1

Topic: Vaginismus

Thanks a lot ya @cynthlee

Smoga c bisa sembuh dr vaginismus jadi gk usah bius insemnya..just in case klo gk bhasil yh tpaksa insem dgn bius..ini sy tiap hri latian dilating tapi baru 1 jari aja..blm bisa 2 jari

2

Topic: Vaginismus

amiiin... semoga mama2 yang terkena vaginismus tetap semangat... jangan putus asa. bantu do'a semoga usahanya mendapatkan hasil yang terbaik.

semangat yaaa mama2! :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

3

Topic: Vaginismus

Sama2 bund.....
Iya, smoga kita semua bs lepas dari vaginismus ini ya...
Smangat ya bunda2 semua

4

Topic: Vaginismus

Hallo semua aku termasuk silent reader sealama ini. and yes i'm one of the vaginismus :) tapi miraculously aku bisa hamil walaupun saya belum berhasil IC until now (maybe that's what we called with splash pregnancy), proses melahirkan melalui C-section dan proses kehamilan nya sangat lancar. tapi permasalahan after melahirkan banyak prosedur yang saya harus lakukan saya tidak bisa lakukan seperti papsmear test. Makanya di sini saya mau bertaanya ada kah yang mengalami hal seperti saya belum bisa fully IC tapi berhasil melakukan papsmear test?? karena saya merasa papsmear sangat dibutuhkan wanita. Thanks

And i'll pray for all women out there with vaginismus can be cured and having babies because miracle can be happened anytime to anyone by anyhow :) cheer up you guys!!!

5

Topic: Vaginismus

@nonz katanya ada bbrp dokter n rs yg klo insem bisa dgn bius jadi klo menurut logika sy insem bisa bius berarti pap smear juga hrsnya bisa ya..ini cuma opini sy..mungkin ada tmn2 yg lain yg lbh ngerti ato alamin langsung

6

Topic: Vaginismus

Saya merasa selaput dara sy itu belum robek yg cukup besar ya..karena sy klo dilating masuk 2 jari n saat ingin meregangkan jarinya itu nyeri kyk dirobek gitu jd sy brenti dilating..sy gk bisa bayangin nyerinya klo robekin selaput dara tsb..wlupun udh foreplay n terangsang n udh pke lubricant jg tapi yg namanya robek gitu pasti nyeri..iya gk sih ? Ada opini dr tmn2 gk nih ? Apa itu artinya selaput dara sy hrs dioperasi ? Hadeh bayangin ke obgyn n mesti dicolok2 nya itu utk cek dlm vagina rasanya udh takut

7

Topic: Vaginismus

reylaaa wrote:
Duh senengnya nemu thread ini, thx mba koeliz dan mama2 yg lain ya.. aku merasa ngga sendirian. Aku dan suami sdh 4 bulan menikah, tp blom bisa ic sempurna. Sampe akhirnya saya kenal istilah vaginismus dari suami. Satu bulan setelah menikah kami konsultasi ke sp.og, aku mmg ga betah ama rasa sakit, akhirnya diberi salep bius untuk diolesin di ms.v 15mnt sblm ic, tp ttp aja perih. Seminggu kemudian kami putuskan buat oprasi sobek selaput dara, dengan bius total. Duh ga kebayang deh! Tapi secara ga disangka-sangkaaa, setelah oprasi dokternya bilang kalo sbnernya slaput dara udah robek dan yms.v aku bisa bgt dimasukin 2 jari sekaligus. Dokter anastesi ama dokter2 yg lain jd bingung sendiri, ini udah robek trus apanya yg mesti dirobek lg hahaha. Akhirnya ama dokterny dirobek dikit lg biar agak lebar. Jd ya emg waktu dibius itu kan kitanya rilex bgt kan otomatis ms.v jg ikut relax. Emg sih sblmnya pernah keluar darah sewaktu nyoba ic. Tp karna belum masuk ya aku pikir msh perawan hehe.
Alhamdulillah setelah oprasi itu mr.p suami bisa dikit masuk, udah kemajuan bgt mengingat sbelumnya ga bisa masuk sama sekali. Cmn ya sampe situ aja, ga bisa lebih dalem lg. Trus kita balik ke dokter yg sama. Dikasi obat penenang 2mg, tp anehnya aku malah ga bisa tidur hehe. Trus balik lg ke dokternya, dikasi penenang lg 2.5mg dan obat pelentur otot, alhamdulillah bisa dikit rilex. Aku jg udah pernah coba bli obat perangsang tp ga ngefek, malah bkin ms.v panas.

@embun aku prnah nanya ke dokter aku gimana kalo seumpama dibius total trus suami coba ic, cmn katanya kalo dibius total harus ada pengawasan dr dokter anastesi, takutnya malah ketika ga sadar itu pernafasan kita berhenti, kan bahaya. Ya masa kitanya lg ic ditungguin ama dokter anastesinya, hehe

Alhamdulillah ya suamiku ga prnah sekalipun menyalahkan aku. Dia menganggapku sbg wanita teristimewa, karna susaah bgt nembusnya haha. Dan itu yg slalu bikin aku semangat sembuh.


Mbak @reylaaa boleh tw operasi dimana ?

Tq

8

Topic: Vaginismus

Tmn2 sy jg menderita vaginismus sdh 2.5thn menikah..
Mb reyla boleh tau mbk operasi robek selaput dara d RS mn ya?thx

Mbk alamat hypnoterapinya d mn ya?

Mbk grup fb nya apa ya?ada wa?minta donk

9

Topic: Vaginismus

Bunda disini ada yg ngalamin tangan dan kaki suka keringetan juga ga? Soalnya tiap ngrasa cemas takut dsb mesti kringetan tangannya

10

Topic: Vaginismus

Klo mnrt st itu hal yg wajar..tidak perlu dikhawatirkan..sy juga begitu..

11

Topic: Vaginismus

Siti annisa
cemas ketika sama suami ya? kalo keringatan karena cemas sih wajar ya. Mungkin itulah pentingnya belajar relaksasi. Jadi sebelum in action, bisa minta bantuan suami untuk relaksasi dulu. Jadi proses warming upnya gak perlu mikirin "nanti gimana", "bisa ato enggak"
Kalo banyak yang dipikirkan ya jadinya cemas, dan sudah bisa dipastikan banyak gagalnya. coba mulai belajar relaksasi.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

12

Topic: Vaginismus

vann wrote:
Hi koeliz..

ak jg sama kasusnya.. pas married, baru ngerasain kok intercourse sakitnya bisa nyiksa bgt kaya neraka.. itu mulut vagina *sorry* kaga mau 'membuka diri'.. meskipun husband uda berusaha 'masuk' tetep aja kerasa kaya mentok di beton..
kita ampe ulang lagi foreplay n coba pake lubricant, tetep aja hasilnya zero..

after 2 months married (honeymoon without make love :( ), kita coba konsultasi ama dokter kandungan.

dokter pertama ngasi resep gel lidocain n obat apa gitu, buat ngilangin rasa sakit n tegang.. pas kita nyoba, bisa sih masuk tp cuma setngah jalan.. itupun kondisi ak uda berdarah2 n setngah fly krn efek obat.. pas di flashback gini kok ngerasa miris banget *meringis*

ak n husband sama2 down, n hubungan kt sempet dingin bbrp saat..

trus k dokter kedua, after nasihat panjang lebar, n diterangin gmana caranya masukin mr.p yg baik n benar k vagina (sumpah, baru tau klo masuknya mr.p aja ada caranya..) akhirnya kt bisa jg dng susah payah fully intercourse.. duh darahnya buanyaak banget ampe ngeri, n sakitnya minta ampun.. tp itu pertama kalinya berhasil masuk!!! happy ga ketulungan..

ampe skrg kita pun kalau ML ga bs sering2, soalnya vagina masi sakit kalau dimasukin.. jadi husband hrs pelaaan bgt, kecepatan 1 cm/menit.. hehehehe :)

syukurlah after 4 months married, ak hamil.. hehehe.. moga2 abis lahiran nanti lebih lancar intercoursenya.. :D

semoga sharing nya membantu yah mom..



Bund @vann..mw tny klo gel lidocaine nya itu membantu gak ? Boleh tw nama merk gelnya ? Trus konsul dulu ke dokter mana ?

Sorry byk tanya..hehe

Thx ya

13

Topic: Vaginismus

Saya coba membantu jawab ya bunda@lisapaulina1
Gel lidocaine itu nama gel anestesi/bius lokal.memang ga semua dokter kandungan yg menyarankan gel tsb buat vaginismus.
Saran saya bunda coba k dokter kandungan yg terdekat buat bs mengetahui cara apa yg paling cocok n sesuai buat bunda, baik itu operasi robek selaput dara, pakai gel anastesi, hipnoterapi atau cara lainnya...karena biasanya tiap org yg vaginismus beda2 terapinya yg cocok..

14

Topic: Vaginismus

Saya bingung harus ke dokter mana..soalnya kebanyakan dokternya suruh saya ke psikiater dan gak kasih obat ato gel2 untuk membantu kurangi rasa sakit..huhuhu..jadi mau nya langsung ketemu dokter yg emank biasa tanganin vaginismus gitu..capek cari dokter yg cocok n udah buang duit banyak tapi gak ada hasil..

15

Topic: Vaginismus

Gw ngikutin thread ini udah lama, tapi skrg mau sharing dikit, bole ya..
Memang, sebaiknya kalau kasus vaginismus ini ke psikiater juga untuk dicari akarnya, karena biasanya akar masalah vaginismus itu lebih ke psikis daripada anatomis. Kalau memang masalahnya lebih ke anatomi, obgyn bisa bantu. Sebelum anak gw lahir, gw juga ngalamin masalah yang sama, dimana sebelum hamil ga bisa fully ic & sakit bgt. Sempat kepikir juga: Ya gimana gw mau hamil ya, fully ic aja gak bisa. Setahun lebih kami usaha n nunggu buat hamil, akhirnya gw beraniin diri periksa ke obgyn. pas periksa dalam ke obgyn ya ampun sakitnyaaa jangan ditanya. ampe keringet dingin. Biar udah tarik napas dll dkk, tetap aja sakitnya ampe nangis. Gw masih ingat diperiksanya pakai alat periksa dalam yg kayak cocor bebek ituloh, sampe sekarang tiap lihat alatnya, benci banget gw sama alat itu. Dokter & susternya aja nanya, apa begitu terus selama ic sama suami? Memang sih. Di luar kejadian vaginismus itu, dari hasil bbrp kali ke obgyn baru ketahuan juga kalo tnyt gw juga ada masalah kesuburan (sori OOT dikit). Saat itu jadi ngebatin, yah kenapa masalahnya jadi dobel2 gini.
Untungnya suami sabaaarr bgt dan mau ngerti, gak pernah nyalahin. Suami jg bilang gw gak perlu mikirin kalau intercourse nanti harus gimana2, Di awal2 sekedar cuddling juga gpp, yg penting rileks dulu aja.
Oh ya, sebelum gw sharing di sini, yg tahu ttg kondisi ini cuma suami, n obgyn. Sempat kepikirnya kalau cerita/curhat ke orang lain, belum tentu reaksi mereka bisa positif atau encouraging, bisa jadi malah gue yg balik diceramahin dan dicap aneh2...nope, gw gak butuh situasi semacam itu. Kala itu, Stigma orang2 pas tahu gw telat hamil aja dulu rasanya cukup bikin sakiiitt bgt. Tapi suami bilang gak usah didengarkan, ini pernikahan kita kok, bukan pernikahan mereka. Mungkin kondisi kami yg waktu itu berdua doang di rantau juga ikut ngebantu kami buat belajar percaya satu sama lain, dan gak kebanyakan dengar apa kata orang2 lain jg.
Dan kalau nonz bilang ttg splash pregnancy, gue juga ngalamin hal serupa! baru 2 tahun kemudian si kecil lahir. Kehamilan pun alhmdlh berjalan lancar, 'mimpi buruk'nya cuma pas periksa dalam & pas cek usg transvaginal (gilaaaa sakitnya!). Tiap periksa dalam, suami ikut nemenin sambil megangin tangan gw. Sampai2 gw nanya ke dokter, kalo kondisinya begini apa iya nanti gw bisa menjalani persalinan normal? Dokternya kemudian ngejelasin yg intinya bisa banget (walaupun akhirnya pembukaan gw mentok di bukaan 4 (segitu aja gw udah nangis meraung2), harus diinduksi & dapat episiotomi). Tapi setelah melahirkan... alhamdulillah gak begitu sakit lagi kalau intercourse, periksa dalam, maupun papsmear. Baru2 ini periksa dalam & papsmear lagi, masih ngilu sih, tapi gak sampe sakit bgt kayak waktu sblm melahirkan. Sempat kepikir, apa karena jalannya udah kebuka(?). Dokter di sini (Norway) pun pas gw cerita pernah punya kasus vaginismus, responnya yg maklum & berusaha menenangkan, prosedurnya juga lebih pelan. Dokter yg di Penang juga sama, lbh positif. Kalo gw ingat2 lagi... rasanya waktu di obgyn di Indo, dokter & susternya kok ya rada judgemental ya? Atau apa cuma perasaan gw aja krn waktu itu tegang & serem banget mau periksa dalam.

Buat para mama yg mengalami masalah vaginismus ini, you are not alone. Masalah vaginismus ini nyata & ada kok. Memang menyembuhkannya butuh ekstra usaha n ekstra sabaaarr pake banget, tetapi percayalah, ada jalan keluarnya :) Melatih mindset positif & numbuhin rasa percaya antara kita n pasangan, salah satunya. Semangat ya para mama... *hugs*

16

Topic: Vaginismus

Kalo menurut saya sih yang bikin sakit itu karena hymen nya blum full robek..krn setau sy kondisi hymen itu tiap2 org tidak sama..mungkin ada yg elastis..kaku..ada yg lubang hymennya besar ada yg kecil bahkan ada yg hymennya tidak berlubang sampe mens tidak kluar..di benak sy klo yg namanya hymen robek pastinya sakit ya..krn spt kulit tipis robek yh pasti sakit..alat cocor bebek kan mulutnya pastinya lebih lebar drpd 1 jari kita

17

Topic: Vaginismus

Nah klo sudah melahirkan scara normal pastinya udah robek besar hymennya krn kepala baby bisa kluar jadi otomatis udah gak sakit ato berkurang byk lah sakitnya..emank betul sih mesti cek ke obgyn utk pastikan apakah krn kelainan anatomi ato krn pure psikis..cuma klo bayangin cocor bebek n alat usg transvaginal udah ketakutan euy..traumatis..huhuhuhu sedih deh

18

Topic: Vaginismus

rainiw
aku kagum melihat perjuanganmu dan kesabarapan papa baim. Kereen. Kebayang deh rasa sakitnya itu ketika berusaha IC. Aku dulu juga begitu. Hanya saja aku dan suami tipe nekat, jadi sakit pun diterjang. Masuk sih, tapi rasanya kayak mau pingsan. Untungnya gak sampe trauma ketemu suami seperti ketemu cocor bebek ya?! heuheu. oh iya, jadi inget, tipe cocor bebek ini ada 2. Aku pernah rasain dua-duanya, yang dari semacam besi itu memang sakit, duh rasanya kalo ke bidan pake itu pengen tendang bidannya deh. Tapi pernah ke lab, bahan cocor bebeknya kayak dari plastik atau apa ya, bening gitu. Itu lebih lembut di kulit, dan kayaknya juga gak segede cocor bebek ibu bidan *tepok jidat* huuufftt..
Selama hamil aku juga belum bisa menikmati yang namanya IC. jadi selama hamil belajar hypnobirthing. Itu awalnya belajar relaksasi. Dari hypnobirthing itulah jadi tahu tentang anatomi tubuh. Sejak itu saya mulai bersahabat dengan benda apa saja yang masuk ke dalam tubuh. karena percaya kalau sebenarnya otot-otot kita itu lentur sekali.

Salut deh sama dokter-dokter disana yang empati sama penderita vaginismus. karena memang vaginismus itu bukan hanya sekedar cerita, namun juga butuh pertolongan.

lisapaulina

sudah pernah mencoba hypnotherapi? mungkin bisa dicoba dari sana untuk relaksasi dan sugesti diri.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

19

Topic: Vaginismus

@Kira Kara

Boleh minta info hipnoterapi nya dimana ya ?

20

Topic: Vaginismus

hii,,sorry baru reply lagi nihh...Hari ini saya baru aja ke obgyn namanya dr Pojianto, orang nya baik, bawel dan yang lebihnya lagi i thought hymen aku belum robek, tapi ternyata sudah robek dan somehow he inserted his finger to my things ( dia sambil ngomong ngalor ngidul, tried to distract pikiran aku, dan ternyata pas dia masukin finger nya dia nggak berasa sama sekali) so setelah itu saya baru sadar ternyata dimasukin barang ke dalam miss v kita selama kita rileks gak terlalu berasa sihh. tapi pas dia masukin 2 jari tapi dia bilang saya mau masukin jari saya, tiba2 jadi a bit painful tapi bisa masuk. so in conclusion selama kita nggak terlalu sadar mau dimasukin (distract pikiran kita), ternyata nggak sesakit itu. so hopefully i can fully ic sih. and ternyata setelah di liat anatomi miss v aku, ternyata memang bibir dr miss v aku rada tebel jadi harus ada tricknya sendiri untuk masukin nya. so coba deh cari obgyn yang bisa distract mind kita, jadi kita bisa tau rasa nya dimasukin tuh kayak gmana.

and dia juga bilang coba beli busi hega untuk latihannya karena dia lebih licin dibanding jari. hopefully this info can help u guys. and cross finger bisa ic full :) :)

21

Topic: Vaginismus

koeliz wrote:
Indah Veka dan teman teman lainnya... kalau mau nanya/ sharing, ayuk ikut grup whatsapp yah.. silahkan japri nomorHP WA ke PM saya.. trims

Iya...aku juga mau tnya2 donk & sharing about vaginismus....

22

Topic: Vaginismus

Hi...sy juga mengalami vaginismus..sudah 6 th nikah , blom bs ic neh huhuhu....awalnya bingung knpa..trus ke dokter, di bilang kalo vaginismus...skrng lg hipnoterapi , mdh2x an berhasil....

23

Topic: Vaginismus

meilia,
:( wah sudah lamaaa mei. udah ke berapa dokter? sepertinya yang dilakukan nonz bisa dicoba juga.

duuuh, hugs semua mama-mama di sini. sabar yaaa.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

24

Topic: Vaginismus

ninit wrote:
meilia,
:( wah sudah lamaaa mei. udah ke berapa dokter? sepertinya yang dilakukan nonz bisa dicoba juga.

duuuh, hugs semua mama-mama di sini. sabar yaaa.

Baru ke 2 dokter....udh gitu hubbyku sibuk pulaa ssh atur wktunya ke dokter or latihan dillating...huhuhu...alhasil aku latih Aja sndri masukin jari2ku.....sm dokter& hipnoterapi di suruh latian dilating bs pake alat or jari2...

25

Topic: Vaginismus

Moms...ada referensi dokter kandungan yg bisa menangani vaginismus?ak tinggal d tangerang....