1

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

LokahittaLover,
selamattt atas kehamilannyaaa :) sehat selaluuu... semoga lancar breastfeeding during pregnancy-nya. in syaa Allah lancar sehat. semangat yaaa LokahittaLover.

kadang emang ga kebayang punya anak lebih dari 1. wah 1 aja udah capek banget yaa... gimana kalo lebih dari 1. tapiii kalo udah dijalanin... bisa loh ternyata :)

LokahittaLover, you are not alone. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

2

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

LokahittaLover selamattt yaa, kebayang sih awalnya pasti gimana gitu rasanya ya, tapi pasti bisa kok, semangat yaaa... sering2 aja cek thread ini dan thread2 lainnya di TUM biar tambah semangat :)

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

3

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Pengen sharing juga....

Anak pertama saya Arka 3th 8bln. Anak kedua Aya 1th 2bln. Dan sekarang saya hamil 8 minggu.

Sempat kaget dan galau juga sih, karena pengen nenenin sampai anaknya merasa cukup dan minta berhenti sendiri. Soalnya dulu pas anak pertama ga sampai 2th uda sapih karena saya hamil dan sempat ada ancaman keguguran. Alhamdulillah, berhasil weaning with love.

Sekarang juga masih nenenin, tapi sekuatnya aja. Alhamdulillah-nya Aya langsung mau minum sufor. Paling kalo pas ngantuk aja dan ada saya dia maunya nenen langsung. Masih belum tega untuk mulai wwl ;)

4

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

hai neni_arka
waaa.. selamat untuk kehamilannya... Belum sempat ketemuan lagi nih. Semoga lancar ASI dan kehamilannya yaaa.. Masuk BC mana nih? Semangat terus untuk perjuangannya, mama!

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

5

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Ikutan sharing..

Waktu anak pertama usia 13 bulan, tnyata saya hamil anak ke 2.
Tetap berusaha menyusui selagi tidak ada masalah dengn kehamilan, klo mulai terasa kontraksi dihentikan dulu.
Alhamdulillah berhasil menyusui si kakak sampai adeknya lahir, bahkan setelah itu jadi tandem nursing :)

Semangat yaa..

6

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Alhamdulillah....ketemu thread iniii T_T

Dear Mama-mama semua, saya lagi galau berat. Anak pertama saya usia 9 bulan, sebulan yang lalu saya testpack dan hasilnya positif, campur rasa antara kaget seneng dan bingung. Cek ke dokter ternyata saya hamil 8 minggu.

Sebenarnya pengen banget Baby Athar (anak pertama) dapat ASI minimal ampe setahun, tp hasil pumping sekarang seret ret ret... stock ASIP di freezer 13 botol @100 ml. Sementara sekarang sekali pompa yang tadinya bisa 150-200 ml menurun drastis menjadi sekitar 100-150 ml. Sebelum ketahuan hamil saya pikir karena intensitas memompa saya berkurang yang tadinya sehari 3 kali pompa menjadi 2 kali saja. Ternyata saya hamil.

Minta saran nih para Mama, gimana caranya ya ma? supaya saya tetap bisa ngasih Athar ASI sampai setahun. Apa dengan menambah porsi MPASI bisa jadi jalan keluar? saat ini Athar menghabiskan ASIP 300-400 ml kalau saya kerja, sementara hasil pompa sehari di kantor antara 200-300 ml saja sekaranga... :(

hiks..hiks..mohon sarannya Moms...
Terima kasih.

7

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Halooo afirahma...
selamat ya atas kehamilannya... semoga kandungan dan ibu selalu sehat... biasanya (meski ngga semua) produksi ASI ibu hamil memang agak sedikit seret. mungkin karena reaksi tubuh yang secara otomatis mengutamakan asupan bagi janin.

saran saya, sebaiknya lebih perhatikan asupan ibu. makan yang cukup dan bergizi. karena sekarang yang mau dikasih makan ada 3orang kan. terus jangan stres. kalau memang produksi asi berkurang waktu dipompa, ya uda gapapa. disyukuri saja. nanti pompa lagi. makin stres, ibu pusing, asi seret, janin jg kurang nyaman. tetap optimis ya... :)

kakaknya jg sdh cukup besar. 9 bulan mpasi uda bisa macem2. dilanjutkan aja. porsinya sesuai usia dan berat badan aja ya.

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

8

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Dear mb Mrs. Doyi,

Terima kasih banyak sarannya mbak. Insya Allah asupan makanan sudah ditambah, mengingat sekarang tiap dua jam saya sudah kelaperan berat. Jadi selalu stand by cemilan buah/roti di meja.

kalau untuk ASI nya Athar (anak saya yang pertama) stoknya kan mulai kejar2an nih mbak, apakah gak papa saya kasih sedapetnya saya pompa? (maksudnya ketika stok asip freezer saya habis, pompa hari ini berapapun jumlahnya saya kasih untuk besok meskipun misalnya hanya 2-3 botol dari yang semula 4-5 botol), apakah gak papa ya mb?

Mohon sarannya mb...
makasih banyaaaak..... :')

9

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

kl menurutku sih gpp sih mbk, mdh2an asupan dr mpasinya cukup variatif dn anaknya doyan maem. kan emang anak tambah gede, minum asi nya jg mulai berkurang. tp yang paling penting, ada progress positif dr si kakak, diperhatikan kenaikan berat badannya dn keaktifan si kakak. jadi mungkin mpasi nya yg dibuat se variatif mungkin, supaya si kakak dpt gizi yg cukup..

10

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

mom rahmi jegeg , makasih mom sarannya, Alhamdulillah jadi tambah semangat buat ngasih yang terbaik buat debay dan calon adeknya. Sekarang sudah mulai mengatur waktu pompa lagi dan memvariasikan makan buat Athar sekaligus menjaga asupan nutrisi buat calon adeknya. Sekarang tiap dua jam saya makan (gak ketulungan dah lapernya :) ) Moga2 kita semua dimudahkan...Aamiin..

Mpasi untuk athar sudah ditambah. Athar juga sudah mulai tahu kalau lapar ya makan, kalau haus minum, lama2 Athar paham bahwa kalau lg lapar/haus/pengen sesuatu tidak harus disolusikan dengan nenen langsung emaknya. hehehe.

makasih saran2nya moms... :)

11

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Halo mommies, semangat terus yaa buat jaga kesehatan selama nursing in pregnancy ini! Saya sendiri sedang menjalani kehamilan (sekitar 9-10w) sambil menyusui si sulung yang udah berusia 15 bulan. Sayangnya, ASI saya makin tiris nih, sereett banget. Si sulung jadi uring-uringan, walau dia mau minum UHT tapi menurut papa mamaku sih dia kaya lagi sakaw gitu, berusaha melawan keinginan ngenen karena tahu isinya dikit tapi susah karena udah kebiasaan. Kasihaaan banget lihatnya. Kasihan papa mamaku juga yang ngasuhnya pusing karena si cucu yang biasa ceria mendadak jadi uring-uringan.
Saya sendiri akhirnya udah 2 minggu stop pumping di kantor walau saya agak belum rela kalau si sulung disapih, tapi jujur aja saya nggak siap mental buat tandem nursing dan takut si sulung rebutan nenen sama adiknya. Ngelihat pengalaman kakak ipar yang tadinya mau tandem nursing tapi gagal karena si sulung memonopoli mamanya dan ngamuk kalau adiknya nyusu, saya pikir mending anaknya disapih aja deh sebelum adiknya lahir. Beraatt, sedih, tapi semoga ini yang terbaik.

12

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Halo Mommies, mau sharing aja, Alhamdulillah saya sedang menghitung hari jelang melahirkan anak kedua. Alhamdulillah juga, anak saya yang pertama (Athar, 15 mo) masih nenen sama saya kalau malam. So far masih baik2 saja, kalaupun ada kontraksi2 sedikit saya berusaha sugesti diri sendiri sambil atur nafas. Alhamdulillah berhasil. sejak saya hamil anak kedua dan athar sudah umur setahun, minum susunya saya mix dengan UHT sih memang #apadaya

tiap kontrol ke dokter anak maupun dokter kandungan, semua juga sehat2 saja. Seneng banget rasanya masih bisa dikasih kesempatan kuat buat tandem nyusuin sembari hamil. Nantipun rencananya setelah melahirkan adeknya Athar, saya pengen tandem nursing antara Athar dan adeknya. Niat inipun juga didukung sama DSA nya Athar. Doain ya moms..mudah2an lancar dan sehat semua. Aamiin...

buat2 ibu2 yang lagi breastfeeding during pregnancy juga, semangat yaaa !! :)


AstridNK

Tetap semangat mom Astrid.. apapun nantinya (entah bisa tandem nursing maupun disapih), yakin aja itu yang terbaik. yang penting mama nya gak streess... saya juga gitu kmrn, sempet kepikiran nyapih Athar (waktu itu usia setahun, sayanya hamil 6 bulan), tapi gak tegaaa banget, akhirnya tetep nyusuin juga, meskipun udah stop pumping krn gak kuat.

tetep happy ya mom..biar si sulung maupun adeknya juga happy dan sehat smile

13

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

afirahma wah keren bisa tandem nursing while pregnant. Sehat terus sampai persalinan tiba dan bisa menyusui kedua anak-anak sampai self weaning ya :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

14

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Hallo ibu ibu, threadnya sudah lama tidak ada respon ya hehe. Saya mau ikut sharing juga nih

Saya hamil ketika anak saya (Akbar) berumur 5 bulan. Sekarang anak saya sudah 9 bulan dan usia kehamilan saya sudah sekitar 22 minggu. Tapi karena tekanan dari keluarga luar biasa besar, akbar akhirnya minum sufor juga walaupun asi saya masih keluar. Padahal DSA dan DSOG sudah kasih lampu hijau. Keluarga menekan saya karena liat anak saya terlihat jauh lebih kurus dibanding jaman asi eksklusif dulu (kebetulan akbar sempat sakit sampai turun berat badannya). Dibilangnya asi saya sudah terkontaminasi, asi saya bikin akbar sakit, jangan percaya dokter, inilah itulah. Apakah disini ada ibu2 yang punya masalah yang serupa dimana anaknya malah terlihat lebih kurus saat ibunya hamil? Akbar alhamdulillah nafsu makannya besar tapi tetep susah naik berat badannya.

15

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Gpp kok menyusuai saat hamil mom, pokoknya jaga makanan biar nustrisinya tetap terpenuhi. juga istirahat cukup ya biar selalu sehat. mama harus strong. kalau ada kendala selama hamil mom bisa hubungi dokter.

16

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Aku juga sama kok, hamil anak kedua waktu si kaka masih sebelas bulan dan tetep breastfeeding. Awalnya sempet bingung juga kaya ibu terus coba ku tanya dan kata DSOG nya gapapa ko asal liat kondisi badan dan harus bgt merhatiin nutrisi dan asupan gizinya. Saranku ibu kalau bingung coba konsultasi aja ke dokter.