupa...ada sih catetannya di KMS nya... jadi bukan baby disuntik beberapa kali

setahuku juga, imunisasi di puskesmas itu gratisss tisss...tapi untuk imunisasi wajib saja... untuk imunisasi yg disarankan (bukan diwajibkan) spertinya tidak ada di puskesmas, tapi ada di RS ato praktek swasta dokter ato bidan

baby abhe selalu imunisasi di praktek bidannya dia waktu lairan...karena dilaksanakan hari minggu, secara aku working mother, jd pilih hari minggu aajah di praktek swasta biar ga ijin... dan kalo habis itu baby abhe anget, masih ada aku yang nungguin...

have been through a long way to motherhood, n find the most emotional life-enhancing journey a woman can make

14

Topic: Imunisasi

febifebi wrote:
Dear mamas,

mohon maaf sebelumnya bila pertanyaan saya ini sdh pernah dibahas sebelumnya. kemarin saya hadir di PESAT ttg imunisasi dan baru tahu kalau imunisasi itu bisa simultan (lebih dari 1 vaksin dalam sekali kunjungan). nah, bayiku sekarang usia 2 bulan dan list vaksinnya cukup banyak ya.

polio, BCG, DPT, HiB, rotavirus, dan PCV. adakah yg pengalaman imunisasi simultan dg 5 atau 6 vaksin sekaligus (berarti 5-6 kali suntikan ya)? jika ya, KIPI-nya spt apa? anak jd sangaaat rewel kah atau masih bisa diatasi?

oya imunisasi di puskesmas benar2 gratis kan? ga ada pungutan apapun?

makasih sebelumnya, mamas :)

-Febi, a new mom


Mom Febi, anakku Luke juga selama ini sebisa mungkin imunisasinya simultan tapi biasanya hanya 2 vaksin mom. Sebab kan itu disuntik 2x ditempat yang berbeda. Kalau kebanyakan kasian mom dan saya juga gak yakin dokter akan menyarankan lebih dari 2 ya, cmiiw.
Positifnya dengan imunisasi simultan adalah meminimize juga kunjungan ke dokter, jadi anaknya gak trauma harus sering-sering ke dokter untuk disuntik. Selama ini sih Luke gak pernah rewel yang gimana-gimana, sewajarnya saja.

Saya belum pernah ke puskesmas, tapi mungkin hanya biaya admin ya mom.

15

Topic: Imunisasi

tika ibuabhe wrote:
@mom febifebi
setahuku, imunisasi simultan itu bukan beberapa vaksin disuntikkan secara berurutan, tetapi ada 1 vaksin yg isinya sekaligus bbrapa virus...*CMIIW
misalnya yg baby abhe dapet tuh namanya pentavalent, kalo ngga salah isinya sekaligus ada 3 virus, salah satunya DPT ...lainnya apa yaaa...lupa...ada sih catetannya di KMS nya... jadi bukan baby disuntik beberapa kali

setahuku juga, imunisasi di puskesmas itu gratisss tisss...tapi untuk imunisasi wajib saja... untuk imunisasi yg disarankan (bukan diwajibkan) spertinya tidak ada di puskesmas, tapi ada di RS ato praktek swasta dokter ato bidan

baby abhe selalu imunisasi di praktek bidannya dia waktu lairan...karena dilaksanakan hari minggu, secara aku working mother, jd pilih hari minggu aajah di praktek swasta biar ga ijin... dan kalo habis itu baby abhe anget, masih ada aku yang nungguin...



cmmiw ya, yang 1 vaksin untuk beberapa penyakit namanya imunisasi combo. Jadi paketan gitu kayak makanan hehehe.

16

Topic: Imunisasi

@mom evaws...
eeehhhh...iya dhengg...benerrrr...yang aku ceritain itu imun combo...bukan simultan... tengkyu for correcting

have been through a long way to motherhood, n find the most emotional life-enhancing journey a woman can make

17

Topic: Imunisasi

dear mom tika & mom evaws,

makasiiih banget penjelasannya. berarti kira2, bayiku cm dapet 2 atau 3 suntikan vaksin kali ya:

- kombo DTaP-Hib (Pentacel) -> abis baca2 handout PESAT lg
- bcg
- polio (kalo polio yg kedua dst sebenarnya oral atau suntik ya?)

terus moms ada yg tau, vaksin rotavirus itu oral atau suntik? krn ada jadwal rotavirus jg.

daaan, vaksin pcv tahun ini sdh wajib atau msh opsionalkah? kan mahal banget tuh.

maaf ya banyak nanya hehehe. makasiiih

Cheers,

F
tempatceritamama.wordpress.com

18

Topic: Imunisasi

Mom febifebi
Setauku, polio itu 4x mom, all oral ya. Rotavirus immunisasi oral dibrikan sblm 14/16w gt (lupa lg) buat diare harganya 200an
Pcv masi disarankan saja mom, pemberian 3-4x dibawah setahun (tergantung umur pemberian pertama pcv), 2x diatas setahun, 1x jk dberikan pd usia 2y. Cmiiw ya

19

Topic: Imunisasi

@Mom Deenasantoso, terima kasih banyaak infonya :)

oya, kebetulan aku rencana ke puskemas imunisasinya tp katanya vaksin yg nonsubsidi ga tersedia gt ya, spt rotavirus? kita tuh bisa beli vaksin sendiri gitu ngga sih di apotek? kali gt bisa dibantu kasih vaksinnya sm tenaga medis yg nanganin nnt.

maaf ya banyak tanya moms. msh awam bgt nih

Cheers,

F
tempatceritamama.wordpress.com

20

Topic: Imunisasi

febifebi
Di puskesmas memang hanya imunisasi subsidi pemerintah saja yang tersedia. Kalau yang non harus cari ke RS. Kalau mau lebih murah bisa ke Rumah Vaksin, hanya bayar biaya vaksinnya saja, jasa dokternya tidak bayar. Tapi saya denger2 seperti vaksin varicella or MMR yang sekarang sedang langka di RS itu bisa juga didapet di Apotik Harmony ya? tapi tidak disemua apotik mom, karena itu kan bukan obat bebas :) HTH

21

Topic: Imunisasi

evaws wrote:
febifebi
Di puskesmas memang hanya imunisasi subsidi pemerintah saja yang tersedia. Kalau yang non harus cari ke RS. Kalau mau lebih murah bisa ke Rumah Vaksin, hanya bayar biaya vaksinnya saja, jasa dokternya tidak bayar. Tapi saya denger2 seperti vaksin varicella or MMR yang sekarang sedang langka di RS itu bisa juga didapet di Apotik Harmony ya? tapi tidak disemua apotik mom, karena itu kan bukan obat bebas :) HTH


@mom evaws: hmm I see I see... makasih banget infonya mom! :)

Cheers,

F
tempatceritamama.wordpress.com

22

Topic: Imunisasi

Hi mom, imunisasi MMR disarankan gak sih? soalnya kan banyak perdebatan tuh kalo aku baca2 di inet. Aku sih udah tanya dokter dan gak masalah kata dia terserah ortunya mau di imun itu atau enggak tapi ya kok aku ragu dari omongan2 orang tentang MMR itu. share dong mom yang udah pengalaman imunisasi MMR. Tks

23

Topic: Imunisasi

riyantibl
Anakku, Luke, sudah divaksin MMR loh waktu 15bulan (sekarang 17bulan). Perdebatan yang mana nih mom maksudnya? yang katanya menghambat kemampuan bicaranya? Luke sekarang udah ngoceh macem2 mom.

Itu mitos kali mom, tidak ada dasar ilmiahnya bahwa vaksin itu akan menyebabkan perkembangan si bayi terhambat / terganggu. Kalau iya pasti sudah ditarik oleh WHO.

24

Topic: Imunisasi

riyantibi
Mngkn dpt broadcast MMR menyebabkan autisme? Hoax mom..
Mamod boleh share link ini kah maaf kl tdk berkenan dihapus aja postingannya.. hehe
Dr. Soedjatmiko, SpA(K), MSi: Tanya jawab kehalalan dan keamanan vaksin | iluvimunisasi -"Love Them, Protect Them, Immunize Them" - https://iluvimunisasi.wordpress.com/2012/01/13/dr-soedjatmiko-spak-msi-tanya-jawab-kehalalan-dan-keamanan-vaksin/
IDAI – Ikatan Dokter Anak Indonesia » MMR Tidak Menyebabkan Autisme (Bagian 2) - http://idai.or.id/public-articles/klinik/imunisasi/mmr-tidak-menyebabkan-autisme-bagian-2.html

25

Topic: Imunisasi

Riyantibi, anakku kedua-duanya vaksin MMR, alhamdulillah sehat dan semuanya bawel sampai sekarang :)