1

Topic: Nyeri pinggang

moms.. abis melahirkan 9 bulan yg lalu, sekarang aku ngerasain nyeri bgt d pinggang, paling kerasa kalo abis rukuk pas sholat, kenapa ya moms??takut kalo osteoporosis.. hiks, kenapa ini ya???apa krn kurang kalsium?oya aku melahirkannya melalui SC

2

Topic: Nyeri pinggang

farah
IMO sepertinya gak ada hubungannya antara SC dg nyeri pinggang ya..soalnya aku SC juga,anakku 8mos tp gak ada keluhan nyeri pinggang...mungkin salah urat aja,udh pernah dipijitin lum?bisa juga kecapekan habis angkat barang2 berat..
tp klo emg udah mengganggu bgt gak ada salahnya ditanyain ke dokter,biar bisa dpt jawaban yg lebih memuaskan.. :)

"mom of two"
#rasyaabhinaya
#brianaryasatya

3

Topic: Nyeri pinggang

kalo farah ngasi ASI, mungkin bisa disebabkan kurangnya mengkonsumsi asupan yang mengandung kalsium, paling gak minum susu, atau vitamin, sering2 juga minum air putih,,

4

Topic: Nyeri pinggang

nanad kayanya sih emang kecapean juga, d urut pernah juga. kebetulan suami aku juga dokter, katanya aku ga bole kerja yg berat2 dulu. dan bener kata fifi wicaksono mungkin aku kurang mnum susu, aku males bgt minum susu, karna aku juga masi ngasi asi ke alifah. makasi ya moms.. kayanya ga banyak deh disini yg nyeri pinggang kaya aku

5

Topic: Nyeri pinggang

farah wrote:
kayanya ga banyak deh disini yg nyeri pinggang kaya aku


hehehee,,, diriku sering banget ngerasaain nyeri pinggang, nglairin anak kedua 11 bulan yang lalu, klo mnum susu, efeknya cepet banget gendut, jd sekarang diusahakan rajin mnum air putih (pdahal dulu gak doyan banget sama air putih), sama CDR, ato kadang mnum WRP,, :D disaranin teman diriku untuk mnum susu yang low fat,, tapi td nyari msh kosong stoknya,, :(

6

Topic: Nyeri pinggang

farah,
diobservasi aja dulu penyebab nyeri pinggangnya. Bisa jadi bukan karena osteoporosis.
Mungkin karena kurang asupan cairan (air putih), kurang istirahat, kurang olah raga, postur tubuh, kurang kalsium atau sistem penyerapan tubuh yg kurang sempurna.

Gw jg beberapa wkt yg lalu sering bgt sakit pinggang. dan salah kaprah jd blame it to the kids, secara ga langsung. Usia anak2 gw memang lg hot2nya minta gendong :) tapi bukan itu penyebabnya.

Kita ttp perlu menggendong anak atau melakukan pekerjaan2 rumah atau di kantor (yg biasanya kita salahkan sbg penyebab sakit pinggang). Ternyata yg salah adalah pola hidup, misalnya posisi tubuh yg salah saat menggendong anak, gendongan yg tdk pas, cara menggendong yg salah (misalnya hanya bertumpu pada satu tangan, bahu atau pada kaki yg menggunakan sepatu hak tinggi, dll), posisi tidur yg salah, atau posisi tubuh yg membungkuk, dan kurang minum air putih dan makan buah2an dan sayuran hijau segar.

Hal paling sederhana adalah gerakan shalat (bagi yg muslim), coba deh buka2 lagi buku ttg gerakan shalat dan lakukan gerakannya dgn benar. Atau yoga/pilates. Gerakan2 ini membantu tubuh utk selalu berada dlm posisi tegak dan stabil (mengunci perut). Dengan mengunci perut saat mengangkat beban, tumpuan kekuatan berada di tengah. Selain perut, bokong & lutut dikunci juga. Maksudnya dikunci itu, caranya, kita menarik nafas, perut dikunci (perut keras bila kita pukul, hehe pukul jgn kenceng2), bokong di aduh apa ya namanya..ditenggengkan hihihi dan lutut agak menekuk. Tampak aneh sih awal2, tapi posisi ini bila dipraktekkan saat kita mengangkat beban sangat bantu utk menghindari back pain.

kalsium tidak hanya terdapat pada susu. Susu segar cair memang baik utk kesehatan, tp bukan berarti harus dikonsumsi setiap hari. Itu hanya bahasa iklan koq :) buah2an sangat penting utk membantu penyerapan zat gizi, sayuran hijau segar karena mengandung magnesium sebenarnya lebih kaya gizi dibandingkan dengan susu sapi apalagi susu sapi olahan (susu bubuk). Gw sendiri sukaaa banget dengan lotek & gado2 juga buah potong/salad buah :)
Susu sapi segar cair sendiri memang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, sebagai minuman istimewa (seperti madu & kurma) sebagai penambah tenaga dan penahan lapar. Tapi memang tdk perlu dikonsumsi setiap hari apalagi sampai harus ada stok bbrp kaleng susu di rumah. Pada zaman Nabi Muhammad SAW, minum susu dari binatang ternak itu mewah, karena hanya sekali2 saat ada perayaan, dapet hadiah (berupa susu) dan minum susu pada saat akan berperang (karena susu bersifat mengenyangkan). Intinya sesuatu yg berlebihan memang gak bagus juga.

Coba perbaiki posisi tubuh & banyak minum air putih & makan sayur & buah, Ma. Alas kaki & gendongan juga pake yg nyaman. Mudah2an membantu & gak sakit pinggang lagi! Cemmmunguuudh! Hehe..
Hugs!

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

7

Topic: Nyeri pinggang

Farah
dulu gue juga sakit pinggang, dan beberapa kali periksa dokter. Kunjungan pertama sampai ketiga dokternya cuma kasih obat pegel linu sama gel aja, dia pikir cuma infeksi otot biasa, tapi sakitnya nggak ilang2 akhirnya dia setuju untuk rontgen. Tyt emang nggak bener gitu, akhirnya gue di suruh ke physiotherapist. mesti beberapa kali ke sana sampai sembuh. Di sana gue di pijet2, ditempelin alat yang kedut2, disuruh latihan situp dan beberapa alat fitness, trus ada gerakan2 senam ringan yg fungsinya untuk melatit otot pinggang gue.

Dokter bilang, sakit macem gue itu bisa disebabin karena suka angkat barang berat atau pas ngeden saat ngelahirin (gue normal). kayaknya juga bisa aja pas hamil, mungkin postur badan jadi salah atau keteken janin?

Saran aku sih coba dulu di pijet atau ke dokter..
Cepet sembuh yah :)

8

Topic: Nyeri pinggang

fifi wicaksono aku juga mau biasain minum air putih deh, takut kalo makin parah ni nyeri pinggangnya..

9

Topic: Nyeri pinggang

eka, Fani, wahhh.. makasi banget ya sarannya, aku baru baca.. ke dokter sih belum,semoga ini ga kenapa2, ga angkat yg berat2 dulu trus minum air yg banyak serta makan makanan yg bergizi.

10

Topic: Nyeri pinggang

Udah lama banget ya ini threadnya. Mau share barangkali berguna. Buat mommies yang mengalami sakit nyeri yang ga sembuh-sembuh di punggung bawah atau pinggang belakang biasanya mengira kurang cairan ada sesuatu di ginjal, kurang kalsium gejala osteoporosis. Saya juga mengalami nyeri hebat di pinggang belakang dekat tulang ekor setelah melahirkan tapi saya anggap wajar saja. Sakit nyeri tiba-tiba jadi menghebat waktu anak saya usia 2 tahun. Saya ke dokter sp penyakit dalam dipastikan organ dalam sperti ginjal baik. Tapi ada masalah dengan tulang di rontgen tulang belakang agak bengkok katanya. Karena masalahnya pada tulang saya pergi ke specialis bedah tulang. Dokter itu langsung tau symptom saya khas sekali HNP atau sciatica atau bahasa awamnya syaraf kejepit. Kemudian saya menjalani mri utk melihat seberapa parah syaraf di tulang belakang yg terdesak inti tulang belakang. Well ada desakan syaraf di lumbal 4 & lumbal 5, ga perlu operasi kata dokternya cukup terapi berenang gaya dada, jangan angkat berat sambil bungkuk & termasuk saya harus menghindari gerakan membungkuk.Saya juga tidak boleh angkat barang yg beratnya lebih dari 5 kg. Saya mematuhi semua nasehat dokter & tanpa perlu obat keluhan nyeri hebat di pinggang itu sembuh dalam waktu kurang dari 2 minggu. Sekarang sama sekali udah ga nyeri lagi.

11

Topic: Nyeri pinggang

Sering juga nih nyeri pinggang tapi biasa sih karena posisi duduk yang salah,sering atau lama gendog anak, dan posisi tidur yang salah, untungnya aku biasa pake voltaren beberap hari ilang sih.

12

Topic: Nyeri pinggang

ikutan share juga deh walau threadnya sudah lama. waktu abis lahiran emang rata2 moms alami sakit pinggang ya. so do i. alhasil rajin2 yoga n streaching. so far sgt membantu dan melonggarkan syaraf mau pun otot yg keram atau kejepit.

untuk yoga dan stretching byk di video yuotube. yg terbaru katanya pilates paling bagus buat rapiin tulang2 dan otot

13

Topic: Nyeri pinggang

Dulu abis lahiran anak pertama jg sakit pinggang. Ampe kl badan posisi rukuh(mandiin baby) ga bisa berdiri tegak sendiri. Sakit banget. Trus dipijet n lama2 sakitnya ilang. Dokter sih nyuruh fisioterapi tp gw ke tkg pijet yg ke rumah aja. Katanya sih krn posisi waktu ngeden gitu lah. Ternyata bbnyak ya yg ngalamin.

Bussy life...happy life...

14

Topic: Nyeri pinggang

eh, farah, sama, gw juga sering sakit pinggang sejak sesar pertama kali dulu, tapi gitu, ilang timbul aja dan tergantung kondisi badan. Gw belum sempet nanya2 ke dokter sih karena belum merasa terlalu terganggu karena itu tadi..ilang timbul sakitnya..

Alanamama, iya, ikut yoga emang bantu banget, gw baru2 aja sih ikut yoga, itu juga gak teratur karena masalah kesibuka, tapi berasa banget manfaatnya..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

15

Topic: Nyeri pinggang

@dewiamel
saaman nih mom, ak jg sampe sakit pas ruku' waktu sholat. ak sempet kepikiran apa krn tubuh kekurangan kalsium y, soalnya kan kita produksi asi terus nih, sementara asupan kalsium kurang, jdnya nyeri pinggang. tp ada hubungannya g sih mom? maaf kalo oot..

16

Topic: Nyeri pinggang

berhubung ngga punya pengalaman dengan sakit pinggang... tapi kayaknya bener banget deh yang eka bilang, coba dengan pilates atau yoga. banyak yang ngerasa lebih baik setelah pilates/yoga.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

17

Topic: Nyeri pinggang

Aku sempat mengalami nyeri pinggang atau lower back pain cukup parah dua tahun lalu. Awalnya kirain pegel-pegel karena mau mens. Tapi makin lama makin parah karena sama sekali gak bisa membungkuk. Ketika diperiksa ternyata otot-ototnya kaku semua. Memang saat itu lagi banyak kerjaan terjemahan yang bikin aku begadang dan sering duduk terus, mungkin posisinya gak bener. Akhirnya diterapi oleh fisioterapis dan dikasih latihan-latihan pilates. Dikasih pesan kalau mau menghindari nyeri pinggang itu otot perut harus kuat, jadi harus rajin latihan dan posisi duduk juga harus tegak. Kita juga perlu olahraga, disarankan jalan kaki sekitar 2-3 kali seminggu. Memang setelah diterapkan saran-sarannya jadi lebih enak dan yang penting gak kambuh deh. Karena nyeri pinggang itu gak enak banget.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

18

Topic: Nyeri pinggang

Dulu waktu setelah lahiran anak pertama juga pernah mengalami low back pain. Lama lama memburuk sampai menjalar ke kaki. Khawatir hnp sampai sempat mri segala. Ternyata hnp negatif. Setelah itu fisioterapi tapi tdk terlalu membantu. Sampai 3 bulanan kayaknya. Akhirnya ke spesialis neuro dan dilakukan rtms. Langsung membaik. Setelah dari rs googling apa rtms. Hua.. kook kayaknya mengarah ke depresi yang berakibat penyakit psikosomatis. Alhamdulillah ga kambuh lagi setelah itu. Itu 5 tahun yll.

19

Topic: Nyeri pinggang

Ella, tulis dong tips2nya di artikel..

kalo gw beberapa bulan terakhir sakit pinggang dan punggung jauh berkurang sepertinya sih karena lumayan teratur ikut yoga...

waaa untung udah sembuh ya mba ikaa..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

20

Topic: Nyeri pinggang

Kl nyeri pinggang punggung krn capek, gw biasanya nge-plank. Itu posisi kayak mo pushup, tp telapak tangan ngebuka. Atur nafas, nge plank mulai dari 10detik/hari. Maju 10detik perhari lah....sampai sekuatnya. Biasanya kl lg rajin nge plank gw ga ngalamin sakit pinggang punggung yg berasa mo patah2. Bonus nya dapet perut rata loh.... katanya itu... soalnya gw gak rajin. Cuma kl lg sakit ampe sakitnya ilang aja hehehehe

Bussy life...happy life...

21

Topic: Nyeri pinggang

ahh iya iya dewiamel, bener, plank juga enak tuh buat badan juga buat ngecilin perut, hihihi...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

22

Topic: Nyeri pinggang

dewi amel,
waaa iya tuh plank oke banget. dan bikin core kita jadi kuat. :)
variasinya macem2 dan bener2 kerasa banget ke target sasaran. :D

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita