1

Topic: Tips untuk anak Picky Eater

Mamas....
mau tanya donk! Ada gak yang punya pengalaman mengahadapi anak yang suka pilah pilih makanan.
Shanice (3y) selektif banget...daging gak mau (segala jenis daging..., ayam, sapi, ikan semua ditolak. Yang bisa masuk ama dia cuma maling (babi kalengan - yang teksturnya empuk kayak tahu) (sorry).., sayuran hijau gak mau...sekarang nasi juga gak mau.
Yang bisa masuk ama dia cuma putih telor, kuning hanya bila di dadar/ceplok.., wortel, buncis, mie en pasta, brokoli ama jamur. Udah...
Kata dia siy karna giginya sakit.... Emang sih...gigi depannya udah pada grebes semua cuma ada taring kanan kiri. Tapi makan jammur bisa....kan jamur kenyal2 ya..., makan pilus bisa..kan pilus keras.

Dulu sih dia suka makan ayam kentucky..., sekarang cuma dilepeh mulu. Dulu juga pernah gw suapin pecel lele...dia makannya lahap. Lah sekarang, gw kasih ikan (daging putihnya doang...digoreng) langsung dilepeh.

Huuhuhu....
gimana ya, mama...cara ngajarin dia buat mau makan daging2an terutama. Gw takut kebawa terus ampe dia besar nanti. Kan gawat tuh...kalau dari sekarang udah pilah pilih makanan.

Gw udah coba dengan cara gw cincang alus daging ayamnya, tetep aja gak lolos dari QC dia. Gw ampe heran itu mulut kog bisa ya langsung ngenalin ada makanan yang dia gak suka. Padahal udah gw potong2 sekecil mungkin, gw umpetin dalam nasi....masih aja...gak tereliminasi

2

Topic: Tips untuk anak Picky Eater

hai mama Shanice,
*toss* dulu kita. Kembar saya juga termasuk picky eater. Mungkin juga karena ayah-bundanya juga picky, jadi saya gak berani memaksa. Tapi sedikit yang bisa saya share ketika saya sukses mengenalkan sayuran ke Kira & Kara.
Kira & Kara suka sekali buku cerita. Ketika iseng jalan ke toko buku saya beli buku cerita tentang wortel. Since then, setiap makan saya sambil cerita tentang wortel, sambil maen tebak-tebakan nama-nama sayur. Tapi saya tidak langsung memaksa mereka untuk langsung makan, saya pakai konsep tak kenal maka tak sayang. hihi... karena sering dengar kata "wortel" dan kata "sayur" maka suatu hari saya pancing mereka untuk penasaran, gimana sih rasanya wortel. Dan sukses!! yeay!!.. *joget2*
sejak itu mereka doyan makan wortel, bayam, kangkung. tapi sayur yang keras semacam brokoli, buncis, masih PR, karena belum suka. saya sendiri juga gak berani move on lebih lanjut karena saya juga gak doyan. heuheu.. jadi yaaa sutralah, cukup puas dengan sayur empuk-empuk aja.

Daging? itu juga masih PR buat saya. Karena favorite ki-ka cuma tempe. Daging hanya mau dalam bentuk bakso dan sate. Selain itu gak mau. Bahkan nugget dan sosis yang mostly favorite anak-anak tidak berlaku buat Ki-Ka. Kalo ada yang bisa share saya pun juga akan bahagia sekali untuk mencobanya.

Sepertinya bantuan pihak ketiga seperti buku cerita, tokoh hero favorite, games, permainan mungkin bisa membantu mengenalkan tentang sayur atau jenis lauk yang kurang disukai.

oh iya, sepertinya belum ada topic soal picky eater, jadi cuma kita edit judulnya sedikit yaach..
Picky eater berbeda dengan GTM kan yach? CMIIW ya mama... :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

3

Topic: Tips untuk anak Picky Eater

tks ya, mbak wiwit....
mungkin usulannya bisa aku coba....lewat cerita yah...
dia seneng bunny tokoh kelinci di film dibo. mungkin aku coba pendekatan dari situ yah!
udah bosen liat dia makan mie doang, atau kwetiau doang, atau bihun doang...paling temenannya telur....yang lainnya ogah.

4

Topic: Tips untuk anak Picky Eater

Nami sejak mulai mpasi s/d 1 thn 3 bulan picky eater abis.. malahan stiap sesuap dilepeh, sesuap dilepeh.

Caraku saat itu :
1. Menyadari bahwa makan adalah salah satu hak anak. Dia yang berhak menentukan apa yg mau dia makan. Tugas qt hanya mengiklankan dan membuat seenak mungkin. Klo dtanya "kenapa kok ga suka ini itu ya?", jawabannya "kenapa ga?"
2. Ubah suasana makan jd menyenangkan. Ga ada yang namanya marah2, kesel.
3. 30 menit abis ga abis selesai. Anak akan lebih mengenal rasa lapar dan minatnya.
4. Gendut atau pemakan segalanya sebaiknya jangan dijadikan goal mom, yang penting sehat dan milestone sesuai umur.

Cheers up ^^

@NoonKey
Istrinya Apah, Umahnya Anami dan Nayyara

5

Topic: Tips untuk anak Picky Eater

Umah Nunki,
setujuu... makan adalah hak anak. Mereka berhak menentukan mana yang mau dia makan, dan mana yang gak ingin di makan. Karena aku sendiri termasuk picky eater dan gak suka kalo dipaksa makan sesuatu, jadi ya cuma bisa ngiklan, merayu, dan memperlihatkan seenak dan semenarik mungkin. Memaksa anak makan yang gak dia suka malah akan membuat trauma..

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

6

Topic: Tips untuk anak Picky Eater

Kira Kara Hihihihi *toooosssssss ^^

ups boleh ga ya cuma 2 kata gitu? Makanya kutambahin disini biar ga dimarahin momod dan mimin.. hihihi

@NoonKey
Istrinya Apah, Umahnya Anami dan Nayyara

7

Topic: Tips untuk anak Picky Eater

mamashanice, anak2ku kbetulan doyan makan semua, cuma mau share pengalaman punya ponakan yang picky eater. Dia picky bgt dan biasanya cuma mau makan telor dadar dan mie instan. Haduuuhh, kasian liat adek gw yg lumayan penuh perjuangan bikin anaknya itu makan dengan teratur. Salah satu cara dia, selain ngasih obat nafsu makan, dia akan berkreasi dengan makanan favorit ponakan gw itu, jadi dia sering bikin aneka masakan dengan campuran atau tambahan telur, misalnya telur orek campur buncis, somay telur, tahu telur, dst, dst..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

8

Topic: Tips untuk anak Picky Eater

toss ah sesama ibu dengan anak picky eater.

sejak anak gue mulai makan sendiri 100persen, dia jadi picky banget. kadang gue bingung deh, sampai menyalahkan diri sendiri yang bikin anak gue begini. tapi terus ngobrol sama ipar gue yang anaknya 3, dia bilang yang 2 pemakan segala, tapi yang satu juga picky eater. padahal didikannya sama. jadi ya.. hati gue rada ayem.. berarti mungkin bukan salah gue.. yah emang anaknya aja yang mungkin idra perasanya lebih sensi dibanding yang lain jadi dia picky banget soal makanan.

dan bener, gak bisa dipaksa! jatuhnya malah bisa muntah.
jadi ya sabar aja lah dan dibawa santai, selama ngeliat anaknya sehat dan pinter2 aja.. hihi

biasanya gue ngakalin dengan kasih sup sebagai appetizer trus dimakan sama bola2 daging atau baguette. jadi lumayan lah ada sayur dikit yang masuk.

9

Topic: Tips untuk anak Picky Eater

anak ku kebetulan gak picky eater cuma kalo makan suka susah sekali, sampe kita bingung koq ini anak gak lapar2 ya. Pernah kepikiran kalo cacingan...;))
Akhirnya kita akalin kalo makan sambil nonton, mungkin ada negatif nya. Cuma kalo makan sambil nonton, kita suapin nya jadi lancar, hehehe

10

Topic: Tips untuk anak Picky Eater

kalo nathan makan sambil nonton bisa ga habis2, hehehe..kadang bingung juga, biasa nya anak2 kalo makan sambil nonton tu kan mau ya, ni nathan malah ga mau makan jadi nya, jadi kalo makan tv tu harus mati :)

11

Topic: Tips untuk anak Picky Eater

eemmmhh.. mau update cerita. Jadi sekarang Kira dan Kara sudah umur 5 tahun. Dari yang cuma doyan nasi, tempe, sate dan bakso, sekarang sudah mulai nambah jenis makanan. Sayuran sekarang suka wortel, buncis, bayem, kangkung. Sekarang ayam goreng jadi favorite, udang juga mau. Kalau dimasakin sop, capcay, sayur bayem, sayur asem, bakmi goreng, nasi goreng, sudah lahap makannya. Asal sesuai request. Biasanya sebelum berangkat sekolah aku tanya, hari ini mau makan apa. Jadi mereka sekolah, kalo ada ibu sayur lewat, bisa tahu apa yang musti dibeli. Kalau gak sesuai pesanan kadang ngambek juga.
Dan tipsnya saya masih konsisten dengan promo berbagai jenis makanan tiap hari. Bahkan punya beberapa buku anak-anak yang isinya hanya jenis-jenis makanan :D Di promo ini selain saya tunjukkan gambar-gambar makanan, saya juga kasih tahu bahannya apa, manfaatnya apa. Dan sekarang lagi mencoba promo jenis makanan pasta-pasta. semoga juga sukses.

Yang sering gagal sampai hari ini adalah jenis makanan seafood. Hanya udang dan beberapa ikan yang asal masaknya gak amis, mereka mau. Seringnya sih ditolak. Kalo ini kadang saya menghargai pilihannya, karena inderanya sensi sekali. Mungkin hidung ayahnya ini, sama-sama sensi sama bau amis seafood.

kencangkan ikat kepala lagi ah!

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

12

Topic: Tips untuk anak Picky Eater

Huaaa anak ku khayla jg picky eater, dan ini seleranya lebih aneh, gak suka roti mau roti apa aja, tawar, roti isi tapi giliran cakwe dy suka :( pas ak buat roti goreng mlah gak suka jg
dy lbh suka nasi, tahu, tempe, bubur kacang hijau, sayur bening bayam, kangkung, buncis, wortel sop, pokoknya yg indonesian food hehe
giliran burger, pizza gt mlah gak suka

13

Topic: Tips untuk anak Picky Eater

halo semua, baru nimbrung nih, selama ini cuma jadi pembaca sejati,,
ini pas banget thread nya, kebetulan akku juga, fa (3yo) sangat picky eater, dan ini dimulai sejak dia 2 tahunan, karena sebelumnya apa aja disuapin masuk. Belakangan ini dia malah cuma mau makan nasi sama kulit ayam goreng (yg pastinya gak bagus banget) tapi apa daya hanya itu yg dia mau, daging pun harus dlm bentuk burger, dan segala sayur sukses dia lepeh, bahkan ditutup mulutnya sebelum masuk. Untungnya buah masih masuk siih, walaupun hanya beberapa buah, please help me, moms...

14

Topic: Tips untuk anak Picky Eater

Buibu, manjat sedikit di page terakhir rata-rata issue picky eater starts 2 tahunan ya.. anakku 1,5 tahun kenapa sudah mulai tercium picky eater ya  apakah normal? bukan ga mau makan sama sekali, tapi kalo menunya ga berkenan, dia bener bener ga mau makan. variasi menu udah, tapi begitu terus. lalu sampai berapa lama masa-masa ini yah? terima kasih..

A mother who loves morning breeze

15

Topic: Tips untuk anak Picky Eater

Haii mba Nisa. Same here! Beda banget sm awal2 mpasi, kafi (16 bulan) mau lahap apa aja.. Sekarang satu dua kali suapan ga suka, ya sudah bhay! Kayaknya karena anak umur segini udah cicip banyak rasa dan punya selera deh. Kalo anakku pling doyan tempe. Atau bisa jg karena teething? Kafi sempet susaaah banget makannya krn teething.

Cheers,

F
tempatceritamama.wordpress.com

16

Topic: Tips untuk anak Picky Eater

http://www.scarymommy.com/six-words-that-will-end-picky-eating/

kemarin aku baca artikel itu. Sedikit melegakan :)

Kutipan yg selalu jadi pengingat buatku:
"The parent decides when to eat, what to serve, and where to serve it, and the child decides whether andhow much to eat. There is always something on the table you know the kid will eat, like rice or fruit or bread, so all new, experimental foods are paired with familiar foods. "

Cheers,

F
tempatceritamama.wordpress.com

17

Topic: Tips untuk anak Picky Eater

Mbak Febi, rasanya ingin segera berakhir periode males makan ini yaaa. tapi memang so far yang aku lakuin ga pernah maksa anak buat makan sih, kalo ga mau ya udah gitu. nanti lanjut lagi 20 menit kemudian (antara idealis atau ibunya males nih hihihi).

A mother who loves morning breeze