1

Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

Pas banget nih topiknya, baby nadja 4,5 bln, kmrn rada batpil krn tertular kakaknya..hiks.. aq cobain oles YL eo jg tp aq pake yg RC..alhamdulillah hari ke 2 kok berkurang batuknya..tp krn bbrp hari lg mo ke bandung, jd aq bawa ke dsa, menurut dsa nya misal mo pake eo gitu sebaiknya airnya dikasih garam sedikit.
Akhirnya pulang dr dsa cmn dibawain breathy buat jaga2 kl diperjalanan tiba2 hidung mampet..
[list=1]

  • [/*]

  • 2

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    Rahmi jejeg,

    ga paham nih pake eo dikasih air trs garam?

    Imo, kadang kita sebagai ibunya memang paling ga tahan ya kl liat anak sakit, tapi bahkan luka terjatuh aja butuh waktu untuk sembuh, apalagi batuk..
    Ada baiknya kita tau apa penyebab batuk anak, apa karena alergi, asma atau influenza biasa?
    bisa jadi batuk bayi yang kita anggap remeh, ternyata berbahaya – atau sebaliknya, batuk yang sebenarnya tidak terlalu berbahaya membuat kita terlalu cemas berlebihan…
    Kl batpil yg kita bahas disini kbykn krn influenza ya, sy coba share tentang itu,
    penyebab flu adalah infeksi viral pada bagian hidung,
    tenggorokan dan saluran pernafasan utama. Batuk yang
    disebabkan oleh influenza biasanya akan berakhir seiring
    dengan hilangnya flu, yaitu sekitar 7-10 hari. Tapi pada
    sebagian kasus, ada juga yang batuknya terus berlanjut
    hingga 2 minggu.
    Batuknya biasanya bersifat basah, tanpa ada suara siulan
    ataupun ritme nafas bayi yang menjadi cepat. Biasanya
    batuk jenis ini terlihat pada bayi sepanjang hari,baik siang
    maupun malam. Gejala lain yang sering ditemui adalah hidung
    dan mata yang berair, bersin-bersin, serta demam ringan.

    Mengatasi batuk pilek krn influenza, sudah banyak tips yg dishare urban mamas diatas, sila dicoba mana yang cocok, imo, selama ada perbaikan kondisi dari waktu ke waktu sebenernya kita ga perlu kawatir, biarkan tubuh anak mengatasinya sendiri, yg perlu kita lakukan adalah memperkuat sistem imun anak kita dan membuatnya tetap nyaman walau dalam kondisi kurang fit, karena kadang yang bikin kita ga tahan liat anak batpil itu cranky nya, kbykn cranky krn anak ga nyaman, kl nyaman meskipun anak sedang batpil pasti tetep ceria seperti biasa
    jika ada demam diatas 37,5 derajat kita treatment supaya demamnya turun, ga perlu kawatir kl demamnya msh dibawah 37,5• Krn demam itu artinya tubuh anak sedang berusaha mematikan virus2 yg sedang masuk ke tubuhnya, dan sistem imunnya sedang bekerja dg baik..yg perlu kita lakukan hanya menjaga demamnya tetap stabil dibawah 37,5•
    Batuk pilek krn influenza akan sembuh sendiri 2-10hr tergantung daya tahan tubuh anak, Jika batuknya belum
    hilang juga setelah 10 hari dan hidungnya masih tersumbat,
    Baru kita periksakan lagi ke dokter anak

    Waduh, maap jd kebanyakan nulisnya x_x

    "The moment a child is born, the mother is also born. She never existed before. The woman existed, but the mother, never. A mother is something absolutely new.”

    3

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    Ach pas banget nih trit, baby Daanish 11mo batuk pilek uda hari ke-5 nih. Sejauh ini cmn home treatment aja, banyakin jus buah, asi, n sup kuah kuah. Cmn tetep aja ngliat ingusnya meler tanpa jeda plus batuknya yg kayaknya terdengar banyak dahak, rasanya pgn mnta obat ke dsa buat sembuhin batpilnya. Padal mah kalo common cold gini uda pasti sembuh dg sendirinya. Cmn ga tega liat baby meler n batuk batuk. Makan pun akhirnya rada picky,... *hiks :(

    Dan akhirnya saya harus kuat2in n nahan diri ke dsa, berharap virus ini sgera pergi dr my baby D. Huhuhhuu.. maaf curhat nih mamods.

    Btw pake eo bisa ngbantu ya? Kmrn kmrn cmn pake olbas kalo bobok malem, krn suka mampet idungnya...

    happy mommy, happy wivey @rarsyini

    4

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    hai moms...
    udah aku praktekin ilmunya nih... mulai dari uap pake telon yang ditaruh di bottle warmer dan lain sebagainya. Cuma babyku kemarin demamnya sampe 38,8. Karena saya takut jadi kejang demam, besoknya buru2 bawa ke dsa. Selama demam tinggi itu saya kompres pake kompresan bayi yang banyak dijual. trus tambahin kapas alkohol di kedua ketiaknya.
    Then saya kasih t*mpra drops sesuai anjuran dsa via telp. much better, Mike balik ke 37,2.
    diagnosa dsa baby Mike infeksi saluran nafas atas karena demamnya tinggi banget. Dapet obat batpil then kontrol seminggu lagi. Hari ini kontrol sih, moga2 udah gpp. Soalnya batuknya masih lumayan sering karena dahaknya ga bisa keluar.
    saya ada riwayat asma mom, jadinya kasian juga sama Mike, karena sempat terdengar bunyi ngik saat saya dengarkan pake stetoskop.
    Uap telon masih saya pake sampe sekarang karena enak juga masuk kamar aroma telon. ^^

    5

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    Moms,,Bayiku baru berumur 3 bulan lebih tp dia sudah kena batuk berdahak,,obat apa atau treatment apa yah yg bisa menyembuhkan bayiku..informasi moms sangat saya harapkan

    thanks

    6

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    Mukmin Badu
    Sependek pengetahuan saya, anak yang belum memiliki respon batuk, ketika batuk berdahak, orang tua wajib waspada. Karena respon batuknya masih lemah atau bahkan belum ada, dahak akan menumpuk dan berisiko masuk ke paru-paru. Waspadai jika bayi mulai sesak nafas. Treatment yang dulu pernah saya lakukan untuk Kira yaitu di uap atau di nebulizer. Saya bawa ke DSA, dan alhamdulillah DSAnya RUM, jadi ketika sudah mulai terlihat sesak, lalu di nebu. Setelah 2x nebu alhamdulillah nafasnya mulai lega. Masih pilek, tapi sudah gak sesak lagi. Lanjut mimik ASI yang banyak alhamdulillah sehat lagi.
    Belajar dari pengalaman teman dekat saya, bayinya kena infeksi paru-paru yang berawal dari batpil berdahak ketika usia 4-5 bulan'an.
    Semoga buah hatinya lekas sehat yaaa... :)

    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's

    7

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    Anak sy(2 bln) kmrn jg gt moms,batpil brdahak,udh sy uap sndri,,sy tts breathy jg ga meler hdungnya,,batuk brdahak sampe muntah 7x krna btukny ga brhenti2,akhr nya sy bwa ke DSA,dksh obat n dsuruh uap dan terapi sinar 3x,,alhamdulillah btukny sembuh,,nah sy kntrol lg tp ke dr.umum..hdungny msh grok grok,tp ga trlalu mampet..dksh obt jg sma dktrnya, kl dah gk mampet ga ush dikasih,,tp hbs sy ksh obatnya kq malah makin mampet hidungny gak siang gak malam,,skrg mlh btuk jg klo pas hidung mampet..itu gmn y moms,sy mnt saran hrus gmn lg,,udh sy tts breathy jg tp ga da meler ingusnya,,tp grok grok dan mampet gt,,

    8

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    hi mom.. babyku jg skr lg batpil.. usia 1,5 bln.. parno lah ya.. namanya mommy baru.. langsung buru" k DSA.. dikasih parcet drop sama sirup yg ingre nya ambroxol + hidroklorida.. bru baca kamar sebelah klo baby jgn dikasih AB.. tp udah terlanjur dikasih 2x ni mom.. baiknya gmn y.. lanjut lg ato ga.. kan klo AB harus habis klo udah d minum.. trus bingung jg knp d kasih parcet.. kan cm batpil gda panasnya..

    9

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    Anakku (4,5mos) minggu lalu baru aja batpil.Tapi sekarang pileknya udah sembuh, kmrn cuma pake jurus ampuh dijemur tiap pagi dan ASI yg banyak, tapi masalahnya untuk batuknya, skr sih dia udah ga batuk lg, tp dahaknya masih ada di tenggorokan. Bbrp kali anakku masih suka batuk (terlihat itu usaha dia untuk mengeluarkan dahak) tp tidak keluar2.Gmn yah cara biar bs keluar? Bbrp kali dia udah muntah sih, yg katanya kan itu refleks alami untuk mengeluarkan dahaknya, tp kayaknya masih tetep banyak aja tuh di tenggorokannya.

    10

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    prue, kalau aku better diberhentiin AB nya, disusuin aja terus dan sering dijemur ya mama. Semoga baby cepat sembuh ya batpilnya, duh kebayang khawatirnya krn masih baby banget.



    nandaholique, mungkin bisa dicoba diuap? siapin air anget dibaskon ditetesin essential oil atau meinyak telon dan diletakkan di dekat anak. Mungkin bisa membantu mengencerkan dahaknya. Saya pernah baca kalau batpil pada anak memang agak lama sembuhnya, bisa sampai 14 hari.

    Semoga anaknya cepat sembuh ya mama. Semoga membantu.

    11

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    Hi semua, Esa 11bln sedang batuk tanpa demam dan pilek. Sebetulnya agak sulit saya mendeskripsikan apa ini batuk atau bukan karena hanya terjadi ketika tidur.

    Yang terjadi...
    Biasanya terjadi ketika tidur, saat tidurnya sedang nyenyak. Awalnya suara nafas di hidung menjadi berat dan kemudian dia terbatuk2 hebat seperti tidak bisa bernafas. Seluruh badannya keras, mukanya merah dan keluar air mata. Hal seperti ini sudah terjadi 3 hari berturut2, ketika tidur siang & malam. Malam hari tidurnya jadi sering terbangun karena mengalami ini sekitar 4-5 kali.

    Tadi malam, saya taruh baskom isi air mendidih plus minyak kayu putih di pojok dekat tempat tidur. Bawang merah tumbuk plus minyak telon yang dioles di ubun2 dan telapak kaki. Sejauh ini belum ada kemajuan.

    Yang saya bingung apakah ini normal batuk ataukah hidung yang tersumbat sehingga tdk bisa bernafas dan akhirnya respon tubuh batuk? Atau bagaimana ya? Ortu saya dah mohon2 supaya Esa dibawa ke Dra. tapi saya masih bersikeras untuk menghindari obat2 kimia dulu.

    12

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    makesa
    CMIIW ya sebelumnya. Entah baca dimana, saya ingat kalau tubuh memiliki mekanisme membersihkan dirinya sendiri ketika malam. Semoga sih dalam tahap wajar ya. Kalau memang benar, mungkin daya tahan tubuhnya sedang bagus. Saat ini ada virus yang masuk, dan tidak berdampak signifikan pada daya tahannya. Sehingga ketika malam, tubuh masih melakukan fungsinya untuk membersihkan diri, berupa batuk. Sudah berapa lama batuk malamnya?
    Atau sekalian di cek tingkat kelembaban udara di kamar, dan debu-debu halus. Kemungkinan lainnya bisa karena alergi suhu atau alergi debu.
    Keduanya pernah terjadi pada kembarku. Kira pernah batuk pada saat malam saja, selama beberapa hari. 3-4 hari'an kalau gak salah ingat. Jadi ketika tengah malam dia tiba-tiba terbangun dan batuk agak kenceng. Setelah minum air putih lumayan banyak, tidur lagi. waktu itu saya gak kasih treatment apa-apa sih. Karena saya lihat dia masih fit dan juga sadar kalau harus minum air putih yang banyak, jadi saya pantau saja. Alhamdulillah pulih dengan cepat.
    Sedangkan Kara pernah tiba-tiba tengah malam hidungnya buntu dan nafasnya grok-grok. Ternyata debu-debu halus di kamarnya banyak. Meskipun tiap hari di sapu, tetap saja namanya debu halus dibawah tempat tidur itu bisa sembunyi. Jadi nafas grok-grok itu mulai berkurang ketika saya jemur kasurnya dan saya bersihkan di bawah matahari. Lumayan juga sih angkat-angkat kasurnya.

    Sebenarnya, kalau kata DSA kira dan Kara, akan lebih bagus di air mendidih yang dipakai untuk inhalasi ditambahkan garam. Larutan garam lebih bagus untuk membantu mengencerkan dahak. Sama seperti kandungan tetes hidung breathy kan NACl.

    Tambahan lagi, untuk bayi yang respon batuknya masih lemah, jika memang sudah kesulitan bernafas, mungkin bisa dibantu dengan nebulizer. Karena kalau sudah masuk ke paru-paru, bisa lebih berbahaya.

    Mungkin konsultasi dengan DSA yang RUM bisa membantu meringankan beban hati mama dan eyang-eyangnya. At least jika DSA memang berpendapat ini batuk biasa, dan masih normal, bisa dilanjutkan home treatmentnya. Dan kita gak khawatir lagi menebak-nebak ini karena apa.

    Semoga sedikit membantu ya mama, dan Esa bisa sembuh dan pulih dengan cepat!

    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's

    13

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    Kira Kara
    Debu halus mungkin saja sih, namun saat ini kemungkinan besar faktor asap yang jd penyebabnya. Kebetulan saya berada di Bukititnggi dan semakin hari asap akibat kebakaran hutan semakin menebal.

    Malam ini saya coba tambahkan garam deh. Terima kasih infonya mba Wiwit :)

    14

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    makesa,
    wah iya yaaa sedang ada kebakaran hutan... kebayang itu asap yang semakin menebal pasti ada efek bagi kesehatan.

    semoga hari ini membaik yaa makesa. kalo aku sih sarankan untuk bawa ke dokter yang RUM daripada menebak-nebak apa karena dokter kapasitas ilmunya tentu lebih baik daripada kita.

    semoga lekas sehat yaa baby Esa.

    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita

    15

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    waaaa.. iyaa.. asap itu pasti bikin gemes banget yaa.. Apalagi untuk keluarga yang punya bayi. Totally agree sama teh Ninit, lebih baik tanyakan ke DSA. Apakah karena pilek biasa, atau karena yang lain. Semoga udaranya segera bersih, dan Esa cepet sehat lagi.

    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's

    16

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    tehNinit, Kira Kara
    Direncanakan memang mau ke DSA kalau tidak ada perbaikan sampai hari Rabu besok. Karena asapnya sedang (nambah) parah, ga tega juga ajak ke kota naik motor. jd dicoba dulu home treatment :)

    Kemarin saya ikuti saran Kira Kara untuk menambahkan garam di air panas untuk inhalasi selain minyak kayu putih. Alhamdulillah, batuk malamnya berkurang, plus pagi harinya saya uap lagi. Sekarang sudah membaik, meskipun masih batuk sedikit2 tp tidurnya sudah nyenyak bahkan maunya tidur melulu.

    Terima kasih doa dan sarannya ya ??

    17

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    makesa
    woooww.. seneng bacanyaa.. Semoga virusnya lekas pergi, udaranya cepat bersih yaaa.. *tiup-tiup asapnya* :)
    *ketjup untuk Esa*

    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's

    18

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    Dulu arkan jg ngefek bgt pake air panas taroh dibaskom, campur minyak kayu putih. Nafasnya agak lebih enakan. Baru tahu jg kalo bisa tambah garam. Thanks infonya buibu, kebetulan aku lagi pilek. Coba ah

    19

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    wah baru tahu juga bisa tambahin garam untuk uap. Semenjak punya eo RC, jadi andalan banget ketika anak-anak batpil, alhamdulillah cocok, dioles atau ditetesi di baskom yang sudah diisi air panas.

    gws ya mama miraQueen.

    20

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    makesa,
    sekarang gimana kabarnya? semoga terus membaik yaa...

    kemarin ada sodara dateng dan cerita ttg efek asap... duhhh :'( batuk2 udah pasti.
    itu kemarin karena cuaca clear... jadi bisa terbang ke bandung, jenguk uwa yang sakit.

    ipeh,
    ipeh cocok yaa pake EO RC. kayaknya kalo udah batuk parah, efeknya kurang kerasa ya kalo gue. better kalo mulai kerasa ngga enak, pake RC yaa jadi mencegah.

    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita

    21

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    moms... baby abhe baru baikan dari pilek...ngga batuk seyh...tp hidungnya kaya mampet dan nafasnya bunyi grokgrok... kalo orang jawa bilang si bayi lagi "sumeng"
    pas sumeng minggu lalu, pas jadwal pijit... nah, dari mbah pijit ini, dikasih bubuk kemukus dll (rempah2 jawa), trus aku disuruh parut bawang merah sebiji mpe halus, dicampur bubuk kemukus itu plus air dikit, jadilah adonan, ditempelin di kepala/ubun2 depan bayi... ini yg orang jawa bilang "pupuh"..
    kalo adonan sdh kering, bisa diambil dan dibersihkan...tapi harus dijaga jgn sampe baby ngambil/senggol2 adonan di kepala itu dan masuk mata...
    adonan ini mengeluarkan udara hangat dan menyengat yg fungsinya melonggarkan pernafasan...
    kalo menurut aku si...fungsinya sama aja dengan transpulmin yaaa...untuk melegakan pernafasan...
    mmg setelah dipupuh setiap hari grok2nya berkurang, dan setelah hari ke 4 hampir nggak ada lagi grok... jadi tadi pagi udah nggak aku pupuh lagi..
    moga2 pileg / sumeng nya bener2 ilang, baby abhe sembuh total

    have been through a long way to motherhood, n find the most emotional life-enhancing journey a woman can make

    22

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    Baby ciel kena batuk pilek 1, nafasnya grok grok dr semalam. Pedih ya rasanya liat anak sakit huhu.... Dikasih minyak telon seluruh badan, tidur di bantal yg lebih tinggi dan pengen coba aromaterapi listrik dikasih campuran minyak telon dan minyak kayu putih. Besok mau mulai jemur pagi. Sebenarnya bisa ga ya pake sromaterapi listrik atau harus pake baskom isi air panas? Yg diperlukan uap atau wangi nya sih buibu?

    23

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    Kalau aku kmren waktu anak aku batpil.. biar legaan malah aku panasin di botol warmer gt air sm minyak kayu putihhya,,biar ga repot didihin nya hee
    Sepertinya uap nya deh yg d butuhin cmiiw yaa mom

    24

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    Cielia duh sedih ya kalau bayi sakit. dua-duanya bisa dipakai koq, aromaterapi listrik (kalau punya) ataupun baskom isi air panas.

    Kalau pakai listrik berarti akan tetap panas dan uapnya tetap ada sampai bangun pagi.
    Kalau pakai baskom, lama lama airnya jadi dingin dan uapnya hilang.

    Sebenarnya yang diperlukan adalah uapnya untuk menjaga kelembapan udara supaya hidungnya ga mampet. ditambahkan minyak kayu putih atau essential oil supaya lega pernapasannya.

    Semoga baby ciel lekas sembuh :)

    ... a counselor, a role model and often a friend to her children
    Twitter & Instagram: @honeyjt

    www.honey-scrapbook.blogspot.com

    25

    Topic: Treatment Untuk Bayi Yang Terkena Batuk Pilek

    teh ninit - iya teh.. ada masanya kalo EO ga terlalu ngefek ya tetep pakai obat tapi kalo baru gejala biasanya sih efek.
    Anak2 juga pakai RC sama thieves biasanya. RCnya aku tetesin di kalung eramicnya trus thievesnya aku oles di telapak kaki.

    Miguel is my Rocktober Baby
    @siskaknoch