1

Topic: Sakit / Kelainan pada Mata

Belum tahu ini bakalan ditaruh dimana. jadi sementara ditaruh disini dulu ya. Mau cerita sebelum besok ke dokter mata.
Jadi ceritanya di mata kanan Kira ada sedikit aneh. Ada benjolan kecil seperti bintitan, tapi gak sakit sama sekali. Anaknya juga gak merasa terganggu. Benjolan ini ada di kelopak bawah bagian dalam. Benjolannya kadang terlihat dari luar, kadang gak kelihatan. Tapi kalo dibuka kelopak matanya, akan kelihatan sedikit menonjol dan merah. Dan kalo dipegang gak sakit. Dan benjolan ini sudah ada kurang lebih 1 bulan. Awalnya saya kira iritasi ringan, karena tidak terasa sakit. Tapi kok gak hilang dan kadang agak besar kadang kecil. Just wondering, mungkin ada yang pernah mengalami hal serupa. Apalagi yang punya riwayat prematur dan lama di inkubator. Boleh di share disini ya mama.?! Saya baru akan ke dokter spesialis mata anak besok. Karena memang usia 5 tahun ini saya harus kontrol mata lagi untuk perkembangan ROP nya kira dan kara. As we know anak yang lahir prematur dan lama di inkubator memiliki resiko terkena ROP atau Retinophaty of Prematurity. Jadi semacam kelainan pada retinanya yang biasa terjadi pada anak yang lahir prematur yang beresiko pada kebutaan. ROP ini disebabkan perkembangan retina yang tidak sempurna. Semoga semua baik-baik ya! Mohon do'anya. Yang punya pengalaman serupa atau mirip atau pernah tahu, boleh di share disini. Untuk bahan diskusi saya bersama dokter besok. Terima kasih.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

2

Topic: Sakit / Kelainan pada Mata

Yaah kira :(
Semoga ga ada penyakit yg serius ya wit!

Enzo setelah kelas 1 SD semester 2, baru ketahuan kalo matanya minus 1.5. Awalnya dia duduk di belakang, trus sering bolak balik ke depan, katanya nggak kelihatan tulisan guru yg di papan tulis.
Akhirnya semester 1 duduk di depan.
Semester 2 gantian, enzo duduk di belakang lagi..kejadian sama terulang..kerjaannya jalan2 di kelas, bolak balik ke depan ke belakang. Alasannya sama, ngga keliatan. Tapi kalo dikte, dia bisa. Gurunya curiga enzo matanya ada apa2, akhirnya periksa ke dokter mata dan hasilnya enzo hrs pake kaca mata minus 1.5, ada lazy eyesnya juga.

Dante juga sempat matanya belekan tuh..tapi bukan sakit mata yg sampe merah dan berair gitu. Cuma sering banget gosok2 mata pake tangan, terutama kalo udah ngantuk dan mungkin krn tangannya kotor, jadinya iritasi. Waktu periksa pertama kali, dikasih obat tetes mata aja, tapi besok2nya masih gatel2 aja. Lalu ke dokter anak dikasih obat mata yg bentuknya salep, jadi tiap mau tidur diolesin ke mata. Lumayan sih jadi baik lagi matanya. Tapi ngga lama kambuh lagi, dan akhirnya dirujuk lagi ke dokter mata. Akhirnya Dante no gadget selama 1 bulan, dan kalo naik motor harus pake kaca mata. Selain itu juga dia alergi, jadi kalo alerginya kambuh bisa ke mata, atau batuk pilek atau kulit. Jadi ada obat yg hrs diminum kalo alerginya kambuh. So far sih no gadget ini berhasil banget. Skrg udah ga pernah lagi gosok2 mata.

Kalo kata dokter, anak itu pertumbuhan otot2 matanya sampai usua 12 tahun masih tumbuh..jadi kalo dari usia dini udah kenal gadget, otot mata jadi kendur krn lelah menyesuaikan dgn apa yg dia lihat. tv, gadget itu sebenernya berat banget utk otot mata anak. Ngajarin calistung aja hrs ke anak di atas 4 tahun, itupun hanya sbg pengenalan...apalagi gadget & tv..itu berat banget. Apalagi main games atau nonton itu kan mata anak dipaksa untuk menerima berbagai macam warna dan informasi dalam waktu sepersekian detik..otak dan matanya juga dipaksa untuk menyelesaikan games/ mencerna isi film dalam waktu singkat. Intinya gadget dan tv itu bahaya banget utk mata dan otak anak.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Sakit / Kelainan pada Mata

duh, teh eka.. terima kasih banyak pencerahannya yaaa.. Kira dan Kara juga gak sering pegang gadget aja sih. Paling kalo sore aja sama ayahnya bentar. abis itu maen lagi berdua. Mungkin juga karena ada partner mainnya, jadi gak kesepian. Seringnya main dan becanda berdua.

setelah dari dokter kemarin ternyata hasilnya ada luka di matanya. Dan benjolan itu efek dari luka di mata. entah berefek ke syaraf mata atau enggak. Jadi setelah benjolannya kempes akan diperiksa retinanya. Mengingat benjolannya juga uda cukup lama, yang kadang besar kadan kecil. Juga punya riwayat prematur, untuk memastikan perkembangan retinanya bagus.
Luka di mata ini bisa disebabkan karena benturan, bisa juga disebabkan karena terlalu sering kucek mata seperti kata teh eka.
Sekarang dikasihnya obat tetes dan salep. Semoga cepet baikan deh. karena sekarang ada benjolan di leher bawah telinga kanan. Sakit katanya. curiga kena mumps. Mau lompat ke thread mumps juga ah.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

4

Topic: Sakit / Kelainan pada Mata

Wah, wiwit, semoga mata kira cepat pulih ya...

Kalo di sini bukan si Al yang matanya bermasalah, tapi mamanya. Kelilipan aja sampe ke UGD karena gak bisa ngeluarinnya. Apalagi kalo benda asingnya tajam dan masuk ke kelopak atas, duh, mimpi buruk deh. Waktu itu pernah dari malam sampai pagi gak bisa keluar, dan langsung ke dokter mata. Baru bisa keluar setelah dari dokter mata. Sekarang ke mana-mana pilih pakai kacamata hitam deh, biar gak kelilipan.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

5

Topic: Sakit / Kelainan pada Mata

semoga mata Kira cepat sembuh ya mba wiwit!

sama kayak ella,anak-anak hampir ga pernah bermasalah matanya,tapi kalo mamanya kelilipan,bisa betah semalem itu kotoran nginep di mata,sakit banget.

Terus jadi penasaran sama bintik di kelopak mata Kira deh. soalnya aku beberapa bulan lalu juga tiba2 ada bintik kecil ngga sakit,jadi aku cuekin aja,terus disusul satu lagi lebih kecil dibagian dekat tulang hidung. ngga sakit sih,ganggu penampilan aja.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

6

Topic: Sakit / Kelainan pada Mata

Kalau ada kondisi yang emergency gini mom, mungkin bisa coba hubungi dokter. jadi biar segera tahu sakit apa dan gimana penanganan awalnya. soalnya kalau salah penanganan takutnya makin parah. aku pernah pakai ini dan setelah konsultasi, dokternya kasih diagnosa dan penjelasan yang super bisa dimengerti, semoga membantu moms.