1

Topic: Fimosis

Hai mommy. Ini postinganku pertama untuk pertanyaan. Bener ga ya.post disini?

Saya mau nanya nih, adakah mommy disini yang pernah dengar atau tau tentang fimosis?
Anak sy saat usia 3y 6bln sering sekali pee. Frekuensi nya tidak lazim. Karena pee nya dalam hitungan per 5menit tapi sedikit2. Gejala ini awalnya terlihat ketika dia sangat aktif lari2 dan kegirangan. Awalnya sy pikir krna kebanyakan lari. sy observasi terus. Berselang beberapa hari, ternyata msh berlanjut bahkan pas malam mau tidur jg sering pee tapi sedikit2 yg keluar. Waktu itu sempat gugling dan nanya2 di milis. Solusi nya bisa pakai saleb atau sunat. Ahirnya bawa cek ke dokter anak dan dokter suru cek air seni sapa tau ISK katanya. Setelah dicek smua negatif. Jadi bukan ISK, trus dokter blg kondisi ini fimosis, dikasi saleb. Sy uda pakaikan salebnya dan memang berkurang frekuensi pee nya, tp bbrp bulan kemudian kambuh lagi. Sy pakaikan lagi salebnya. dan sy bawa ke dokter jg. Dokter blg solusi nya di sunat. skrg ini umur anak sy 4y, dan beberapa hari ini kambuh lagi dan sabtu bsk akan sy periksakan lagi ke dokter.

Dan ternyata suami sy (dulu) juga seperti ini dan memang solusi nya suami sy disunat jg dulu. Fimosis ini.keadaan dimana kulup nya lengket jd klo pee seperti ga tuntas keluar (bahasa awamnya).

Saya bingung kalau haris sunat, rasanya sy sendiri msh blm siap,koq cpt skali harus sunat. Anak nya msh 4y.
Adakah mom yg pernah mengalami atau.pernah dengar?

2

Topic: Fimosis

mommy tobi,
ini thread khusus aja yaa karena di sini "daftar isi" untuk memudahkan urban mama mencari topik diskusi yang sudah ada.
nah yang fimosis aku buatkan thread baru yaaa.

thanks. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

3

Topic: Fimosis

Iya mba ninit. Tolong dihapus aja yg ini dr indeks ya . Maapkaen hehee

4

Topic: Fimosis

mommy tobi.
sippp. di sini yaaa ttg fimosis. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

5

Topic: Fimosis

mommy.tobi
Hi mom, klinis anaknya gimana?
Aq gak tau banyak ttg Fimosis tapi mau sharing aja ya berdasarkan pengalaman anakku, Luke.

2 hari setelah lahir, didiagnosis positif ISK karena dari 2x hasil pemeriksaan darah dan pipisnya dan juga klinis. Darah - tapi pipisnya + ada bakteri. Suhu badan naik turun sampe 37.5 dan jarang menyusu. Setelah treatment AB selesai, disarankan untuk segera nantinya disunat sebelum usia 3 bulan. Waktu itu DSAnya bilang klo bukan fimosis sih, jadi diminta rajin membersihkan penis bayi saja setiap mandi.

Usia 2,5 bulan konsultasi dengan dokter sps bedah anak, setelah dicek menurut dokter SpBAnya itu termasuk fimosis, dan memang saya perhatikan kulup penisnya agak panjang dan lengket. Jadi setuju bahwa solusinya adalah sunat. Jadilah usia 2.5bulan itu Luke disunat.

Memang ada keuntungannya disunat pada saat masih bayi, apalagi diusia seperti itu belum bisa guling2. Kebayang kalau sudah lebih besar, pasti grasak grusuk kan bocahnya...bisa2 jadi luka terus deh. Kalau usia 4tahun juga kan lagi aktif2nya banget ya...hmmm mungkin mom bisa konsultasi juga cari 2nd opinion ke dokter SpBA (spesialis bedah anak).

HTH ya mom.

6

Topic: Fimosis

Hai Mommi Tobi.
Anakku Kiev saat usia 3bln juga dibilang fimosis. Awalnya saya juga gak ngeh dan ga tahu soal fimosis ini. Tapi beruntungnya di BcSept itu ada dokter Sarah dan dia sering share cara membersihkan alat genital bayi laki2 serta bentuknya normal atau tidak. Dari situ baru aware dan observ termasuk ketika pipis. Dan curiga fimosis.apalagi kulupnya lengket banget dan susah dibuka.setelah dicek ke dsa malah ditenangkan karena masih normal kalau sampai usia 3 thn. Kecuali ada isk karena katanya fimosis ini rentan isk kalau bersihinnya ga bener dan. Tapi tetap dicek lab dan alhamdulillah gak isk. Disuruh observ sambil terus dibersihkan dan dikasih salep juga. Ternyata setelah 1 thn lebih perlahan makin membuka dan normal. Tidak ada gejala menghawatirkan akibat fimosis.
Ada kasus lain anak sepupu ketahuan fimosis usia 2.5thn.ditreatment dulu pake salep tapi ternyata ga bisa dan juga ada isk. Akhirnya memang harus disunat. Ibunya sempet maju mundur untuk sunat dan baru yakin karena anaknya malah sering demam juga yang dimungkinkan karena isk juga.
Jadi mungkin kalau diatas 3 thn memang harus sunat ya solusinya.

Happy mommy to Kiev
@littlekievid
[url=http://Http://www.myteetime.wordpress.com

7

Topic: Fimosis

thiti,
tiii... minta tolong colek dr sarah dong buat datang ke thread ini :) biar bisa menjelaskan gitu... jadi lebih banyak urban mama yang aware ttg fimosis ini. bagaimana cara membersihkan alat genital baby.

thanks in advance thiti.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

8

Topic: Fimosis

mommy.tobi Saya punya 2 anak laki-laki dan dua-duanya indikasi fimosis.

Darren, umur 3 bulan demam tinggi dikarenakan ISK dan harus konsumsi antibiotik. Sedih deh rasanya karena di umur yang masih kecil gitu harus minum AB. Waktu itu saya gak tau kalau penis harus dibersihkan dan DSA-nya juga kurang informatif setiap kali kunjungan untuk vaksinasi.

Setelah ketahuan fimosis, saya cari second opinion. Ada yang bilang gak apa-apa ditunggu sampai 3 tahun, ada yang sarankan untuk disunat mumpung masih belum banyak bergerak.

Akhirnya kami memutuskan Darren untuk disunat pada umur 5 bulan karena kami gak mau sampai Darren harus konsumsi AB terus menerus kalau ISK melanda.

Nah kalau untuk Dre, setiap kunjungan ke DSA untuk vaksinasi selalu dicek penisnya dan saran DSA-nya sering dibersihkan saja setiap mandi. Pernah saking parnonya supaya penis Dre bersih, saya terlalu keras membersihkan sehingga berdarah.

Emang rada tricky nih soal membersihkan penis bayi. Mudah-mudahan dr Sarah bisa kasih tutorialnya :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

9

Topic: Fimosis

btw buat mama2 anak laki2... kalau pipis, bagi yang belum disunat coba deh kulupnya ditarik. bersihkan juga sekalian. jadi ngga ada "sisa" di sana.
bener kan mama thiti?

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

10

Topic: Fimosis

Saat ini satria di diagnosa femosis, dan baru aja pulang dari dsa, di rujuk ke dokter anastesi untuk di sunat, awalnya dari lembab dan di garuk akhirnya bernanah, minggu lalu dapet salep dan antibiotik, sekarang kalau pipis menggelembung depannya karena lubang pipisnya sempit jadinya harus di sunat, rencananya minggu depan mau sunat tapi masih cari referensi plus minusnya pakai konvensional(sunat tradisional) atau pakai laser atau smart klem.

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com

11

Topic: Fimosis

ayunohime semoga Satria lekas sembuh ya apapun metodenya :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

12

Topic: Fimosis

ayunohime
Yaaa..kasian satria. Memang kalau lembab itu pasti deh jadi gatel dan saking gatelnya langsung aja digaruk dengan sekeras2nya. Kejadian sama Luke beberapa minggu lalu, karena lembab kali ya clodinya, digaruk ampe lecet. Pas mandi baru bilang sakit dan aq liat udah merah banget :( untungnya cuma beberapa hari aja dan sekarang udah sembuh. Hanya pake kasa bersih aja waktu itu sih.

Semoga Satria lekas sembuh dan ketemu dokter yang cocok untuk sunat nya ya.

13

Topic: Fimosis

ayu,
wah satriaaa.
jadi sekarang lagi nyari-nyari tempat buat sunat yaah yu. semoga sunat jadi solusi terbaik buat satria.

aku sempat baca kemarin2 katanya kalo metoda laser itu tidak disarankan. lupa kenapa alasannya. coba nanti kalo udah ketemu aku info2 lagi ya di sini.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

14

Topic: Fimosis

Makasih mama honey & mama eva

Iya Teh Ninit ini juga lagi browsing cari review metode2nya, banyak sudara yang nyaranin smartklem karena katanya nda buat anak kesakitan tapi ternyata banyak review yang bilang penyembuhannya lama dan kalau perawatannya salah si anak malah kesakitan, jadi lagi cari yang konvensional aja karena katanya lebih cepat sembuhnya teh nit tapi cari yang dokternya udah biasa nanganin, barusan ke rs bersalin duren tiga tapi dokternya lumayan banyak pasien jadi agak susah di temui hihihi, jadi lagi cari di daerah depok aja. Nanti di update lagi ya teh nit, dan mohon doa juga semuanya.

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com

15

Topic: Fimosis

ayu,
sippp ayu. semoga dapet yang cocok ya. terus update2 di sini yaa ayu. biar mama2 yang lain juga bisa dapet pengalaman. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

16

Topic: Fimosis

Menyimak dengan seksama thread ini karena pas banget bayiku laki2 saat ini usianya 5 bulan. Aku belum aware sama yang namanya fimosis ataupun ISK. Bahkan kalo boleh ada yang bisa jelasin ISK itu apa ya? Yang pasti thread ini membantu banget karena aku jadi langsung perhatiin penis Arkha setiap kali ganti pampers dan sejauh ini aku bersihin dengan kapas basah saja kalau pipis, dan kalau b.a.b ya aku bersihin pake waslap dan air hangat.

Mungkin ada mama yang bisa kasih pencerahan lebih lanjut bagaimana mengindikasi fimosis di bayi yang masih berusia dini. Karena baca cerita mama2 diatas kelihatannya hampir terjadi di semua anak laki-laki ya...

Saya ikut setuju untuk colek dr. Sarah supaya bisa share disini juga tentang cara membersihkan genital bayi laki2.

17

Topic: Fimosis

Haluuuu haluuuu semua maap yaah baru nongol soalnya baru pulang liburan bawa krucil hebring ya hehe. Oiyah soal fimosis, kejadiannya memang makin banyak apalagi jika ada riwayat ayah atau kakek atau Paman dengan fimosis biasanya resiko pada bayi laki2 lebih tinggi

Fimosis memang kelainan kongenital tapi biasanya ditunggu sampe usia 3 tahunan selama fimosis gak bikin ISK, balanitis (infeksi penis), balanopostitis (infeksi kelamin laki2)

Jadi pada fimosis,kulup penis gak bisa dibuka atau susah dibuka. Fimosis sendiri ada gradingnya ada yang sama sekali ga bisa dibuka kulupnya dan nutupin lubang kencing. Ada juga yang bisa dibuka partial sampai 1/3 atas. Fimosis sebenernya gapapa selama tidak menyebabkan ISK berulang sama infeksi yg saya sebutkan diatas. Contoh isk berulang: bayi dibawah 6 bulan demam tinggi mendadak,kadang urine berdarah ketika dicek pemeriksaan urine lwngkap positif ISK. Kalo kejadiannya sampai 2x lebih disarankan untuk sirkumsisi atau sunat segera.

Malah beberapa teman saya yg dokter ketika anaknya ditemukan fimosis sejak newborn dia memilih untuk sirkumsisi segera ketika bayi msh dibawah 2 bulan. Itu bisa saja tergantung pilihan ortu. Anak saya sendiri pemderita fimosis tapi karena alhamdulillah blm pernah ISK dan gaada keluhan ( saya selalu rutin cek urine ketika dia demam tinggi) jadinya sirkumsisi nya masih saua tunda sampai mungkin sekitar umur sebelum masuk SD.

So far saya jaga aja kebersihkan daerah situ. Jadi sejak bayi setiap mau bersihin kelaminnya tarik sedikit kulupnya dan bersihkan kotoran putih2 (smegma) di sekitar cincin penis dengan kasa air hangat. Malah skrg kulup penisnya udh lumayan kebukanya lebih gampang drps dulu hehe. Hindari menarik paksa kulup jika anak mama fimosis ya karena akibatnya bisa berbahaya. Semoga bermanfaat yaa :)

18

Topic: Fimosis

brarti klo ga ISK ga harus langsung sunat ya dok? Sampai skarang anak sy ga pernah mengeluh apa2. Hanya kdg frekuensi pipis nya yg sering dan sy takut jd mengganggu antivitas nya pas skolah bsk.di bln juli.

kalo anak.uda 4thn,membersihkan kulupnya gmn dok?
Memang benar, sy pernah baca, fimosis sifatnya keturunan ya istilahnya,krna dulu papa nya jg fimosis. Dan memang disunat,tp sunatnya pas SD.

Sy jg setelah kjadian ini, slalu rajin bersihkan daerah kulup anak kedua sy, yg jg laki2 umur 5bln.

Btw, thanks a lot ya dokter Sarah, penjelasan nya sangaaatt detaail. Thanks buat mommies lain yg uda ngasi pencerahan. Hugs for u all

19

Topic: Fimosis

yaiyyy senangnya dr sarah main ke thread ini... cipika cipiki. makasih yaa sar atas penjelasannya.
alhamdulillah kulup anak2 ngga susah dibuka... dan betul, kalau rajin makin mudah membukanya.

penjelasan dr sarah penting banget nih buat mama-mama yang punya anak laki-laki karena pastinya pas awal agak bingung kan gimana membersihkannya.

terima kasih dr sarah. :*

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

20

Topic: Fimosis

Hi mama semua, pernah kah anaknya tiba2 pipisnya warna orange? Satria 3,5thn beberapa hari ini pipisnya warna orang tapi nda ngeluh sakit di daerah kemaluannya. Ada yang pernah punya pengalaman yang sama kah?

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com

21

Topic: Fimosis

mommy.toby cara membersihkannya harus ditarik. bisa tanya ke sokter anak, saya pun diberitahu cara membersihkannya oleh dokter anak.

ayunohime anaknya sednag minum suplemen vitamin atau obat? biasanya kalau minum memang warna urine agak gelap. Perbanyak minum air putih bisa membantu mengurangi warna gelap pada urine.

HTH

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

22

Topic: Fimosis

Lagi nda minum obat apa2 sih Mom Honey, tapi beberapa hari lalu sempat minum es loli berwarna orange yang di bekukan di freezer. Apakah mungkin karena itu ya?

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com

23

Topic: Fimosis

ayu,
sepertinya satria kurang minum deh... karena warna air seni itu indikator juga kalau kita kekurangan minum. semakin pekat/berwarna itu menandakan kita dehidrasi.

sekarang gimana ayu? semoga satria sehat-sehat aja yaaa.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

24

Topic: Fimosis

ayu, mungkin iya dan mungkin tidak juga ada ngaruh dari es loli. Biasanya kalau kita minum vitamin c/suplemen makanan akan ngaruh ke warna pipis, biasanya lebih berwarna kuning pekat. Tapi benar kaa teh ninit, bisa jadi Satria kurang minum juga. Cepat sehat lagi ya satria :)

25

Topic: Fimosis

Teh Ninit & Mbak Ipeh iya mungkin kurang minum , karena satria emang susah banget di suruh minum air putih, di tambah ayu kerja jadi nda bisa ngontrol minumnya satria, tadi sudah konsultasi lewat wa sama dokternya, saran dokter minum air putih yang banyak dan disuruh kontrol nanti weekend kalau masih orange. Makasih doanya Teh Ninit & Mbak Ipeh

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com